50 Contoh Objektif Karier dalam Resume dan Tips Menulisnya

50 Contoh Objektif Karier dalam Resume dan Tips Menulisnya
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 11 August, 2023
Share

Tahukah kamu bahwa perekrut hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik untuk melihat dan menyeleksi resume perekrut? Karena singkatnya waktu yang dimiliki oleh perekrut, ada baiknya kandidat membuat resumeyang dapat menarik perhatian perekrut dalam sekali baca.

Ada banyak aspek yang harus diperhatikan dalam menulis resumeagar seorang kandidat mudah dilirik perekrut. Selain kemampuan teknis, pengalaman, sertifikasi, dan kemampuan interpersonal, menulis tujuan karier (career objective) dalam resume akan membantu perekrut untuk memutuskan apakah kandidat cocok untuk posisi yang dilamar atau tidak.

Apa itu tujuan karier? Tujuan karier adalah pernyataan singkat yang biasanya ada di awal resume untuk memberikan gambaran kepada perekrut tentang apa yang ingin dicapai kandidat dalam perjalanan karier mereka. Menulis objektif dalam resume (resume objective) yang sesuai dengan posisi yang dilamar akan memudahkan perekrut untuk menemukanmu.

Untuk dapat menulis objektif resume yang baik, kamu tentunya perlu mengetahui tipe-tipe objektif resume yang biasa ditemukan di resume kandidat. Baca terus artikel ini untuk mengetahui tipe-tipe tujuan karier dalam berbagai resume beserta 50 contoh objektif resume untuk beragam pekerjaan dari berbagai industri di Indonesia!

Baca juga: Cara Membuat Resume yang Unik

Memahami pernyataan objektif resume

Seorang wanita sedang menyusun dan menulis objektif karier untuk resume.

Tidak hanya dapat memberikan informasi kepada perekrut tentang tujuan kariermu, menuliskan objektif resume juga dapat menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang serius dan ingin memberikan kontribusi lebih terhadap perusahaan. Hal ini dapat membuat kamu lebih menarik dari kandidat lain yang tidak memiliki tujuan karier dalam resume mereka.

Kapan harus menggunakan objektif resume?

Walaupun mencantumkan tujuan karier dalam resume merupakan sebuah hal yang opsional, namun ada beberapa situasi yang sangat direkomendasikan untuk menuliskan hal tersebut dalam resume:

Baru memasuki pasar pencari kerja

Seseorang yang baru saja lulus sekolah atau kuliah mungkin akan langsung mencari kesempatan untuk menambah pengalaman mereka, baik itu dari pekerjaan magang maupun posisientry-level. Namun, kompetisi antarfresh graduatetentunya semakin lama semakin kompetitif. Oleh karena itu, membuat resume kamu lebih menarik dibanding kandidat lain dengan menuliskan tujuan karier sangat direkomendasikan.

Ketika kamu memiliki pengalaman bekerja yang terbatas, tujuan karier dalam resume akan membantu perekrut memutuskan apakah rencanamu sejalan dengan tujuan perusahaan mereka. Jika kamu baru memulai perjalanan karier, kamu dapat menuliskan pencapaian akademik serta kegiatan organisasi yang sudah dilakukan selama di kampus dalam tujuan karier, seperti:

“Saya adalah lulusan baru dari Sastra Jerman Universitas Padjadjaran yang memiliki orientasi terhadap detail dan memiliki motivasi tinggi. Memiliki pengalaman sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Sastra Jerman membuat saya memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik. Saya juga mencari posisi yang dapat meningkatkan kemampuan manajemen dengan baik.”

Baru pindah lokasi kerja

Walaupun ada banyak perusahaan yang mulai menerapkan sistem kerjaremoteatau sesekali bisa bekerja dari rumah, beberapa perusahaan di Indonesia masih membutuhkan karyawan untuk datang ke kantor setiap hari untuk melakukan pekerjaannya.

Jika kamu akan pindah ke kota baru dan butuh pekerjaan yang dekat dengan tempat tinggalmu, mencantumkan lokasi pada tujuan karier di resume kamu akan membantu perekrut setempat untuk melirik resume yang kamu punya dengan cepat.

