Facebook Creator Studio: Apa Itu, Fitur, Fungsi, Cara Akses

Facebook Creator Studio: Apa Itu, Fitur, Fungsi, Cara Akses
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 05 December, 2023
Share

Ingin mempromosikan bisnis agar lebih dikenal banyak orang? Kamu bisa memanfaatkan kekuatan media sosial. Oleh karena itu, pelajari Facebook Creator Studio di artikel ini!

Pengguna Facebook di Indonesia per kuartal pertama tahun 2023 sudah mencapai 135 juta orang. Hal ini membuat potensi pasarmu juga lebih besar. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan Instagram. Sebab jumlah pengguna Instagram di Indonesia sudah melebihi 100 juta orang per awal tahun 2023.

Tenang, kamu tidak akan kesulitan membuat dan mengelola konten untuk kedua media sosial tersebut karena ada Facebook Creator Studio!

Memangnya, apa saja fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Creator Studio Facebook hingga menjadikannya salah satu pilihan terbaik untuk pemasaran melalui media sosial? Yuk, pelajari selengkapnya di sini yang juga mencakup cara mengakses dan menggunakannya!


⁠Temukan lowongan kerja bidang sosial media hanya di situs dan aplikasi Jobstreet by SEEK.


⁠Apa itu Facebook Creator Studio?

Sederhananya, Facebook Creator Studio adalah layanan yang ditawarkan oleh Meta untuk semua orang yang ingin memperkuat eksistensi mereka di internet. Terutama, untuk promosi di Facebook dan Instagram. Fitur ini pertama kali rilis pada tahun 2017 dan sudah melalui berbagai pengembangan.

Contohnya, pada tahun 2021, Meta telah mengintegrasikan dengan produk Meta Business Suite untuk kemudahan serta kelengkapan akses fitur marketing menjadi produk Meta Creator Studio. Namun, terlepas dari penggabungan tersebut, kamu tetap bisa mengunggah berbagai macam konten melalui Creator Studio Dashboard.

Mengenal fitur Facebook Creator Studio

Apa saja fitur yang bisa kamu temukan di aplikasi Creator Studio Facebook? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Buat dan posting konten di Facebook

Tentu saja, kegunaan yang paling utama dari layanan FB Creator Studio adalah untuk menerbitkan konten di Facebook.

Karena ditujukan untuk marketer, tentunya kamu hanya bisa mempublikasikan konten untuk halaman resmi di Facebook alih-alih profil individual yang biasa digunakan untuk menambah teman.

Melalui fitur ini, kamu dapat menerbitkan tulisan, background image, video, dan bahkan katalog foto berbentuk carousel untuk menarik perhatian konsumen. Sehingga, peruntukannya cocok dengan berbagai jenis bidang.

2. Beranda

Ingin melihat seberapa bagus brand awareness dari bisnismu secara sekilas? Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengakses menu Beranda (Home) pada Creator Studio FB! 

Di sini, kamu dapat melihat berbagai informasi mendasar seperti perolehan uang dari kontenmu, masalah yang perlu diprioritaskan, timeline berisikan konten buatanmu, dan perbandingannya dengan halaman milik orang lain. 

Bisa dibilang, fitur satu inilah yang akan membantumu menentukan daftar prioritas untuk pengelolaan konten di Facebook. 

3. Galeri konten

Salah satu kunci dari pemasaran yang efektif di media sosial adalah kemampuan untuk mempelajari tren dari konten sebelumnya. 

Untuk mempermudah kamu melihat semua konten yang sudah diterbitkan di masa lalu, Facebook Creator Studios telah menyediakan akses fitur Galeri Konten.  

Di sini, kamu bisa mengecek performa dari semua konten yang pernah tayang dalam periode waktu tertentu, entah itu dalam seminggu, sebulan, setahun, atau bahkan lebih dari itu. 

Berdasarkan informasi tersebut, kamu bisa memetakan kira-kira apa saja yang kamu pertahankan di konten berikutnya. 

4. Insights

Untuk kemudahan proses analisis dan evaluasi kampanye promosi yang lebih mudah, FB Creator Studios sudah lengkap dengan dashboard analitik khususnya, yaitu menu Insights. 

