7 Skills Wajib Pekerjaan Marketing Manager Agar Karir Melejit

7 Skills Wajib Pekerjaan Marketing Manager Agar Karir Melejit
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Pekerjaan marketing saat ini mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan sepuluh tahun yang lalu. Berkat kemudahan dalam mencari informasi melalui internet, kini konsumen bisa lebih cerdas dalam memilih produk yang akan digunakan. Seiring perubahan ini, cara memasarkan produk juga mulai bergeser. Cara mengiklankan melalui media cetak dan TV dianggap sudah tidak efisien karena kebiasaan target pasar yang telah beralih ke media online.

Pekerja di bidang marketing perlu beradaptasi dan melakukan inovasi pada cara memasarkan suatu produk. Pasalnya, jika tidak berusaha mengikuti perkembangan zaman nantinya bisnis bisa tertinggal, dilupakan, bahkan paling parah kehilangan pelanggan. Tentu jadi tantangan yang besar bagi seorangMarketing Manageruntuk bisa memimpin tim marketing suatu perusahaan di tengah persaingan bisnis pada era digital.

Karena marketing merupakan hal yang krusial atas kemajuan suatu bisnis, seorangMarketing Managerperlu terampil dalam menghadapi situasi pasar yang dinamis. Kira-kira apa saja kemampuan yang perlu dimiliki seorangMarketing Managersaat ini? Simak selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Berkarir sebagaiMarketing Manager

Marketing Managermemiliki peranan yang penting dalam mencapai keuntungan untuk suatu perusahaan. SeorangMarketing Managermemiliki tanggung jawab membuat kebijakan atau program untuk memasarkan produk, selain itu juga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam membuat sebuah produk bisa laku di pasaran. Jadi, secara garis besar tugasMarketing Manageradalah sebagai konseptor dalam memasarkan produk yang nantinya akan dijalankan oleh tim marketing.

Seluruh hal yang berhubungan dengan kegiatan marketing berada di bawah tanggung jawab seorangMarketing Manager.Untuk berada di posisi tersebut, tentu dibutuhkan pengalaman yang beragam dalam bidang marketing. Berikut penjelasan mengenai jenjang karir untuk menjadiMarketing Manager.

Entry-level

Dalam menjajaki karir untuk menjadiMarketing Manager, kamu bisa mencoba pekerjaan di industri marketing untukentry-levelatau pemula. Bagi seorangfresh graduate, posisi ini sangat cocok karena biasanya tidak perlu memiliki pengalaman yang begitu banyak untuk melamar pekerjaan pada level ini.

Pekerjaan pada tahapentry-levelini mungkin masih terbilang mendasar dan lebih bertujuan untuk memahami bisnis yang dijalani, nantinya bisa kamu jalani sambil mengasahsoft skill yang berguna untuk perkembangan karir kamu dalam jangka panjang.

Menariknya, ketika berada di tahapentry-level, kamu bisa memilih pekerjaan yang sesuai denganpassion, karena industrinya cukup luas. Keberagaman fungsi yang ada pada industri marketing bisa memudahkan kamu untuk menyesuaikan dengan apa yang menjadi ketertarikan diri.

Contohnya untuk kamu yang menyukai menulis kamu bisa melamar posisi Content Writer. Beberapa contoh posisi pekerjaan di bidang marketing lainnya untukentry levelseperti Social Media Officer , Marketing Officer , Copywriter ,dan lain sebagainya.

Supervisor

Selanjutnya, pada levelsupervisor, kamu diharapkan sudah memiliki lebih banyak pengalaman dan pemahaman terkait dengan posisi yang akan kamu lamar di bidang marketing sehingga dapat membantu memberikan supervisi pada karyawan dengan level pemula.

Namun, pada level ini, karir kamu sudah lebih mengerucut dan spesifik karena melanjutkan jenjang karir yang kamu bangun dari posisientry level. Contoh pekerjaan levelsupervisordi bidang marketing adalah Social Media Specialist , Marketing Specialist , Senior Copywriter , Senior Content Writer ,dan lain-lain.

Marketing Manager

Jenjang karir di dunia marketing selanjutnya lebih mendekati pekerjaan manajemen. Tugas seorangMarketing Manageradalah membuat, memonitor, dan mengevaluasi strategi marketing yang sedang atau akan dijalankan olehbrand.

Karakter penting yang perlu dimilikiMarketing Manageryaitu nilai kepemimpian, karena mereka perlu memimpin eksekusi dari strategi marketing dan menjaga prosesnya agar sesuai dengan rencana, sambil tetap mengembangkan kemampuan para pekerja yang berada dientry level. Beberapa jabatan pada tahap ini antara lain adalah Social Media Manager , Brand Manager , Content Manager ,dan lainnya.