Selain itu, menuliskan ringkasan dari kualifikasi, kompetensi, dantransferable skillsyang kamu miliki akan sangat dibutuhkan jika kamu baru saja pindah lokasi kerja. Kamu dapat memilih kemampuan yang cocok dengan posisi yang kamu lamar.

Berikut adalah contoh tujuan karier jika kamu baru pindah lokasi kerja:

“SeorangAccount Executiveyang memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun dan  memiliki orientasi terhadap hasil. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan hubungan profesional dengan klien dari berbagai industri. Saya akan pindah ke Bandung dan mencari pekerjaan di agensi periklanan setempat.”

Ketika ingin berpindah karier

Dalam meniti perjalanan karier, seseorang mungkin saja merasa mereka kurang cocok dengan jalur yang mereka jalani sekarang dan akan memutuskan untuk berpindah industri. Jika kamu merupakan seseorang yang ingin berpindah karier atau industri, tujuan karier dalam resume akan memberikan perekrut kejelasan tentang tujuanmu.

Kamu dapat mencantumkan dan menjelaskan tujuan karier yang baru, atau kebutuhan akan pergantian lingkungan kerja yang baru. Cantumkan juga kemampuan apa saja yang telah kamu peroleh selama menjalani pekerjaan yang sekarang.

Berikut adalah contoh bagaimana kamu dapat menulis tujuan karier di situasi ini:

“Saya adalah seorangCopywriteryang memiliki perhatian tinggi terhadap detail dengan pengalaman lebih dari 2 tahun menulis untuk media sosial di agensi. Mencari kesempatan baru untuk menggunakan kemampuan manajemen berbagai kampanye sosial media serta kemampuan mengolahbriefkreatif.”

Kesalahan umum yang harus dihindari ketika menulis objektif resume

Agar tujuan karier dalam resume kamu efektif, usahakan untuk menghindari kesalahan umum berikut:

Penjelasan yang terlalu abstrak

Penjelasan yang terlalu abstrak atau ambigu seperti dapat membuat objektif resume kurang efektif. Mencantumkan detail-detail penting sepertiskill setdan pengalaman kerjamu dapat membantu perekrut mengetahui bahwa kamu adalah kandidat yang cocok untuk lowongan yang kamu lamar.

Terlalu fokus pada tujuan personal

Dalam membaca tujuan karier, perekrut juga ingin mengetahui bagaimana kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki dapat berguna untuk perusahaan. Untuk itu, kamu juga perlu mencantumkan bagaimana kamu ingin membawa dampak baik untuk perusahaan.

Menggunakan istilah atau pernyataan yang klise

Dengan banyaknya lamaran kerja yang masuk setiap hari, perekrut memiliki waktu yang terbatas untuk membaca dengan saksama setiap lamaran yang masuk. Hindari penggunaan istilah atau pernyataan klise dalam tujuan karier dan pastikan objektif resume yang kamu tulis tidak bertele-tele.

Ciri-ciri objektif resume yang menarik

Seorang karyawan sedang menunjukkan objektif karier dalam resume miliknya ke rekan kerja.

Apa yang membuat objektif resume menarik?

Menggunakan kata kunci

Jika kamu melamar di perusahaan ternama, mereka kemungkinan menggunakan sistemApplicant Tracking Solution(ATS) untuk mempersingkat waktu penyeleksian resume. Gunakan kata kunci dari lowongan kerja di tujuan karier agar perekrut dapat menemukanmu dengan mudah.

Menggunakan kata kerja

Untuk menunjukkan antusiasme dan motivasi dalam posisi yang kamu lamar, pastikan kamu menggunakan kata kerja untuk tujuan karier dalam resume. Kamu juga dapat mencocokkan kata kerja yang kamu gunakan dengan deskripsi pekerjaan di lowongan yang kamu lamar.

Mencantumkan tujuan karier

Membuat pernyataan tentang tujuan karier di objektif resume dapat membuat resume kamu lebih menonjol dari kandidat lain. Kamu dapat menuliskan tujuan karier yang sejalan dengan tujuan perusahaan sehingga dapat menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk mereka.

