Ingin Menjadi Pelayan Restoran Yang Andal? Berikut Tipsnya!

Ingin Menjadi Pelayan Restoran Yang Andal? Berikut Tipsnya!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

IndustriFood and Beverage, atau yang biasa kita sebut dengan F&B merupakan salah satu industri yang paling banyak diminati. Indonesia dengan demografi masyarakatnya memungkinkan industri F&B untuk terus berkembang karena pasar yang selalu ada. Kita seringkali melihat tren makanan tertentu, seperticroffle, yang menarik banyak perhatian padacroissant,pastrykhas Eropa. Ketika Drama Korea mulai banyak diminati di Indonesia, muncul berbagai restoran yang menyediakan hidangan khas Korea Selatan. Sebelum itu juga, ada banyak sekali restoran yang menyediakan pengalaman kuliner dari negara lain, atau menufusiondari berbagai hidangan khas.

Ada banyak jenis restoran di industri F&B, diantaranya; restoranfine diningyang menyediakan hidangan spesial yang dibuat olehchef; restoranfast casual diningyang sering kita jumpai dimall; restoranfast-foodyang menjual makanan cepat saji sepertiburger, ayam goreng, dan kentang goreng; dancasual style dining, contohnya rumah makan yang sering kita temui di sekitar kita. Pada beberapa jenis restoran ini, kita sering menemui pelayan yang datang untuk mencatat menu yang akan kita pesan, menata meja, dan mengurus pembayaran. Tentunya peran pelayan restoran ini sangat penting. Pelayan restoran bertugas sebagai garis terdepan pelayanan. Selain hidangan yang lezat, kualitas pelayanan yang diberikan juga menentukan apakah pelanggan akan kembali ke restoran tersebut atau tidak. Nah, tahukah kamu bahwa untuk menjadi pelayan restoran yang andal, ada banyak hal yang harus dilakukan? Mau tau apa saja jawabannya? Yuk baca terus artikel ini!

Pahami Tugas-Tugas Pelayan Restoran

Sebelum mengetahui hal-hal detail, kamu harus mengetahui apa saja tugas-tugas yang harus dilakukan oleh pelayan restoran. Bagi kamu yang pernah menyempatkan diri untuk berkunjung ke restoranfast casual dining, mungkin kamu tahu bahwa tugas-tugas pokoknya adalah mencatat order, mengantarkan makanan, dan membawakan tagihan ataubill. Tapi, dibalik semua itu, ada banyak tugas-tugas turunannya loh!

  • Memahamitraining manual

Trainingmanualmerupakan buku petunjuk berisi segalanya yang perlu kamu ketahui tentang cara restoran tersebut menjalankan bisnisnya. Biasanyatrainingmanualini diberikan ketika kamu baru mulai bekerja di restoran tersebut dan hendak mengikuti prosestraining. Apa saja yang biasanya ada di dalamtraining manual?

  • Perkenalan tentang restoran

Biasanya, profil restoran akan dijelaskan di dalamtraining manual. Apa tema yang diusung restoran? Apa visi misinya? Pengalaman apa yang ingin diberikan kepada pelanggan? Gambaran besar ini akan membantu karyawan baru untuk lebih mengenal tempat kerja.

  • Jadwaltraining

Jika kamu baru menjadi bagian dari restoran tersebut, kamu akan diberikan jadwaltrainingdan diharapkan untuk mengikutinya hingga selesai. Waktu yang dibutuhkan untuk masatrainingbiasanya beda-beda, tergantung jenis restorannya.

  • Tugas pokok

Di dalamtraining manual, tugas-tugas pokok yang lebih detail dijelaskan dalam bentuk tulisan. Biasanya semua restoran hampir serupa, tergantung pada jenisnya. Jika jenis restorannyafine dining, tugas-tugasnya akan lebih khusus. Misalnya, pelayan akan menata alat makan dan melakukanwine pairingatau jenis alkohol lainnya.

  • Pelayanan pelanggan

Dalam bagian ini restoran akan menjelaskan orientasinya terhadap pelanggan seperti; bagaimana cara berinteraksi dengan mereka dan mengenali tipe-tipe pelanggan.

  • Prosedur ketikashift berakhir

Bagian ini akan menjelaskan apa saja yang harus dilakukan ketika shift seorang pelayan akan berakhir.

  • Protokol kesehatan

Ini merupakan hal yang paling penting, terutama di masa pascapandemi. Di dalam bagian ini, pihak restoran akan menjelaskan bagaimana protokol kesehatan dijalankan dan sanitasi-sanitasi yang wajib dilakukan setiap waktunya.

