6 Alasan Di Balik Pentingnya Bahasa Inggris di Dunia Kerja

6 Alasan Di Balik Pentingnya Bahasa Inggris di Dunia Kerja
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 16 February, 2023
Share

Sekarang, banyak pencari kerja yang mulai belajar bahasa Inggris sambil melamar kerja. Hal tersebut tidak mengagetkan, karena Bahasa Inggris masih menjadi standar bahasa internasional yang digunakan antar-negara sampai sekarang. Karena itulah, keterampilan berbahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan di dunia kerja.

Namun, menguasai bahasa Inggris itu benar-benar wajib atau hanya merupakan nilai plus, ya? Lalu kenapa beberapa perusahaan sampai mewajibkan karyawannya bisa berbahasa Inggris? Simak terus artikel ini untuk tahu jawabannya!

Pentingnya Bahasa Inggris dalam dunia kerja

Dengan menguasai bahasa internasional ini, kamu akan bisa lebih unggul ketimbang kandidat lainnya ketika melamar kerja. Berikut alasannya

  • Mempermudah komunikasi

Sekarang, sudah sangat banyak perusahaan yang karyawannya perlu berkomunikasi dengan klien atau mitra dari luar negeri. Terkadang, klien bisa datang dari berbagai negara, bahkan yang bahasa utamanya bukan Bahasa Inggris. Itulah mengapa Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang penting untuk dikuasai. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, jadi klien mancanegara akan menggunakan bahasa tersebut. Meskipun kamu tidak menguasai bahasa ibu mereka dan sebaliknya, kamu dan klien bisa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dan menghindari kesalahpahaman.

Jika kamu bekerja di perusahaan multinasional, terkadang kamu tetap harus berkomunikasi dengan sesama karyawan Indonesia menggunakan bahasa Inggris, terutama di email. Ini bertujuan untuk memudahkan jika ada mitra dari luar negeri yang ingin ikut atau melihat hasil diskusi. Bolak-balik menerjemahkan hasil diskusimu yang menggunakan bahasa Indonesia sangat tidak efektif, bukan?

  • Menyediakan prospek karir yang lebih luas

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, saat ini sudah banyak perusahaan yang membutuhkan kandidat denganskillbahasa Inggris. Bahkan, kamu sendiri mungkin sudah sering melihat keterampilan berbahasa Inggris dicantumkan sebagai syarat melamar kerja. Kalaupun bukan syarat utama, biasanyaskilltersebut dianggap sebagai nilai plus oleh perusahaan.

Dengan semakin banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya bahasa Inggris, menguasai bahasa tersebut akan memperluas prospek karir-mu. Kamu tidak akan terhalang oleh persyaratan melamar kerja yang mengharuskan kandidat untuk menguasai bahasa Inggris, sehingga kamu bisa menemukan lebih banyak peluang untuk kerja.

  • Memperluasnetworking

Memiliki koneksi yang luas dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri, juga berperan besar dalam membuka lebih banyak peluang dalam karirmu.

Keterampilan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional membuatnya sangat berguna untuk menjalin koneksi dengan pekerja dari luar negeri. Dengan memilikinetworkyang tidak terbatas di lingkup lokal saja, kamu juga akan mendapat lebih banyak pilihan dalam menata jenjang karir.

  • Meningkatkan daya saing sebagai kandidat

Ketika melamar kerja, salah satu hal yang paling penting adalah memastikan bahwa kamu bisa menonjol di antara ratusan, bahkan ribuan kandidat. Keterampilan berbahasa Inggris sangat bisa membantumu dalam hal tersebut.

Namun, jangan sampai lengah. Kalau kamu melamar untuk perusahaan multinasional yang mewajibkan seluruh karyawannya bisa berbahasa Inggris, itu berarti kamu harus memastikan keterampilan bahasa Inggris-mu di atas rata-rata. Di antara para kandidat yang “bisa” berbahasa Inggris, kamu perlu menunjukkan bahwa kamu “mahir” berbahasa Inggris untuk dilirik oleh perekrut.