Contoh penulisan objektif resume yang efektif

Berikut adalah beberapa contoh tujuan karier yang bisa kamu jadikan acuan ketika menyusun objektif resume:

“Saya ingin memaksimalkan latar belakang penjualan dan kemampuan manajemen hubungan pelanggan untuk mencapai target penjualan dan meningkatkanrevenue growthperusahaan.”

“Saya memiliki kemampuan analitik yang tajam dan memiliki pengetahuan luas tentang pasar ritel Indonesia yang berguna dalam membuat strategi penjualan produk baru dan mendorong pertumbuhan bisnis.”

“Saya memiliki keahlian dalam manajemen proyek dan komunikasi dengan klien yang baik sehingga dapat dengan efektif mengelola tiga akun sosial media perusahaan. Selain itu, saya juga memiliki motivasi kuat dalam meningkatkanbrand awarenessyang akan berdampak pada penjualan perusahaan.”

Bagaimana cara menulis objektif resume sesuai dengan pekerjaan yang dilamar

Singkat, padat, dan jelas

Pastikan tujuan karier dalam resume yang kamu kirim tidak terlalu bertele-tele dan tidak menggunakan istilah-istilah yang rumit. Contohnya jika kamu melamar sebagai desainer grafis, mencantumkan sesuatu mengenaikerningatauleadingakan membuat perekrut sulit mengerti objektif resume yang kamu tulis.

Masukkan pencapaian yang dapat diukur

Dalam tujuan karier, kamu juga dapat mencantumkan pencapaian dan pengalaman kerja. Pastikan kamu menggunakan pencapaian yang dapat diukur seperti “meningkatkan pendapatan perusahaan sebanyak 15% dalam waktu tiga bulan” atau “saya memiliki tiga tahun pengalaman dalam mengelola empat akun sosial media”.

Tulis tujuan karier yang relevan

Ketika melamar ke sebuah perusahaan, penting halnya untuk kandidat mengetahui tujuan, visi, dan misi perusahaan tersebut. Tulislah tujuan karier yang sejalan atau relevan dengan tujuan perusahaan. Kamu juga dapat menunjukkan bagaimana pengalaman dan kemampuan yang kamu punya bermanfaat untuk perusahaan tersebut.

50 contoh objektif resume yang menarik sesuai industri

Seorang wanita sangat yakin objektif karier dalam resume miliknya sudah menarik dan sesuai dengan industri.

Kesehatan

Perawat Teregister

“Saya adalah seorang perawat yang sudah teregister dengan pengalaman lima tahun dalam bidang perawatan akut. Saya seseorang yang teliti dan memiliki pengetahuan luas dalam bidang kesehatan. Saya mencari pekerjaan yang dapat meningkatkan kemampuan merawat pasien, berpikir kritis, serta kemampuan kepemimpinan untuk memberikan perawatan terbaik kepada pasien.”

Perawat Pasien Lansia

“Seorang perawat pasien lanjut usia yang memiliki dedikasi tinggi dan pengalaman lebih dari tiga tahun dalam memberikan perawatan terbaik kepada pasien lansia di lingkungan panti jompo. Saya mencari posisi di rumah sakit untuk dapat menggunakan kemampuan komunikasi dan ketelitian saya lebih baik.”

Perawat Praktik Mandiri

“Seorang perawat yang membuka praktik mandiri selama tujuh tahun untuk berbagai demografi pasien. Saya mencari posisi dan tantangan lain di rumah sakit atau klinik kesehatan untuk dapat menerapkan keahlian medis dan kemampuan berpikir kritis untuk memberikan perawatan terbaik terhadap pasien.”

Asisten Medis (Klinis)

“Asisten medis yang penuh dedikasi dengan tiga tahun pengalaman memberikan dukungan di klinik yang memiliki tempo kerja cepat. Saya mencari posisi di klinik yang dapat memberikan saya kesempatan memanfaatkan kemampuan klinis saya yang kuat serta pengetahuan tentang prosedur medis untuk memberikan perawatan berkualitas tinggi kepada pasien.”

