15 Contoh CV Bahasa Inggris dan Cara Membuatnya

15 Contoh CV Bahasa Inggris dan Cara Membuatnya
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 16 April, 2024
Share

(Image by Lukas on Pexels

Curriculum vitae (CV) merupakan dokumen yang wajib kamu siapkan saat melamar kerja. Melalui CV inilah kamu menunjukkan kemampuan dan pengalaman kerja profesionalmu. Sehingga calon perusahaan bisa menilai kecocokan profil kamu dengan kebutuhan posisi yang mereka cari.

Sayangnya, banyak orang yang masih kesulitan membuat CV, apalagi dalam bahasa Inggris. Padahal, CV lamaran kerja bahasa Inggris bisa membuka lebih banyak peluang buat kamu, lho.

Kamu jadi bisa apply ke perusahaan multinasional, bahkan perusahaan di luar negeri. Selain itu, calon perusahaan juga dapat sekaligus menilai kemampuan bahasa Inggris kamu.

Memangnya, seperti apa penulisan CV bahasa Inggris? Yuk, kita kulik bersama tentang CV bahasa Inggris dan artinya.

Apa Itu CV Bahasa Inggris? 

Curriculum vitae bahasa Inggris adalah daftar riwayat hidup berisi ringkasan pengalaman kerja, pendidikan, dan kemampuan seseorang yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Sebetulnya, tidak ada aturan wajib kapan kamu harus membuat daftar riwayat hidup bahasa Inggris untuk melamar kerja. Namun, biasanya CV bahasa Inggris dibutuhkan saat kamu melamar kerja di perusahaan multinasional, asing, atau di luar negeri.

Selain itu, jika kamu menemukan lowongan kerja yang membutuhkan skill bahasa Inggris, sebaiknya buatlah CV dalam bahasa Inggris pul contoh cv bahasa inggris

Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan skill bahasa Inggris kepada tim perekrut sehingga sekaligus meningkatkan value kamu.

Pentingnya CV Bahasa Inggris 

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris dibutuhkan di beragam bidang pekerjaan.

Itulah kenapa bahasa Inggris menjadi salah satu skill yang perlu kamu kuasai. Nah, skill tersebut bisa kamu tunjukkan dengan cara membuat CV bahasa Inggris.

Hal ini dapat meningkatkan nilai kamu sebagai pelamar kerja, lho. Nilai inilah yang akan memperbesar peluang kamu untuk dilirik tim HRD perusahaan.

Apalagi, sejak diterbitkannya RUU Cipta Kerja, kini ada semakin banyak perusahaan internasional yang berinvestasi dan masuk ke Indonesia. Artinya, jadi semakin banyak pula lowongan kerja yang membutuhkan skill bahasa Inggris.

Namun, sekadar membuat CV bahasa Inggris saja tidaklah cukup. Kamu perlu memastikan bahwa konten CV juga memiliki kualitas yang baik. Tulislah daftar riwayat hidup dalam bahasa Inggris dengan struktur yang jelas.

Dengan begitu, tim HRD perusahaan bisa lebih mudah memahami isi CV kamu. Mereka juga akan lebih yakin bahwa kamu memang memiliki skill bahasa Inggris yang mumpuni.

Memangnya, seperti apa struktur contoh CV Inggris yang baik?

Baca Juga: Manfaatkan Keywords, Ini Cara Tulis CV yang Menarik HRD! 

Struktur CV Bahasa Inggris 

Template CV

(Image by Racool_studio on Freepik

Pada dasarnya, contoh resume bahasa Inggris memiliki struktur yang tidak jauh berbeda dari CV dalam bahasa Indonesia.

Supaya tidak bingung, berikut struktur CV lamaran kerja bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan patokan:

1. Personal information 

Data diri tentu wajib ada dalam curriculum vitae bahasa Inggris. Untuk CV dalam bahasa Inggris, bagian data diri biasanya disebut dengan personal information.

Kamu tidak perlu mencantumkan semua informasi tentang diri kamu. Hindari menuliskan data yang terlalu personal dan tidak relevan, seperti golongan darah, agama, zodiak. Bahkan, kamu juga tidak perlu mencantumkan informasi tinggi dan berat badan jika memang tidak diminta.

2. Career aspiration 

Bagian satu ini relatif jarang ditemukan dalam CV bahasa Indonesia, tapi menjadi salah satu bagian penting dalam struktur curriculum vitae bahasa Inggris.

Career aspiration atau aspirasi karier adalah visi atau harapan kamu dalam berkarier. Namun, ini berbeda dari tujuan karier, ya.

