Intip Indikator Kinerja Karyawan Retail, Ini Kunci Suksesnya!

Intip Indikator Kinerja Karyawan Retail, Ini Kunci Suksesnya!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 16 December, 2022
Share

Tidak semua orang cocok untuk berkarir di bidang retail. Hal ini dibuktikan oleh tingkat perputaran industri yang tinggi. Kombinasi dari jam kerja panjang dan tantangan sehari-hari untuk memuaskan pelanggan dapat membuat tenagamu terkuras dengan cepat. Tanpa keterampilan regulasi emosi dan mental, kinerja karyawan retail bisa jadi sangat menurun seiring waktu.

Di sisi lain, karir retail bisa sangat bermanfaat. Dengan bekerja di retail, kamu bisa belajar lebih banyak tentang cara berkomunikasi yang efektif. Berurusan dengan pelanggan setiap hari memang bisa jadi bahan stres, namun kamu akan bisa melaluinya dengan menerapkan poin-poin di artikel ini!

Menjadiemployee of the monthdi Bidang Retail

Kamu pasti sudah pernah mendengar atau membaca istilah “employee of the month”, bukan? Istilah tersebut merupakan sebuah penghargaan kepada seseorang yang memiliki kinerja karyawan paling unggul di bulan itu.

Dengan menjadiemployee of the month, kamu akan bisa membangun citra yang lebih bagus lagi di dalam perusahaan. Ditambah lagi, kamu bisa mendapat berbagai bonus sebagai apresiasi atas kerja kerasmu!

Ingin menjadiemployee of the month? Berikut adalah tujuh indikator kinerja karyawan retail yang harus kamu perhatikan untuk menjadi karyawan yang unggul:

1. Keramahan

Ketika kamu melayani pelanggan, selalu ingat bahwa pelanggan hanyalah manusia biasa. Mereka pasti ingin dilayani oleh seseorang yang ramah dan sigap membantu. Dengan bersikap ramah, kamu bisa menjamin bahwa pelanggan akan mengingatmu dan ingin kembali di kesempatan selanjutnya.

Bagaimana jika kamu melayani pelanggan dengan emosi? Di sini lah salah satu tantanganmu sebagai karyawan retail. Sebagai seorang karyawan retail,serviceadalah salah satu hal utama, sehingga kamu harus bisa meregulasikan emosi-mu untuk tetap melayani pelanggan tersebut dengan ramah.

2. Kebijaksanaan

Ketahuilah kapan harus memberikan rekomendasi dan kapan harus membiarkan pelanggan mencari tahu sendiri. Sebagian pelanggan tidak suka diganggu saat berbelanja, sementara sebagian lagi senang untuk bertanya-tanya tentang produk yang menarik perhatiannya.

Banyak-banyaklah latihan membaca situasi dan kondisi. Dengan begitu, kamu akan menjadi seorang karyawan yang lebih perhatian dan pelanggan akan sangat menghargaimu.

3. Ketekunan

Kinerja karyawan retail yang unggul juga ditentukan melalui ketekunan dalam menyediakan layanan terbaik setiap saat. Jika kamu tidak dapat menyelesaikan masalah yang ada pada saat itu juga, atau belum memiliki jawaban atas pertanyaan pelanggan, berusahalah mencari jawaban ke atasan atau anggota tim lainnya.

Jika memungkinkan, mintalah kontak mereka dan hubungi mereka setelah kamu mendapatkan solusi atau jawabannya. Pelanggan akan menghargai kamu yang bersedia untuk mencoba, bahkan jika kamu tidak dapat memberikan solusi yang tepat.

Selain itu, kamu juga sudah memberi impresi yang baik kepada pelanggan terhadap tempatmu bekerja. Karena seorang karyawan retail selalu bekerja di lapangan dan merupakan orang pertama yang berkontak dengan pelanggan, pelanggan pun akan melihatmu sebagai “perwakilan” dari tempat kerjamu.

4. Inisiatif

Berlatihlah untuk selalu memiliki inisiatif dalam menangani tugas sehari-harimu, entah itu menyangkut penjualan atau penyediaan layanan pelanggan. Jangan hanya menunggu diberi tahu apa yang harus dilakukan. Pelanggan tentunya akan senang dengan karyawan yang cepat tanggap.

Membiasakan diri untuk mandiri adalah kunci dalam meningkatkan kinerja karyawan, tidak hanya di industri retail, tetapi juga banyak industri lainnya. Kemandirian dan inisiatif menunjukkan niatmu yang besar untuk bekerja. Ini akan membukakan jalan untukmu menuju karir yang sukses.

5. Kesabaran

Ketika bekerja sebagai karyawan retail, kamu akan mengalami hari-hari menantang dimana ada pelanggan yang memiliki tuntutan tidak masuk akal. Belum lagi hiruk-pikuk toko di hari-hari sibuk. Kombinasi dua hal tersebut memang bisa membuat frustasi, tetapi penting juga untuk kamu tetap tenang.

Merasa frustasi dan stres adalah hal yang sangat wajar, namun kamu perlu menjaga untuk tidak menunjukkannya di depan pelanggan. Ketika emosimu memuncak, tidak ada salahnya untuk menenangkan diri sebentar dan meminta bantuan rekan kerja.

6. Tingkat empati

Terkadang, pelanggan hanya ingin didengarkan dan dibuat yakin bahwa kekhawatiran mereka dianggap serius. Sebagai seorang karyawan retail, tempatkan dirimu pada posisi pelanggan dan coba lihat hal-hal dari sudut pandang mereka.

