ChatGPT: Definisi dan Cara Menggunakan untuk Melamar Kerja

ChatGPT: Definisi dan Cara Menggunakan untuk Melamar Kerja
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 12 December, 2023
Share

Saat ini hampir semua orang di seluruh dunia mengetahui apa itu ChatGPT. Teknologi kecerdasan buatan satu ini, dapat kamu manfaatkan untuk keperluan personal maupun bisnis. 

Bahkan, ChatGPT ternyata dapat membantu untuk melamar kerjalho! Bagaimana sih cara menggunakannya? 

Cari tahu apa itu ChatGPT dan cara menggunakannya untuk melamar kerja berikut ini!

Apa itu ChatGPT?

Ilustrasi ChatGPT yang bermanfaat untuk melamar kerja.

ChatGPT adalah teknologi chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI. Mekanismenya berbasis bahasa dan dirancang khusus agar penggunanya dapat berinteraksi melalui teks percakapan. 

Sejak dirilis pada November 2022, sistem Artificial Intelligence (AI) ChatGPT masih terus dikembangkan. 

Sekarang semua orang bisa bertanya kepada AI. Jawabannya pun akan diperoleh secara otomatis dalam waktu singkat. 

Kegunaan ChatGPT juga semakin luas. Pengguna dapat memberi perintah untuk melakukan berbagai tugas. Mulai dari menerjemahkan, membuat rangkuman dan kerangka tulisan, melakukan riset, dan sebagainya.

Kelebihan ChatGPT untuk melamar kerja

Ilustrasi ChatGPT yang bermanfaat untuk melamar kerja.

Salah satu bentuk kegunaan praktis ChatGPT adalah membantu proses lamaran kerja. Teknologi AI ini bisa digunakan untuk menyusun surat lamaran kerja maupun riwayat hidup 

Berikut ini beberapa keuntungan ChatGPT ketika proses melamar kerja:

1. Proses lamaran kerja lebih efisien 

Sebelum adanya ChatGPT, kamu harus menulis surat lamaran secara manual. Ketika pindah kerja pun kamu juga harus selalu memperbarui Curriculum Vitae (CV).  

Hal ini cukup melelahkan, terutama jika kamu harus mengirim lamaran kerja beberapa kali. 

Nah, berkat platform ChatGPT, semuanya lebih efisien. ChatGPT bisa memberimu contoh surat lamaran kerja untuk dijadikan patokan. Kamu tinggal memasukkan perintah yang benar dan teknologi AI akan membuatkannya dengan ciamik!

2. Mengurangi risiko kesalahan 

Kesalahan dalam menulis surat lamaran atau CV bisa mempengaruhi proses lamaran kerjamu, lho!  

Salah ketik, keliru memilih kata, atau penulisan tidak rapi, dapat mengurangi nilaimu. Untungnya, ChatGPT memberimu solusi untuk dapat meningkatkan kualitas tulisanmu. 

Pengguna bisa mengurangi risiko kesalahan saat menulis kata, nama perusahaan, atau deskripsi kerja.  

Tata bahasa surat lamaran atau CV kamu pun bisa lebih baik sehingga enak dibaca. Nilaimu pun dijamin naik di mata pihak rekrutmen!

3. Membantu proses melamar dalam bahasa Inggris 

Melamar kerja di perseroan asing memerlukan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Kalau kamu tidak percaya diri, tak perlu khawatir lagi. Sebab, ChatGPT dapat memberikan kemudahan selama pembuatan dokumen lamaran kerja dalam bahasa Inggris.   

Sistem AI pada ChatGPT ini dapat memperbaiki kesalahan yang mungkin tidak kamu sadari.  

Tetapi, hindari menyalin mentah-mentah hasil yang diberikan ChatGPT, ya! Gunakan jawaban ChatGPT sebagai panduan untuk merapikan dokumen lamaran kerja berbahasa Inggrismu sendiri.

4. Memoles bahasa dokumen lamaran kerja 

Jika kamu belum punya pengalaman kerja, mungkin CV buatanmu dapat terlihat kurang profesional.   

Hal ini bisa mengurangi kemungkinan diterima. Apalagi, jika posisi yang dilamar menuntut keahlian khusus yang tak dimiliki semua orang.   