Misalnya, tujuan karier kamu adalah naik jabatan dalam waktu setahun. Berdasarkan tujuan tersebut, kamu ingin meningkatkan keahlian profesional sekaligus meraih work life balance sebagai aspirasi karier.

Dengan adanya career aspiration dalam struktur daftar riwayat hidup bahasa Inggris, kamu bisa menunjukkan sisi goal-oriented dalam diri kamu. Di sisi lain, tim HRD perusahaan juga dapat menilai apakah aspirasi karier kamu sejalan dengan value perusahaan mereka.

3. Education background 

Saat mencari contoh CV bahasa Inggris dan artinya, kamu pasti menemukan bagian riwayat pendidikan. Dalam contoh curriculum vitae bahasa Inggris, bagian ini disebut education background.

Bagian education background berisi tentang riwayat pendidikan kamu. Namun, kamu tidak perlu mencantumkan semua riwayat pendidikan sejak TK.

Cukup tuliskan yang paling penting dan relevan, seperti SMA (Senior High School) atau SMK (Vocational High School) serta universitas (university) beserta fakultas (faculty) dan jurusan (major).

4. Work experience 

Semua contoh CV dalam bahasa Inggris juga pasti mencakup pengalaman kerja atau work experience. Isilah dengan riwayat pekerjaan yang pernah kamu jalani, dan urutkan penulisannya dari pekerjaan paling baru ke paling lama.

Lalu, pada setiap pengalaman kerja, cantumkan nama perusahaan, posisi, serta periode kerja. Kamu juga bisa menjelaskan secara singkat tanggung jawab dan pencapaian yang pernah diraih saat menjabat posisi tersebut.

Sedangkan bagi yang mencari contoh CV bahasa Inggris fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja, bagian ini bisa diisi dengan pengalaman organisasi atau kepanitiaan selama sekolah dan kuliah.

5. Skills 

Struktur daftar riwayat hidup dalam bahasa Inggris juga mencakup skills. Pada bagian ini, tuliskan keterampilan yang kamu kuasai dan masih relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Jenis skills yang dimaksud bisa berupa keterampilan teknis, leadership, komunikasi, bahasa asing, dan sebagainya.

Kalau kamu menguasai keterampilan lebih dari satu bahasa asing, sebaiknya buatlah bagian terpisah agar tim HRD dapat menilainya secara detail. Namun, ingat, pastikan bahwa skill tersebut memang relevan atau dibutuhkan oleh calon perusahaan.

6. Certification 

Bagian satu ini mungkin tidak selalu ada dalam contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, tapi kalau ingin membuat contoh CV bahasa Inggris menarik, kamu bisa menyertakan sertifikasi atau certification.

Jika kamu punya sertifikasi yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar, cantumkan pada bagian ini. Contohnya seperti sertifikat industri, sertifikat bahasa, hingga sertifikat training atau pelatihan khusus.

Adanya sertifikasi merupakan bukti bahwa kamu telah menguasai suatu keterampilan, sehingga profil kamu pun terlihat lebih kredibel. Hal ini dapat menjadi nilai tambah yang memperbesar peluang CV kamu untuk dilirik tim HRD perusahaan.

7. References 

References merujuk pada referensi kerja, yakni rujukan atau rekomendasi yang diberikan oleh mantan perusahaan atau rekan kerja untuk “mempromosikan” keahlian, keterampilan, dan kualitas kerja kamu.

Sebetulnya, contoh CV Inggris mana pun tidak menyertakan bagian references. Namun, kamu bisa menuliskan keterangan bahwa “references available upon request”. Artinya, apabila tim HRD membutuhkan referensi kerja, kamu bisa menyediakannya.

Nah, setelah mengetahui struktur yang terdapat dalam mayoritas contoh resume bahasa Inggris, kini saatnya kamu mulai membuat CV bahasa Inggris sendiri. Bagaimana caranya?

Cara Membuat CV Bahasa Inggris 

Template CV di layar komputer

(Image by rawpixel on Freepik

Pada dasarnya, bagus atau tidaknya suatu CV bahasa Inggris bersifat relatif. Tiap perusahaan tentu punya standar tersendiri dalam menilai CV kandidat.

Namun, banyak rekruter zaman sekarang yang menganjurkan kandidat untuk membuat CV bahasa Inggris yang ATS-friendly.

ATS merupakan singkatan dari Applicant Tracking System, yakni sistem software yang dipakai perusahaan untuk menilai dan menyeleksi CV para pelamar kerja.

