17 Contoh Surat Lamaran Kerja Guru (Semua Jenjang)

17 Contoh Surat Lamaran Kerja Guru (Semua Jenjang)
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 16 January, 2024
Share

Menjadi guru adalah cita-cita hampir semua lulusan ilmu jurusan pendidikan. Jika kamu salah satunya, kamu harus memahami contoh surat lamaran guru untuk jadi panduanmu. 

Guru merupakan profesi yang mulia. Untuk dapat menjadi seorang guru, kamu perlu memenuhi syarat dan kualifikasinya. Proses rekrutmen guru juga tidak sembarangan dan terdiri dari sejumlah tahapan. 

Nah, membuat surat lamaran yang tepat, membantumu lebih mudah masuk ke sekolah incaranmu. 

Berikut ini serba-serbi surat lamaran kerja guru, format penulisan, dan tips menulisnya!


⁠Temukan
lowongan kerja guru hanya di situs dan aplikasi Jobstreet by SEEK.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja Guru? 

Seorang Kepala Sekolah sedang memeriksa surat lamaran kerja guru.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat lamaran kerja merupakan surat resmi yang disusun dan dikirimkan oleh orang yang hendak bekerja di suatu perusahaan, instansi, atau kantor tertentu. 

Dengan begitu, surat lamaran kerja guru adalah surat resmi untuk melamar kerja sebagai tenaga pendidik. Dokumen surat lamaran kerja guru dapat dibuat untuk bekerja di sekolah ataupun lembaga pendidikan lainnya. 

Sama seperti surat lamaran pada umumnya, kamu juga bisa menyertakan dokumen lain, seperti curriculum vitae (CV) atau resume, sertifikat, dan dokumen pendukung lainnya.

Format dan Struktur Surat Lamaran Kerja Guru 

Contoh format dan struktur surat lamaran kerja guru.

Ketika ingin membuat surat lamaran, kamu harus tahu dulu bagaimana format yang tepat. 

Secara umum, format penulisan surat lamaran kerja guru terdiri dari beberapa bagian, yaitu: 

1. Kepala surat 

Bagian ini terletak di bagian atas. Pada surat lamaran kerja guru kamu dapat mencantumkan informasi tentang tempat dan tanggal pembuatan surat, perihal, dan lampiran. 

Berikut adalah contoh format penulisan kepala surat untuk melamar kerja sebagai guru:

“Malang, 1 Juli 2023. 

Perihal: Lamaran Kerja
⁠Lampiran: Enam Berkas.”
 

2. Alamat Kantor 

Bagian berikutnya pada surat lamaran kerja guru adalah informasi tentang penerima beserta alamatnya. Dalam hal ini, penerima surat adalah kepala sekolah atau pimpinan lembaga pendidikan terkait. 

Berikut ini contoh penulisannya: 

“Yth. Kepala SMP Ilmu Cendekia
⁠di— Jakarta”
 

Selain di dalam surat lamaran kerja guru, alamat penerima surat ini juga perlu ditulis di amplop lamaran. Berikut adalah contoh penulisan amplop lamaran kerja guru: 

Contoh penulisan amplop lamaran kerja guru.

 

3. Salam pembuka 

Sebelum menyampaikan isi surat lamaran kerja guru, awali dengan salam pembuka terlebih dahulu. 

Contoh salam pembuka yang paling umum digunakan adalah “Dengan hormat,”. 

Selain itu, jika surat ditujukan untuk melamar kerja sebagai guru di madrasah atau sekolah Islam, kamu juga bisa menggunakan “Assalamualaikum Wr. Wb.”. 

4. Pembuka surat 

Setelah menyapa dengan salam pembuka, selanjutnya kamu bisa menyampaikan paragraf pembuka. Dalam paragraf pembuka, kamu bisa menjelaskan informasi dari mana kamu mendapatkan lowongan di sekolah yang bersangkutan. 

Berikut ini contoh pembuka surat lamaran kerja untuk melamar sebagai guru: 

"Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari unggahan di media sosial Facebook yang mengumumkan adanya lowongan kerja guru di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin, dengan ini saya: ...." 

5. Isi surat 

Inilah inti dari surat lamaran kerjamu. Pada bagian ini, kamu bisa menulis identitasmu dan pernyataan untuk melamar kerja di posisi yang diinginkan. Misalnya: 

(paragraf pembuka) ...., dengan ini saya:

  • Nama:
  • Tempat, Tanggal Lahir:
  • Pendidikan Terakhir:
  • Alamat:
  • Nomor Telepon: 

Mengajukan lamaran untuk posisi Guru Matematika di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin. 

6. Penutup surat 

Setelah menyampaikan isi surat, selanjutnya kamu bisa menutupnya. 