Asisten Medis (Administratif)

“Saya adalah seorang asisten medis yang memiliki kemampuan organisasi dan manajemen yang baik. Memiliki lima tahun pengalaman dalam memberikan dukungan administratif di klinik yang padat pengunjung, saya mencari posisi di institusi kesehatan ternama untuk bisa menggunakan kemampuan saya dalam komunikasi yang kuat, pemahaman tentang berbagai istilah medis, dan melakukan tugas harian yang dapat mendukung praktik klinik yang efisien.”

Teknologi

Front-End Developer

“Saya adalah seorangFront-End Developeryang memiliki empat tahun pengalaman dalam membuat aplikasiwebyang responsif dan berkualitas tinggi. Saya adalah seorang yang kreatif dan teliti dalam mengerjakan tugas. Saya mencari posisi di lingkungan yang bergerak cepat  untuk bisa memanfaatkan dan mengembangkan kemampuan teknis serta kemampuan pemecahan masalah.

Back-End Developer

“Seorangback-end developerdengan keahlian selama lima tahun dalam membangun dan menjalankanserver-side applicationsyang efektif. Saya adalah seorang yang sangat analitikal dan berorientasi pada hasil. Saya mencari posisi dan tantangan baru di perusahaan yang bergerak cepat untuk bisa memanfaatkan kemampuan teknis serta latar belakang saya dengan sistem manajemenbasic data.”

Analis Data

“Saya adalah seorang analis data yang memiliki pengalaman selama tiga tahun dan memiliki keahlian untuk membuat laporan, analisis, dan interpretasi data secara analitik dan menyeluruh. Saya mencari pekerjaan di perusahaan ternama yang bergerak cepat untuk bisa menggunakan kemampuan menganalisis data, analisis statistik, dan pengetahuan visualisasi data untuk memberikan informasi akurat untuk membantu pemimpin bisnis mengambil keputusan terbaik.”

Analis Bisnis

“Seorang analis bisnis dengan lima tahun pengalaman dan memiliki kemampuan analitik dan fokus pada detail yang tinggi. Saya ingin bekerja dengan tim yang besar untuk membuat dan mengeksekusi inovasi proses yang dapat memaksimalkan efektivitas, mengurangi biaya, dan memberikan pelanggan pengalaman terbaik.”

UX/UI Designer

UI/UX Designerdengan pengalaman selama empat tahun dalam merancanguser experienceyang menarik dan efektif. Saya tertarik untuk bekerja dengan tim lintas fungsi untuk memastikan kreativitas dan kemampuan desain saya dapat diterapkan.”

Keuangan

Certified Public Accountant(CPA)

“Saya adalah seorangCertified Public Accountant(CPA) yang memilikipassionuntuk meningkatkan performa keuangan dan memastikan sejalan dengan peraturan yang ada. Saya berencana untuk menggunakan tiga tahun pengalaman saya dalam akuntansi keuangan, persiapan pajak, dan audit untuk mempertahankan cara kerja yang sesuai serta standar akuntansi baru untuk memberikan informasi finansial paling akurat.”

Penasihat Keuangan

“Seorang penasihat keuangan dengan tujuh tahun pengalaman kerja serta memiliki keahlian dalam memberikan perencanaan keuangan yang komprehensif. Saya juga memiliki kemampuan manajemen investasi yang berorientasi pada hasil dan berfokus pada klien. Saya memiliki minat dalam memberikan layanan terbaik untuk klien dan mengembangkan hubungan baik dengan mereka.”

Petugas Pinjaman

“Petugas pinjaman yang termotivasi dan teliti dengan pengalaman selama lima tahun dalam penjaminan, pemrosesan, dan penutupan pinjaman hipotek. Memiliki fokus untuk memberikan layanan pelanggan terbaik dan menciptakan kepercayaan dengan pelanggan. Saya berkomitmen untuk terus mengikuti perubahan industri dan aturan pembiayaan untuk memberikan panduan yang tepat waktu dan relevan untuk klien.”

