6 Cara Mengatur Gaji dengan Efektif Setiap Bulan

6 Cara Mengatur Gaji dengan Efektif Setiap Bulan
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 26 January, 2023
Share

Apakah kamu sering mengalami krisis keuangan ketika mendekati akhir bulan? Mungkin ini saatnya kamu mempelajari cara mengatur gaji agar terhindar dari krisis akhir bulan. Mengelola keuangan setelah memiliki penghasilan tetap adalah tantangan tersendiri bagi seorang karyawan.

Salah satu faktor yang membuat banyak pekerja kesulitan untuk menemukan cara mengatur gaji yang efektif adalah tidak adanya laporan keuangan pribadi yang jelas. Selain itu, kebiasaan untuk belanja secara tidak terkontrol pada tanggal gajian juga bisa menjadi salah satu hambatan untuk memiliki uang yang cukup di akhir bulan.

Memang mengatur keuangan adalah sesuatu yang cukup menantang dan perlu terus dicoba dan disesuaikan seiring berjalannya waktu. Tapi, alangkah baiknya jika kita mulai kebiasaan-kebiasaan kecil untuk mengatur gaji yang kita terima setiap bulan agar dapat dialokasikan sesuai kebutuhan secara efektif. Baca terus artikel berikut untuk mengetahui cara mengatur gaji secara efektif!

Mengapa Kita Harus Mengetahui Cara Mengatur Gaji?

Sebelum mengetahui cara untuk mengatur gaji, pastikan kamu mengetahui alasan dan manfaat dari memulai kebiasaan untuk mengelola keuanganmu. Berikut adalah alasan mengapa kita harus mengatur gaji yang kita terima setiap bulan secara efektif:

1. Menghindari krisis keuangan akhir bulan

Pernahkah kamu menghadapi keuangan yang sangat tipis di akhir bulan karena sebagian besar gaji yang kamu dapat sudah digunakan untuk belanja di awal bulan? Jika keadaan ini sering kamu alami, ini tandanya kamu harus mulai untuk mengatur keuanganmu lebih baik lagi. Mengatur keuangan dengan efektif di awal bulan dan membelanjakannya secara bijak akan membantumu menghindari krisis keuangan akhir bulan.

2. Mengurangi stress yang tidak perlu

Ketika kita tidak mengatur keuangan dengan baik, tentunya kita akan kesulitan ketika menghadapi situasi-situasi tidak terduga yang membutuhkan pengeluaran darurat. Hal tersebut akan menimbulkan stress, apalagi jika situasi darurat tersebut terjadi di akhir bulan dan gajimu tinggal sedikit. Dengan mengatur keuanganmu dengan baik, kamu tentunya sudah perlahan-lahan menyelamatkan dirimu dari stress yang tidak perlu.

3. Memudahkanmu untuk menabung

Salah satu manfaat yang didapatkan ketika kita berhasil mengatur keuangan dengan efektif adalah kita dapat lebih mudah untuk menabung. Hal ini disebabkan karena semakin kita lebih sadar alokasi gaji setiap bulan serta segala detail pemasukan dan pengeluaran, tentunya kita akan dengan mudah mengetahui pengeluaran apa saja yang bisa dihemat dan dapat menyisihkan gaji untuk ditabung di awal bulan atau dari uang yang tersisa dari gaji kita.

4. Dapat membantu mencapai tujuan lebih cepat

Apakah kamu memiliki barang yang sudah lama kamu incar namun belum bisa dibeli karena belum memiliki tabungan yang cukup? Atau kamu sering menunda pergi liburan ke destinasi impian karena uangmu kurang? Inilah tanda bahwa kamu harus mulai mengatur gaji secara efektif. Selain dapat memudahkanmu untuk menabung, memiliki perencanaan dan pengaturan keuangan yang baik dapat membantumu untuk mencapai tujuan yang kamu impikan lebih cepat.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Bulanan secara Efektif?

1. Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran

Salah satu cara untuk mengatur keuangan bulanan secara efektif adalah dengan mengetahui setiap pemasukan dan pengeluaran sehari-hari. Hal ini mungkin akan terkesan sedikit ribet, namun pastikan kamu menyisihkan waktu setiap harinya untuk memasukkan data pemasukan dan pengeluaran. Sekarang ini, ada berbagai macam cara kamu dapat mendata pemasukan dan pengeluaranmu seperti melalui aplikasi pengelola keuangan, melalui aplikasi pengolahan data, atau bahkan sesimpel menggunakan buku catatan.

Memiliki laporan yang lengkap tentang pemasukan dan pengeluaran sehari-hari dapat memudahkanmu untuk menyusun anggaran keuangan setiap bulannya. Selain itu, kamu juga dapat menyadari kategori pengeluaran apa yang bisa kamu hemat atau kamu prioritaskan ke depannya.

2. Memiliki anggaran untuk kebutuhanmu

Setelah mengetahui gambaran pengeluaran sehari-hari dari laporan keuanganmu, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menyusun anggaran untuk kebutuhanmu. Ketika menyusun anggaran, kamu dapat memprioritaskan pengeluaran-pengeluaran yang paling penting terlebih dulu seperti pembayaran cicilan, asuransi, kartu kredit, serta untuk kebutuhan primer sehari-hari seperti makanan dan kebutuhan rumah tangga.

Agar kamu bisa memiliki anggaran yang tepat dan efektif, gunakanlah rumus alokasi keuangan yang dapat kamu bagi-bagi sesuai kategori kebutuhan. Rumus alokasi keuangan ini dapat kamu gunakan sesuai tujuan finansial masing-masing. Jika kamu sudah membuat anggaran bulanan, pastikan kamu mematuhi anggaran yang sudah kamu buat.

