Meniti Jenjang Karier di Bidang Pariwisata ? Siapa Takut!

Meniti Jenjang Karier di Bidang Pariwisata ? Siapa Takut!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

jenjang karier resepsionis

Jenjang Karier Resepsionis

Indonesia merupakan negara yang dikenal lantaran berbagai keindahannya yang tersebar di berbagai penjuru tanah air dari Sabang hingga Merauke. Oleh karena itu, sangat wajar jika banyak turis domestik dan internasional yang memilih tempat-tempat kebanggaan warga Indonesia sebagai tujuan liburan setiap tahunnya. Beberapa contohnya adalah Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah; Ubud dan Denpasar, Bali; serta Yogyakarta.

Tetapi, apalah arti dari keindahan ini tanpa tempat beristirahat, seperti hotel danresort,yang berkualitas dan memiliki pelayanan bintang lima? Pasalnya, hal pertama yang para turis lakukan umumnya adalah menemukan tempat bersinggah dan menghadapifront officedi tempat yang dia tuju.

Bisa dibilang, para resepsionis difront officehotel danresortmerupakan bagian dari pihak representatif turis di wilayah tersebut. Alhasil, pelayanan yang diberikan haruslah sangat baik guna meningkatkan penilaian turis domestik maupun internasional terhadap wilayah tempat kamu kerja nanti!

Siapa yang bekerja di Front Office hotel dan apa saja tugas mereka?

Resepsionis atauHotelFront Desk Clerk

Saat membuka gerbang, para turis akan melihat satu atau dua sosok yang duduk di belakang sebuah meja. Mereka adalah para resepsionis yang memiliki tugas utama untuk mengurus hal-hal awal yang kamu butuhkan pertama kali.

Beberapa tanggung jawab dari seorang resepsionis tersebut, antara lain:

  • Menyediakan informasi seputar layanan hotel kepada tamu
  • Mengonfirmasibookingdan pemesanan kamar
  • Memberitahu jadwal pembersihan kamar, cara memesan makanan, dan memeriksa biaya kamar
  • Memastikan para tamu memperoleh layanan yang mereka harapkan sesuai dengan dana yang sudah dikeluarkan
  • Memberikan solusi dari masalah yang para tamu miliki
  • Merekomendasikan aktivitas yang dapat dilakukan tamu selagi menginap di hotel
  • Menghadapi tamu dengan bertatap muka
  • Menjawab panggilan telepon dari para tamu
  • Menangani urusan surat menyurat (menerima, mendokumentasi, dan tanggung jawab yang serupa)

Berapa estimasi gaji resepsionis?

Banyak faktor yang mempengaruhi gaji yang akan kamu terima setiap bulan ketika bekerja sebagaifront desk clerkatau resepsionis. Beberapa faktor tersebut adalah reputasi yang dimiliki sertareviewyang diterima oleh hotel atauresorttempatmu bekerja, lokasi bangunan hotel dibangun, fasilitas apa yang ditawarkan, layanan atau tempat apa yang tersedia di sekitar lokasi hotel, dan juga standar Upah Minimum Regional (UMR).

Namun, menurut riset, resepsionis secara umum akan mungkin memperoleh sekitar Rp4.500.000,00 hingga Rp6.000.000,00 setiap bulannya. Namun, bukan tidak mungkin bagi kamu untuk memperoleh lebih dari angka tersebut nantinya.

Bagaimana jenjang karier seorang resepsionis?

Bagi kamu yang tertarik menjadi resepsionis, kamu perlu mengetahui posisi kerja dalam jenjang karier di industri ini. Umumnya, hotel atauresortakan memiliki urutan pekerjaan di bidangfront office,seperti yang disebutkan berikut ini!

Apa yang selanjutnya akan kamu jalani setelah menjadifront office manager?Tentunya ada banyak jalan yang bisa kamu raih. Jika kamu menyukai tantangan, kamu bisa pindah ke bidang lain yang mencakup kepariwisataan, sepertitravelling.Pasalnya, pekerjaan di bidang perhotelan pada umumnya dapat mengajarimu bagaimana budaya pariwisata bekerja serta meningkatkan kemampuan komunikasi yang kamu miliki secara menyeluruh.

Apa saja kriteria untuk menjadi resepsionis?

Keterampilan

Kualifikasi dalam bentuk dokumen, seperti ijazah dan sertifikasi, dapat membantu kamu memperoleh pekerjaan. Akan tetapi, keterampilan yang tinggi di bidang-bidang tertentu dapat membuat kamu sukses saat menghadapi pekerjaan itu sendiri. Adapun beberapa dari keterampilan tersebut, yakni:

  • Kemampuan dalam berkomunikasi secara umum
  • Penguasaan bahasa asing (terutama Bahasa Inggris)
  • Penguasaan Ilmu Administrasi di bidang perkantoran
  • Pengetahuan Ilmu Manajemen di ranah perhotelan
  • Pengarsipan surat dan dokumen penting lainnya
  • Pengetahuan standar keamanan serta keselamatan masyarakat

Pendidikan

Para resepsionis dapat memulai karier sejak lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan fokus Kepariwisataan. Namun, sebaiknya, lanjutkanlah pendidikan hingga mencapai D3 di jurusan Pariwisata, Perjalanan Wisata, Perhotelan, atau jurusan lain dengan nama terkait. Apapun jurusan yang dipilih, sebaiknya dapat membantumu di bidanghospitalityatau melayani tamu.