Aktuaris

“Seorang aktuaris dengan tiga tahun pengalaman dalam mengevaluasi dan memodelkan risiko asuransi. Saya adalah seseorang yang memiliki motivasi tinggi, berorientasi pada detail, dan memiliki komitmen untuk terus bertumbuh dengan perkembangan pasar dan pendekatan aktuaria baru.”

Staf Pembukuan

“Staf pembukuan yang sangat terorganisir dan teliti dengan pengalaman selama lima tahun dalam menyimpan catatan keuangan yang akurat dan mengawasi utang piutang. Saya termotivasi dalam memberikan pelayanan pelanggan terbaik serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan dansupplier.”

Edukasi

Guru Taman Kanak-Kanak

“Memiliki pengalaman dalam membuat dan menjalankan rencana pembelajaran, mengobservasi dan mengevaluasi murid, serta menciptakan iklim kelas yang aman dan menarik. Sebagai guru taman kanak-kanak, saya berkomitmen untuk terus mengikuti perkembangan terbaru di dunia pendidikan agar dapat memberikan pembelajaran terbaik untuk anak-anak.”

Guru Sekolah Dasar

“Seorang guru Sekolah Dasar yang memiliki pengalaman selama lima tahun dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik bagi murid Sekolah Dasar. Saya juga kompeten dalam membuat dan menerapkan rencana pembelajaran yang kreatif, mengevaluasi kemajuan siswa, dan bekerja dengan orang tua dan rekan kerja untuk meningkatkan kemampuan dan bakat anak.”

Guru Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengah Atas

“Seorang guru Sekolah Menengah Atas yang memiliki komitmen dalam memotivasi dan membantu murid dalam mewujudkan potensi mereka. Saya mencari kesempatan di sekolah yang inklusif untuk bisa menggunakan kemampuan saya dalam meningkatkan hasil pembelajaran murid.”

Pustakawan

“Saya adalah seorang pustakawan dengan dua tahun pengalaman mengawasi operasi dan layanan di perpustakaan sekolah. Saya memiliki gelar Sarjana Ilmu Perpustakaan dan sangat tertarik dengan buku. Saya mencari posisi di perpustakaan daerah Bandung untuk bisa menggunakan pengetahuan dan kemampuan saya untuk membantu pembelajaran dan penelitian masyarakat setempat.”

Kepala Sekolah

“Seorang pemimpin yang dinamis dan berpikiran maju dalam bidang pendidikan dengan pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun. Saya memiliki standar tinggi untuk hasil pembelajaran anak. Mencari posisi sebagai kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas setempat untuk bisa menggunakan kemampuan manajemen, kepemimpinan, dan mengajar untuk meningkatkan perkembangan sekolah.”

Pelayanan Pelanggan

Sales Associate(Retail)

“Saya adalah seorangsales associatedengan pengalaman selama tiga tahun di sektor ritel yang berorientasi pada hasil dan memiliki motivasi tinggi untuk mencapai target. Saya mencari posisisales associatedi tempat kerja yang bergerak cepat dan dinamis untuk dapat menggunakan kemampuan layanan pelanggan dan penjualan saya dalam mencapai target penjualan.”

Kasir (Retail)

“Seorang kasir dengan pengalaman lebih dari dua tahun di toko ritel yang berorientasi pada hasil dan detail. Saya mencari posisi sebagai kasir di lingkungan ritel yang serba cepat untuk bisa menggunakan kemampuan layanan pelanggan dan kemampuan penanganan uang dalam meningkatkan penjualan.”

Call Center Representative

“Memiliki lebih dari tiga tahun pengalamancall center representativedalam perusahaan yang serba cepat. Saya mencari posisi untuk dapat memanfaatkan kemampuan komunikasi dan penyelesaian saya yang baik dalam menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan.”

Manajer Layanan Pelanggan

“Saya adalah manajer layanan pelanggan dengan pengalaman selama lima tahun dalam mengelola dan mengarahkan tim layanan pelanggan. Saya mencari tantangan baru untuk dapat menggunakan kemampuan dan keahlian kepemimpinan saya dalam memberikan layanan pelanggan terbaik.”