  • Menjalankan teknis pelayanan pelanggan dengan baik

Tentunya, teknis pelayanan akan berbeda-beda pada setiap jenis restoran. Tapi, dalam restoranfine dining, ada teknis pelayanan tertentu yang biasanya ditetapkan. Contohnya, sebelum pelanggan datang, meja, kursi dan peralatan makan disiapkan sesuai dengan teknis yang berlaku. Kemudian pelayan restoran menghampiri meja setelah pelanggan duduk untuk menerima pesanan minum, mengantarkan pesanan minuman, dan menerima pesanan makanan, dan seterusnya. Semua hal tersebut dilakukan tidak hanya di satu meja, namun banyak meja di saat yang hampir bersamaan, sesuai dengan keramaian restoran tersebut. Pelayan restoran juga melakukannya sambil mengambil alat makan yang sudah selesai dipakai dan membawanya ke bagian dapur.

  • Menghafal menu

Ini merupakan salah satu hal penting untuk pelayan. Tentunya hidangan merupakan sumber utama penjualan restoran. Pelanggan yang belum familiar dengan hidangan tertentu pasti akan bertanya kepada pelayan mengenai deskripsi makanannya. Tidak jarang, akan ada pelanggan yang bertanya bahan makanan yang digunakan untuk menghindari alergi. Dengan menghafal menu dengan baik, akan ada rasa kepercayaan yang dibangun oleh pelanggan-pelayan restoran. Selain itu, pelayan restoran juga akan dengan mudah memberikan rekomendasi menu lain yang sesuai dengan selera pelanggan, atau menawarkan pengalaman untuk menikmati hidangan baru. Misalnya, pelayan restoran akan melakukanupsellingmenu baru dengan mendeskripsikan menunya dengan detail sehingga pelanggan tertarik, atau merekomendasikan jeniswineyang sesuai dengan menu utama yang dipesan oleh pelanggan.

Jalin interaksi dengan pelanggan dan rekan kerja

Pada bagian sebelumnya, penjelasan mengenai pentingnya interaksi antara pelanggan dan pelayan restoran telah dijabarkan. Terkadang, berinteraksi dengan pelanggan dengan berbagai tipe memang terlihat menakutkan. Namun, sebagai pelayan restoran, kamu bisa melakukan yang terbaik dengan melakukan tips-tips berikut:

  • Memiliki etika yang baik

Senyum merupakan hal yang paling esensial jika kita akan berhadapan langsung dengan klien ataupun pelanggan, karena itu adalah hal pertama yang dilihat oleh lawan bicara. Jika pelanggan disambut dengan senyuman, mereka akan cenderung memberikan penilaian yang baik dibanding dengan pelayanan tanpa senyuman. Perlakukan semua pelanggan dengan ramah dan jangan membedakannya dari jumlah hidangan yang mereka pesan. Keramahan tersebut akan berujung pada kunjungan selanjutnya ataureviewyang baik di internet. Pemilihan kata yang baik dan tidak memberikan kesan kasar akan membuat pelanggan merasa nyaman.

  • Jalin komunikasi dua arah

Sebagai pelayan restoran, biasanya kamu akan menawarkan pilihan makanan yang ada, atau kamu akan sering menjelaskan menu-menu yang ditanyakan oleh pelanggan. Ketika menjelaskan atau memberi rekomendasi, pastikan bahwa kamu tidak menuturkannya dengan terlalu cepat atau seperti robot. Terkadang, karena terlalu sering mengulang penjelasan yang sama, kita cenderung melakukannya tanpa sadar. Maka dari itu, menyadari bahwa kita sedang membangun interaksi dengan lawan bicara akan membuat kamu melakukan komunikasi dua arah dengan lebih baik.

Pelajarilah cara berbicaradenganpelanggan, bukan berbicarapadapelanggan. Menanyakan dan memasukkan preferensi pelanggan untuk menentukan rekomendasi hidangan juga diperlukan agar kamu dapat memberikan pilihan yang sesuai dan membuat pelanggan mendapatkan pelayanan yang prima.

  • Mengupayakan kenyamanan pelanggan

Selain untuk menikmati hidangan, pelayanan juga berperan besar dalam memberikan kesan yang baik kepada suatu restoran sehingga kenyamanan pelanggan merupakan hal yang utama. Selalu upayakan kenyamanan. Hal ini dapat berbentuk seperti rekomendasi dalam hal menyantap hidangan, merasakan suhu ruangan yang sesuai, mendapat fasilitas yang sesuai dengan keinginan seperti areasmokingataunon-smoking, alat makan yang lengkap, hingga permintaan spesial pada makanannya seperti mengganti susu sapi dengan susu kedelai. Terakhir, protokol kesehatan juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Pastikan kamu dalam kondisi prima untuk melayani mereka, memakai masker dan kelengkapan lain sesuai dengan protokol yang berlaku.

Terus kembangkan diri untuk menjadi pelayan restoran yang professional

Melakukan tugas-tugas yang ada memang sudah cukup, namun ada hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan performa sebagai pelayan restoran, loh! Jika kamu minat untuk berkarier di bidanghospitality, khususnya industri F&B, tips-tips di bawah ini sangat dianjurkan untuk kamu lakukan.

