Bagaimana Cara untuk Mengubah Karier Anda?

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Banyak orang bermimpi mengubah kariernya tetapi tidak yakin cara untuk melakukannya. Apakah Anda membenci pekerjaaan yang sedang Anda jalani atau memimpikan jam kerja yang lebih fleksibel, mengubah karier sangat memungkinkan dengan sedikit proses pencarian jati diri, perencanaan yang matang dan mencari pekerjaan secara fokus. Memang sedikit menakutkan dan beresiko untuk mengubah karier, akan tetapi keuntungan yang Anda dapatkan dari menikmati pekerjaan yang Anda jalani sungguh sepadan dengan resikonya. Ikuti 10 langkah berikut ketika Anda ingin mengubah karier tapi tidak yakin apa yang harus Anda lakukan.

1. Mencari jati diri

Tentukan apa yang memotivasi tujuan Anda mengubah karier. Apakah Anda selalu ingin melakukan suatu hal yang berbeda tetapi Anda berpikir hal tersebut terlalu beresiko atau tidak stabil? Apakah karier Anda saat ini mulai terasa tidak memenuhi keinginan Anda? Pikirkan apa yang akan Anda lakukan jika keuangan bukan merupakan faktor utama dan buat daftar hal yang Anda suka lakukan. Apa keahlian Anda dan coba sesuaikan dengan hal yang Anda suka lakukan.

2. Tentukan secara realistis

Lihat keadaan keuangan dan keluarga Anda secara realistis dan putuskan apa yang layak untuk Anda. Berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk meningkatkan keahlian dan mengikuti pelatihan agar Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan? Apakah Anda mampu untuk tidak bekerja selama 6 bulan untuk mengikuti pelatihan? Mungkin saja Anda memerlukan beberapa perubahan besar dalam hidup akan tetapi lebih banyak hal yang mungkin akan Anda dapatkan jika Anda benar-benar tahu apa yang Anda inginkan dan bersedia untuk melakukan beberapa pengorbanan.

3. Gunakan waktu Anda dengan baik

Perubahan karier adalah sebuah keputusan besar yang tidak boleh diremehkan. Banyak persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum berhenti dan mendapatkan pekerjaan lain di industi yang benar-benar berbeda. Ketika Anda sudah memutuskan untuk mengubah karier maka Anda harus bersabar dan gunakan waktu sebaik-baiknya untuk membangun hubungan, melakukan riset, dan menguasai kualifikasi dasar yang Anda perlukan untuk melakukan perpindahan.

4. Lakukan penelitian

Jika anda seorang suster dan suatu pagi Anda terbangun dan memutuskan bahwa panggilan hidup Anda adalah sebagai seorang pengacara maka Anda tidak akan kemana-mana tanpa melakukan sebuah riset untuk mengetahui apa yang diperlukan untuk menguasai profesi tersebut. Sebelum Anda mengambil keputusan akhir, lakukan penelitian secara luas mengenai bidang yang Anda minati. Bicaralah dengan teman yang memang berada pada industri tersebut atau hubungi seorang profesional untuk mendapatkan informasi lebih, cek situs yang terkait, berita, dan pelajari kualifikasi yang diperlukan.

5. Bersedia untuk melakukan pengorbanan

Jika Anda bersedia untuk merubah karier, Anda harus berkorban agar dapat tercapai. Anda harus memulai dari bawah dan berusaha untuk mencapai level yang lebih tinggi. Hal ini mungkin saja berarti mendapatkan gaji yang lebih kecil, kehilangan kekuasaan sebagai senior atau mendapatkan tunjangan yang lebih sedikit. Seandainya Anda kembali ke institusi pendidikan atau mengikuti kursus pelatihan maka Anda perlu merubah gaya hidup atau tinggal bersama keluarga untuk menghemat biaya.

6. Membuat rencana

Ketika Anda memutuskan untuk merubah karier maka sagat penting untuk Anda memiliki sebuah rencana yang baik. Tergantung pada karier yang Anda inginkan mungkin saja Anda harus kembali bersekolah, mengikuti kursus pelatihan, atau bekerja sukarela untuk mendapatkan kemampuan dasar yang Anda butuhkan. Menghadiri event yang dihadiri profesional dari industri terkait juga diperlukan untuk mendapatkan masukan berharga dan meningkatkan kemungkinan secara sukses melakukan transisi. Mengembangkan rencana jangka panjang termasuk menentukan karir apa yang Anda inginkan, kemudian meningkatkan keahlian, pengetahuan, pengalaman dan networking.

7. Jaringan

Saat Anda melakukan perubahan karier, jaringan sangat menentukan kesuksesan Anda. Berbicara dengan teman dan relasi pada industri yang Anda inginkan serta mulai menemui orang lain pada industri tersebut. Menghadiri event tertentu, membaca berita mengenai industri terkait, berbicara menggunakan bahasa industri yang diinginkan juga dapat membantu Anda.

8. Mencoba terjun

Jika Anda ingin merubah karier akan tetapi belum pernah bekerja di bidang tersebut, mungkin Anda perlu melakukan tes terlebih dahulu apakah Anda menyukai pekerjaan tersebut. Banyak orang menemukan perbedaan besar antara melakukan sesuatu sebagai hobi dan melakukannya karena pekerjaan. Ajukan diri Anda pada sebuah pekerjaan magang selama beberapa waktu untuk mengetahui apa yang seharusnya Anda lakukan, dapatkan pengalaman yang berharga dan pastikan Anda memilih jalan yang tepat.

9. Fokus mencari pekerjaan

Sejak membuat rencana awal Anda harus sudah mengetahui tipe posisi apa yang Anda inginkan. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mencari pekerjaan dan posisi yang sesuai dengan kualifikasi yang Anda minati.

10. Lakukan perubahan tersebut

Merubah karier adalah sebuah keputusan besar dalam hidup, terutama sebuah perubahan yang memerlukan rencana jangka panjang dan keberanian untuk menjalaninya. Memiliki sebuah rencana dan menjalaninya secara berhati-hati dapat membuat Anda sukses dibandingkan jika Anda terjun secara langsung.

Keuntungan merubah karier dan bangun tidur setiap hari dengan semangat kerja sungguh tidak ternilai. Takut gagal secara berlebihan dan membuat keputusan untuk merubah karier sering kali menjadi hal yang paling berat. Dengan sedikit kerja keras dan keteguha Anda dapat merubah karier Anda dan mendapatkan hidup yang Anda inginkan.

More from this category: Merubah karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.