Kemampuan berkomunikasi dengan jelas, beradaptasi dan berkolaborasi, serta kemampuan untuk memecahkan masalah bersama rekan kerja. Kemampuan tersebut merupakan beberapa contoh darisoft skillyang sangat diperlukan di tempat kerja.
Memiliki berbagai macamsoft skillsebagai pelengkaphard skillsangat penting untuk mendukung kelangsungan kariermu. Bagi kamu yang ingin menjadi pegawai dengan kinerja yang sempurna atau ingin memilikisoft skillbaru, mempelajari dan berlatih beberapasoft skilltidak ada salahnya untuk dicoba.
Soft skilladalah kemampuan individu yang bersifat nonteknis. Kemampuan ini menunjukkan bagaimana kapabilitas kamu dalam bekerja melalui interaksi dengan rekan kerja, menyelesaikan masalah serta menghadirkan solusi, hingga bagaimana kamu mengatur waktu dalam pekerjaan.
Kemampuan ini bersifattransferable,artinyasoft skillyang kamu miliki relevan untuk diterapkan pada berbagai macam pekerjaan.Soft skillbukanlah kemampuan yang sifatnya bawaan dari lahir.Soft skillmerupakan kemampuan yang dibentuk dari kebiasaan dan dapat dipelajari secara terus menerus. Jadi bagi kamu yang ingin mempelajari atau mengasahsoft skillkamu, tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar.
Hard skillpada dasarnya adalah kemampuan teknis yang dapat diukur berdasarkan kemahiran dan satuan lainnya yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan khusus.Hard skillini bersifat terfokus dan terkonsentrasi pada satu bidang. Sehingga, untuk menguasainya,hard skillini dapat diperoleh dari lembaga pendidikan, sertifikasi, hingga pengalaman kerja sebelumnya.
Sementarasoft skillsmerupakan kemampuan nonteknis yang menggambarkan kemampuan interaksi dengan orang lain dalam lingkungan kerja. Terdapat bermacam bentuk interaksi dalam lingkungan kerja seperti komunikasi, adaptasi, fleksibilitas, pengaturan waktu, dan kepemimpinan.
Hard skill dan soft skill ini sifatnya melengkapi satu sama lain. Keduanya sama-sama dibutuhkan dalam pekerjaan agar dapat berjalan dengan optimal. Misalnya, bekerja sebagai analis data tidak hanya memerlukan kemampuan di bidang statistika dan bahasa pemrograman yang kompeten. Analis data juga perlu menyampaikan hasil temuannya di depan tim kerja lainnya. Hal tersebut membutuhkan beberapasoft skillseperti kemampuan berkomunikasi secara efisien dan jelas, kerja sama,critical thinking, sertaproblem solving.
Dengan memilikihard skilldansoft skillyang seimbang, kamu bisa menjadi pegawai dengan kinerja terbaik. Sementara bagi kamu yang masih mencari kerja, kesempatan kamu untuk direkrut menjadi lebih besar.
Kemampuan berkomunikasi secara jelas dan efisien sangat membantu proses kerja dan mengurangi kemungkinan terjadinya miskomunikasi. Kemampuan berkomunikasi yang dibutuhkan dalam lingkungan kerja meliputipublic speaking, menyampaikan presentasi, bernegosiasi, hingga kemampuan untuk melakukan diplomasi.
Kemampuan bekerja sama, berkolaborasi,networking, menyelesaikan konflik, membangun serta menjaga relasi, hinggamentoringdancoachingmerupakansoft skillyang dapat memudahkan kamu bekerja dalam sebuah tim, sehingga nantinya hasil kerja kamu semakin optimal.
Kemampuan berpikir kritis yang akan kamu butuhkan dalam pekerjaan antara lain berpikir secara strategis, sistemik, dan kreatif. Sementara dalam memecahkan masalah, kemampuan yang perlu kamu kuasai adalah kemampuan berinovasi dan kemampuan untuk mengelola risiko.
Lingkungan kerja bersifat dinamis. Artinya, segala sesuatu yang terjadi di dalamnya selalu berubah-ubah. Contohnya, pekerjaanmu menuntut kamu untuk menguasai keterampilan yang dibutuhkan untuk satuan kerja yang lain. Atau mungkin saja kamu terlibat dalam dua atau lebih tim kerja sehingga kamu perlu mengatur waktu dan menyesuaikan diri. Untuk mempermudah kamu dalam kondisi ini, kamu perlu menguasai kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas, termasuk manajemen waktu, kemampuan menyusun prioritas pekerjaan,multitasking, dan kemampuan untuk bisa memotivasi diri sendiri.
Kemampuan memimpin dan mengarahkan orang lain agar dapat mencapai tujuan bersama merupakansoft skillyang sangat penting untuk dimiliki. Menjadi seorang pemimpin yang baik di lingkungan kerja membutuhkan beberapa kemampuan khusus seperti dapat berpikir secara visioner, kemampuan memotivasi dan menginspirasi orang lain, kemampuan mengambil keputusan, serta kemampuan untuk mengendalikan diri secara emosional.
Tentu saja kemampuan ini didukung oleh kemampuan-kemampuan lainnya seperti kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dan berkolaborasi, memecahkan masalah dan berpikir dengan kritis, serta kemampuan beradaptasi yang baik.
Soft skilldapat kamu aplikasikan pada hampir seluruh bidang pekerjaan, mengingatsoft skillmerupakantransferable skills. Jadi, apapun bidang pekerjaan yang sedang kamu jalani,soft skilldapat kamu gunakan untuk membantu meningkatkan kinerja kamu di lingkungan kerja.