Technical Support Specialist(IT)

Technical support specialistdengan pengalaman lebih dari tiga tahun dalam menyelesaikan masalah teknis yang rumit dan menawarkan pelayanan klien yang unggul. Saya mencari pekerjaan untuk dapat menggunakan kemampuan teknis dan kemampuan pemecahan masalah dalam memberikan bantuanITyang efisien kepada klien.”

Marketing

Social Media Manager

Social media manageryang termotivasi oleh hasil dengan tiga tahun pengalaman menangani kampanye media sosial di berbagai industri. Mencari posisi yang dapat menjadi tempat saya untuk mengembangkan kemampuan dalam meningkatkanbrand exposure,engagement, serta konversi untuk perusahaan.”

Marketing Coordinator

“Seorangmarketing coordinatoryang kreatif dan memiliki motivasi tinggi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan kampanye marketing di berbagai saluran pemasaran. Memiliki dua tahun pengalaman dalam menyusun strategi marketing berdasarkan data-data yang ada.”

Public Relations Specialist

“Seorangpublic relations specialistyang memiliki pengalaman selama lima tahun dalam merancang dan mengeksekusi kampanye yang efektif untuk klien dari berbagai industri. Mencari posisi dan tantangan baru untuk menerapkan pengetahuan dan kreativitas saya dalambrand awareness, mengelola reputasi, dan meningkatkan pertumbuhan bisnis di perusahaan yang dinamis.”

Brand Manager

“Memiliki pengalaman dua tahun sebagaibrand managerdengan kemampuan dalam memperkenalkan produk dan kampanye baru secara efektif. Memiliki pemikiran yang strategis membuat saya ahli dalam riset pasar, menganalisis persaingan, dan manajemen proyek.”

Content Writer

“Saya adalah seorangcontent writeryang memiliki kreativitas mengolah dan menyusun konten menarik danSEO-friendlyuntuk berbagaiplatformdigital. Saya mencari posisi dalam perusahaan yang dinamis untuk dapat memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan dalam menulis konten yang dapat mencapai tujuan bisnis.”

Human Resources

Human Resources Manager

“Seoranghuman resources managerdengan pengalaman selama tiga tahun dalam mengakuisisi kandidat, membangun hubungan karyawan, dan mengembangkan strategiemployer branding. Saya tertarik untuk berkontribusi dengan perusahaanstart-upuntuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik.”

Staf HR

“Saya mencari peluang untuk karier sebagai staf HR di perusahaan yang dinamis dan bergerak cepat untuk dapat menggunakan kemampuan interpersonal dan kemampuan komunikasi saya dalam merekrut talenta terbaik.”

Benefits Coordinator

“Saya adalah seorangbenefits coordinatordengan pengalaman selama dua tahun untuk mengelola tunjangan karyawan dan memastikan kesesuaian dengan peraturan yang ada. Saya mencari posisi untuk dapat memanfaatkan kemampuan organisasi dan komunikasi yang kuat.”

Training and Development Specialist

“Sebagai seorangtraining and development specialist, saya ingin selalu mengembangkan pelatihan dan manajemen kinerja yang efektif untuk mendorong pertumbuhan organisasi dan keberhasilan pekerja. Saya berkomitmen untuk membina lingkungan kerja yang mendorong untuk terus belajar agar dapat mengembangkan talenta terbaik dalam perusahaan.”

HR Generalist

“Saya berhasil mengelola berbagai tahap siklus karyawan, mulai dari perekrutan dan orientasi, pelatihan dan pengembangan, evaluasi kinerja, serta hubungan karyawan. Saya juga memiliki kemampuan interpersonal, pemecahan masalah, dan komunikasi yang kuat. Saya selalu termotivasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif untuk mempertahankan talenta terbaik perusahaan.”

Penjualan

Sales Manager

“Seorangsales managerdengan pengalaman tiga tahun dalam mencapai target penjualan dan meningkatkanrevenue growthdi industri ritel. Saya memiliki kemampuan dalam menciptakan dan mempraktikkan strategi penjualan yang efektif, melatihsales representative, dan menciptakan hubungan baik dengan pelanggan.”