Mesin AI ini dapat membantu memoles bahasa dokumen lamaran kerja yang lebih profesional. Caranya, salin isi lamaran kerja ke website ChatGPT. Lalu, masukkan perintah untuk membuat dokumen baru berdasarkan hasil salinanmu.

Kekurangan ChatGPT

Seorang pria sedang memanfaatkan teknologi ChatGPT untuk keperluan melamar kerja.

Apakah ChatGPT aman untuk membantu proses lamaran kerja? Hal ini tergantung keterlibatannya dalam pembuatan dokumen lamaran dan bagaimana pengguna memanfaatkan teknologinya. 

Inilah beberapa risiko jika kamu menggunakan ChatGPT untuk lamaran kerja:

1. Hasil yang terlalu kaku dan kurang personal 

Salah satu keluhan umum tentang ChatGPT adalah hasilnya yang kurang personal. Beberapa posisi mungkin akan sulit menerima jika CV yang terkesan kaku. 

Bahasa yang terlalu kaku dan berjarak menjadi ciri khas AI. Ada kemungkinan, tempat kerja yang kamu tuju mengetahui dan menolak lamaran kamu. 

2. Kemungkinan terdeteksi alat pendeteksi AI 

Di tengah maraknya ChatGPT, ternyata ada alat pendeteksi AI yang tak kalah canggih. Ini bisa jadi risiko untuk kandidat yang menyalin hasil ChatGPT mentah-mentah, lho!  

Terlebih, banyak perusahaan yang memandang negatif penggunaan dokumen lamaran kerja dengan bantuan AI. Jika kamu ketahuan menggunakan ChatGPT, kamu mungkin tidak akan diterima. 

3. Informasi yang mungkin kurang akurat 

Hindari mengandalkan AI sebagai sumber informasi utama dalam hal melamar kerja. Ingat, ChatGPT harus diajari dulu sebelum bisa berfungsi. Jadi, masih ada risiko kesalahan umum atau bias.  

Pastikan sebelum menggunakan dokumen hasil olahan AI, kamu harus cek fakta dan merevisinya.

Cara menggunakan ChatGPT untuk melamar kerja

Tampilan home ChatGPT di laptop. Teknologi ChatGPT sangat bermanfaat untuk melamar kerja.

ChatGPT Bahasa Indonesia sudah tersedia untuk berbagai keperluan. Termasuk mendukung proses melamar kerja. Kamu bisa memanfaatkan AI sebagai alat bantu untuk membuat proses rekrutmen lebih efisien. 

Kamu bisa memasukkan perintah sesuai kebutuhanmu di OpenAI ChatGPT. Sebelum menggunakannya, kamu harus memiliki akun dulu.  

Lalu, apa saja kegunaan ChatGPT untuk melamar kerja? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Membuat surat lamaran kerja 

Surat lamaran kerja adalah jendela awal untuk seleksi karyawan. Jika surat lamaranmu susah dibaca dan kurang profesional, bisa jadi HRD akan menyingkirkan lamaranmu.    

Cara membuat surat lamaran dengan ChatGPT juga cukup mudah. Masukkan kata “surat lamaran kerja” sebagai perintah di ChatGPT. Sertakan juga deskripsi kerja dari posisi yang hendak kamu lamar.  

Hasil perintah ChatGPT akan muncul dalam sekejap. Jadi, kamu tidak perlu mengetik semuanya secara manual. Sebagai gantinya, kamu cukup memoles jawaban ChatGPT agar lebih personal.    

Jika kamu ingin menonjolkan kualitas tertentu, ChatGPT juga bisa kamu andalkan.    

Tambahkan karakteristik sesuai kualifikasi yang dibutuhkan pada prompt ChatGPT. Misalnya, “bisa bekerja dalam tim”, “memiliki kemampuan manajerial”, atau "menguasai software tertentu". 

2. Menyusun body email 

Email menjadi salah satu platform yang dapat dimanfaatkan selama proses rekrutmen. Kamu bisa menggunakannya untuk melamar kerja, mengajukan reschedule interview, atau mem-follow up hasilnya. 

Lantas, dalam fungsi ini, ChatGPT untuk apa? Intinya, kamu bertanya kepada ChatGPT bagaimana isi email yang baik sesuai dengan kebutuhanmu. 

Gunakan perintah ChatGPT untuk membuat kalimat yang sopan, profesional, dan tepat sasaran. ChatGPT bisa memberikan hasil dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, lho

3. Membuat CV yang menarik 

Teknologi kecerdasan buatan ini juga cocok untuk memoles CV-mu. ChatGPT dapat kamu manfaatkan untuk membuat CV yang hasilnya lebih menarik sekaligus profesional.   