Apa saja informasi yang bisa kamu temukan di sini? Jawabannya sangat beragam sekali!  

Dengan mengakses bagian Insights pada Creator Studio Facebook, kamu dapat mengecek pertumbuhan jumlah followers untuk keseluruhan halamanmu. 

Selain itu, kamu juga dapat mengetahui jumlah likes, komentar, dan share pada satu post atau bahkan akumulasi yang sudah diperoleh oleh halaman resmi kamu.

5. Kotak masuk

Tahukah kamu kalau ternyata Facebook Creator Studio tidak hanya bisa untuk mengelola konten promosi, tapi juga membalas interaksi dengan penggemar?

Ya, sebab fitur ini juga sudah dilengkapi dengan kotak masuk khusus. Kamu pun tidak perlu repot-repot melacak semua pesan masuk yang berbeda karena semuanya sudah terpusat di satu lokasi.

Dengan begini, kamu bisa membalas pesan masuk dari semua pengikut atau penggemarmu untuk menjalin hubungan baik dengan mereka.

6. Monetisasi

Monetisasi Creator Studio Facebook merupakan kesempatan bagus untuk mendapatkan pemasukan tambahan melalui konten online, terbukti dari adanya dukungan fitur Monetisasi di dashboard-nya.

Melalui fitur ini, kamu bisa mengajukan kontenmu untuk menjadi branded content, dalam artian kamu bisa menampilkan iklan dari partner resmi Meta untuk mendapatkan uang.

Lalu, kamu juga dapat memilih salah satu dari aneka program monetisasi yang tersedia, serta melacak keuntungan yang sudah kamu dapatkan dari sana.

Dengan demikian, kamu akan berkesempatan menghasilkan lebih banyak uang seiring dengan bertumbuhnya skala bisnismu, terutama dari segi popularitas.

7. Pengelolaan hak cipta

Ilustrasi copyright atau hak cipta dalam Facebook Creator Studio.

Ketika orang lain menggunakan kontenmu tanpa izin atau mengeklaim kontenmu sebagai buatan mereka sendiri, ini disebut sebagai pelanggaran hak cipta. Tapi, kamu bisa mencegahnya dengan fitur Pengelolaan Hak Cipta pada Creator Studio Dashboard!

Di sini, ada menu untuk melihat perlindungan hak cipta dari setiap kontenmu dan bahkan formulir untuk melaporkan orang lain yang melanggar ketentuan hak ciptamu.

Kemudian, kamu juga bisa memantau semua kemajuan dari laporan tersebut tanpa harus berpindah menu karena semuanya sudah ada fitur Pengelolaan Hak Cipta.

8. Sound collection

Pernah kesulitan mencari lagu untuk mengiringi videomu karena harus mencari yang bebas royalti? Tenang, kamu tidak perlu mengkhawatirkan masalah tersebut saat menggunakannya.

Kuncinya ada di fitur Sound Collection yang memungkinkanmu mencari lagu bebas royalti dengan mudah, dan bahkan kamu tidak perlu mengunduh setiap file-nya secara satu per satu ke komputermu!

Cukup bermodalkan drag and drop, kamu bisa langsung menambahkan lagu yang paling sesuai dengan citra bisnismu tanpa memerlukan banyak waktu.

Fungsi Facebook Creator Studio

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Creator Studio FB merupakan platform yang sangat berguna untuk mempromosikan kontenmu di Facebook maupun Instagram.

Apalagi, kalau konten andalanmu memiliki format video singkat. Sebab, di sini kamu bisa menerbitkan video dan bahkan menambahkan lagu serta sound effect bebas royalti tanpa memerlukan aplikasi terpisah.

Selain itu, platform ini juga memberimu akses dashboard analitik yang sangat lengkap untuk konten online-mu, mulai dari engagement hingga pertumbuhan jumlah pengikut.

Jadi, kamu juga dapat memantau performa kampanye promosimu dan mencocokkannya dengan KPI yang sudah ditentukan.