Kursusonlineuntuk paraFront Desk Officerdi hotel:

Coventry University

Nankai University

Nankai University

Swiss Education GroupdanHotel Institute Montreux

The Global Travel and Tourism Partnership (GTTP)

Pelatihan dan sertifikasi

Sertifikasi diperlukan untuk:

  • Membantu meyakinkan kompetensi diri kepada perusahaan
  • Meningkatkan kepercayaan diri pelamar
  • Membantu dalam merencanakan karier dan mengukur tingkat pencapaian kompetensi dalam proses belajar di lembaga formal maupun secara mandiri
  • Membantu pengakuan kompetensi dari lintas negara atau pun lintas industri.
  • Memberikan nilai diri tambahan di mata perusahaan dengan sertifikat pelatihan yang diakui negara

Berikut beberapa lembaga sertifikasi yang menyediakan pelatihan profesi resepsionis ataufront office:

Pengembangan jenjang karier resepsionis

Jika ingin berpindah ke tingkat posisi yang lebih tinggi darisenior leveldi bidangfront office, kamu mungkin akan dihimbau untuk melanjutkan ke pendidikan S1. Bila hal ini terjadi, kamu dapat mengambil jurusan kuliah S1 Komunikasi atau S1 Bahasa Inggris, Jepang, Belanda, dan lain sebagainya yang bisa membantumu berkomunikasi dengan tamu asing.

Cara menulis CV resepsionis

Untuk menunjukkan kemampuan bahasa asing yang kamu miliki, kamu bisa menulis resume atau CV dalam bahasa apa pun. Tetapi, bahasa yang paling direkomendasikan adalah Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Bila perlu, buatlah dua versi agar bisa dikirim sesuai dengan situasi dan penerima surat lamaran.

Budi Sumarsono

(Detail Kontak)

Seorang lulusan D3 di bidang pariwisata dan perhotelan dengan kemampuan pelayanan dan komunikasi yang sangat baik, entah itu dengan para tamu hotel dan juga kolega. Dengan pengalaman lebih dari 2 tahun di bidang perhotelan, saya yakin dapat membantu perusahaan Anda meraih kualitas pelayanan pelanggan yang lebih baik lagi.Pengalaman KerjaFront Office SupervisorThe Two Seasons Hotel and Resort, Jakarta (Juli 2020 - saat ini)
  • Memberi arahan pada para resepsionis
  • Menciptakan strategi untuk membantu pekerjaan resepsionis dan layananfront officeyang ditawarkan untuk tamu
  • Menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai bagian hotel dan bekerjasama dalam upaya membangun layanan yang terbaik
Front Office Staff(Resepsionis)Hotel Primajaya, Yogyakarta (April 2019 - Juni 2020)
  • Memiliki tanggung jawab dalam pemrosesan pemesanan kamar
  • Melayani tamu yang datang untuk menginap
  • Memberikan informasi lengkap tentang layanan yang ditawarkan hotel
Kemampuan
  • Komunikasi dalam Bahasa Inggris, Jawa, dan juga Indonesia secara lancar
  • Dapat menemukan solusi untuk pelanggan ketika ada masalah yang harus diselesaikan
  • Pemahaman dalam bidang perhotelan maupun administrasi
  • Terbiasa menerapkan standar keamanan demi keselamatan para tamu



Pendidikan Terakhir
  • Sarjana Ilmu Komunikasi
Universitas Diponegoro, Semarang (2015-2019)

Demikian pembahasan lengkap seputar pekerjaan di bidang pariwisata, terutamafront deskhotel,resort, atau tempat liburan yang serupa. Saat melamar kerja, pastikan untuk menulis resume yang efektif, yakni: yang mudah dipahami perekrut dan HR, tidak bertele-tele, dan juga mampu menarik perhatian pada saat bersamaan.

Kemudian, unggah resume yang sudah kamu buat dan segera perbarui profil JobStreet kamu lantaran banyak pekerjaan yang menanti kamu di bidang pariwisata. Bila belum memiliki akun, daftar dengan mudah di sini!

Lalu, jangan lupa untuk unduh aplikasi JobStreet di Google Play Store maupun Apple App Store. Dengan begitu, kamu bisa melihat pekerjaan baru dengan praktis dismartphoneyang kamu genggam!

Terakhir, baca juga tips seputar industri, karier, serta informasi lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan di dunia pariwisata serta industri lainnya melalui laman Tips Karier kami. Jika ingin membaca informasi dan tren pekerjaan secara lebih rinci, unduh laporan kami: Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

At JobStreet, we believe in bringing you #JobsThatMatter. As a Career Partner, we are committed to helping all jobseekers find passion and purpose in every career choice. And as the number 1 Talent Partner in Asia, we connect employers with the right candidates who truly make a positive and lasting impact on the organisation.

Discover Jobs That Matter. Visit JobStreet today.

About SEEK Asia

SEEK Asia, a combination of two leading brands JobStreet and JobsDB, is the leading job portal and Asia's preferred destination for candidates and hirers. SEEK Asia’s presence span across 7 countries namely Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapore, Thailand, Philippines and Vietnam. SEEK Asia is part of the Australian Securities Exchange-listed SEEK Limited Company, the world's largest job portal by market capitalisation. SEEK Asia attracts over 400 million visits a year.

About SEEK Limited

SEEK is a diverse group of companies, comprising a strong portfolio of online employment, educational, commercial and volunteer businesses. SEEK has a global presence (including Australia, New Zealand, China, Hong Kong, South-East Asia, Brazil and Mexico), with exposure to over 2.9 billion people and approximately 27 per cent of global GDP. SEEK makes a positive contribution to people’s lives on a global scale. SEEK is listed on the Australian Securities Exchange, where it is a top 100 company and has been listed in the Top 20 Most Innovative Companies by Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.