Caranya, salin isi CV-mu, lalu ChatGPT akan menampilkan CV versi yang lebih menarik. Periksa lagi hasilnya dan ubah jika ada yang belum sesuai, ya! 

4. Membuat Script video 

Melamar kerja ternyata tidak hanya membutuhkan konten materi pendukung tertulis! Beberapa jenis pekerjaan mungkin membutuhkan konten video sebagai referensi untuk lamaran kerja.   

Contohnya adalah profesi videografercontent creator, dan sebagainya.  

ChatGPT untuk apa? Tentu saja membantumu membuat kerangka konten untuk keperluan pembuatan video tersebut.  

Gunakan beberapa kata kunci terkait tema video untuk membuat kerangka skenario. Pengguna pun bisa menghemat waktu dan fokus pada pembuatan videonya. 

5. Membandingkan profil perusahaan 

Baru pertama kali mencari kerja dan bingung mau melamar ke mana? Kamu bisa menggunakan Open AI untuk membandingkan berbagai perusahaan.  

Sebagai contoh, kamu ingin memasukkan lamaran ke studio arsitektur. ChatGPT dapat membantumu menemukan profil berbagai biro arsitektur di Indonesia atau negara lain.  

Ketika mencari perbandingan profil perusahaan, kamu juga bisa membuat pencarianmu lebih mendetail. Misalnya, dengan memasukkan kata kunci tertentu yang spesifik. Contoh “gaji rata-rata Perusahaan X tahun 2023”.  

Tujuannya agar hasil pencarian menjadi relevan dengan tahun saat kamu mencari kerja.

10 contoh perintah ChatGPT untuk melamar kerja

Seseorang sedang menggunakan ChatGPT untuk memperbaiki CV yang akan dia kirim untuk melamar pekerjaan.

Kamu memerlukan prompt yang benar saat akan memakai ChatGPT. Tujuannya agar memberikan hasil yang maksimal.  

Prompt ChatGPT adalah teks atau kalimat untuk memulai percakapan dengan program AI.  

Berikut ini contoh prompt perintah ChatGPT untuk kebutuhan proses lamaran kerja:

1. Surat lamaran kerja untuk posisi junior engineer

Buatkan surat lamaran kerja untuk posisi junior engineer di Perusahaan A.  

Deskripsi posisi junior engineer adalah [sebutkan tugas junior engineer].  

Surat lamaran kerja harus memuat nama pelamar [sebutkan nama lengkap], jurusan kuliah [sebutkan nama kampus dan jurusan], posisi yang saya lamar [junior engineer].   

2. Surat lamaran kerja untuk posisi manager HR

Buatkan surat lamaran kerja untuk posisi manager HR di Perusahaan B.  

Deskripsi posisi manager HR adalah [sebutkan tugas manager HR]. Kualitas yang dibutuhkan adalah [sebutkan syarat-syarat bagi pelamar kerja].  

Surat lamaran kerja harus memuat nama saya [nama lengkap], pendidikan [sebutkan nama universitas dan jurusan], posisi yang saya lamar [manajer HR], dan pengalaman kerja [sebutkan yang paling penting].  

3. Deskripsi pelamar kerja untuk CV posisi mekanik

Buatkan contoh deskripsi diri untuk CV posisi mekanik dalam bahasa Inggris. Tambahkan daftar kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi mekanik.  

4. Struktur CV untuk melamar kerja di bidang perhotelan

Buatkan contoh CV untuk lamaran kerja bidang perhotelan. Tambahkan contoh daftar pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk pekerjaan bidang perhotelan.  

5. Deskripsi diri untuk CV lowongan kerja data analyst  

Buatkan contoh deskripsi diri untuk CV bahasa Indonesia lowongan kerja data analyst. Tambahkan daftar kualifikasi dan pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk pekerjaan data analyst. Tambahkan sifat-sifat yang dibutuhkan perusahaan dari petugas data analis.  

6. Contoh pertanyaan wawancara kerja bidang marketing

Buatkan contoh daftar pertanyaan wawancara kerja di bidang marketing. Buatkan pertanyaan dalam bentuk teks bahasa Indonesia. Buatkan juga contoh teks jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan.  

