Tips Menulis CV untuk Data Analyst

Tips Menulis CV untuk Data Analyst
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

data analyst

Apakah kamu senang mengolah angka dan informasi? Atau mungkin kamu selalu antusias untuk bergabung dalam penelitian dan pengumpulan data. Bisa jadi proyek favoritmu di masa lalu melibatkan banyak riset dan pengumpulan data. Ditambah lagi, kamu mengambil jurusan matematika atau statistika di perguruan tinggi. Mungkin kamu sedang mempertimbangkan untuk bekerja sebagai seorangdata analyst?

Perlu diingat bahwadata analystberbeda denganbusiness analyst. Seorangdata analystbertugas mengumpulkan data dari berbagai sumber dan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang lebih mudah dipahami, yang kemudian di-reviewdan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan. Sedangkan seorangbusiness analystmenggunakan informasi yang dihasilkan olehdata analystuntuk menangani masalah atau tantangan organisasi.

Ini merupakan beberapa tugas umum seorangdata analyst:

  • Bertanggung jawab dalam menyusun dan memeliharadatabase
  • Melakukandata miningdandata cleansinguntuk analisis
  • Menganalisis dan menafsirkan data untuk laporan
  • Mengeksplorasi kumpulan data dan teknik analisis baru
  • Mempersiapkan laporan untuk digunakan unit bisnis lain

Baca Juga: Kesalahan yang Terjadi dalam CV

Berikut ini tips menulis resume untuk posisi Data Analyst

Ringkasan / Tujuan karier

Ketika menulis ringkasan, tonjolkan pengalaman kamu dalam penelitian atau analisis informasi. Tekankan seberapa mahirnya kamu dalam menggunakan bahasa pemrograman dan berbagai metode penelitian data.

Contoh:

Saya adalah seorangnumbers person. Saya dapat membacaspreadsheetdan data dengan mudah serta menyambut baik tantangan untuk menerjemahkan data tersebut menjadi suatu informasi yang mudah dimengerti. Saya memiliki pengalaman panjang sebagai seorangdata analyst. Selain mengumpulkan data, saya juga menggunakannya untuk bercerita. Saya tidak hanya sekedar mengumpulkan informasi belaka. Sebagai  seorangdata storyteller,saya memanfaatkan kekuatan data dan merangkainya menjadi 'kisah' yang menarik dan membantu perusahaan memecahkan masalah, meningkatkan kinerja proses, serta merencanakan langkah bisnis selanjutnya.

Latar belakang pendidikan saya di bidang ekonomi dan pengalaman kerja terdahulu membuat saya fasih dalam dua bahasadatabase- Python dan R. Saya menguasai Microsoft Excel dan Google Analytics. Saya juga terus meningkatkan keterampilandata storytellingagar mampu menciptakan narasi yang lebih kuat untuk membantu parastakeholderperusahaan. Saat ini, saya sedang menyelesaikan studi pascasarjana di bidang statistik, di mana saya diperkenalkan dengan pembelajaran mesin (machine learning).

Tonjolkan kelebihanmu terkait pekerjaan tersebut di Pengalaman Kerja

Data analystcenderung menyukai pemecahan masalah dan memiliki pola pikir analitis. Mereka umumnya berorientasi pada detail karena harus memperhatikan tren dan pola dari data yang mereka kumpulkan. Cantumkan hal ini dalam daftar pengalaman kerja dan tonjolkan pengalaman kerja tertentu yang melibatkan data.

Contoh:

PT Jobstreet Indonesia

Data analyst, Juli 2018 – sekarang

  • Mengumpulkan dan menganalisis data untuk di-reviewolehbusiness analyst
  • Membuat model prediktif berdasarkan data yang ada
  • Melakukanforecastingdandemanduntuk produk perusahaan
  • Menyiapkan laporan dan menyajikannya sesuai permintaan manajemen senior

PT Bintang Jatuh Sukses

Data analyst, Mei 2017 – Juni 2018

  • Tergabung dalam tim yang merancang program untuk meningkatkan kebijakan privasi data perusahaan
  • Mengumpulkan data dan menyusun laporan secara berkala
  • Memelopori proyek departemen untuk menciptakan praktik terbaik dalam pengelolaan data

PT Cipta Karya Karsa

Researcher, April 2016 – April 2017

  • Peneliti utama untuk berbagai proyek
  • Memanfaatkan SPSS untuk menganalisis data kuantitatif yang dikumpulkan
  • Menulis hasil dan rekomendasi proyek penelitian dan mempresentasikannya kepada klien

Keterampilan Kunci

Data analystbiasanya memiliki pengalaman dengandata warehousing,data mining, penanganandata model, dan analisisdata setberukuran besar. Mereka juga harus dapat menulis laporan berdasarkan data tersebut dan mengkomunikasikannya secara efektif.

Duasoft skillyang terkenal di kalangan praktisi adalahdata storytellingdan visualisasi data.Data storytellingadalah praktik menciptakan narasi yang menarik dan mudah dipahami. Hal ini sejalan dengan visualisasi data atau kemampuan menyajikan data dalam tampilan grafis.

Keterampilan teknis lainnya

Data analystmemahami bahasadatabaseseperti Python, R dan SQL. Mereka juga harus menguasai program pendukung seperti Microsoft Excel dan Google Analytics. Meskipun tidak menjabat sebagailead project manager,data analystharus terbiasa dengan berbagai metodologi manajemen proyek karena mereka biasanya merupakan bagian dari tim yang menggunakannya.

Contoh:

Berpengalaman panjang dalam menganalisisdatasetbesar dan menanganidata model.Cukup memahamimachine learning.Berpengalaman menggunakan IBM SPSS, Phyton, R, Microsoft Excel dan Google Analytics. Kemampuandata storytellingdan visualisasi data yang baik. Familiar dengan metodologi manajemen proyek berikut: Agile, Kanban, Six Sigma, dan Waterfall.