Karena itu, sangat penting untuk terus belajar dan latihan, sekalipun kamu sebenarnya sudah percaya diri dengan keterampilanmu. Ingat, di atas langit masih ada langit. Selalu asumsikan bahwa pesaingmu lebih bagus lagi. Dengan begitu, kamu akan terus terdorong untuk mengembangkan diri. Selain keterampilan bahasa Inggris, memilikigrowth mindsetseperti ini akan membuat daya saing kamu semakin kuat, lho.

  • Meningkatkan kemampuan beradaptasi

Sekarang, persaingan dalam dunia kerja sudah semakin ketat. Memilikijob securitypun sudah merupakan sesuatu yang menantang, apalagi dengan berita mengenai PHK massal yang mulai sering didengar akhir-akhir ini. Di waktu yang dipenuhi ketidakpastian ini, sangat penting untukmu mempersiapkan berbagai kemungkinan terburuk, termasuk jika kamu terpaksa mencari pekerjaan di perusahaan lain.

Menguasai transferable skills, termasuk kemampuan berbahasa Inggris, akan membantumu untuk cepat beradaptasi di tempat kerja baru dengan posisi baru. Meskipun sekilas memang terdengar seperti keterampilan teknis, Bahasa Inggris dapat digunakan di berbagai industri tanpa memandang perbedaan bidang, sehingga keterampilan ini sangat berguna untuk menavigasi lingkungan kerja baru yang pastinya memiliki tuntutan baru juga.

  • Memiliki akses lebih luas terhadap berbagai informasi

Mulai bekerja tidak berarti kamu berhenti belajar. Ketika bekerja pun, kamu perlu menjadi seorang individu yang kreatif dan inovatif, yang berarti kamu memerlukan akses yang luas terhadap berbagai macam informasi. Hal ini bisa dicapai dengan menguasai bahasa Inggris.

Dengan memahami Bahasa Inggris, kamu akan bisa mengakses lebih banyak informasi berupa artikel, jurnal, hingga video berbahasa Inggris yang tidak bisa dipahami jika kamu tidak menguasai bahasanya. Ini akan sangat menguntungkan karena kamu jadi bisa mendapat lebih banyak perspektif dan ide baru ketimbang jika kamu hanya menguasai satu bahasa.

Cara meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris

Setelah mengetahui pentingnya Bahasa Inggris untuk kerja, pastinya kamu langsung ingin belajar, kan? Agar proses belajarmu lebih lancar, ayo simak tips-tips belajar bahasa Inggris di bawah ini:

  • Tentukan tujuanmu belajar bahasa Inggris

Sebelum melakukan sesuatu, kamu perlu menentukan tujuan terlebih dahulu agar tidak bingung apa yang harus dilakukan pertama kali. Karena itu, sebelum mulai belajar, kamu harus menentukan untuk apa kamu ingin belajar Bahasa Inggris. Misalnya, posisi dan bidang industri apa yang ingin kamu incar?

Jika kamu sudah memiliki tujuan yang jelas, akan lebih mudah untukmu mengetahui materi apa yang kamu perlu prioritaskan. Misalnya, jika kamu ingin bekerja di bidangmarketing, kamu bisa fokus mempelajari kosakata yang berkaitan dengan industri pemasaran agar lebih paham konteks ketika diskusi berlangsung.

Karena itu, penting untuk menentukan tujuan belajar Bahasa Inggris agar proses belajarmu lebih efektif.

  • Rajin membaca tulisan berbahasa Inggris

Ketika belajar bahasa, kamu tentunya tidak bisa melewatkan bacaan. Membaca bacaan bahasa Inggris sangat efektif untuk memperluas kosakata. Selain itu, pelan-pelan kamu akan menjadi familiar dengan struktur kalimat yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris.

Akan lebih bagus kalau kamu memiliki bahan bacaan yang sesuai dengan bidang yang kamu tuju juga, contohnya artikel atau buku tentang teori desain jika kamu ingin menjadi desainer grafis.

  • Menonton film kesukaanmu tanpasubtitlebahasa Indonesia

Ini bisa dibilang cara belajar bahasa asing yang paling santai. Untuk meningkatkan kemampuan memahami percakapan verbal, kamu bisa coba menonton film, drama, atautalkshowkesukaanmu tanpa menggunakansubtitlebahasa Indonesia atau tanpasubtitlesama sekali.