Nah, supaya CV bahasa Inggris buatanmu punya peluang lebih besar untuk lolos ATS, perhatikan contoh CV bahasa inggris berikut ini:

1. Perhatikan kesalahan dalam penggunaan tata bahasa

Sebetulnya, contoh CV ATS bahasa Inggris tidak jauh berbeda dari bahasa Indonesia, kok. Keduanya sama-sama harus ditulis dengan tata bahasa yang jelas agar mudah dimengerti.

Artinya, kamu perlu memakai kalimat bahasa Inggris yang singkat, padat, dan tepat. Hal ini akan membantu kamu untuk menyertakan banyak informasi dalam space yang cenderung terbatas.

Selain itu, pastikan juga seluruh kalimat yang kamu tulis sudah mengikuti aturan grammar dalam bahasa Inggris. Sesuaikan dengan pola kalimat past tense, present tense, dan future tense yang berlaku.

Untuk meminimalisir kesalahan, kamu bisa menggunakan bantuan tool gratis untuk mengecek ketepatan tata bahasa. Contohnya seperti Grammarly dan Grammar Checker.

2. Gunakan tanda baca dan ejaan dengan tepat 

Tak kalah penting dari tata bahasa, tanda baca dan ejaan yang wajib kamu perhatikan saat membuat daftar riwayat hidup dalam bahasa Inggris. Mungkin tata bahasa kamu sudah benar, tapi ternyata masih ada typo yang membuat tulisan dalam CV jadi kurang enak dibaca.

Apalagi, beberapa kata dalam bahasa Inggris memiliki ejaan yang cukup rumit sehingga rawan typo. Kalau memang tidak yakin dengan penulisannya, jangan ragu untuk mengeceknya pada kamus.

Oleh sebab itu, jangan lupa cek ulang CV buatanmu untuk memastikan ketepatan penggunaan tanda baca dan ejaan. Kalau perlu, mintalah teman atau rekan kerja untuk melakukan proofread dan memberi masukan supaya CV-mu bisa lebih baik lagi.

3. Rancang tata letak yang terstruktur dan mudah dibaca. 

Contoh CV bahasa Inggris menarik tidak cuma soal kualitas tulisan, tapi juga tata letak. Namun, bukan berarti kamu bisa membuat CV dengan desain estetik yang abstrak. Buatlah CV bahasa Inggris dengan tata letak yang rapi dan terstruktur supaya mudah dibaca.

Pastikan tiap tulisan menggunakan jenis dan ukuran font yang bisa terbaca meskipun jika dipandang sekilas. Selain itu, atur pula jarak antar-tulisan agar tidak terlalu dekat maupun jauh.

4. Sertakan informasi pribadi 

CV memang menjadi media perkenalan diri kamu kepada tim HRD perusahaan. Meski begitu, bukan berarti kamu perlu mencantumkan semua informasi pribadi, skill, dan pencapaian untuk membuat tim HRD kagum. Cukup sertakan informasi diri yang relevan dengan posisi kerja yang kamu lamar.

Dengan selektif memilah informasi pribadi pada CV, kamu bukan cuma memberikan informasi yang relevan, tapi juga menjaga agar isi CV tetap ringkas dan jelas. CV seperti inilah yang dapat menjadi contoh CV ATS bahasa Inggris berkualitas baik.

5. Tuliskan pengalaman kerja yang sesuai 

Cara satu ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya, yakni memilah riwayat atau pengalaman kerja.

Meskipun mungkin kamu sudah bekerja selama bertahun-tahun dan memiliki pengalaman organisasi segudang, bukan berarti kamu perlu mencantumkan seluruhnya pada CV bahasa Inggris.

Sekali lagi, penting untuk diingat bahwa kamu hanya perlu menyertakan informasi relevan dengan posisi kerja yang kamu lamar. Nah, ini berlaku pula untuk pengalaman kerja.

Misalnya, kalau kamu ingin melamar kerja sebagai content editor, maka kamu tidak perlu mencantumkan pengalaman ikut lomba menari.

Supaya tidak bingung menentukan jenis informasi pribadi yang harus disertakan dalam contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, kamu bisa cek daftar selengkapnya di bawah ini, ya!

Baca Juga: 17 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris (Mudah dan Simpel) 

Informasi Pribadi dalam CV Bahasa Inggris 

Pencari kerja sedang melihat pewawancara membaca CV miliknya

(Image by Drazen Zigic on Freepik

Tiap perusahaan bisa saja meminta kamu menyerahkan CV bahasa Inggris dengan detail isi yang berbeda.