Sales Representative

“Saya berpengalaman dalam mencapai target penjualan secara rutin dan memiliki kemampuan interpersonal yang berguna dalam penjualan. Saya juga memiliki kemampuan komunikasi dan penjualan yang baik dan ingin terus mengembangkan kemampuan tersebut untuk meningkatkan penjualan dan memenuhi ekspektasi klien.”

Account Executive

“Memiliki pengalaman dalam melampaui target penjualan, menciptakan dan memelihara hubungan jangka panjang dengan klien, serta mampu mengembangkan strategi penjualan yang kreatif. Saya mencari posisi yang dapat memanfaatkan kemampuan komunikasi dan negosiasi saya yang kuat.”

Business Development Manager

“Saya memiliki kemampuan untuk melihat peluang pengembangan pendapatan dan membuat rencana penjualan yang strategis untuk bisa mencapai target. Saya mencari posisi untuk dapat memanfaatkan keahlian saya dalam melakukan riset pasar, menganalisis persaingan, dan menjaga hubungan dengan pelanggan.”

Retail Sales Manager

“Saya adalahretail sales manageryang memiliki motivasi tinggi untuk mencapai target dengan pengalaman selama tiga tahun. Saya mencari posisi di perusahaan retail yang bergerak cepat untuk dapat memanfaatkan kemampuan penjualan dan kepemimpinan saya dalam mendorong pertumbuhan perusahaan.”

Legal

Pengacara

“Dengan pemahaman kuat tentang hukum kontrak, litigasi perdata, dan arbitrase, saya memiliki dedikasi untuk bekerja keras memberikan nasihat dan perwakilan hukum terbaik pada klien. Saya juga memiliki kemampuan baik dalam menjelaskan masalah hukum yang rumit kepada klien, rekan kerja, dan hakim.”

Paralegal

“Sebagai seorang paralegal, saya memiliki riwayat litigasi yang kuat dan kapasitas untuk mengelola beragam tugas secara bersamaan. Saya juga memiliki kapasitas untuk bekerja secara mandiri maupun kolaboratif.”

Asisten Legal

“Memiliki pengalaman selama tiga tahun sebagai asisten legal dengan orientasi pada detail dan kemampuan organisasi yang tinggi. Saya berhasil mengelola proyek yang sulit, bekerja dengan klien, serta merahasiakan informasi.”

Manajer Kontrak

“Seorang manajer kontrak yang memiliki tiga tahun pengalaman dalam negosiasi, penyusunan, dan manajemen kontrak yang rumit. Saya juga dapat memimpin tim dan berkolaborasi dengan klien untuk menjamin kepatuhan terhadap kontrak dan mencapai tujuan perusahaan.”

Compliance Officer

“Saya mencari posisi sebagaicompliance officerdi perusahaan yang bergerak cepat untuk dapat memanfaatkan pemahaman mendalam tentang kepatuhan terhadap peraturan, manajemen risiko, dan audit.”

Kreatif

Arsitek

“Seorang arsitek dengan tiga tahun pengalaman dalam membuat desain yang kreatif. Saya adalah seseorang yang memiliki motivasi tinggi dan sedang mencari tantangan baru yang saya bisa menggunakan kemampuan dalam manajemen proyek, desain, dan kolaborasi dalam membantu perusahaan arsitektur berkembang.”

Desainer Grafis

“Saya adalah seorang desainer grafis yang komunikatif dan kreatif dalam menerjemahkan brief dari klien untukbrandmereka. Saya memiliki kemampuan untuk menciptakan sistembrandingyang unik dan menciptakan media cetak dan digital yang menarik.”

Copywriter

“Memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dengan klien untuk membuat tulisan dan konten yang sesuai dengan tujuan dan pesanbrandmereka. Saya mencari posisicopywriterdalam perusahaanstart-upyang bergerak cepat di industri kecantikan untuk bisa menggunakan kemampuan penulisan saya.”

Art Director

“Saya dapat membuat dan mengembangkan kampanye yang menarik untuk klien dengan mengembangkan kemampuan kreatif saya yang kuat. Saya juga memiliki kemampuan desain grafis dan komunikasi visual yang baik. Saya memiliki komitmen untuk menghasilkan karya dengan kualitas tinggi yang sesuai denganbriefklien.”