Kamu bisa menggunakansubtitleBahasa Inggris jika kamu merasa masih kesulitan mengenali pengucapan beberapa kata, caranya adalah dengan memperhatikansubtitlesambil mendengarkan cara kalimat tersebut diucapkan. Jika kamu ingin melatih kemampuan mendengar lebih jauh, kamu bisa menonaktifkansubtitledan lihat jika kamu bisa memahami apa yang dikatakan dengan mudah.

  • Selalu mencatat kosakata yang baru diketahui

Ketika kamu sedang membaca atau menonton dan menemukan kata baru, langsung saja catat kata tersebut dan cari tahu artinya nanti. Setelah mengumpulkan beberapa kata dan mengetahui artinya, kamu bisa coba menulis kalimat menggunakan kata-kata tersebut. Itu berguna untuk memastikan bahwa kamu paham betul di konteks seperti apa kata-kata tersebut digunakan.

Setelah selesai menulis kalimat, kamu bisa meminta temanmu untuk memeriksa jika penggunaan katamu sudah tepat atau belum.

  • Berlatih percakapan dengan teman atau keluarga

Setelah membaca, mendengar, dan menulis, hal terakhir yang perlu diperhatikan ketika belajar bahasa adalah bercakap menggunakan bahasa tersebut. Saat bekerja nanti, selain memahami lawan bicaramu mengatakan apa, pastinya kamu juga harus bisa menjawab dengan lancar.

Untuk ini, kamu bisa meminta tolong teman atau keluargamu yang bisa berbahasa Inggris untuk membantumu latihan. Coba buat beberapa percakapan yang sering ditemukan di situasi kantor, misalnya ketika rapat, mendiskusikan revisi, menanyakan laporan, dan sebagainya.

  • Mengikuti pelatihan dan forum bahasa Inggris

Supaya kamu semakin yakin atas kemampuanmu, kamu bisa mengikuti pelatihan bahasa Inggris di mana kamu akan dinilai oleh profesional. Sekarang memang sudah ada banyak pelatihan yang tersedia, baik gratis maupun berbayar, tetapi tidak semuanya diselenggarakan oleh lembaga yang terpercaya.

Namun, jangan khawatir! JobStreet sudah menyediakan pelatihan bahasa Inggris melalui seekMAX yang bisa kamu akses dimana dan kapan saja secara gratis. Kamu cukup membuka aplikasinya, cari kategorilanguage learning, dan pilih pelatihan bahasa Inggris, kemudian kamu sudah mendapat akses ke semua video pembelajaran yang ada di situ. Kamu juga bisa mendapatkan masukan dan melakukan diskusi dengan para profesional di bidangnya, sehingga penilaian terhadap kemampuanmu sudah pasti objektif dan akurat.

Di dalam aplikasi JobStreet juga menyediakan fitur Komunitas JobStreet yang bisa kamu ikuti untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang bidang yang kamu minati! Bersosialisasi dengan teman baru yang sedang belajar bahasa Inggris juga sangat penting untuk meningkatkan keterampilan berbahasa lebih jauh lagi.

Nah, setelah paham betapa pentingnya bahasa Inggris dalam dunia kerja, pastinya kamu makin semangat untuk belajar, kan?

Sambil belajar, kamu bisa mulai mencari-cari perusahaan dan posisi impianmu, kemudian langsung buat lamaran kerja sambil sesekali mengunjungi laman Bantuan Karir untuk berbagai tips menulis CV. Baca juga kisi-kisi wawancara berbahasa Inggris serta cara menjawabnya supaya kamu semakin pede bercakap-cakap dengan perekrut.

Jangan lupa pula untuk selalu memperbarui profil JobStreet-mu untuk persiapan maksimal kerja bersama JobStreet!

Agar proses lamaran kerjamu mudah dipantau kapan dan di mana saja, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi JobStreet di App Store atau Play Store !

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat yangmencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEKhadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, AsiaTenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.