Tidak perlu panjang lebar, kamu cukup menutup surat dengan mengucapkan terima kasih. Tidak ada salahnya juga jika ada hal-hal lain yang ingin disampaikan. 

7. Salam penutup 

Terakhir, kamu bisa menutup surat dengan salam penutup. 

Sesuaikan salam penutup dengan kalimat pembukanya. Contohnya dengan kata “Hormat Saya,” atau Wassalamualaikum Wr. Wb. 

Jangan lupa, ikuti dengan tanda tangan dan nama lengkapmu, ya! 

8. Lampiran dokumen pendukung 

Satu lagi bagian yang tidak boleh diabaikan, yaitu daftar lampiran. Kamu bisa mencantumkan daftar dokumen pendukung ini di dalam isi surat. Berikut contoh daftar lampiran surat lamaran kerja guru:

  • Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
  • Fotokopi KTP
  • Pasfoto
  • Fotokopi Ijazah
  • Fotokopi Transkrip Nilai
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Sertifikat Pelatihan

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Guru 

Seorang wanita sedang membuat surat lamaran kerja guru.

Menulis surat lamaran kerja guru tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Bahkan, kesalahan kecil seperti salah ketik juga harus dihindari. 

Pastikan juga kamu mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh instansi tujuanmu. Maka dari itu, perhatikan beberapa tips berikut ini ketika menulis surat lamaran:

1. Sesuaikan isi surat lamaran 

Satu surat lamaran kerja memang boleh dikirimkan ke beberapa sekolah sekaligus. Tetapi, sebelum mengirimnya, kamu harus teliti. Pastikan isi surat lamaranmu sudah sesuai dengan data dan informasi yang relevan untuk masing-masing sekolah. 

Periksa kembali tanggal, nama penerima dan alamat kantornya, serta posisi yang kamu lamar. Pastikan tidak ada data yang keliru atau tertukar dengan lamaran untuk sekolah lain. 

Jika kamu mengunduh contoh surat lamaran guru SD/SMP/SMA dari internet atau menggunakan template, jangan langsung menggunakannya mentah-mentah. Ubahlah sesuai data dan informasi yang sesuai dengan lamaranmu. 

2. Lakukan riset profil sekolah yang dituju 

Lakukan penelitian mendalam terhadap profil sekolah yang dituju. Hal ini penting agar kamu dapat memahami kebijakan, visi dan misi, serta nilai-nilai yang berlaku di sekolah tersebut. 

Kemudian, susunlah surat lamaran kerja guru yang sesuai dengan profil sekolah. Setelah itu, berikan alasan yang kuat mengapa kamu ingin bergabung. 

Dengan begitu, pihak sekolah dapat melihat keseriusanmu untuk menjadi guru di sana. 

3. Perhatikan bahasa yang digunakan 

Gunakanlah ragam bahasa yang baku dan formal ketika menulis surat lamaran kerja guru. Perhatikan juga nada tulisannya agar tampak sopan dan profesional. 

Sampaikan maksud dan tujuan surat lamaran tersebut dengan padat, jelas, dan terstruktur. Gunakanlah kalimat yang efektif agar isi surat lamaran mudah dipahami dan tidak bertele-tele. 

Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa dan ejaan dalam surat lamaran yang kamu buat. Karena itu, periksa kembali surat tersebut sebelum dikirim. Lakukan revisi segera apabila kamu menemukan kesalahan.

4. Rancang pembuka surat yang menarik 

Pembuka surat adalah bagian yang sangat penting dalam menyusun surat lamaran. Sebab, poin ini menjadi bagian pertama yang dibaca oleh perekrut.  

Jadi,pastikan kamu merancangnya dengan rapi dan menarik, ya! Tujuannya agar pihak perekrut tertarik untuk membaca isi surat lebih lanjut. 

Pastikan informasi seperti tanggal, tempat pembuatan surat, penerima beserta alamat kantor, perihal, dan jumlah lampiran terlihat dengan jelas. Gunakan salam dan paragraf pembuka yang memikat tetapi tetap lugas dan jelas. 

5. Tampilkan nilai tambah 

Untuk meningkatkan daya tarikmu sebagai calon guru, tunjukkan nilai tambah yang kamu miliki. Jika value dirimu tersebut tidak dimiliki oleh pelamar lain, hal ini akan membuatmu menonjol dan terlihat unggul. 

Nilai tambah dapat berupa latar belakang pendidikan, pengalaman, atau keterampilan yang kamu punya. Misalnya, jika memiliki gelar S2, kamu dapat menyampaikan hal tersebut kepada pihak perekrut. 

6. Soroti keterampilan utama 

Sebagai calon pengajar, tentu kamu harus memiliki skill yang dibutuhkan seorang guru, seperti memahami materi, metode pembelajaran, serta memiliki kompetensi yang relevan. 