Misalnya untuk CV guru bahasa Inggris, mungkin kamu harus menyertakan sertifikasi pendidik. Namun, syarat tersebut tentu tidak berlaku untuk jabatan non-guru.

Namun, di luar detail ketentuan seperti itu, penulisan informasi pribadi dalam CV bahasa Inggris bisa dibilang cukup seragam. Berikut rinciannya!

Informasi pribadi yang perlu ditulis 

1. Domisili, email, nomor telepon, dan link portofolio (jika ada) 

Selain nama panjang dan panggilan, kamu juga perlu mencantumkan penulisan alamat dalam bahasa Inggris CV, e-mail, nomor telepon, serta link portofolio (jika ada).

Contoh penulisan alamat dalam bahasa Inggris CV beserta nama, nomor telepon, dan e-mail adalah sebagai berikut:

Joshua Han 

Content Editor 

Contact Information 

Phone: 628123456789 

E-mail: [email protected] 

Domicile: Surabaya, East Java 

2. Pengalaman kerja atau magang 

Cukup sertakan pengalaman kerja atau magang yang relevan dengan tujuan posisi kerja. Misalnya untuk posisi content editor, kamu bisa menuliskan informasi seperti ini:

Experience 

Senior Content Writer 

GOINGSEV Company, October 2021 - Present 

Junior Content Writer 

ABD Digital Agency, January 2020 - September 2021 

3. Kemampuan yang relevan 

Jangan lupa mencantumkan kemampuan atau keterampilan yang dapat mendukung kinerja kamu jika lamaran kerja diterima. Untuk contoh posisi content editor, berikut beberapa kemampuan yang bisa disertakan:

Skills 

- Strong critical thinking and problem-solving skills; 

- Excellent verbal and written communication skills; 

- Experience with content management system (CMS) tools; 

- Experience with SEO research tools (e.g. Google Keyword Planner, Semrush); 

- Strong understanding of editorial plan creation. 

4. Penjelasan singkat tentang tugas selama kerja

Untuk setiap pengalaman kerja, lengkapi dengan penjelasan singkat. Contohnya seperti berikut

Senior Content Writer 

GOINGSEV Company, October 2021 - Present 

- Wrote and edited different types of content for various clients; 

- Created editorial plans for each content. 

Junior Content Writer 

ABD Digital Agency, January 2020 - September 2021 

- Wrote different types of content for various clients; 

- Conducted online research and analyzed data to create content. 

5. Pencapaian selama bekerja 

Jika kamu punya prestasi atau pencapaian selama bekerja, pastikan untuk menyertakannya dalam CV bahasa Inggris. Pastikan kamu juga melengkapinya dengan data yang jelas, seperti:

Achievements 

- Increased XYZ’s website traffic by 50% during January-June 2022; 

- Increased ZYX’s followers on Instagram by 20% during October-December 2022. 

Informasi pribadi yang tidak perlu ditulis 

1. Alamat rumah detail, tempat dan tanggal lahir, agama, NIK 

Saat membahas contoh CV bahasa Inggris dan artinya, penting juga untuk mengetahui informasi pribadi apa saja yang tak perlu dicantumkan. Salah satunya adalah alamat rumah detail, jadi kamu bisa menuliskan kota dan provinsi domisili saja.

Di samping itu, kamu juga tidak perlu menyertakan tempat dan tanggal lahir, agama, apalagi nomor induk kependudukan (NIK). Selain tidak relevan, langkah ini juga dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan data.

2. Hobi yang tidak relevan 

Hindari menuliskan hobi yang tidak relevan dengan posisi lamaran kerja. Misalnya untuk CV guru bahasa Inggris, kamu tidak perlu mencantumkan hobi yang tidak nyambung seperti bermain piano, mendengarkan musik, atau memancing.

Hobi yang tidak relevan tidak termasuk dalam contoh CV bahasa Inggris menarik.

3. Informasi palsu 

Jangan pernah memberikan informasi palsu saat menulis CV bahasa Inggris. Kalau dari awal kamu sudah berbohong, bagaimana kamu bisa menjalankan pekerjaan secara jujur jika nanti diterima?

Lalu, apabila kamu ketahuan, perusahaan tidak cuma akan kehilangan kepercayaan kepada kamu. Bukan tidak mungkin kamu juga akan berisiko dikeluarkan dari perusahaan. Untuk itu, bersikaplah jujur dan jangan pernah memberikan informasi palsu.