Pendidikan

Data analystumumnya memiliki latar belakang jurusan ekonomi, matematika, atau statistik.

Contoh:

Fakultas Matematika

Universitas Jakarta  (2009-2013)

Contoh Resume untukData Analyst

Informasi kontak[Alamat, Nomor Handphone, Email]

RINGKASAN

Saya merupakan seorang pecinta angka atau 'numbers person'. Saya dapat membacaspreadsheetdan data dengan mudah dan menerjemahkan data menjadi informasi yang mudah dipahami merupakan tantangan yang menyenangkan bagi saya. Saya memiliki latar belakang yang luas sebagai seorangdata analyst. Selain mengumpulkan data, saya juga menggunakannya untuk bercerita. Saya tidak sekedar mengumpulkan informasi; saya menyajikannya sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah cerita. Sebagai seorangpendongeng data (data storyteller), saya memanfaatkan kekuatan data untuk merangkai kisah yang menarik dan membantu perusahaan memecahkan masalah, memperbaiki proses kerja, dan merencanakan langkah bisnis selanjutnya.

Latar belakang pendidikan di bidang ekonomi dan pengalaman kerja terdahulu membuat saya fasih dalam dua bahasadatabase- Python dan R. Saya menguasai Microsoft Excel dan Google Analytics. Walau saya cukup memahamidata storytelling, saya masih terus mempelajarinya lebih lagi agar data yang saya kumpulkan dapat diterjemahkan ke dalam narasi yang lebih kuat sehingga lebih mudah dipahami dan mampu membantu parastakeholderperusahaan. Saat ini, saya sedang menyelesaikan studi pascasarjana saya di bidang statistik di mana saya diperkenalkan dengan pembelajaran mesin (machine learning).

PENGALAMAN KERJA

PT Jobstreet Indonesia

Data analyst, Juli 2018 – sekarang

  • Mengumpulkan dan menganalisis data untuk di review olehbusiness analyst
  • Membuat model prediktif berdasarkan data yang ada
  • Melakukan perkiraan dandemanduntuk produk perusahaan
  • Menyiapkan laporan dan menyajikannya sesuai permintaan manajemen senior

PT Bintang Jatuh Sukses

Data analyst, Mei 2017 – Juni 2018

  • Tergabung dalam tim yang merancang program untuk meningkatkan kebijakan privasi data data perusahaan
  • Mengumpulkan data dan menyusun laporan secara berkala
  • Memelopori proyek departemen untuk menciptakan praktik terbaik dalam pengelolaan data

PT Cipta Karya Karsa

Researcher, April 2016 – April 2017

  • Peneliti utama untuk berbagai proyek
  • Memanfaatkan SPSS untuk menganalisis data kuantitatif yang dikumpulkan
  • Menulis hasil penelitian dan rekomendasi proyek penelitian dan mempresentasikannya kepada para klien

KETERAMPILAN

Berpengalaman dalam menganalisisdatasetbesar dan menangani berbagaidata model. Cukup memahamimachine learning. Cukup menguasai IBM SPSS, Python, R, Microsoft Excel dan Google Analytics. Berpengalaman dalamdata storytellingdandata visualization. Familier dengan metodologi manajemen proyek berikut - agile, Kanban, six sigma dan waterfall.

PENDIDIKAN

Fakultas Matematika (S1)

Universitas Jakarta (2009-2013)

BAHASA

Inggris (Sangat baik)           Mandarin (Cukup baik)

Siap mencari kerja sebagaidata analyst? Unggah resume kamu ke profil JobStreet-mu dan cantumkanhashtag #LangsungKerja jika kamu siap untuk segera mulai bekerja. Sekarang kamu bisa memulai pencarian untuk#JobsThatMatter. Semakin sering kamu mencari, semakin JobStreet memahami kebutuhanmu, dan semakin besar juga kemungkinan untuk menemukan pekerjaan tepat untuk memenuhi kebutuhan profesional dan personal kamu.

Jangan lupa untuk mengunjungi Pusat Informasi dan Lowongan Kerja untuk mendapat saran para ahli yang bisa membantu kamu mengembangkan diri dan karier dengan cemerlang.

Di JobStreet, kami berupaya menghadirkan #JobsThatMatter untuk kamu. Sebagai sebuah Career Partner, kami berkomitmen untuk membantu para pencari kerja menemukan hasrat dan tujuan dalam setiap pilihan karier mereka. Dan sebagai Talent Partner nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi perusahaan.

Temukan Pekerjaan yang Sesungguhnya. Kunjungi JobStreet hari ini.

*(Discover Jobs that Matter. Visit JobStreet today)

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, kombinasi dari dua merek terkemuka, JobStreet dan jobsDB, merupakan portal pekerjaan terkemuka dan pilihan utama bagi kandidat dan perekrut di Asia. SEEK Asia hadir di 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company, portal pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar yang terdaftar diBursa Efek Australia. SEEK Asia menarik lebih dari 400 juta kunjungan dalam satu tahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK merupakan kelompok perusahaan yang beragam, dengan portofolio solid yang terdiri dari bisnis ketenagakerjaan online, pendidikan, komersial, danvolunteering. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brasil, dan Meksiko), menjangkau lebih dari 2,9 miliar kandidat dan sekitar 27 persen dari PDB (GDP) global. SEEK memberikan kontribusi positif bagi kehidupan individu dalam skala global. SEEK terdaftar di Bursa Efek Australia sebagai salah satu perusahaan top 100 dan masuk dalam daftar Top 20 Most Innovative Companies menurut Forbes.

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.