Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Transferable Skills

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Transferable Skills
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 21 February, 2023
Share

Apa kamu sedang pertimbangin untuk ganti profesi tapi gak tau harus mulai dari mana? Emang sih, ada banyak banget faktor yang harus diperhitungkan mulai dari syarat, kualifikasi pekerjaan, dan masih banyak lagi. Tapi ada satu elemen yang paling penting yaitutransferable skill.

Apa sih yang dimaksud dengan transferable skill?

Transferable skillmerupakan keterampilan yang dapat dialihkan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Keterampilan ini bisa ditransfer ke berbagai industri dan jenis pekerjaan. Terlepas dari industri yang lagi kamu pertimbangkan, punya pemahaman yang baik tentang keterampilan yang dapat ditransfer dan bagaimana keterampilan itu dapat digunakan dapat membantu kamu membuat keputusan yang tepat tentang perubahan karir.

Langkah pertama biar makin pahamtransferable skillkamu adalah mengidentifikasi keterampilan yang kamu miliki saat ini.Skillkamu di pekerjaan yang sekarang, apa bisa dikembangkan dijob descpekerjaan yang kamu incar? Apakahskillkamu yang sekarang bisa digunakan dalam industri karier yang berbeda?

Nah, kalau kamu udah lebih paham tentangskillyang kamu punya, kamu bisa mulai mikirintransferable skillini untuk memperluas kemungkinan diterima di pekerjaan yang kamu incar, nih!

Berbagai contoh transferable skill:

1. Komunikasi: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang lain adalah transferable skill utama karena dapat dialihkan dan memungkinkan kamu bekerja dengan semua jenis orang, apa pun industrinya.

2. Problem solving:Mampu mengidentifikasi akar penyebab masalah dan memberikan solusi yang efektif adalah skill berharga yang bisa dialihkan dan dapat diterapkan di segala industri pekerjaan.

3. Manajemen waktu :Mampu merencanakan, memprioritaskan, dan melaksanakan tugas secara efisien adalah keterampilan penting yang bisa bantu kamu dalam pekerjaan apa pun.

4. Leadership:Kemampuan untuk memotivasi dan memimpin tim merupakan aset besar yang diincar dari seorang SDM dalam industri apa pun.

5. Kemampuan beradaptasi:Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat pada industri atau di kerjaan baru adalah kunci sukses saat kamu mau ganti profesi.

Skilllain yang dapat ditransfer termasuk berpikir kritis, manajemen tim, ketrampilan analitis, analisis data, pengambilan keputusan, dan ketrampilan organisasi.

Pemikiran kritisbisa membantu kamu menilai situasi dan menghasilkan solusi inovatif.

Keterampilan analitismemungkinkan kamu untuk melihat data dan membuat keputusan dengan logis.

Analisis dataakan membantu kamu menafsirkan dan menganalisis data secara akurat.

Pengambilan keputusanbisa membantu kamu buat keputusan yang tepat dalam situasi apa pun.

Keterampilan organisasiakan membantu mengelola berbagai tugas dengan tetap teratur.

Kenapa transferable skill itu penting?

Skillyang dapat ditransfer sangat penting untuk kesuksesan karier karena memungkinkan kamu berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain, atau bahkan dari satu industri ke industri lainnya.Transferable skillini menjembatani kesenjangan antaraskillyang kamu punya saat ini dan skill yang diperlukan untuk pekerjaan atau industri baru. Memiliki pemahaman yang baik tentang keterampilan yang dapat ditransfer bisa bantu kamu buat keputusan yang tepat saat memutuskan untuk mengubah karir, juga memberikanmu kepercayaan diri untuk melakukan transisi yang sukses.Transferable skilljuga meningkatkan kemampuan kerja kamu lho, karena hal ini menunjukkan kepada calon recruiter kalau kamu punya skill dan kualitas untuk mengambil peran baru dan optimis berhasil.

Keterampilan ini berharga dalam industri apa pun dan bisa bikin kamu sukses saat ganti profesi. Mengevaluasi dan memahami skill kamu saat ini dapat membantu mengidentifikasitransferable skillyang mungkin perlu kamu kembangkan atau tingkatkan untuk karier yang sedang kamu pertimbangkan. Dengan kombinasi yang tepat dari keterampilan yang dapat dialihkan, kamu akan jadi paket lengkap yang mencolok di matarecruiter!

Bagaimana mengembangkan transferable skill?

Setelah kamu punya pemahaman yang lebih baik tentangtransferable skill, sekarang saatnya untuk mulai mengembangkan dan menyempurnakan keterampilan tersebut. Kamu bisa mulai ikut kelas-kelas edukasi, mulai baca buku lagi, atau gabung di organisasi profesional yang terkait dengan bidang yang kamu minati. Kamu juga bisa mencari mentor dan teman diskusi untuk bantu kamu tambah pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan sukses saat ganti profesi.

1. Identifikasi kekuatanmu:Sebelum ganti profesi, luangkan waktu untuk mengidentifikasi kekuatan dan keterampilan inti yang kamu punya. Pertimbangkan apa yang telah kamu pelajari dalam peran di pekerjaan sebelumnya, bisa jugaskilldalam hobi atau aktivitas kamu di luar pekerjaan.

2. Pelajari sesuatu yang baru:Saat pertimbangin ganti profesi,upgrade skillbisa bantu kamu terlihat menonjol dari yang lain. Pertimbangkan juga ambil kursus atau belajar mandiri untuk mempelajari sesuatu yang baru, yang bisa bantu kamu dalam karier baru. Contohnya, jika saat ini bidangmu adalah media sosial, kamu bisa coba kelasdigital marketingyang lebihadvance.

3. “Orang dalam”:Punya banyak kenalan adalah cara terbaik buat kembangin skill baru dan koneksi di industri yang kamu pilih. Kamu bisa pakai LinkedIn atau jaringan profesional lainnya untuk bertemu banyak orang dan menjalin kontak yang dapat bantu kamu dalam perjalanan ganti profesi.

4. Minta feedback:Coba deh minta feedback evaluasi ke atasan atau teman kantor kamu. Mereka bisa banget bantu kamu identifikasi transferable skill yang mungkin bisa kamu pakai di profesi baru kamu nantinya.

Penting juga untuk diingat bahwa kamu gak perlu punya semua keterampilan yang tercantum di atas, untuk sukses di profesi baru nanti. Yang penting adalah seberapa baik kamu menerapkan skill tersebut dalam karier barumu.

Ganti profesi adalah keputusan yang cukup besar. Tapi dengan pemahaman yang benar tentang transferable skill, dijamin kamu bisa membuat keputusan bijak tentang karier mana yang paling tepat untukmu.

Identifikasi kekuatan dan kelemahan yang kamu punya, pelajari sesuatu yang baru, koneksi, dan jangan lupa diskusi untukfeedback. Dengan kombinasi yang tepat daritransferable skill, kamu akan lebih siap buat ganti profesi.

Semoga sukses ya!

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.