Keterampilan untuk sukses menjadi Marketing Manager

Sukses menjadiMarketing Manageradalah hal yang mungkin jika kamu memiliki kemampuan yang dapat menunjang kinerja. Namun, apa saja yang harus dimiliki seorangMarketing Manager?Berikut contoh keterampilan yang perlu kamu miliki untuk sukses menjadiMarketing Manager.

Hard Skills:

  1. Market Analysis

Menganalisis pasar adalah dasar dari pekerjaan seorangmarketer. Ketidaktahuan mengenai pasar, kompetitor, dan target pasar, dapat membuat pekerjaan menjadi jauh lebih sulit, tidak efisien, dan sia-sia. Oleh karena itu, kemampuan ini menjadiskillmarketing yang sangat diperlukan.

  1. Marketing Research

Kemampuan untuk melakukan riset pasar di masyarakat sangatlah penting. Kebiasaan masyarakat yang dapat terukur bisa mempermudah proses pengambilan keputusan dalam membuat strategi marketing. Dengan kemampuan riset, seorang marketer pasti akan selalu mempertimbangkan keputusannya dengan matang.

Lalu, hasil dari riset tersebut juga dapat menjadi penentu untuk membuat strategi pemasaran, mulai dari cara berinteraksi dengan pembeli secaraonline, hingga menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan analisis pasar.

  1. Customer Experience

Istilah pengalaman pengguna ataucustomer experiencemengacu pada saat penjual dan pembeli melakukan interaksi. Pengalaman pengguna terbagi menjadi tiga sesi, yaknicustomer journey, user interaction,danuser experience. Dengan memahami proses pengalaman pengguna, perusahaan dapat terus mengembangkan produknya jadi lebih baik. Dengan begitu diharapkancustomermemberikan loyalitas kepada produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

  1. Story Telling

Perubahan zaman memaksa perusahaan mengubah cara promosinya. Jika duluhard sellingadalah strategi yang dipilih untuk memasarkan, kini strategi tersebut dapat dikatakan sudah usang. Saat inicustomerlebih tertarik dengan prosessoft-sellingdengan teknik bercerita yang persuasif ataustory telling, tanpa menjual dengan carablak-blakan.

Proses ini mengedepankan promosi secara tidak langsung melalui tulisan, foto, atau video, yang menciptakan kedekatan pada calon pengguna. Dengan kedekatan, nantinya akan meningkatkan rasa kepercayaancustomerpada produk/jasa yang akan berdampak kepada angka penjualan nantinya.

  1. Social Media Marketing

Era digitalisasi membuat para pebisnis untuk berinovasi dalam memasarkan produknya melalui platform media sosial.Social media marketingkini menjadi alat utama bagi seorang marketer untuk mengiklankan produk karena sebagian besar market saat ini menghabiskan waktunya di media sosial. Kemampuan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dengansocial media marketingjuga jadi salah satu alasan pentingnya untuk seorang marketer memilikiskillini.

Soft Skills:

  1. Up-to-date

Kemampuan untuk terusupdatesangat diperlukan sebagai seorang marketer. Hal tersebut agarbrandatau perusahaan dapat tetap relevan dengan tren saat ini.Brandyang sudah tidak relevan sangat rentan untuk akhirnya dilupakan dan kehilangan pelanggan.

Maka dari itu seorang marketer harusstay up-to-dateagar tetap relevan dengan keadaan sekarang sehingga kamu dapat menerapkan strategi danmarketing campaignyang tepat sasaran.

  1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Kesuksesan datang dari rasa ingin tahu yang tinggi dapat membuat kamu terus mencari tahu hal-hal baru yang dapat berdampak pada ide strategi pemasaran yang lebih segar. Terpaku pada kebiasaan untuk melakukan hal yang sama secara berulang, tanpa adanya rasa ingin tahu, hanya berujung pada hasil yang juga sama. Tidak ada yang baru, tidak ada perkembangan, bahkan sangat mungkin mengalami penurunan karena sudah menggunakan cara yang sama berkali-kali.

  1. Inisiatif tinggi

Inisiatif adalah hal penting yang perlu dimiliki seorang marketer. Pasalnya, sebagai orang yang bekerja di industri marketing yang dinamis, sangat dibutuhkan kemampuan untuk berimprovisasi yang didorong dari rasa inisiatif tersebut. Dengan berinisiatif, kamu menunjukkan antusiasme dan dorongan untuk bekerja secara aktif.

  1. Persuasif dan negosiatif

Kemampuan menjadi persuasif dan negosiatif, tentunya perlu dimiliki oleh marketer. Hal ini karena kamu tidak hanya dituntut untuk memasarkan suatu produk, melainkan juga harus mampu mengajak audiens untuk menggunakan produk tersebut. Dalam hal ini, sifat negosiatif diperlukan agar mendapat titik tengah yang memuaskan kedua belah pihak, perusahaan dan konsumen.