  • Minta masukan kepada manajer

Manajer restoran selaku atasan yang mengurus pihak-pihakfront of officeberinteraksi dengan sangat dekat. Jika ada kesalahan atau ketidakpuasan yang dialami oleh pelanggan, biasanya manager akan datang dan bertanggung jawab mewakili pihak restoran. Coba untuk bertanya kepada manajer tentang hal apa yang harus kamu tingkatkan sebagai pelayan restoran. Ketepatan waktu, keterampilan fisik, teknikupselling, atau hal lainnya? Masukan tersebut akan membantumu menemukan skill yang harus kamu tingkatkan selanjutnya.

  • Minta masukan rekan kerja

Selain manajer restoran, kamu bisa meminta masukan kepada rekan kerja yang bekerja berdampingan denganmu setiap harinya. Bisa jadi rekan sesama pelayan, atauback of office. Mengingat kondisi restoran ketika ramai dapat meningkatkan kecemasan, mungkin saja kamu lupa untuk membawa alat makan yang sudah digunakan tepat waktu, atau kamu salah mendata menu. Masukan-masukan yang kamu dapat nantinya akan berguna untuk evaluasi diri.

  • Ikuti pelatihan atau sertifikasi tambahan

Jika sudah mengevaluasi diri dan meminta saran dari atasan dan rekan kerja, cobalah untuk mengikuti pelatihan yang akan meningkatkan keterampilan tersebut. Mengikuti pelatihan-pelatihan relevan akan sangat membantu dan meningkatkanvalueyang kamu miliki. Jika restoran tempat kamu bekerja adalah tipe restoranfine dining, ada baiknya kamu mengikuti pelatihan lanjutan sepertialcohol pairingatauwine pairing. Jika restorannya menyediakan kopi, kamu juga bisa mengikutiworkshoppengolahan kopi. Atau, jika kamu kesulitan untuk menemukan pelatihan yang tersedia di dekatmu, kamu bisa meminta pertolongan kepada rekan yang lebih senior untuk membantumu.

Tips-tips menjadi pelayan restoran yang andal kini sudah kamu ketahui. Mulai sekarang, coba fokuskan diri pada performa dan ukur perkembangannya. Kuasai gerakan tubuh dengan baik agar kamu lebih mudah bermanuver di dalam restoran, stabilkan tanganmu agar makanan dan minuman yang kamu bawa aman sampai di meja pelanggan, dan gunakan sepatu yang tidak licin untuk mengurangi kecelakaan. Menjadi pelayan restoran merupakan pekerjaan yang cukup memakan energi, maka dari itu pastikan bahwa kamu memiliki stamina yang cukup. Manfaatkan waktu istirahat dan jangan paksakan diri untuk bekerjadouble shift. Dengan banyaknya hal yang harus dilakukan, mustahil untuk tidak membuat kesalahan. Namun yang terpenting, jangan terlalu fokus pada kesalahan.

Setelah kamu mengetahui cara menjadi pelayan restoran yang baik, kamu mungkin ingin lebih mendalaminya dengan menjadi pelayan restoran, atau berpindah ke tempat kerja baru yang memungkinkan kamu untuk lebih memahami industri FnB atauhospitality. Tunggu apa lagi? Ayo perbarui profil JobStreet-mu dan mulai telusuri lowongan kerja pelayan restoran.

Jika ini bukan hal yang kamu cari, jangan khawatir! Kamu bisa klik Tips Karier JobStreet untuk melihat lebih banyak artikel mengenai industri lainnya. Jangan lupa untuk download aplikasi JobStreet di Google Play Store dan Apple App Store agar kamu bisa mengaksesnya di mana saja.

At JobStreet, we believe in bringing you #JobsThatMatter. As a Career Partner, we are committed to helping all jobseekers find passion and purpose in every career choice. And as the number 1 Talent Partner in Asia, we connect employers with the right candidates who truly make a positive and lasting impact on the organization.

Discover Jobs That Matter. Visit JobStreet today.

About SEEK Asia

SEEK Asia, a combination of two leading brands JobStreet and JobsDB, is the leading job portal and Asia's preferred destination for candidates and hirers. SEEK Asia’s presence span across 7 countries namely Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapore, Thailand, Philippines and Vietnam. SEEK Asia is part of the Australian Securities Exchange-listed SEEK Limited Company, the world's largest job portal by market capitalization. SEEK Asia attracts over 400 million visits a year.

About SEEK Limited

SEEK is a diverse group of companies, comprising a strong portfolio of online employment, educational, commercial and volunteer businesses. SEEK has a global presence (including Australia, New Zealand, China, Hong Kong, South-East Asia, Brazil and Mexico), with exposure to over 2.9 billion people and approximately 27 per cent of global GDP. SEEK makes a positive contribution to people’s lives on a global scale. SEEK is listed on the Australian Securities Exchange, where it is a top 100 company and has been listed in the Top 20 Most Innovative Companies by Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.