Fresh Graduate, Berikut Cara Mendeskripsikan Prestasi dalam CV

Fresh Graduate, Berikut Cara Mendeskripsikan Prestasi dalam CV
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Cari Tahu Cara Mendeskripsikan Prestasi dalam CV

Cara Membuat CV

Mendapat pekerjaan dapat menjadi sesuatu yang cukup sulit untukfresh graduateatau mereka yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Ditambah lagi dengan persaingan yang semakin hari semakin ketat, hal ini membuatmu harus bisa menonjol dibanding pelamar kerja lainnya. Di JobStreet, rata-rata terdapat lebih dari 300+ pelamar dalam satu posting lowongan pekerjaan. Angka pelamar naik dua kali lipat semenjak pandemi COVID-19, menjadi 600+ pelamar dalam satu posting lowongan pekerjaan.

Untuk membuat dirimu lebih menonjol dibandingkan pelamar lainnya, kamu dapat mencantumkan prestasi dalam resume. Menyoroti prestasimu dapat membantu perekrut merasa percaya diri bahwa kamu adalah orang yang cocok. Namun, kebanyakan dari pencari kerja masih merasa kesulitan dalam mendeskripsikan prestasi mereka. Saat membuat resume, menulis daftar pekerjaan mungkin akan terasa lebih mudah dibandingkan menulis prestasi pekerjaan. Baca terus artikel ini untuk mengetahui cara menulis prestasi dalam CV atau resume !

Apa saja yang dapat meningkatkan CV-mu?

Ketika menyortir lamaran pekerjaan yang masuk, perekrut biasanya hanya menghabiskan enam detik untuk melihat setiap resume. Mereka yang tidak lolos penyaringan awal harus melanjutkan pencarian kerja mereka di tempat lain.

Struktur yang dapat kamu gunakan dalam menulis CV adalah dengan menggunakan format kronologikal. Struktur ini dapat menjaga resume-mu dalam urutan yang memudahkan perekrut dalam penilaian enam detik. Berikut urutan yang dapat menjadi acuan dalam menulis resume:

  • Mulai dengan objektif resume atau rangkuman resume yang menarik

Menulis objektif resume atau rangkuman resume dapat membantu perekrut fokus terhadap resumemu. Jika kamu memiliki pengalaman dalam industri yang kamu inginkan dari pekerjaan paruh waktu atau magang, kamu dapat menulis rangkuman resume yang berisi intisari pengalaman dan kemampuanmu. Kamu juga dapat memasukkan pencapaian dengan angka. Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja yang relevan, kamu dapat menulis objektif resume yang menjelaskan bagaimana tujuan kariermu selaras dengan plan perusahaan. Kamu juga tetap harus mencantumkan skill, pengalaman, dan prestasi yang dapat diukur.

  • Cantumkan informasi yang relevan di bagian pendidikan

Dalam menulis riwayat pendidikan di resume, kamu tidak perlu menulis rentang waktu dalam program sarjanamu, tahun kelulusan saja sudah cukup. Penulisan IPK juga tidak terlalu diperlukan, kecuali kamu ingin menunjukkannya. Kamu juga dapat menuliskan penghargaan, publikasi, dan berbagai pelatihan yang relevan dengan bidang pekerjaanmu. Penulisan riwayat SMA tidak diperlukan jika kamu telah lulus kuliah.

  • Cantumkan pengalaman apa pun yang kamu miliki selama masa studi

Jika kamu memiliki pengalaman kerja yang relevan sebelum kamu lulus, seperti magang saat kuliah, tulis pada bagian pengalaman kerja untuk meningkatkan nilaimu. Tulis juga pencapaian utama dalam pengalaman tersebut untuk membuktikan kemampuanmu. Jika kamu berpengalaman dalam pekerjaanfreelance, kamu dapat mencantumkan pengalaman paling impresif.

  • List kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan lowongan pekerjaan

Dalam menulis daftarskills, kamu dapat membuat tabel atau daftar sederhana dan mencantumkanharddansoft skill. Kamu dapat memilih skill yang relevan dengan deskripsi pekerjaan yang akan kamu lamar. Tuangkan hal tersebut dalam bentuk kalimat lengkap seperti ‘efisien dalam mengidentifikasi peluang bisnis unik’, daripada menulisnya sebagai ‘tech skills’ atau ‘people skills’.

  • Jadilah lebih menonjol dari pelamar lain dengan memasukkan bagian tambahan dalam resume-mu

Jika kamu belum pernah memiliki pengalaman kerja dan belum memiliki jaringan profesional, mencantumkan prestasi merupakan cara yang lebih baik untuk menunjukkan bahwa kamu layak mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Kamu dapat memasukkan tambahan seperti sertifikasi, pengalaman sukarela, kemampuan bahasa, hobi dan ketertarikan, serta portfolio profesional untuk menambah nilai resume.

Tidak perlu takut jika kamu tidak memiliki kenalan di kantor yang akan kamu lamar atau di industri yang kamu inginkan, menunjukkan prestasi dan pencapaian dalam resume akan membuat kamu lebih menonjol dari pelamar lainnya.

Baca juga: Template CV Gratis yang Membuat Kamu Lebih Menarik

Perbedaan tugas dan prestasi

Prestasi adalah hal-hal yang kamu capai dalam jabatan yang kamu pegang di luar tugas sehari-hari atau bagian dari jabatanmu. “Perekrut dapat mengetahui apa yang bisa kamu lakukan untuk mereka dari apa yang telah kamu capai di pekerjaanmu sebelumnya”, Carolyn Whitfield dari Total Resumes menjelaskan.

