Tips resume untuk lulusan baru: 7 pernyataan tujuan karir yang dipersonalisasi

Tips resume untuk lulusan baru: 7 pernyataan tujuan karir yang dipersonalisasi
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Tips resume untuk lulusan baru, 7 pernyataan tujuan karir yang dipersonalisasi_1

Mungkin bagian terpenting dalam resume adalah pernyataan tujuan karier yaitu uraian singkat di bagian atas/awal resume kamu. Tujuannya adalah untuk memberi tahu perekrut mengapa kamu adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu, atau paling tidak, untuk menarik perekrut mengundangmu untuk wawancara.

Sebagai hal pertama yang dilihat oleh perekrut, pernyataan tujuan karir adalah kunci untuk membuat kesan pertama yang diharapkan akan menarik minatnya untuk terus membaca. Ringkasan resume dalam tips sebelumnya berisi lebih banyak informasi tentang pengalaman kerja profesional, namun pernyataan tujuan karir biasanya digunakan oleh lulusan baru yang lebih berfokus pada prestasi akademik, karakter pribadi dan pengalaman magang.

Kami merekomendasikan struktur resume sebagai berikut:

● baris pertama: Tekankan latar belakang akademis dan pengalaman kerja yang kamu miliki (kerja magang maupun kerja sukarela).

● baris 2: Sebutkan kelebihan yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

● Baris 3: Utarakan nilai-nilai dan apa yang mendorong Anda melamar pekerjaan tersebut.

Contoh personalisasi berikut telah ditulis untuk Anda yang ingin bekerja di bagian Penjualan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Akuntansi, Keuangan, Teknologi Informasi & Teknik.

Penjualan

Lulus dengan titel Sarjana Strata 1 jurusan Penjualan & Pemasaran dari <masukkan nama Universitas atau perguruan tinggi>, telah menyelesaikan magang 6 bulan di sebuah dealer Astra. Memiliki kemampuan dalam membangun hubungan baik dengan orang-orang, saya senang bekerja pada bagian penjualan dan juga mengatasi tantangan yang diberikan. Saya tidak percaya dengan pendekatanhard selling, saya lebih fokus pada memberikan solusi yang berharga untuk masalah-masalah yang dihadapi pelanggan.

Pemasaran

Lulusan dari <masukkan nama Universitas atau perguruan tinggi> dengan titel Sarjana Strata 1 dalam Pemasaran Digital, baru menuntaskan magang selama satu tahun di BukaLapak. Mencari karier untuk menerapkan perspektif pemasaran yang baru dan keterampilan media sosial saya untuk memperkuatbrandingonline perusahaan. Saya percaya bahwa pemasaran adalah tentang menciptakan momen yang berarti bagi konsumen untuk dapat lebihengagedenganbrand.

Awal Kariermu Dimulai Dari Pekerjaan Pertama Melalui JobStreet

Sumber daya manusia

Lulusan bidang Sumber Daya Manusia dari <masukkan nama Universitas atau perguruan tinggi>, dengan pengalaman 6 bulan magang di bagian SDM untuk MAP. Seorang komunikator yang kuat dengan kepribadian yang energik, saya berharap dapat membantu departemen SDM Anda terus menarik dan mempertahankan talenta terbaik di Indonesia. Memahami apa yang memotivasi orang dan mendukung mereka untuk membangun loyalitas karyawan, itulah yang ingin saya lakukan.

Akuntansi

Lulusan jurusan Akuntansi dari <masukkan nama universitas atau perguruan tinggi>, yang baru saja menyelesaikan magang 9 bulan di Ernst & Young. Sangat terorganisir dan efisien, saya menghargai kesempatan untuk menyumbangkan keahlian analisa dan akuntansi saya untuk perusahaan Anda. Saya percaya dengan terus memperbaiki sistem dan proses baru, maka pekerjaan akan semakin efektif dan produktif.

Keuangan

Lulus dengan titel Sarjana Strata 1 dalam Perencanaan Keuangan dari <masukkan nama Universitas atau perguruan tinggi>, dengan pengalaman 9 bulan magang di bagian keuangan di Bank BCA. Dengan berfokus pada hasil kerja yang mendetail, saya menantikan kesempatan untuk memberi kontribusi bagi tim Perencanaan Keuangan Anda. Pada saat ketidakstabilan ekonomi, saya percaya untuk tetap memperhatikan gambaran besarnya dan mengambil risiko yang sudah diperhitungkan agar tetap maju.

Teknologi Informasi

Lulusan jurusan pemrograman dari <masukkan nama Universitas atau perguruan tinggi>, baru saja menyelesaikan magang 12 bulan di Tokopedia. Saya memiliki passion untuk meningkatkan kualitas hidup dengan menggunakan teknologi komputasi. Saya akan menghargai kesempatan untuk menerapkan teknik dan kemampuan desain UX saya dalam membantu perusahaan Anda meningkatkan standar penjualan dan layanan pelanggan. Jawaban atas sebagian besar masalah, saya percaya, terletak pada penyederhanaan.

Tips resume untuk lulusan baru, 7 pernyataan tujuan karir yang dipersonalisasi_2

Teknik

Lulusan Teknik pembangunan ramah lingkungan dari <masukkan nama Universitas atau perguruan tinggi>, baru menyelesaikan magang selama setahun di Adaro. Tujuan saya adalah untuk turut berperan dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau dan ramah lingkungan untuk masyarakat, saya yakin bahwa gagasan dan semangat teknik inovatif saya untuk penelitian dan pengembangan lingkungan akan membantu perusahaan Anda mempertahankan posisi perusahaan sebagai pemimpin dimarket. Saya percaya pekerjaan akan sangat berarti bila kita dapat menciptakan perubahan yang positif.

Dan begitulah, 7 contoh tips resume yang kami harap dapat memberikan gagasan baru untuk pernyataan tujuan karier kamu. Untuk tips karier terupdate lainnya, ayo follow media sosial kami sekarang:

Follow Instagram

Follow Facebook

Follow Twitter

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.