3. Memiliki rekening lain untuk menabung

Kamu sering menggunakan uang tabunganmu untuk kebutuhan sehari-hari dan pada akhirnya tabunganmu semakin menipis? Tenang, agar hal ini tidak terjadi lagi di kemudian hari, kamu dapat mulai membuat rekening terpisah untuk tabungan. Dengan memiliki rekening terpisah untuk tabungan, kamu dapat mengamankan gajimu ke rekening tabungan agar tidak terus menerus terkikis untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, rekening tabunganmu juga dapat digunakan untuk menyisihkan uang yang kamu alokasikan untuk asuransi, investasi, serta dana darurat agar tidak tercampur dengan dana yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, kamu dapat menghindari uang yang harusnya kamu alokasikan untuk masa depanmu terpakai secara tidak sadar.

4. Hindari belanja secara impulsif

Salah satu alasan seseorang mengalami krisis di akhir bulan adalah karena adanya kebiasaan untuk belanja secara impulsif. Di era yang serba cepat dan serba instan, akses untuk berbelanja tentu menjadi lebih mudah. Membukamarketplacedi waktu senggang dapat dengan mudah memunculkan godaan untuk belanja hal-hal yang tidak dibutuhkan yang dapat berdampak buruk pada keuanganmu. Agar dapat mengatur gaji secara efektif, kamu dapat mencoba untuk lebih bijaksana dalam membeli barang.

Hal ini dapat dilakukan dengan mempertimbangkan apakah kita membutuhkan barang tersebut sebelum membeli. Selain itu, untuk menghindari belanja secara impulsif, kamu juga dapat membuat anggaran untuk belanja barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah kalap untuk memborong barang-barang yang tidak diperlukan.

5. Selalu siap akan kemungkinan terburuk

Ketika kamu sudah memiliki penghasilan tetap, pastikan kamu selalu menyisihkan uang untuk dana darurat. Salah satu cara mengatur gaji yang perlu dijadikan prioritas adalah menyisihkan dana darurat sebelum menyisihkan uang untuk membeli instrumen investasi. Pastikan ketika dalam menyusun anggaran bulanan kamu memisahkan alokasi dana untuk investasi dengan dana darurat.

Memiliki dana darurat dapat menjadi landasanmu ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti kehilangan alat penunjang pekerjaan, sakit, kecelakaan, atau terkena bencana alam. Selain menabung untuk dana darurat, memiliki asuransi seperti asuransi kesehatan dan asuransi jaminan hari tua juga dapat meminimalisir resiko keluarnya dana dalam jumlah besar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan.

Bagaimana Cara Mengatur Gaji Menggunakan Rumus Alokasi Keuangan?

Salah satu rumus alokasi yang paling sering digunakan adalah rumus 50/30/20. Metode pembagian gaji berikut membagi gaji bulanan menjadi 3 bagian penting, 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk memenuhi gaya hidup atau untuk memberikan diri sendiriself reward, dan 20% disisihkan untuk ditabung atau diinvestasikan. Selain untuk menabung atau diinvestasikan, 20% dari gajimu tentu bisa diprioritaskan untuk dana darurat jika kamu belum memilikinya.

Jika kamu merasa metode 50/30/20 terlalu restriktif, kamu dapat mencoba metode 80/20. Dalam metode ini, 20% dari gajimu harus segera disisihkan untuk tabungan atau investasi, sedangkan 80% gajimu dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan gaya hidup tanpa ada rasio tertentu. Ketika menggunakan rumus alokasi berikut, pastikan kamu memperhatikan pengeluaran mendatang yang harus kamu prioritaskan seperti tagihan kartu kredit, asuransi, atau pembayaran cicilan.

Itulah berbagai cara mengatur gaji yang bisa kamu coba agar bisa terhindar dari krisis keuangan di akhir bulan. Setelah kamu mengetahui cara mengatur keuangan bulanan, kamu juga bisa mencoba untuk menambah pemasukan bulanan dengan mencoba mencari pekerjaanfreelanceatau paruh waktu.

Selain bisa menambah pemasukan bulananmu, memiliki pekerjaanfreelance atau pekerjaan paruh waktu juga dapat membantumu untuk mengasahskillserta menambah pengalaman kerja yang kamu miliki. Segera perbarui profil dengan pengalaman serta keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus agar kamu semakin dekat dengan kesuksesan karier yang diinginkan. Kunjungi juga laman Tips Karir kami untuk berbagai tips seputar cara melamar kerja, jenjang karir tertentu, hingga survey soal pekerjaan dengan gaji tinggi.

Untuk akses yang lebih mudah, unduh aplikasi JobStreet di Google Play Store dan juga Apple App Store. Dengan begitu, kamu bisa melihat lowongan kerja baru langsung dari smartphone saja!

Tentang SEEK di Asia

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Di Asia, SEEK beroperasi dengan brand JobStreet dan JobsDB, platform ketenagakerjaan terbesar di Asia dan pilihan utama bagi kandidat dan perusahaan. SEEK menarik lebih dari 500 juta kunjungan per tahun di enam pasar yang dioperasikannya, yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Pada tahun 2022, SEEK diakui sebagai salah satu dari Australia’s Top Ten Places to Work in Tech dalam penghargaan AFR BOSS Best Places to Work. Tahun ini, SEEK merayakan 25 tahun membantu warga Australia menjalani kehidupan kerja yang lebih memuaskan dan produktif.

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.