Tunjukkan bahwa kamu mengerti dan peduli atas permasalahan yang disampaikan oleh pelanggan. Selain itu, penting juga untukmu mampu menenangkan mereka, sehingga kamu bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan kondusif tanpa dipermasalahkan lebih jauh oleh pelanggan.

7. Objektivitas

Kenyataan pahit yang harus ditelan sebagai karyawan retail adalah kamu tidak akan bisa menyenangkan semua pelanggan. Dengan mengingat hal ini, kamu perlu mampu menerima bermacam kritik dan penolakan secara objektif dan menjadikannya sebuah pembelajaran, ketimbang berlarut-larut dalam rasa kecewa dengan diri sendiri.

Memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tapi ini penting untuk diingat jika kamu serius ingin membangun karir di industri retail.

Rekomendasi pekerjaan retail untukmu

Jika kamu merasa sudah mencapai 7 indikator tersebut, saatnya kamu mencari pekerjaan retail yang cocok untukmu!

Industri retail memiliki variasi pekerjaan yang luas, sehingga kamu bisa bebas memilih tipe pekerjaan yang kamu inginkan. Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan retail yang bisa langsung kamu lamar sekarang.

1. Store Manager

Seorang store manager bertugas untuk mengawasi operasional toko dan memastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar. Store manager berhubungan langsung dengan timsalesuntuk mendiskusikan strategi penjualan. Selain itu, ia juga bertanggung jawab untuk melatih para staf baru.

Melihat banyaknya tanggung jawab yang harus diemban, store manager termasuk ke pekerjaan tingkat menengah, yang berarti kamu sudah harus memiliki pengalaman di bidang yang terkait selama kurang-lebih 4 tahun.

Jika kamu sudah memiliki pengalaman >4 tahun di bidang retail dan tertarik untuk bekerja di industri kecantikan, langsung saja cek lowongannya di sini !

2. Customer Service

Industri retail tidak dapat dipisahkan dari pekerjaan yang melayani pelanggan seperti customer service. Seorang CS bertugas untuk memberikan layanan pada pelanggan secara langsung, biasanya melalui telepon atau fiturchat. Seperti yang telah disinggung di awal artikel, bekerja di bidang retail memerlukan regulasi emosi dan kesabaran yang tinggi. Jika kamu bekerja sebagai customer service, hal ini akan sangat berguna!

Saat ini tersedia berbagai lowongan kerja customer service yang bisa kamu lamar, salah satunya adalah lowongan kerja sebagai CS di e-commerce yang bisa langsung kamu lamar lewat JobStreet !

3. Visual Merchandiser

Jika dibandingkan dengan store manager atau customer service, mungkin visual merchandiser masih terdengar asing untukmu. Seorang visual merchandiser bertugas untuk merancang penempatan produk di dalam toko.

Hal tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan kemudahan pelanggan untuk mengakses produk yang dipajang. Faktor-faktor yang harus menjadi pertimbangan visual merchandiser di antaranya adalah ukuran dan dimensi produk, kategori produk, serta keterjangkauan produk untuk pelanggan yang masuk ke dalam toko.

Visual merchandiser biasanya membutuhkan pengalaman minimal 1 tahun. Dengan kriteria tersebut, kamu juga bisa mencoba melamar lowongan kerja visual merchandiser di bidangfashion!

4. Sales

Kamu pastinya juga sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan sales. Seperticustomer service, staf sales berhubungan langsung dengan pelanggan melalui penawaran produk. Bergantung pada jenis produk yang ditawarkan, seorang sales juga perlu mencontohkan penggunaan produk tersebut untuk pelanggan.

Metode penawaran yang dilakukan sales pun berbeda-beda. Seorang sales bisa langsung menghampiri pelanggan, menghubungi calon pelanggan lewat telepon, hingga menjalin kerja sama dengan mitra bisnis baru.

Karena kebutuhan atas karyawan sales sangat tinggi, lowongan kerja untuk staf sales pun juga cukup mudah untuk ditemukan.

Jika kamu tertarik bekerja sebagai sales di perusahaan otomotif, kamu bisa langsung cek lowongannya di sini !

Retail memang merupakan industri yang menantang bagi seorang karyawan, namun jangan cepat menyerah di awal! Perhatikan tujuh indikator kinerja karyawan yang telah disebutkan, terapkan di kehidupanmu sehari-hari, kemudian terapkan di tempat kerjamu.

Dengan membiasakan diri menerapkan tujuh ciri tersebut, kamu sudah selangkah lebih maju untuk menjadi seorang karyawan retail yang unggul!

Kamu juga bisa mempelajarisoft skillsyang dibutuhkan seperti regulasi emosi danproblem-solvingmelalui #SeekMAX dari JobStreet. Platform ini menyediakan banyak video pembelajaran mengenai keterampilan kerja secara gratis!

Untuk mempersiapkan dirimu lebih jauh lagi, kamu juga bisa membaca berbagai tips mengembangkan karir di industri retail. Ketika sudah menemukan lowongan kerja yang menarik perhatianmu, ini saatnya membuat lamaran kerja sambil mengunjungi laman Bantuan Karir untuk tips menulis CV.

Baca-baca juga tips interview kerja supaya kamu lolos tahap wawancara. Pastikan untuk selalu memperbarui profil JobStreet-mu agar kamu makin mudah menemukan pekerjaan yang cocok.

Agar proses lamaran kerjamu mudah dipantau kapan dan di mana saja, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi JobStreet di App Store atau Play Store !

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat yangmencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEKhadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, AsiaTenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes

More from this category: Pengembangan karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.