Steward Adalah Profesi Apa? Ini Tugas, Gaji dan Jenisnya

Steward Adalah Profesi Apa? Ini Tugas, Gaji dan Jenisnya
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 07 March, 2024
Share

Steward adalah salah satu profesi yang umum dijumpai di industri hospitality, seperti hotel dan restoran. Namun, steward artinya bukanlah pelayan atau waiter, ya. 

Sebaliknya, kerja steward juga melibatkan tanggung jawab di balik layar karena berurusan dengan bidang operasional tempat mereka bekerja. Profesi satu ini cocok buat kamu yang ingin berkarier di industri hospitality

Jadi, sebetulnya apa pekerjaan steward? Di lokasi mana mereka bekerja? Lalu, seperti apa tugas dan jobdesk steward? Yuk, kenalan lebih jauh dengan apa itu steward melalui artikel di bawah ini! 


⁠Steward Adalah Profesi Apa? 

Pengertian steward adalah pekerjaan yang bertugas mengurus tempat kerja di bidang hospitality dan transportasi, mengadakan acara tertentu, serta memberikan pelayanan kepada para pengunjung.  

Mereka inilah yang bertanggung jawab atas kebersihan tempat kerja, keamanan, hingga kenyamanan pengunjung serta para anggota kru. 

Jika melihat arti steward tersebut, biasanya banyak orang yang akan menghubungkan profesi ini dengan restaurant steward atau steward kitchen. 

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena memang beberapa lokasi kerja stewarding adalah restoran dan dapur.  

Namun, sebetulnya lingkup tempat kerja seorang steward lebih luas daripada itu. Selain di restoran dan dapur, steward juga bisa bekerja di hotel, kafe, kereta api, bahkan hingga stadion.  

Itulah kenapa steward adalah profesi yang cukup beragam. Steward terdiri dari beragam tipe yang dibedakan berdasarkan industri tempat mereka bekerja. 


⁠Jenis Steward Berdasarkan Industri 

Seorang steward berkemeja putih sedang tersenyum. (Image by benzoix on Freepik) 

Posisi steward adalah profesi yang bisa kamu temukan di berbagai tempat yang berhubungan dengan hospitality dan transportasi.  

Bahkan, ada juga perbedaan steward di suatu tempat bisa dipanggil berbeda dari tempat lainnya. 

Misalnya, sebutan untuk posisi steward hotel bisa jadi berbeda dari steward di restoran atau kereta api.  

Memangnya, ada berapa contoh steward yang bekerja di industri hospitality? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini:

Steward kereta 

Posisi steward adalah profesi yang juga bisa bekerja di moda transportasi, seperti salah satunya adalah kereta api. 

Kalau di Indonesia, steward jenis ini bakal memberikan layanan untuk penumpang PT Kereta Api Indonesia (KAI). 

Kalau kamu pernah naik KAI dan bertemu petugas yang menawarkan aneka food & beverages di dalam gerbong kereta, steward KAI adalah sosok yang melakukan hal tersebut. 

Secara umum, tugas dan tanggung jawab steward KAI adalah menjaga kebersihan buku menu sebelum diberikan kepada penumpang, mengantarkan menu pesanan penumpang, mengarahkan penumpang ke toilet di dalam kereta, serta menaati seluruh prosedur sanitasi dan keselamatan. 

Steward hotel 

Steward hotel adalah salah satu posisi steward yang paling umum ditemukan di industri hospitality. Tentunya, steward hotel berbeda dari steward kereta.

Beberapa tanggung jawab umum dari steward hotel adalah menyambut para tamu, mengonfirmasi reservasi tamu, menerima telepon masuk dari calon tamu atau klien, hingga memberikan informasi soal prosedur reservasi hotel, layanan yang tersedia, dan jam operasional restoran hotel. 

Di samping itu, ada juga steward hotel yang bekerja di area lebih spesifik, misalnya dapur atau restoran di dalam hotel. 

Untuk posisi seperti ini, tugas mereka biasanya cenderung berhubungan dengan kebersihan dapur atau pelayanan di restoran. 

Steward restoran 

Nah, steward yang bekerja di restoran hotel lebih sesuai masuk dalam kategori ini. Tentunya, rincian tugas steward restoran berbeda dari apa itu steward hotel.  

Sesuai namanya, steward restoran adalah steward yang bekerja di berbagai restoran, termasuk restoran di dalam hotel, resort, atau kapal pesiar.  

Pada umumnya, apa itu steward restoran bertanggung jawab menyambut tamu dan mengantarkan mereka ke meja. 