Menurut Whitfield, kesalahan umum yang ia lihat banyak dilakukan oleh pencari kerja ketika membuat CV adalah menulis daftar tugas yang mereka miliki di pekerjaan sebelumnya daripada mendeskripsikan prestasi mereka di jabatan tersebut.

Salah satu tanda kamu menulis tugas harianmu dan bukan prestasimu adalah jika kamu mendeskripsikannya menggunakan kata ‘bertanggung jawab atas’ atau ‘meliputi tugas’. Tugas harian tidak dapat memberikan cerita lengkap tentang dampak dalam pekerjaanmu. Untuk dapat memberikan impresi terbaik kepada perekrut, resume harus memiliki cerita tentang bagaimana apa yang telah kamu lakukan dapat membawamu ke kombinasi skill, pengalaman dan pendidikan untuk pekerjaan yang kamu butuhkan. Jika kamu merasa kesulitan dalam menentukan prestasimu, kamu dapat menanyakan hal-hal berikut pada dirimu sendiri:

  • Projek apa yang telah kamu capai akhir-akhir ini yang dapat membantu perusahaan meningkatkan profit atau meningkatkan penjualan?
  • Apa saja pencapaian profesionalmu dari tahun lalu?
  • Projek apa yang kamu capai akhir-akhir ini yang membantumu atau rekanmu menghemat waktu dengan sesuatu?
  • Apa saja hal terbaik yang pelanggan katakan tentangmu atau kepadamu tahun ini?

Menyesuaikan resume dengan pekerjaan yang kamu lamar merupakan hal yang penting. Kamu bisa melakukannya dengan melihat posting lowongan pekerjaan, dan mencocokkanskillserta pengalaman yang relevan--termasuk prestasi dan pencapaian yang ingin di-highlight.

Menulis Prestasi dalam CV Fresh Graduate

Ketika kamu sudah siap menulis prestasimu, cobalah gunakan format ‘Tantangan, Aksi, Hasil’. Whitfield mengatakan bahwa setiap pencapaian harus merangkum masalah atau tantangan, aksi yang kamu lakukan, dan hasil pekerjaanmu. Ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut, coba pikirkan dalam bentuk uang, angka, dan waktu. Prestasi yang kuat dalam CV adalah prestasi yang dapat diukur.

Selain prestasi yang dapat diukur, kamu juga dapat memasukkan prestasi yang tidak dapat diukur seperti ‘memperbaiki hubungan kritis dengan klien utama dengan menugaskan analis khusus untuk proyek mereka’.

Contoh penulisan prestasi dalam cv

Untuk meningkatkan peluangmu dilirik perekrut sebagai kandidat potensial, buatlah resume atau CV yang menarik dan mudah dimengerti. Pastikan CV atau resume yang kamu buat bersifat singkat, padat, dan informatif.

Berikut adalah contoh format yang dapat kamu jadikan sebagai referensi:

Medina Zoe

(+628-1234-5678)

[email protected]

Seorangfresh graduatedari program studi Manajemen Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tertarik untuk bergabung dengan PT. Rose Wall sebagai Marketing Consultant untuk membantu membangun hubungan yang cepat serta berkelanjutan dengan pelanggan serta membantu mengembangkan dan menerapkan materi pemasaran. Memiliki latar belakang teori yang kuat mengenai perilaku konsumen, terampil dalam mengorganisir acara, sertacopywriting(termasuk 20+ ulasan, brosur, dan lainnya).Pendidikan Terakhir
  • Program Studi S1 Manajemen Komunikasi
Universitas Padjadjaran (2018-sekarang)IPK: 3.89Mata kuliah terkait:
  • Perilaku konsumen
  • Sosiologi budaya
  • Science, Narrative, Image
  • Komunitas Virtual/Sosial Media
Riwayat PekerjaanFreelance dan VolunteeringIndonesia (2019 - saat ini)
  • Membantu komunitas lokal mengembangkan materi pemasaran untuk mempromosikan serangkaian acara penggalangan dana dengan merancang dan membuat grup Facebook
  • Menulis teks promosi dan 20+ ulasan produk professional untuk situs web teknologi lokal
  • Mengubah teman menjadi pelanggan dengan mengkomunikasikan secara efektif keunggulan produk yang dijual
  • Membuat situs penggemar untuk brand musik, serta membangun dan mengelola tim yang terdiri dari dua kontributor berita dan konten reguler. Situs web tersebut disebutkan dalam artikel Loudwire
  • Mengatur dan memimpin permainan dan kegiatan untuk kelompok 10+ anak sekolah
  • Menyelesaikan kursus pelatihan tentang prinsip-prinsip pemasaran di sosial media
Kemampuan
  • Analytic thinking
  • Creative thinking
    • Intrapersonal skill
  • Leadership skill
  • Marketing
  • Organization skill
Bahasa
  • Bahasa Inggris (Advanced)
  • Bahasa Prancis (Intermediate)
Sertifikasi
  • Social Media 101 - Sertifikasi Purwadhika

Setelah membuat CV atau resume, kamu dapat mengunggah resume-mu ke JobStreet serta terus memperbarui profilmu. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik kepada perekrut.

Kamu juga bisa mengunjungi situs JobStreet untuk menemukan lowongan kerja yang sesuai untukmu. Untuk mempermudah mencari lowongan kerja di mana saja dan kapan saja, kamu dapat mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Jika kamu membutuhkan tips, berita industri, dan informasi lainnya tentang karier, kunjungi laman Tips Karier JobStreet. Dapatkan juga informasi mengenai tren kerja, yang dapat diunduh laporannya, Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet, di sini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.