7. Email inquiry untuk mencari lowongan kerja  

Buatkan contoh email dalam bahasa Indonesia untuk mencari lowongan kerja bidang [sebutkan profesi] di [sebutkan nama tempat yang ingin kamu lamar]. Tambahkan pengalaman kerja berupa [daftar pengalaman kerja yang dimiliki pelamar].   

8. Skenario video untuk referensi lowongan kerja  

Buatkan contoh skenario untuk video marketing produk [sebutkan nama produknya] berdurasi 10 menit. Buat gaya bahasanya santai dan berkesan mengundang untuk membeli.  

Gunakan karakter ayah, ibu, dan anak sebagai pemeran utama di video marketing. Sertakan dialog, deskripsi produk seperti [sebutkan deskripsi produk] dan keunggulannya.  

9. Contoh tulisan untuk referensi lowongan kerja  

Buatkan contoh konten teks tulisan copywriting bahasa Indonesia untuk produk [sertakan nama dan jenis produk].  

Masukkan karakteristik produk seperti kualitas terbaik, tahan lama, harga bersaing, dan garansi lima tahun.  

10. Perintah untuk memoles CV  

Perintah ini bisa kamu gunakan untuk memoles CV yang sudah kamu buat sendiri. ChatGPT akan membuat versi yang lebih baru dan lengkap berdasarkan isi CV.   

Cara menggunakannya cukup dengan menyalin bagian CV di kotak dialog ChatGPT.  

Contohnya:  

Buatkan CV untuk jabatan [nama jabatan] di perusahaan [nama perseroannya]. Buatkan bullet point berisi deskripsi pengalaman kerja, karakteristik positif, dan pencapaian saya. [Copy-paste pengalaman kerja dari CV yang sudah dibuat sebelumnya]

Kesimpulan

Menulis surat lamaran dan memperbarui CV setiap kali melamar kerja kini semakin praktis. Gunakan ChatGPT untuk membantumu mempersiapkan diri membuat materi pendukung lamaran kerja.  

ChatGPT membantumu terlihat lebih profesional sehingga kemungkinan terpilih lebih besar. Namun, pastikan kamu tidak sepenuhnya bergantung pada alat canggih ini. 

Gunakan Open AI ChatGPT sebagai alat bantu untuk memoles materi lamaran kerjamu, ya! 

Jika lamaranmu sudah siap, ayo mulai apply lowongan kerja di situs atau aplikasi Jobstreet by SEEK. Temukan profesi yang kamu impikan dan perbarui profil kamu sekarang juga.  

Lihat juga berbagai informasi seputar jalur karir, tips interview, dan cara negosiasi gaji di laman Tips Karir. Semoga beruntung!

Pertanyaan seputar ChatGPT untuk melamar kerja

  1. ChatGPT kepanjangan dari apa?
    ⁠ChatGPT adalah singkatan dari Chat Generative Pre-trained Transformer. Nama ini merujuk ke fungsi ChatGPT sebagai mesin kecerdasan buatan manusia berbasis bahasa yang harus dilatih dulu sebelum bisa merespons perintah chat dari pengguna.
  2. Apakah pakai ChatGPT harus bayar?
    ⁠ChatGPT memiliki versi gratis yang juga tersedia dalam bahasa Indonesia. Kamu juga bisa upgrade ke ChatGPT Plus dengan biaya USD20 atau sekitar Rp300.000 per bulan. Perusahaan dan pelaku bisnis bisa mengakses ChatGPT Enterprise.
  3. Apakah ChatGPT aman?
    ⁠ChatGPT aman untuk digunakan, asalkan tidak memasukkan data sensitif seperti nomor kartu kredit. Kamu hanya membutuhkan alamat e-mail dan nomor telepon untuk keperluan sistem verifikasi.
  4. Bisakah menggunakan ChatGPT di ponsel?
    ⁠Ya, sekarang kamu bisa mengunduh dan menggunakan ChatGPT di HP Android dan iOs secara gratis.
  5. Apakah hasil ChatGPT dijamin akurat?
    ⁠Open AI ChatGPT merupakan alat yang harus dididik menggunakan input bahasa dari berbagai sumber. Jadi, walau hasilnya cukup bisa diandalkan, ChatGPT mungkin tidak lepas dari bias dan kesalahan kecil. Pastikan kamu hanya menggunakan ChatGPT untuk alat bantu.  

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.