Mereka jugalah yang akan membersihkan dan mengatur meja agar siap ditempati oleh para tamu, termasuk menyiapkan taplak meja atau dekorasi di meja ataupun tempat lain. 

Tak hanya itu, steward restoran adalah orang yang juga bertugas memastikan kerapian dan kebersihan menu, menyerahkan menu tersebut kepada tamu, hingga menyajikan air dan mengisi ulang gelas minuman para tamu. 

Steward stadion 

Jenis steward satu ini sangat berbeda dari apa itu steward restoran dan hotel yang telah disebutkan. 

Soalnya, steward stadion seringkali bertindak sebagai petugas keamanan, terutama saat ada event atau pertandingan olahraga yang diadakan di stadion. 

Dalam menjaga keamanan di stadion, steward biasanya akan mengontrol akses masuk dan keluar stadion agar semua orang tertib, mencegah akses ke area terlarang, memastikan penonton duduk di kursi yang sesuai dengan tiket masing-masing, dan melaporkan kondisi keramaian di stadion. 

Steward cafe 

Steward cafe adalah petugas yang bisa kamu temukan di berbagai kafe atau kedai kopi. 

Mengingat bahwa profesi ini bekerja di bidang food and baverages (F&B), lingkup kerja steward dan waiter cafe juga tidak jauh berbeda dari steward restoran. 

Namun, tugas dan tanggung jawab steward cafe biasanya cenderung lebih spesifik karena kebanyakan kafe fokus menyediakan aneka kopi, bukan makanan berat.  

Beberapa tugas dan tanggung jawab umum steward cafe adalah merawat dan mengganti peralatan makan-minum, membersihkan meja dan area kafe, mengelola stok bahan-bahan kecil seperti kopi dan gula, serta membantu barista menyerahkan pesanan kopi kepada pengunjung. 

Steward kitchen 

Sesuai namanya, steward kitchen atau kitchen steward adalah profesi yang ditugaskan di area dapur restoran, restoran hotel, kafe, hingga bar. Namun, mereka berbeda dari koki atau chef, ya.

Tanggung jawab utama kitchen steward adalah menjaga kebersihan area dapur dan mengurus alat-alat yang ada di dalamnya. 

Untuk itu, biasanya mereka akan menyapu dan mengepel lantai dapur, menggosok wajan dan panci serta peralatan dapur lainnya, hingga membantu menyiapkan peralatan makan untuk tamu. 

Demi kelancaran operasional di dapur, biasanya ada chief steward yang akan stand by. 

Chief steward adalah sosok yang bertugas mengarahkan anggota steward dan memastikan bahwa aktivitas stewarding berjalan sesuai prosedur. 


⁠Tugas Steward Adalah 

Seorang steward berkaos dan menggunakan apron sedang tersenyum. (Image by jcomp on Freepik) 

Setelah berkenalan dengan berbagai jenis steward di atas, kini kamu jadi tahu bahwa stewarding adalah aktivitas yang beragam karena sesuai kebutuhan industri tempat kerja. 

Namun, kalau disimpulkan secara umum, tugas steward biasanya mencakup beberapa aktivitas berikut: 

1. Membersihkan dan menata area kerja 

Seorang steward bertanggung jawab atas kerapian dan kebersihan area kerja mereka, baik itu di ruang makan restoran dan kafe, dapur, lobi hotel, hingga kamar mandi. 

Tujuannya untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi diri sendiri serta para kru.  

Di sisi lain, area kerja yang bersih dan rapi juga akan menunjang kenyamanan serta keamanan para tamu atau pengunjung. 

Dengan begitu, mereka bisa merasakan pengalaman positif selama mendatangi hotel, restoran, kafe, atau tempat lain. 

2. Menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman 

Jobdesk steward juga termasuk menyiapkan serta menyajikan makanan dan minuman. Itulah kenapa biasanya steward akan bekerja sama dengan crew di dapur. 

Selain menyiapkan peralatan makan dan minum, steward juga memastikan bahwa menu yang akan disajikan sudah sesuai dengan pesanan tamu. 

Barulah setelah itu mereka akan menyajikannya ke meja pengunjung. 

3. Menangani limbah makanan dan minuman 

Tugas satu ini umumnya lebih sering dilakukan oleh steward di dapur. 

Soalnya, aktivitas staf dapur biasanya meninggalkan banyak sisa bahan memasak maupun sisa makanan dan minuman yang tidak dihabiskan oleh tamu. 

Maka dari itu, steward akan menangani limbah makanan dan minuman tersebut sesuai prosedur yang berlaku di masing-masing tempat kerja. 

Beberapa restoran atau kafe biasanya bekerja sama dengan penyedia layanan pengelolaan limbah. 