4. Penjelasan tugas kerja yang berlebihan 

Template CV bahasa Inggris memang mencakup penjelasan tugas untuk tiap pengalaman kerja. Meski begitu, jangan menuliskannya secara berlebihan. Cukup sertakan poin-poin yang bisa menggambarkan tugas kamu secara keseluruhan. 

Nah, selain penulisan informasi pribadi, kamu juga perlu mencantumkan skill dalam CV bahasa Inggris. Bagaimana cara menulisnya secara tepat? 

Contoh Skill dalam Bahasa Inggris 

CV di atas meja

(Image by cottonbro studio on Pexels

Penulisannya skill dalam bahasa Inggris tentu berbeda dari bahasa Indonesia. Beragam contoh skill dalam CV bahasa Inggris bisa kamu lihat di bawah ini: 

1. Computer skills 

Computer skills adalah kemampuan dan keterampilan dalam mengoperasikan komputer dan software terkait.

Beberapa contoh computer skills yang bisa kamu cantumkan dalam CV bahasa Inggris adalah Microsoft Office, collaboration and communication software, accounting software, machine learning, database management, dan programming.

2. Interpersonal skills 

Interpersonal skills adalah kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang secara efektif. Untuk struktur penulisan CV bahasa Inggris, beberapa contoh interpersonal skills adalah teamwork, active listening, flexibility, dan collaboration.

3. Transferable skills 

Transferable skills adalah kemampuan yang kamu pelajari sepanjang hidup dan kamu bawa dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Beberapa contohnya adalah communication, adaptability, decision making, dan attention to detail.

4. Time management skills 

Skill satu ini merujuk pada kemampuan kamu dalam mengelola waktu dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Untuk time management, penulisan contoh skill dalam CV bahasa Inggris adalah planning, scheduling, prioritization, delegation, dan organization.

5. Customer service skills 

Secara spesifik, customer service skills dibutuhkan pada posisi kerja yang berhubungan langsung dengan layanan konsumen. Contohnya seperti kemampuan empathy, self-control, active listening, speaking, patience, dan problem-solving.

6. Leadership skills 

Leadership skills merupakan kemampuan seseorang dalam memimpin suatu tim. Beberapa contoh penulisan skills untuk leadership adalah open communication, delegation, project management, ability to teach and mentor, serta team building.

7. Management skills 

Management skills adalah kemampuan mengelola keseluruhan sumber daya untuk mencapai tujuan perusahaan. Pada CV berbahasa Inggris, kamu bisa menunjukkan skill tersebut dengan menuliskan project management, planning, negotiating, decisiveness, dan delegation.

8. Communication skills 

Skill satu ini merujuk pada keterampilan komunikasi secara tepat dan efektif di berbagai situasi. Pada template CV bahasa Inggris, beberapa contoh communication skills yang bisa kamu cantumkan adalah verbal and non-verbal communications, presentation, dan negotiation.

9. Problem-solving skills 

Melalui skill ini, kamu dapat menunjukkan kemampuanmu dalam menyelesaikan tantangan dan masalah yang muncul saat kerja. Beberapa contoh problem-solving skills untuk CV berbahasa Inggris adalah critical thinking, logical reasoning, observation, dan analysis. 

10. Active listening skills 

Active listening adalah kemampuan mendengarkan secara aktif dan penuh perhatian untuk memahami perkataan lawan bicara. Contoh skills yang mendukung hal tersebut adalah empathy, sensitivity, emotional intelligence, dan problem sensitivity.

Contoh CV Bahasa Inggris 

Supaya mendapat gambaran lebih jelas tentang tampilan CV berbahasa Inggris, berikut beberapa contoh CV untuk berbagai posisi lamaran kerja:

1. Contoh CV Bahasa Inggris Software Engineer 

Contoh 1 - Software Engineer revised.jpg

 (Credit: Beamjobs

2. Contoh CV Bahasa Inggris Digital Marketing Specialist 

Contoh 2 - Digital Marketing Specialist Revised.jpg

(Credit: Beamjobs

3. Contoh CV Bahasa Inggris Social Media Manager 

Contoh 3 - Social Media Manager Revised.jpg

(Credit: Beamjobs

4. Contoh CV Bahasa Inggris Content Writer 

Contoh 4 - Content Writer Revised.jpg

(Credit: Resume Builder

5. Contoh CV Bahasa Inggris Graphic Designer 

Contoh 5 - Graphic Designer Revised.jpg

(Credit: Beamjobs

6. Contoh CV Bahasa Inggris HR Specialist 

Contoh 6 - HR Specialist Revised.jpg

(Credit: QwikResume

7. Contoh CV Bahasa Inggris Data Analyst 

Contoh 7 - Data Analyst Revised.jpg

(Credit: Beamjobs

8. Contoh CV Bahasa Inggris Akuntan 

Contoh 8 - Akuntan Revised.jpg

(Credit: Beamjobs

9. Contoh CV Bahasa Inggris SEO Specialist 

Contoh 9 - SEO Specialist Revised.jpg

(Credit: QwikResume

10. Contoh CV Bahasa Inggris Operations Manager 

Contoh 10 - Operations Manager Revised.jpg

(Credit: Beamjobs

11. Contoh CV Bahasa Inggris Marketing Manager 

Contoh 11 - Marketing Manager Revised.jpg

(Credit: Beamjobs

12. Contoh CV Bahasa Inggris Fresh Graduate 

Contoh 12 - Fresh Graduate Revised.jpg

 (Credit: JobStreet

13. Contoh CV Bahasa Inggris Lulusan SMK 

Contoh 13 - Lulusan SMK Revised.jpg

(Credit: Beamjobs

14. Contoh CV Bahasa Inggris Karyawan Magang 

Contoh 14 - Karyawan Magang Revised.jpg

(Credit: Canva

15. Contoh CV Bahasa Inggris Admin 

Contoh 15 - Admin Revised.jpg

(Credit: Beamjobs)

Dengan mengetahui seluk-beluk CV bahasa Inggris dan artinya, kamu bisa membuat sendiri CV bahasa Inggris sesuai contoh di atas. Setelah itu, upload daftar riwayat kerja kamu ke JobStreet untuk melamar kerja. Terdapat ribuan lowongan kerja yang bisa kamu eksplor, lho.

Makanya, buruan kunjungi website JobStreet! Download juga aplikasinya melalui Apple App Store atau Google Play Store, ya! 

Baca Juga: Tips Melamar Kerja Meski Bukan Lulusan Universitas Terbaik 

Pertanyaan Seputar CV Bahasa Inggris 

1. Apa saja yang ada di CV bahasa Inggris? 

⁠CV bahasa Inggris harus mencakup personal information, career aspiration, education background, work experience, skills, certification, dan references. 

2. Mengapa harus punya CV bahasa Inggris? 

Dengan membuat CV bahasa Inggris, kamu bisa menunjukkan kemampuan bahasa Inggris kepada tim HRD perusahaan. Hal ini dapat meningkatkan nilai kamu sebagai pelamar kerja, sehingga memperbesar peluang untuk lolos seleksi selanjutnya.

Selain itu, CV bahasa Inggris juga membuka lebih banyak peluang kerja. Kamu jadi bisa melamar kerja di perusahaan multinasional, internasional, hingga perusahaan di luar negeri.

3. Bagaimana cara membuat CV bahasa Inggris? 

⁠Cara membuat CV bahasa Inggris adalah sebagai berikut: 
⁠- Perhatikan kesalahan dalam penggunaan bahasa; 
⁠- Gunakan tanda baca dan ejaan dengan tepat; 
⁠- Rancang tata letak yang terstruktur dan mudah dibaca; 
⁠- Sertakan informasi pribadi; 
⁠- Tuliskan pengalaman kerja yang sesuai. 

4. Apa saja contoh skill dalam CV bahasa Inggris? 

⁠Contoh skill dalam CV bahasa Inggris adalah critical thinking, verbal and non-verbal communication, project management, time management, problem-solving, data analysis, team building, active listening, dan collaboration. 

5. Apa saja yang perlu ditulis dalam CV bahasa Inggris? 

⁠Informasi yang perlu ditulis dalam CV bahasa Inggris adalah: 
⁠- Domisili, email, nomor telepon, dan link portofolio (jika ada); 
⁠- Pengalaman kerja atau magang; 
⁠- Kemampuan yang relevan; 
⁠- Penjelasan singkat tentang tugas selama kerja; 
⁠- Pencapaian selama bekerja. 

6. Apa hal yang tidak perlu ditulis dalam CV bahasa Inggris?

⁠Informasi yang tidak perlu ditulis dalam CV bahasa Inggris adalah: 
⁠- Alamat rumah detail, tempat dan tanggal lahir, agama, NIK; 
⁠- Hobi yang tidak relevan; 
⁠- Informasi palsu; 
⁠- Penjelasan tugas kerja yang berlebihan. 

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.