Tren Karier Era 4.0, Yuk Menjadi Digital Nomad!

Tren Karier Era 4.0, Yuk Menjadi Digital Nomad!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Pada hasil survei Mengupas Talent Global edisi ketiga, JobStreet bersama Boston Consulting Group (BCG) dan The Network menemukan bahwa sekitar 44% responden yang bekerja di berbagai sektor industri di Indonesia merasa khawatir akan resiko kehilangan pekerjaan. Hal ini dikarenakan maraknya dampak otomatisasi dan digitalisasi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Tidak hanya itu, diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa kota juga menuntut sebagian besar perusahaan untuk menerapkan sistem kerja dari rumah atauWork from Home(WFH).

Sistem kerja jarak jauh dan perkembangan digitalisasi secara masif ternyata menghadirkan kemunculan tren karier baru, yaitu bekerja sebagaidigital nomad. Artinya, seorangdigital nomaddapat bekerja tanpa terikat oleh waktu atau tempat. Selama memiliki jaringan internet, laptop, dansmartphone,seorangdigital nomaddapat bekerja di mana pun dan kapan pun. Tren ini disebut juga sebagaiworkation (work and vacation)yang ditandai dengan kecenderungan seorangdigital nomaduntuk bekerja sambiltravellingke berbagai destinasi wisata seperti mengunjungi daerah yang memiliki keindahan alam, pegunungan, dan juga pantai.

Dengan cepatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi, bukan hal yang tidak mungkin jika kamu dapat menggapai peluang dalam kesuksesan karier dengan menjadidigital nomad. Yuk ketahui lebih banyak mengenai hal ini sebelum merencanakan karier sebagaidigital nomad!

Keuntungan berkarier sebagaidigital nomad

1.  Fleksibilitas jam dan tempat kerja

Sebagaidigital nomad,kamu tidak akan terikat dengan pekerjaan yang mengharuskan untuk berada di kantor dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Kamu bebas mengatur waktu yang tepat untuk mulai bekerja dan beristirahat. Asalkan ada jaringan internet, kamu bisa memilih untuk bekerja di mana pun. Mulai dari di kamarmu sendiri,coffee shopdi tengah kota besar,perpustakaan yang sudah lama ingin dikunjungi, hingga di kos-kosan atau villa di sebuah tempat wisata yang sudah kamu sewa untuk jangka waktu tertentu.

Dengan terus-menerus bekerja di berbagai tempat dan suasana baru, kamu dapat melatih diri dalam beradaptasi ketika akan bertemu orang baru dan menghadapi situasi atau kondisi di daerah tertentu. Dengan ini, kamu dapat bekerja sambil menghasilkan pengalaman yang tak terlupakan, serta pelajaran baru yang mungkin tidak dapat kamu peroleh dari bekerja seharian di meja ataucubiclekecil sebuah gedung perkantoran.

2. Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

Bekerja di berbagai tempat yang menyenangkan dan menenangkan dapat memperkenalkan kamu dengan beragam pengalaman baru yang dapat menstimulasi kinerja otak. Dengan otak yang terus terstimulasi dengan hal baru, perasaan tertekan dan stres dapat lebih mudah untuk dihindari. Hal ini akan membantumu berkreasi dalam proses menyusun rencana kerja, menyelesaikan pekerjaan, bahkan menciptakan inovasi dan ide baru yang dapat membantumu mencapai target yang diinginkan.

Menjadidigital nomadakan memperkecil resiko kamu menghadapi berbagai penyebab stress karena pekerjaan. Dengan waktu dan tempat kerja yang fleksibel, kamu dapat secara optimal mengatur perencanaan, alur, dan waktu dalam bekerja sesuai dengan kondisi yang dirasa paling produktif agar pekerjaanmu dapat diselesaikan dengan efisien karena kreativitas otakmu sedang bekerja dengan maksimal.

3. Kesempatan untuk MeraihWork-life Balance

Beberapa orang yang bekerja sebagai pegawai kantoran mungkin berpikir bahwa ia tidak dapat menikmati kehidupan karena waktunya dihabiskan hanya untuk bekerja. Padahal, seharusnya bekerja dilakukan untuk dapat menikmati keindahan yang ditawarkan oleh kehidupan atau mencapaiwork-life balance. Sebagaidigital nomad,kamu dapat bekerja sambil melakukan hobimu atau mengunjungi tempat yang sudah lama kamu impikan.

Fleksibilitas waktu dan tempat menjadi keuntungan utama yang dapat kamu genggam. Dengan terus berada di tempat baru, kamu akan semakin termotivasi untuk segera menyelesaikan pekerjaanmu agar dapat mengeksplorasi tempat tersebut bersama orang yang kamu sayangi. Berkarier sebagaidigital nomaddapat menjadi langkah awalmu untuk berpetualang dalam meraihwork-life balance.

Tips Merencanakan Karier SebagaiDigital Nomad

1. Menyusun rencana akomodasi dan keuangan

Jika ingin memulai karier sebagaidigital nomad, penting bagi kamu untuk mempersiapkan rencana keuangan dengan matang. Pastikan kamu memiliki uang yang cukup dan menyusunbudgetyang dialokasikan untuk biaya kehidupan sehari-hari, setidaknya untuk dua atau tiga bulan ke depan.

Sebagaidigital nomad, kamu akan berada di tempat baru dengan kemungkinan situasi yang tidak terduga. Karena itu, selain menyusunbudgetingsesuai prioritas kebutuhan, kamu juga perlu memiliki simpanan dana darurat dan juga tetap menyisihkan sejumlah uang untuk tabungan di masa depan.