Perbedaan Facebook Creator Studio dan Meta Business Suite

Sebelum ada produk perusahaan Meta Creator Studio, Business Facebook Creator Studio dan produk Meta Business Suite berdiri secara terpisah.

Keduanya memiliki sejumlah persamaan dan perbedaan yang sangat kentara dalam tampilan platformnya saat ini. Seperti apakah, memangnya? Ini dia jawabannya:

Persamaan Facebook Creator Studio dan Meta Business Suite

Sesungguhnya, tidak berbeda begitu jauh dengan produk Meta Business Suite dari segi fungsinya.

Dengan kata lain, kamu tetap bisa menampilkan iklan berupa video, background image, dan tulisan dalam satu platform.

Selain itu, kedua platform ini juga memiliki fitur analitik yang sangat menyeluruh, dalam artian kamu bisa memantau perubahan tingkat engagement dan KPI lainnya secara historis.

Jadi, kelengkapan fitur keduanya sangat patut kamu pertimbangkan untuk mempromosikan bisnismu.

Perbedaan Facebook Creator Studio dan Meta Business Suite

Perbedaan utama dengan produk Meta Business Suite justru terletak pada sistem monetisasinya.

Meskipun dua-duanya teknologi serupa untuk membantu, Facebook memberimu kemudahan mendaftarkan brand dalam program sponsored content (konten bersponsor) agar kamu bisa menayangkan iklan resmi dari partner bisnis Meta.

Lalu, untuk setiap klik pada iklan di videomu, kamu akan mendapatkan sejumlah uang.

Sementara itu, berbeda dengan monetisasi Creator Studio Facebook, Meta Business Suite lebih diperuntukkan bagi iklan pay-per-click (PPC) dalam bentuk gambar dan tulisan alih-alih video.

Mengelola Instagram di Facebook Creator Studio

Mengingat Facebook dan Instagram sudah sama-sama berada di bawah naungan produk Meta, mungkin kamu penasaran apakah kamu bisa mengelola konten Instagram.

Jawabannya adalah iya, karena ada Instagram Creator Studio! Apa saja fitur yang ditawarkan oleh platform ini? Yuk, simak di sini:

1. Mengelola postingan

Tidak berbeda jauh dengan Facebook, kamu juga bisa menerbitkan konten berupa foto biasa, carousel, Story, dan bahkan Reels di profil Instagram bisnismu melalui Creator Studio Instagram.

Lebih praktisnya lagi, kamu juga bisa menjadwalkan waktu posting agar kontenmu terbit secara otomatis pada jam dan tanggal yang sudah ditentukan, sebagaimana Creator Studio Facebook.

Jadi, kamu bisa menghemat waktu agar punya lebih banyak kesempatan merancang strategi promosi yang kreatif.

2. Melihat insights konten dan audiens

Fitur analitik yang menjadi salah satu keunggulan utama Creator Studio Dashboard untuk Facebook di browser dan mobile juga hadir di Instagram Creator Studio.

Dengan kata lain, kamu juga bisa mengakses semua data yang diperlukan untuk evaluasi kampanye promosi seperti total likes, komentar, view, share, dan masih banyak lagi.

Bahkan, tidak hanya informasi mengenai performa konten, fitur Insights untuk Creator Studio Instagram juga menyediakan data menyeluruh tentang audiens yang mengikuti akun Instagram bisnismu, seperti usia, lokasi, dan waktu aktif mereka.

Cara dan syarat monetisasi Facebook

Ingin mendapatkan keuntungan dari Creator Studio Facebook monetisasi? FB Creator Studio menawarkan berbagai opsi yang bisa kamu sesuaikan dengan strategi promosimu. Simak cara kerja dan syarat memperolehnya dari daftar berikut:

1. Iklan In-Stream

Kalau kamu sering menonton video di internet, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan iklan in stream yang sesekali tayang di tengah-tengah durasinya.

Nah, kamu juga bisa menerapkan strategi ini untuk mendapatkan uang dari video online-mu.

Agar bisa menampilkan iklan di videomu, halaman resmimu di Facebook harus memiliki setidaknya 10.000 orang pengikut.