Kamu tidak harus menyebutkan semua keterampilan tersebut karena nanti surat lamaranmu akan terlihat bertele-tele. Fokuslah pada satu keterampilan utama yang perlu disorot, seperti penguasaan teknologi untuk diterapkan dalam pembelajaran. 

7. Gunakan frasa kunci 

Sekarang ini, software Applicant Tracking System (ATS) banyk digunakan untuk menyortir CV kandidat. Hal ini termasuk juga digunakan di berbagai instansi pendidikan. 

Jika sekolah tujuanmu diminati banyak orang, bisa jadi mereka memanfaatkan software ini. 

Oleh sebab itu, cantumkan keyword pada CV-mu agar lolos pemindaian ATS. Kata kunci ini meliputi usia, latar belakang pendidikan, keterampilan, pengalaman kerja, dan lain-lain. 

Jika kamu mencari contoh cv lamaran kerja guru yang ATS friendly, kamu bisa baca artikel berikut sebagai referensi: Contoh CV ATS Friendly + Cara Membuat dan Template Gratis

8. Sertakan referensi 

Ketika melamar pekerjaan, kamu dapat menyertakan referensi dari profesional yang mengenalmu. Misalnya, kamu dapat minta referensi kerja kepada atasanmu sebelumnya. Intinya, referensi ini menyatakan bahwa kamu layak menjadi guru di sekolah yang dituju. 

Jika kamu sudah mendapatkan referensi kerja, cantumkanlah ke dalam surat lamaran kerja guru. Hal ini dapat meyakinkan perekrut bahwa kamu pantas untuk menempati posisi yang dilamar. 

9. Fokus pada pencapaian 

Agar lamaranmu lebih menarik di mata perekrut, sampaikan dengan singkat pencapaianmu. 

Hal ini bisa berupa penghargaan dengan bukti sertifikat yang berhubungan dengan bidang pendidikan atau project lain yang terkait untuk membuktikan skill mengajarmu. 

10. Pastikan keselarasan CV dan surat lamaran 

Surat lamaran kerja dan CV adalah dua dokumen yang berkaitan erat untuk melamar pekerjaan. Jadi, pastikan informasi yang disajikan selaras satu sama lain saat menyusunnya. 

Apabila ditemukan adanya ketidaksesuaian, hal itu dapat merusak reputasimu di mata perekrut.  

11. Ikuti petunjuk lamaran 

Ketika kamu melihat pengumuman lowongan pekerjaan, bacalah dengan cermat prosedur lamaran yang ditentukan. Suatu lembaga pendidikan biasanya memiliki ketentuan sendiri. 

Misalnya, jika instansi meminta surat lamaran kerja yang ditulis tangan bukan diketik, kamu harus mematuhi aturan tersebut. Tidak jarang sekolah menentukan sendiri format lamaran untuk calon guru. Apapun ketentuannya, pastikan kamu mengikutinya dengan baik. 

12. Kirimkan lamaran melalui channel yang tepat 

Pihak perekrut biasanya menentukan juga ke mana lamaran perlu dikirim. Ada yang meminta mengirim melalui pos, e-mail, atau diantar langsung. 

Selain itu, ada juga sekolah yang memang menggunakan portal lamaran kerja seperti Jobstreet. 

Jadi, kamu harus mengirimnya ke saluran yang tepat agar surat lamaran kerja yang kamu buat sampai di tangan yang tepat.

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru 

Seorang wanita berhasil mendapat kerja di sekolah impian setelah menyusun surat lamaran kerja guru dengan baik.

Berikut adalah beberapa contoh surat lamaran pekerjaan guru yang bisa menjadi referensi. Namun, sebagai disclaimer, nama pelamar, nama sekolah, dan alamat yang tercantum di dalamnya semata-mata hanyalah sebagai ilustrasi.

Contoh surat lamaran kerja guru honorer 

Contoh surat lamaran kerja guru honorer.

 Contoh surat lamaran kerja guru Bahasa Inggris 

Contoh surat lamaran kerja guru Bahasa Inggris.

Contoh surat lamaran kerja guru di Bimbingan Belajar 

Contoh surat lamaran kerja guru di Bimbingan Belajar.

 ⁠Contoh surat lamaran kerja guru SMA 

Contoh surat lamaran kerja guru SMA.

 ⁠Contoh surat lamaran kerja guru Boarding School 

Contoh surat lamaran kerja guru Boarding School.

Contoh surat lamaran kerja guru PAUD 

Contoh surat lamaran kerja guru PAUD.

 ⁠Contoh surat lamaran kerja guru tulis tangan 

Contoh surat lamaran kerja guru tulis tangan.