4. Menjaga kebersihan dan keamanan tempat kerja 

Kerja sebagai steward artinya kamu harus jaga kebersihan dan keamanan tempat kerja. 

Beberapa tugas yang umumnya dilakukan steward untuk menerapkan hal tersebut adalah menyapu dan mengepel lantai, membersihkan meja, dan selalu mematuhi prosedur keamanan yang berlaku. 

Untuk memastikan bahwa setiap steward melakukan tugasnya, chief steward adalah sosok yang akan memantau dan mengarahkan para anggota krunya. 

5. Memberikan pelayanan yang ramah dan profesional 

Sudah menjadi tugas steward untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan selama berada di restoran, kafe, hotel, atau tempat lainnya. 

Karena itu, steward wajib memberikan pelayanan yang ramah dan profesional kepada pelanggan. 

Jika pelanggan bertanya atau butuh sesuatu, steward harus meresponsnya dengan sabar dan solutif. Itulah kenapa skill komunikasi sangat dibutuhkan agar bisa menjadi seorang steward yang baik.


⁠Berapa gaji steward? 

Jumlah rata-rata gaji steward di Indonesia adalah sekitar Rp4,5 juta sebulan. Namun, jumlahnya juga bergantung pada jenis dan tempat kerja steward. 

Misalnya, gaji steward restoran bisa saja berbeda dari gaji steward hotel atau stadion. 

Selain itu, penghasilan steward restoran, kafe, hotel dapur, dan kereta biasanya juga akan disesuaikan dengan masing-masing perusahaan, jabatan, serta durasi kerja. 

Bahkan, jabatan yang sama di dua kota berbeda bisa jadi memiliki perbedaan penghasilan pula.  Hal tersebut dipengaruhi oleh standar upah di kota tempat kerja masing-masing. 

Misalnya, gaji steward hotel di Jakarta akan cenderung lebih tinggi daripada di Jawa Tengah karena standar upah ibu kota memang lebih besar. 


⁠Kesimpulan 

Sekarang kamu sudah mengerti seluk beluk steward mulai dari pengertian, jenis, hingga gaji.

Tugas atau jobdesk steward memang bervariasi tergantung pada jenis industri tempat mereka bekerja.

Namun, kesamaan utama dari berbagai jenis steward adalah pelayanan terhadap orang lain atau konsumen.

Bagaimana? Kamu tertarik bekerja sebagai steward? Temukan beragam lowongan kerja steward atau hospitality hanya di Jobstreet by SEEK. 

Yuk, persiapkan diri kamu untuk menembus pekerjaan impian dengan membaca berbagai informasi dan Tips Karier di situs Jobstreet by SEEK. 

Kamu juga bisa mengakses ribuan konten pembelajaran gratis dan terhubung dengan pakar industri di seekMAX dalam aplikasi Jobstreet.

Setelah itu, jangan lupa perbarui profil Jobstreet kamu dan temukan lowongan kerja yang tepat. 

Download aplikasi Jobstreet by SEEK di Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan untuk mengakses informasi terbaru seputar dunia kerja hanya dalam satu genggaman saja! Semoga berhasil!


⁠Pertanyaan Seputar Steward 

  1. Apa itu steward? 
    ⁠Pengertian steward adalah profesi yang bertugas mengurus tempat kerja di bidang hospitality dan transportasi, mengadakan acara tertentu, serta memberikan pelayanan kepada para pengunjung. ⁠Beberapa area kerja steward adalah hotel, restoran, kereta api, kafe, dapur, dan stadion. 
  2. Apa saja tugas atau jobdesk steward? 
    ⁠Pada umumnya, tugas atau jobdesk seorang steward adalah sebagai berikut: 
    ⁠- Membersihkan dan menata area kerja, seperti dapur, ruang makan, dan kamar mandi
    ⁠- Menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman
    ⁠- Menangani limbah makanan dan minuman
    ⁠- Menjaga kebersihan dan keamanan tempat kerja
    ⁠- Memberikan pelayanan yang ramah dan profesional kepada pelanggan
  3. Apa saja tantangan yang dihadapi oleh steward? 
    ⁠Beberapa tantangan yang dihadapi oleh steward adalah menjaga standar keamanan dan kebersihan, menghadapi pelanggan yang beragam, harus cepat beradaptasi dengan perubahan situasi, serta menjaga ketenangan emosi di tengah situasi kerja yang hectic. 
  4. Apa saja keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi steward? 
    ⁠Beberapa keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi steward adalah komunikasi, kolaborasi, detail-oriented, customer service, dan skill bekerja sama dalam tim. 

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.