  1. Tech savvy

Seorang marketer yang tidaktech-savvyatau menguasai teknologi terkini tentunya akan ketinggalan dan memiliki masalah dalam menjalankan strategi marketing perusahaan. Hal ini disebabkan oleh era digitalisasi yang mengharuskan kita melek teknologi. Tanpa adanya kemampuan ini, kamu akan menghadapi kesulitan dalam menggunakantoolsyang dapat menunjang pekerjaan sebagai marketer.

  1. Komunikatif

Kemampuan berkomunikasi yang baik tentu diperlukan untuk dapat menyampaikan ide-ide dan memasarkan produk kepada audiens. Tanpaskillberkomunikasi akan sangat sulit untuk menyampaikan pesan kepada target market.

  1. Kreatif dan detail

Berpikir secara kreatif dan juga detail dalam membuat sebuah strategi marketing adalah hal yang penting. Dengan kemampuan berpikir secara kreatif, dapat membuat suatu strategi pemasaran menarik. Dalam hal ini, pemikiran kreatif akan diimbangi dengan kemampuan melihat sesuatu secara detail agar terhindar dari permasalahan yang dapat merugikan perusahaan.

Marketing toolsyang dapat membantu cara kerja MarketingManager

Marketing Managerperlutoolspenunjang yang dapat mempermudah pekerjaan. Berikuttoolsgratis yang bisa membantu kerjaMarketing Manager.

Canva adalah platform desain yang dapat digunakan secara gratis dan mudah untuk membuat berbagai keperluan marketing visual untuk produk kamu. Canva memiliki banyak template untuk keperluan marketing mulai dari template media sosial,web banner,brosur pemasaran, pamflet, kartu nama, dan lainnya.

Buffer adalahsocial media marketing toolyang memungkinkan kamu untuk mengelola beberapa akun media sosial dan menjadwalkan posting media sosial— dari satu platform yang mudah digunakan. Hal ini akan memudahkan dalam mengatur media sosialbrandsekaligus.

SurveyMonkey adalah alat survei online gratis yang bisa kamu gunakan dalam melakukan marketresearch. Kamu dapat membuat survei yang terperinci dan menyebarkan kuesioner ke audiens target di sejumlah platform, sepertiemail, web, dan media sosial.

MailChimp adalah platform untuk mengaturemail marketingyang dapat digunakan dengan mudah.

Trello merupakanproject management toolyang bisa digunakan untuk memonitor seluruh pekerjaan, sehingga pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat.

Google Keyword Planner dapat digunakan untuk memilihkeywordagar SEO dan iklan digital yang kamu rencanakan efisien. Google Keyword Planner memungkinkan kamu melihat perkiraantrafficpadakeywordyang akan kamu pilih, yang kemudian bisa kamu gunakan untuk strategi pemasaran situs web dan iklan digital kamu.

AnswerThePublic adalah platform yang dapat membuat sebuahmind-mapdarikeywordyang kamu masukkan. Platform ini membantu kamu untuk menemukan topik-topik yang berkaitan dengan kata kunci, yang kemudian bisa kamu kembangkan untuk konten marketing nantinya.

Kejar karir menjadiMarketing Managerbersama JobStreet!

Nah itu dia penjelasan mengenaiMarketing Managerdan kemampuan yang perlu dimilikinya. PosisiMarketing Manageradalah posisi yang mungkin untuk kamu gapai. Kamu dapat memulai karirmu di industri marketing dari posisientry-level.

Ayo lamar pekerjaan menjadiMarketing Manager bersama JobStreet yang #BebasDrama ! Jangan lupa untuk memperbarui profil setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalahtalentterbaik!

Cari tahu berbagai tips dan informasi yang kamu butuhkan untuk sukses dalam meniti karirMarketing Managermelalui laman Tips Karir. Mulai dari cara terbaik membuatresume, tips lainnya dalam menghadapi perekrut ketika wawancara, informasi mengenai perusahaan yang akan kamu lamar, hingga cara terbaik meraih kesuksesan kariermu.

Dapatkan akses dengan cepat dan mudah melalui aplikasi JobStreet yang bisa kamu unduh melalui App Store dan PlayStore.

Tentang SEEK di Asia

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Di Asia, SEEK beroperasi denganbrandJobStreet dan JobsDB, platform ketenagakerjaan terbesar di Asia dan pilihan utama bagi kandidat dan perusahaan. SEEK menarik lebih dari 500 juta kunjungan per tahun di enam pasar yang dioperasikannya, yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Pada tahun 2022, SEEK diakui sebagai salah satu dari Australia’s Top Ten Places to Work in Tech dalam penghargaan AFR BOSS Best Places to Work. Tahun ini, SEEK merayakan 25 tahun membantu warga Australia menjalani kehidupan kerja yang lebih memuaskan dan produktif.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.