Lalu, pastikan juga konten videomu bisa menghasilkan 30.000 views selama 1 menit pertama untuk video yang berdurasi setidaknya 3 menit, dan kontenmu bebas dari unsur SARA serta eksplisit.

2. Langganan pengemar

Selain menampilkan iklan di sela-sela video, kamu juga bisa membangun kesetiaan terhadap bisnismu sekaligus mendapatkan laba tambahan dengan layanan berlangganan.

Contohnya, dengan membayar sejumlah biaya tertentu setiap bulannya, penggemar halamanmu bisa mendapatkan benefit seperti konten eksklusif, diskon terbatas, atau bahkan sesederhana logo khusus di samping nama mereka.

Untuk mewujudkan strategi ini, Facebook Creator Studios menawarkan fitur Langganan Penggemar yang hanya tersedia untuk halaman dengan minimal 10.000 sampai 30.000 orang pengguna, serta aktif mempublikasikan konten selama dua bulan terakhir.

Jangan lupa agar mendapatkan data tambahan, kamu harus meminta pelanggan untuk izinkan penggunaan cookie opsional. Adanya cookie dari perusahaan ini membuatmu bisa belajar kebiasaan pelanggan.

Tapi ingat kamu tidak boleh asal memasang cookie dari perusahaan. Cookie dan teknologi sejenis untuk melihat aktivitas pengguna sudah diatur secara hukum. Buatlah pelanggan kamu bisa mengontrol cookie dengan pengaturan browser mereka.

3. Konten Bermerek

Ketika kamu sedang menjelajahi isi timeline Facebook, mungkin kamu pernah melihat iklan dengan label “Konten Bersponsor” yang muncul di sela-sela postinganmu dan temanmu.

Dengan cara ini, kamu bisa membuat bisnismu lebih gampang ditemukan orang lain, lho! Caranya, kamu bisa mengajukan permohonan untuk kelola pengalaman iklan atau Konten Bermerek. Iklan berbasis minat online ini sangat mudah diatur melalui Facebook.

Setelah itu, brand lain yang tertarik berkolaborasi denganmu bisa langsung menghubungimu untuk konten pemasaran yang lebih beragam.

Hasilnya, kamu pun bisa menjaring lebih banyak pengguna! Perlu diingat bahwa program monetisasi ini hanya tersedia untuk halaman yang aktif menerbitkan konten selama 30 hari terakhir, memiliki setidaknya 10.000 penggemar, dan tidak melanggar ketentuan konten Meta.

4. Grup Langganan

Ingin membuat wadah yang mempermudah interaksi antara setiap penggemar eksklusifmu? Kamu bisa membuat Grup Langganan dari Facebook Creator Studio, kok!

Di sini, kamu bisa mengirim pesan secara serentak kepada penggemar yang sudah membayar akses memasuki grup eksklusif untuk bisnismu, sehingga ini kesempatan yang bagus untuk memupuk hubungan baik.

Lalu, bagaimana cara mendaftarkan bisnismu untuk program monetisasi ini? Tentunya, kamu sudah harus terdaftar sebagai bisnis yang memiliki program Langganan Penggemar dulu. Syarat selengkapnya bisa kamu pelajari pada bagian yang relevan di artikel ini.

Cara mengakses Facebook Creator Studio

Untuk mengelola konten halaman resmi Facebook dan akun Instagram melalui satu platform saja, kamu harus login Creator Studio terlebih dahulu.

Namun, bagaimana cara login Creator Studio? Tenang, langkah-langkahnya sama sekali tidak sulit!

Pertama, pastinya kamu sudah harus memiliki halaman resmi di Facebook terlebih dahulu. Setelah masuk ke akun yang terdaftar, kamu bisa mengklik tombol “Publishing Tools” pada bagian menu samping layarmu.

Kemudian, klik “Creator Studio” di bawah bagian “Tools”. Setelah itu, kamu akan langsung memasuki menu Beranda dari Facebook Creator Studio.

Kalau kamu ingin mengelola konten untuk akun Instagram, kamu cukup mengeklik tombol untuk berganti ke menu manajemen konten khusus Instagram dari Facebook.