Web Designer

“Seorangweb designerdengan pengalaman dua tahun bekerja dengan klien,developer, danproject manageruntuk menjamin proyek diselesaikan sesuai dengan tenggat waktu dan dapat mencapai tujuan bisnis. Saya memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengoperasikan berbagai aplikasi desain, bahasa pemrograman, danweb development tools.”

Gapai karier yang kamu inginkan bersama JobStreet!

Itulah berbagai penjelasan mengenai berbagai macam tujuan karier dalam resume serta contoh-contoh objektif resume dari berbagai industri. Jika kamu sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkan panggilan wawancara, mungkin ini saatnya kamu menerapkan tips-tips yang ada di atas dan mulai menyesuaikan tujuan karier dalam resume.

Kamu juga dapat menambah kemampuan baru atau mengembangkan kemampuan yang sudah ada dengan mengikuti berbagai pelatihan berkualitas di seekMAX agar kamu semakin dekat dengan kesuksesan karier yang diinginkan. Di sana, kamu juga bisanetworkingdengan komunitas JobStreet untuk diskusi secaraonlinedengan ahli berpengalaman dan sesamatalent.

Jika kamu merasa belum menemukan pekerjaan yang pas atau belum mendapatkan panggilan wawancara setelah melamar berkali-kali, segera perbarui profil JobStreet kamu dan kunjungi juga laman Tips karier kami untuk berbagai tips seputar cara melamar kerja, fitur latihan wawancara, hingga survei soal pekerjaan dengan gaji tinggi.

Untuk akses yang lebih mudah, unduh aplikasi JobStreet di Google Play Store dan juga Apple App Store. Dengan begitu, kamu bisa melihat lowongan kerja baru langsung dari smartphone saja!

FAQ

  1. Apa perbedaan antara objektif resume dengan tujuan karier (career objective)?
    Objektif resume adalah deskripsi singkat tentang kualifikasi yang kamu miliki dan mengapa kamu merupakan kandidat yang cocok untuk posisi yang dilamar. Dalam objektif resume, kamu dapat mencantumkan pencapaian, pengalaman, riwayat edukasi, serta kemampuan.

    Career objectiveadalah pernyataan singkat yang berisi tujuan karier seperti tipe pekerjaan atau industri yang ingin kamu dalami. Di dalam tujuan karier juga kamu dapat mencantumkan kemampuan apa saja yang ingin kamu kembangkan di pekerjaan selanjutnya.
  2. Bisakah pernyataan objektif resume dibuat panjang?
    Dalam menulis objektif resume, pastikan kamu menulis pernyataan tersebut dengan singkat, padat, dan jelas dengan panjang maksimal tiga kalimat.
  3. Jika melamar ke beberapa kerjaan, apakah pernyataan objektif resume tetap harus ditulis?
    Usahakan untuk membuat objektif resume yang berbeda jika kamu melamar ke beberapa posisi sekaligus. Memiliki objektif resume yang jelas dan sejalan dengan posisi yang dilamar akan membuat resume yang kamu punya lebih menarik bagi perekrut.
  4. Bisakah pernyataan objektif resume yang sama digunakan untuk lamaran pekerjaan yang berbeda?
    Jika kamu melamar ke berbagai posisi yang berbeda, sangat disarankan untuk menulis objektif resume yang berbeda untuk posisi yang kamu lamar. Berbagai posisi pasti memiliki persyaratan yang berbeda. Kamu dapat menuliskan tujuan karier yang selaras dengan kualifikasi di lowongan pekerjaan.
  5. Apakah pernyataan objektif resume tetap dibutuhkan jika sudah memiliki pengalaman kerja yang banyak?
    Walaupun sudah memiliki banyak pengalaman kerja, menuliskan objektif resume tetap direkomendasikan karena objektif resume tersebut akan berbicara tentang tujuan karier. Jika kamu merasa pengalaman kerja yang kamu miliki terlalu banyak, usahakan menyingkat bagian pertama menjadi satu kalimat seperti “Seorangbrand managerdengan pengalaman bekerja selama 30 tahun di industri kreatif.”

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.