Berikut aspek terpenting yang harus kamu perhatikan ketika membuat rencana keuangan untuk akomodasi perjalananmu sebagaidigital nomad:

  • Memilih akomodasi tempat tinggal yang fasilitasnya sesuai denganbudgetdan kebutuhan.
  • Menyiapkan dokumen izin tinggal yang dibutuhkan (misalnya: paspor, visa, asuransi kesehatan, asuransi perjalan, dan surat keterangan fiskal).
  • Membuat limit maksimum harian untuk biaya makan, minum, dan nongkrong.
  • Memilih opsi transportasi yang paling mudah diakses dan sesuaibudget.
  • Membeliwifi portableatau paket internet yang jaringannya stabil.
  • Menyisihkan pendapatan untuk dimasukkan ke rekening tabungan dan rekening dana darurat.

2. Menyiapkan detail rencana kegiatan dan tujuan destinasi

Sebagai negara yang kaya akan keindahan alam dan kebudayaan, Indonesia merupakan salah satu tujuan destinasi utama berbagai talent dari seluruh dunia yang memilih berkarier sebagaidigital nomad. Pemerintah bahkan mendukung tren kerja sebagaidigital nomaduntuk memberi dampak baik bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Berikut merupakan beberapa daerah di Indonesia yang memiliki akses terhadap destinasi wisata alam yang indah, fasilitas penyewaan tempat tinggal yang nyaman, biaya hidup terjangkau, dan jaringan internet yang mendukung karier sebagaidigital nomad:

  • Jimbaran dan Canggu, Bali
  • Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Malang, Jawa Timur
  • Pangandaran, Jawa Barat

Selain Indonesia, berikut beberapa tujuan destinasi yang dapat kamu pertimbangkan:

  • Phuket dan Krabi, Thailand
  • Kolombo, Sri Lanka
  • Cancun, Meksiko
  • Siem Reap, Kamboja

Jika sudah menentukan berbagai lokasi yang akan didatangi, pastikan kamu menuliskan secara detail rencana keberangkatan, kegiatan yang akan dilakukan, serta tempat wisata yang ingin dikunjungi. Dengan menyiapkan hal tersebut, kegiatanmu akan lebih terorganisir dan kamu bisa membagi waktumu untuk bekerja dan berpetualang di tempat baru secara efisien.

3. Mempelajari cara berinteraksi yang tepat

Setiap daerah memiliki budaya dan caranya tersendiri dalam berinteraksi dan menjalani keseharian. Budaya ini terdiri dari bahasa yang digunakan, cara berpakaian yang diterima oleh masyarakat, hingga kebiasaan sehari-hari yang terkesan sepele namun penting untuk dilakukan seperti cara bertegur sapa atau menunjukkan gestur tubuh tertentu. Jika kamu sudah menentukan destinasimu untuk bekerja, pastikan kamu juga mencari tahu dan mempelajari tentang budaya daerah tersebut. Layaknya menjadi tamu di rumah orang lain, pastikan kamu menghargai warga yang bermukim di sana dengan tidak melakukan sikap yang bisa jadi dianggap sebagai hal yang buruk atau tidak sopan menurut standar daerah tujuanmu.

Beragam Profesi yang Dapat dilakukan olehDigital Nomad

Menurut survey JobStreet, pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai sektor industri menerapkan kebijakan dan sistem kerja yang memaksimalkan digitalisasi dan otomatisasi. Hal ini diperkirakan akan terus berlangsung sampai beberapa tahun ke depan. Jika kamu bingung untuk memulai karier sebagaidigital nomad, mulailah untuk mempertanyakan hal-hal berikut ini pada diri sendiri:

  • Profesi apa yang ingin ditekuni?
  • Keterampilan dan kekurangan apa sajakah yang dimiliki?
  • Apakah perlu menambahskillsuntuk dapat melakukan pekerjaan tersebut secara maksimal?
  • Apakah pekerjaan tersebut bisa diselesaikan hingga tuntas secaraonline?

Pekerjaanfreelancejarak jauh bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kariermu sebagaidigital nomad. Setelah mengidentifikasi dirimu melalui pertanyaan tersebut, kamu dapat mulai mencari pekerjaan yang kamu inginkan. Mulai dari profesi sebagai rekrutmen sumber daya manusia (HR), marketing dan konsultan, hinggaproject manager.

Salah satu pekerjaan yang erat hubungannya dengandigital nomadadalah pengembangan IT. Di masa lalu, pekerjaan di bidang IT sering kali mengharuskan karyawannya untukstandbydi kantor, untuk langsung menyelesaikan masalah teknis seputar komputer. Tapi, sebagaidigital nomad, kamu bisa bekerja di bidang yang paling diminati ini secararemote,lho!

Dengan JobStreet, kamu dapat menemukan berbagai profesi yang dapat dilakukan secara jarak jauh. Pastikan untuk mencari profesi yang cocok darilifestyle digital nomadmu dengan mengunjungi laman cari kerja kami. Perbaruilah profil setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah talent terbaik!

Mulailah petualangan untuk mencapai kesuksesan karier danwork-life balancedengan menjadidigital nomad. Pastikan untuk mengaplikasikan berbagai tips di atas agar kamu dapat memastikan yang kehidupanworkationkamu tetap terorganisir, disiplin, dan efisien. Selamat berjuang!

Tetap terkoneksi bersama kami kapanpun dan di manapun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store. Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tren kerja, kamu dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.