Jadi, kamu sama sekali tidak memerlukan platform terpisah untuk mengelola channel promosi bisnismu!

Kesimpulan

Mengingat status Facebook dan Instagram sebagai beberapa media sosial terpopuler di Indonesia, kamu yang ingin berkecimpung di dunia digital marketing tentunya harus menguasai cara mengelola konten di kedua platform tersebut. Spesifiknya, cara menggunakan Facebook Creator Studio.

Tak perlu khawatir, karena sebenarnya platform ini sangat mudah digunakan dan juga memiliki fitur yang lengkap! Untuk menemani proses belajar, baca ulang aritkel ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Sudah mengumpulkan ilmu tentang FB Creator Studio hingga mencukupi? Sekarang, kamu siap mengumpulkan pengalaman kerja nyata!

Kamu juga tidak perlu kesulitan mencari pekerjaan yang cocok untuk pemula di bidang tersebut karena Jobstreet menawarkan opsi yang lengkap. Setelah memiliki akun, kamu bisa segera menemukan perusahaan idamanmu dengan mudah.

Selain mempermudah proses pencarian pekerjaan, Jobstreet by SEEK juga hadir untuk mempersiapkan dirimu menjelang proses rekrutmen!

Kamu bisa pelajari selengkapnya Tips Karier tentang berbagai topik dan bahkan berlatih wawancara dengan template lengkap yang disediakan oleh Jobstreet by SEEK.

Bagaimana, siap memulai perjalananmu? Download aplikasinya untuk smartphone Android dan iOS, atau buat akunmu di website Jobstreet sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Facebook Creator Studio

  1. Apakah Facebook Creator Studio gratis?
    Ya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menggunakan dan mengakses semua fiturnya. Jadi, berhati-hatilah terhadap modus penipuan yang menawarkan jasa pendaftaran dengan sejumlah biaya.
  2. Di mana letak Facebook Creator Studio?
    Kamu bisa mengakses menu Facebook Creator Studio di sidebar atau menu samping layar akun halaman resmimu setelah log in. Klik tombol “Publishing Tools” > “Tools” > “Creator Studio” untuk menggunakan semua fitur yang ditawarkan oleh platform ini dan mulai mengelola kontenmu.
  3. Apa itu content creator dan tugasnya?
    Pada dasarnya, content creator adalah individu yang menerbitkan konten berupa background image, video, tulisan, atau audio di internet. Mereka bertugas membuat konten yang mendidik dan/atau menghibur agar bisa memperkuat eksistensi mereka secara individual atau bisnis yang terafiliasi dengan mereka di dunia maya.
  4. Apakah video pendek di Facebook bisa menghasilkan uang?
    Ya, menurut berita dari Business Insider, kini kamu bisa menyelipkan iklan bersponsor di sela-sela video berdurasi 60 detik. Lalu, kamu akan mendapatkan uang berdasarkan jumlah pengguna yang melihat dan mengklik iklan tersebut.
  5. Berapa lama proses monetisasi Facebook?
    Tim Meta membutuhkan waktu 24-48 hari kalender untuk meninjau ulang konten sebuah video yang akan didaftarkan dalam program monetisasi. Begitu pula dengan permohonan monetisasi lainnya seperti konten berlangganan.
  6. Apakah reel bisa menghasilkan uang?
    Ya, karena kamu bisa menyelipkan iklan di sela-sela video reels berdurasi singkat. Tapi, nominal spesifik yang akan kamu dapatkan sangat bergantung pada jumlah pengguna yang melihat dan berinteraksi dengan iklan di videomu.
  7. Apa itu Meta Creator?
    Meta Creator adalah istilah untuk individu maupun brand yang terdaftar di media sosial naungan Meta, yaitu Facebook dan Instagram. Untuk bisa disebut sebagai Meta Creator, kamu perlu rutin mempublikasikan konten di Facebook dan Instagram, setidaknya sekali dalam 30-60 hari terakhir. Jadi, kamu tidak perlu memiliki jumlah penggemar atau pengikut tertentu.

More from this category: Pengembangan karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.