⁠Contoh surat lamaran kerja guru SD 

Contoh surat lamaran kerja guru SD.

⁠Contoh surat lamaran kerja guru biologi 

Contoh surat lamaran kerja guru biologi.

 ⁠Contoh surat lamaran kerja guru SMK 

Contoh surat lamaran kerja guru SMK.

 Contoh surat lamaran kerja guru olahraga / pendidikan jasmani 

Contoh surat lamaran kerja guru olahraga / pendidikan jasmani.

⁠Contoh surat lamaran kerja guru kimia 

Contoh surat lamaran kerja guru kimia.

Contoh surat lamaran kerja guru di Sekolah Yayasan 

Contoh surat lamaran kerja guru di Sekolah Yayasan.

Contoh surat lamaran kerja guru SMP 

Contoh surat lamaran kerja guru SMP.

 ⁠Contoh surat lamaran kerja guru TK 

Contoh surat lamaran kerja guru TK.

⁠Contoh surat lamaran kerja guru Pendidikan Seni 

Contoh surat lamaran kerja guru Pendidikan Seni.

 Contoh surat lamaran kerja guru matematika 

Contoh surat lamaran kerja guru matematika.


⁠Kesimpulan 

Bercita-cita menjadi guru merupakan salah satu pekerjaan yang mulia. Kamu harus memenuhi syarat dan kualifikasi pendidikan serta memiliki kemampuan yang relevan. 

Oleh karena itu, kamu harus tahu contoh surat lamaran kerja jadi guru beserta panduan penulisannya. Kamu harus menyesuaikan untuk berbagai jenjang pendidikan. Jika ada format tertentu dari instansi, kamu juga harus mengikutinya, ya! 

Yuk, segera susun surat lamaran kerja dan kirimkan ke sekolah impianmu. Perhatikan detail penting yang dapat membantumu meraih cita-cita sebagai guru. Tetap semangat dan selalu percaya diri, ya! 

Temukan lowongan guru berbagai instansi pendidikan favorit di situs atau aplikasi Jobstreet by SEEK! Selain guru, kamu juga bisa menemukan kesempatan karier lain sesuai dengan preferensimu di Jobstreet. 

Yuk, persiapkan diri kamu untuk menembus pekerjaan impian dengan membaca berbagai informasi dan Tips Karier di situs Jobstreet by SEEK. Setelah itu, jangan lupa perbarui profil Jobstreet kamu dan temukan lowongan kerja yang tepat. 

Download aplikasi Jobstreet by SEEK di Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan untuk mengakses informasi terbaru seputar dunia kerja hanya dalam satu genggaman saja! Semoga berhasil!

Pertanyaan Seputar Surat Lamaran Kerja Guru  

  1. Lamaran guru ditujukan kepada siapa?
    ⁠Lamaran guru biasanya ditujukan kepada kepala sekolah. Namun, sebaiknya cek informasi yang tertera pada pengumuman lowongan, ya! Kamu bisa mengetahui dengan pasti kepada siapa lamaran seharusnya ditujukan. Apakah kepala sekolah, kepala yayasan, atau pihak lain yang ditentukan.
  2. Seperti apa format surat lamaran kerja guru?
    ⁠Surat lamaran kerja guru biasanya memiliki format penulisan sebagai berikut:
    ⁠- Tanggal dan tempat pembuatan surat
    ⁠- Perihal
    ⁠- Jumlah lampiran
    ⁠- Informasi penerima surat beserta alamat kantor
    ⁠- Salam pembuka
    ⁠- Paragraf pembuka
    ⁠- Paragraf isi
    ⁠- Paragraf penutup
    ⁠- Salam penutup, tanda tangan dan nama pelamar
    ⁠- Lampiran
  3. Apakah surat lamaran kerja guru untuk SD, SMP, SMA sama?
    ⁠Secara struktur, sebenarnya surat lamaran guru SD, SMP, dan SMA kurang lebih sama. Namun, informasi yang ada di dalamnya perlu disesuaikan untuk masing-masing jenjang. Seperti posisi yang dilamar, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang sesuai.
  4. Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja guru?
    ⁠Cara menulis surat lamaran kerja guru bisa menggunakan format penulisan yang sesuai. Selain itu, kamu bisa menyesuaikan isi lamaran agar menarik, tetapi jangan bertele-tele. Jangan lupa untuk memeriksa kembali surat lamaran kerja dan lakukan revisi jika perlu.
  5. Apakah surat lamaran kerja guru harus menggunakan bahasa baku?
    ⁠Ya. Surat lamaran kerja guru masuk dalam kategori surat resmi. Jadi, tata penulisannya harus menggunakan bahasa baku. 

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.