Mau Menjadi Guru yang Baik untuk Murid? Baca Tips Berikut, yuk!

Mau Menjadi Guru yang Baik untuk Murid? Baca Tips Berikut, yuk!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Tidak asing lagi bagi kita jika mendengar ujaran bahwa pekerjaan seorang guru itu sangat mulia. Seorang guru memiliki pengaruh yang amat besar. Bukan hanya untuk anak muridnya, namun juga bagi semua orang di sekitar mereka. Guru memiliki peran penting dalam membantu membangun pola pikir serta kepribadian anak murid. Karena itu pula, seorang guru sering dituntut untuk selalu menjadi versi paling baik diri mereka. Sekarang ini, memiliki keterampilan dasar mengajar saja tidak cukup. Ada berbagai macam cara dalam mengajari anak didik, dan bukan hanya sekedar mengajarkan ilmu yang tertulis di buku pelajaran. Tapi, jangan dulu terintimidasi jika kamu berminat untuk menjadi seorang guru. Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan tips cara mempersiapkan diri sebelum memulai karier sebagai guru.

Berikut adalah 10 tips yang dapat dilakukan agar kamu menjadi guru yang lebih baik untuk anak didik:

  • Mengatur waktu dengan baik

Memastikan kesiapan diri sangatlah penting. Karenanya, bergerak cepatlah dalam melakukan segala persiapan sebelum kamu memulai. Kamu juga harus mempersiapkan diri atas kesibukan yang akan datang agar tidak kewalahan. Salah satu cara untuk mencegah ini adalah memilikitime-management skillyang baik.

Salah satu tanggung jawab guru adalah mengatur jadwal kegiatan kelas dan tugas. Setelah mendapatkan jadwal dari instansi tempat kamu bekerja, mulailah menandai slot-slot waktu tersebut pada jadwal pribadimu. Hal ini akan membantumu untuk mengatur waktu kosong. Kamu bisa menggunakanfree timetersebut untuk beristirahat dan menyalurkan hobi. Pastikan juga tidak ada kegiatan yang tumpang tindih.

  • Membuat sistem penilaian sendiri

Setiap kegiatan mengajar pastinya memiliki kurikulum yang telah ditetapkan, namun bukan berarti kamu tidak memiliki kesempatan untuk melakukannya dengan caramu sendiri. Setelah mendapatkan dan mempelajari kurikulum, kamu dapat menentukan strategi mengajar yang cocok. Setelah itu, kamu dapat menentukan sistem penilaian yang paling baik untuk materi yang akan diajarkan. Menyusun sistem penilaian sendiri dapat membantu kamu memahami kurikulum secara mendalam.

  • Menemukan alasan serta semangat mengajar

Memiliki tujuan untuk setiap hal yang kamu lakukan adalah penting, terutama jika kamu adalah seorang guru. Kegiatan mengajar yang dilakukan hanya untuk menjalankan kurikulum cenderung membosankan. Untuk membuat para murid antusias belajar, kamu pun harus menunjukan semangat mengajar.

Luangkan waktu untuk memikirkan alasan kamu mengajar. Tujuan apa yang ingin kamu capai? Apa alasan kamu memberikan ilmu tersebut kepada para murid? Apa yang membuatmu semangat untuk membahas suatu topik? Bagaimana kamu dapat membuat para murid antusias dalam belajar? Pikirkanlah hal-hal berikut sebelum memulai kegiatan belajar. Hal ini dapat menjadikan setiap sesi mengajar berkesan.

  • Komunikasikan tujuan pembelajaran dengan jelas

Hal penting lainnya yang perlu tersampaikan kepada murid adalah tujuan pembelajaran. Dengan memahami tujuan pembelajaran, mereka akan lebih mudah melakukan kegiatan belajar karena mereka sudah tahu apa yang harus mereka capai. Hal ini juga membantu anak murid memahami alasan mereka mempelajari materi yang diajarkan dan melakukan kegiatan yang diadakan dalam kelas. Kamu juga dapat membuatmilestonesatau titik-titik pencapaian dalam pembelajaran yang akan membantu kemajuan kegiatan belajar dalam kelasmu. Sebagai tambahan,milestonesdapat kamu rayakan dan jadikan sarana apresiasi untuk membuat anak murid semakin semangat dalam menjalani proses pembelajaran.

  • Ciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk belajar

Selain membuat murid semangat untuk belajar, sebagai guru kamu juga harus membuat mereka nyaman. Kamu juga harus memperhatikan cara mengajar, termasuk kecepatan mengajar, agar tidak mengintimidasi murid dan membuat mereka dapat mengikutinya dengan baik. Jangan lupa untuk sesekali bertanya kepada mereka mengenai pemahaman saat kamu menjelaskan. Hal ini dapat membuat murid dengan tidak segan bertanya serta memberi tanggapan mengenai bahan ajar. Tunjukan pula apresiasi kepada mereka yang bertanya dan memberi tanggapan untuk memberi kesan pada murid lainnya bahwa itu adalah hal yang baik dan didukung.