Berikut adalah contohsoft skillyang dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan:
Pekerjaan di bidang bisnis, seperti marketing atau sales officer ,tidak hanya perlu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, tetapi juga kemampuan manajemen waktu, kepemimpinan, networking, dan kemampuan memecahkan masalah.
Beberapasoft skillyang dibutuhkan untuk melayani orang lain dalam pekerjaan di bidang pelayanan kesehatan adalah dapat menempatkan diri dengan baik, kesabaran, memiliki rasa empati atas apa yang dirasakan pasiennya, dan Kemampuan berkomunikasi dengan baik.
Selain kreativitas,soft skilllainnya yang dibutuhkan pada bidang pekerjaan seni dan kreatif, seperti misalnya graphic designer, perancang busana, penulis, hingga musisi adalah manajemen waktu, kemampuan memecahkan masalah, dan berpikir secara inovatif.
Untuk memenuhi tujuan ini, pekerjaan guru dan dosen sebagai tenaga pendidik perlu memiliki beberapasoft skillseperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, dan kesabaran.
Contoh pekerjaan di bidang teknologi adalah pengembangsoftware, pengembang keamanan siber, hingga analis data.Soft skillyang dibutuhkan antara lain kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi, dan manajemen waktu.
Soft skillyang dibutuhkan untuk bekerja di bidang pelayanan sosial adalah memiliki rasa empati, kemampuan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, dan kesabaran.
Soft skillyang dibutuhkan untuk pekerjaan di bidang pariwisata adalah kemampuan berkomunikasi, kemampuan melayani kebutuhan pelanggan (customer service), manajemen waktu, dan kemampuan memecahkan masalah.
Pekerjaan di bidang keuangan memerlukan beberapasoft skillseperti kemampuan menganalisis, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, dan manajemen waktu.
Untuk menunjang pekerjaan di bidang hukum, diperlukan beberapasoft skillseperti kemampuan menganalisis, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, dan manajemen waktu.
Soft skillyang dibutuhkan untuk pekerjaan pada bidang teknik antara lain kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi, dan manajemen waktu.
Agar pekerjaan di bidang sains semakin optimal,soft skillyang perlu dimiliki adalah kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi, dan manajemen waktu.
Bidang pekerjaan di pemerintahan publik membutuhkan banyaksoft skillseperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, kepemimpinan, dan memiliki rasa empati.
Terlepas dari aspek teknis yang diperlukan dalam produksinya, pekerjaan di bidang media dan jurnalisme membutuhkan banyaksoft skilldalam eksekusinya, antara lain berpikir kritis, kreativitas, dan manajemen waktu.
Bidang ini dikenal juga dengan istilah non-governmental organization(NGO). Bekerja di lembaga ini membutuhkan jugasoft skillseperti memiliki rasa empati, kemampuan memecahkan masalah, dan kepemimpinan.
Contoh beberapasoft skillyang wajib dimiliki seorang pengusaha adalah kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, dan kepemimpinan.
Contohsoft skillyang diperlukan untuk b ekerja di bidang riset dan penelitian adalah kemampuan menganalisis, kemampuan memecahkan masalah, dan manajemen waktu.
Soft skillyang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan di bidang administrasi antara lain kepemimpinan, manajemen waktu, dan kemampuan mengorganisasi.
Menjadi penyedia jasa konsultasi membutuhkan beberapasoft skillyang wajib dimiliki seperti kemampuan komunikasi, memecahkan masalah, menganalisis, dan manajemen waktu.
Soft skillyang wajib dimiliki seorangcustomer service adalah memiliki rasa empati, kemampuan memecahkan masalah, kesabaran, dan kemampuan berkomunikasi.
Soft skillyang wajib dimiliki penulis, seperti misalnya seorang contentdancreative writer, adalah kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan berkomunikasi.
Baca juga: 14 Transferable Skills yang Membuat Perusahaan Tertarik Padamu
Itulah pembahasan lengkap mengenai pentingnya memilikisoft skilldalam mendukung kesuksesan kamu menuju karier yang diinginkan. Setelah mengenal lebih jauh mengenaisoft skill, kamu dapat mencoba mengembangkannya bersamaan denganhard skillyang kamu miliki.
Mengingat kebanyakan lingkungan kerja modern bersifatfast-paced, maka menguasai banyaksoft skillakan menguntungkan jalur karier kamu dan mempermudah proses kerja di lingkungan kerja yang modern serta menjadi nilai tambah bagi perusahaan atau lembaga tempat kamu bekerja.
Dengan memilikisoft skill, pekerjaan yang kamu lakukan dapat diselesaikan dengan baik yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja kamu di tempat kerja. Kinerja yang meningkat ini kemudian akan memperbesar kesempatanmu meraih kesuksesan dalam karier yang sedang kamu jalani.
Tak perlu khawatir berlebihan jika kamu masih belum menguasai beberapasoft skillyang dibutuhkan dalam lingkungan kerja. Tidak ada kata terlambat untuk kamu mulai mengasah dan mempelajarisoft skill. Yang kamu butuhkan adalah konsisten dalam mengasahnya pada kehidupan sehari-hari.
Jika masih merasa kesulitan dalam mempelajarisoft skillatau membutuhkan keterampilan baru, kamu bisa mengikuti pelatihan berkualitas di seekMAX agar kamu dapat memiliki keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Kamu juga dapat melakukan diskusi bersama paratalentdi sana agar kamu semakin siap mencapai kesuksesan karier.
Bagi kamu yang masih mencari pekerjaan, kamu bisa menemukan berbagai kesempatan karier dengan membuat profil JobStreet. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai tips yang berguna dalam dunia kerja seperti cara melamar kerja,insightmengenai survei pekerjaan dengan gaji tinggi, hingga fitur latihan wawancara dalam laman Tips Karier kami.