  • Mencoba berbagai metode pembelajaran

Metode pembelajaran yang sama dan terus berulang juga dapat membuat kegiatan belajar membosankan. Sebagai guru, kamu harus pandai memberi variasi metode mengajar agar selalu menarik untuk murid. Cobalah media lain, selain buku pelajaran, untuk meningkatkanmooddalam belajar.

Membuat presentasi yang simpel dan jelas dengan desain yang menarik akan menarik perhatian murid selama pembelajaran. Menggunakan video animasi juga sangat dianjurkan, namun pastikan dalam intensitas yang wajar. Kamu juga bisa membuat variasi pada tugas atau pekerjaan rumah. Berilah tugas yang mendorong sisi kreativitas murid seperti kerajinan atau proyek kecil-kecilan yang sesuai dengan materi pembelajaran. Kegiatan ini mencegah anak murid jenuh sekaligus memberi mereka kesempatan untuk berkreasi sambil belajar.

  • Memintafeedbackdari murid

Setelah semuanya terlihat berjalan sesuai rencana, perlu diingat bahwa target guru bukanlah satu-satunya acuan bagi indikator keberhasilan kegiatan pembelajaran.Outputatau hasil murid justru merupakan indikator utama tujuan pembelajaran. Untuk memastikan murid dapat mencapai kompetensi, guru harus memastikan bahwa mereka berkembang mendekati target.

Ajak murid untuk memberi tanggapan tentang metode mengajar yang dilakukan atau tugas yang diberikan. Cari tahu apa yang mereka sukai dan tidak sukai. Kamu juga dapat bertanya tentang apa yang mereka harapkan untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya; dukung mereka untuk memberi ide serta saran.Feedbackyang mereka berikan akan sangat membantu kamu semakin menyesuaikan metode mengajar yang tepat.

  • Berdiskusi dengan guru lain

Selain mengumpulkan tanggapan dari murid, kamu juga dapat mempertimbangkan pendapat guru lainnya. Mengobrol dengan guru lain memberikan kesempatan untuk saling berbagi pengalaman dan strategi mengajar. Para guru juga dapat saling bertukar ilmu untuk mencegah atau mengatasi masalah yang terjadi di kelas. Cobalah bergabung dalamgroup chatyang berisi guru-guru lainnya. Jika belum ada, kamu dapat berinisiatif untuk membuat grup tersebut.

  • Melakukan evaluasi diri

Evaluasi diri sangat perlu dilakukan seorang guru. Menilai kemajuan selama periode mengajar akan membantumu meningkatkan performa dan menjadi guru yang lebih baik. Luangkan berapa menit setiap hari untuk merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan. Adakah hal yang dapat kamu tingkatkan? Bagaimana respons murid terhadap kegiatan belajar yang kamu lakukan? Metode mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak?

Evaluasi diri juga sebaiknya dilakukan pada akhir periode mengajar. Lakukanlah hal yang sama, namun dalam skala yang lebih besar. Pikirkan kembali usaha yang telah kamu lakukan selama mengajar. Manakah cara mengajar yang dapat kamu gunakan kembali atau yang sebaiknya ditinggalkan? Adakah masalah selama kamu mengajar? Bagaimana mengatasinya? Sudah tercapaikah tujuan pembelajaran yang dibuat pada awal periode mengajar? Dengan memikirkan hal-hal tersebut, kamu dapat mempersiapkan strategi untuk periode berikutnya agar kegiatan mengajar dapat dilakukan secara lebih baik.

  • Memberi waktu untuk beristirahat

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah untuk menjaga kesehatan mental dengan memberi waktu untuk beristirahat dan memanjakan diri. Dengan tanggung jawab yang melimpah, jangan biarkan dirimu jenuh dan mengalamiburn-out.Saat ada kesempatan, seperti masa liburan sekolah, lakukanlah kegiatan yang membantu kamu bersantai atau bersenang-senang. Luangkan 7-10 hari untukme-timeagar kamu dapat bekerja dengan maksimal saat kembali dalam ruangan kelas.

Itu dia 10 tips yang dapat kamu coba untuk menjadi guru yang lebih baik. Menjadi guru yang baik tentunya membutuhkan waktu dan proses, jadi kamu tidak perlu khawatir jika merasa tidak langsung handal dalam melakukan pekerjaan ini. Kamu membutuhkan dedikasi serta kesabaran yang banyak untuk mencapai target dan 10 tips ini akan membantu kamu. Teruslah melatih diri dalam keterampilan mengajar untuk meningkatkan performa sebagai guru.

Kunjungi situs JobStreet untuk mencari lowongan kerja guru dan memulai perjalanan mencapai kesuksesan karier. Jangan lupa juga untuk memperbarui profil JobStreet dengan mengunggah CV atau resume kamu. Perbarui terus profilmu untuk menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik! Tetaplah terhubung bersama kami kapan pun dan di mana pun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store. Jangan lupa mengunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.