Tips Jitu Persiapan Cari Kerja Sebelum & Sesudah Kamu Resign

Tips Jitu Persiapan Cari Kerja Sebelum & Sesudah Kamu Resign
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Apakah kamu terpikir untuk mengundurkan diri, atauresign,dari perusahaan tempat kamu kerja saat ini? Perlu disadari bahwa kamu tidak sendirian. Faktanya, ada berbagai alasan yang menyebabkan orang untuk mengundurkan diri dari perusahaan, mulai dari keinginan pindah tempat tinggal, mengurus anggota keluarga, atau pindah perusahaan demi mendapatkan prospek jenjang karir atau gaji yang lebih baik.

Kalau alasanmu adalah untuk cari kerja lagi, mengundurkan diri dari perusahaan membutuhkan pertimbangan matang dari berbagai aspek. Adapun yang termasuk jadi pertimbangan, seperti kondisi finansial saat ini, hubungan dengan orang-orang di perusahaan, keterampilan yang kamu miliki, atau kelengkapan dokumen-dokumen sederhana seperti CV dancover letter.

Tapi, jangan khawatir karena kami telah mengumpulkan beberapa tips yang dapat membantu kamu cari kerja secara lebih optimal!

Tips Cari Kerja sebelumResigndari Kantor

Tips di bawah ini meliputi hal-hal yang bisa kamu lakukan saat kamu masih di perusahaan tempat kamu bekerja, namun ingin pindah pekerjaan atau mencari posisi pekerjaan baru. Seperti apa tips-tipsnya, ya? Baca lebih lanjut di bawah ini, yuk

  • Jaga Hubungan Baik dengan Kolega di Kantor

Mengundurkan diri sejatinya bukan berarti kamu harus memutuskan hubungan dengan perusahaan tempat kamu bekerja. Jadikan orang-orang yang selama ini kamu ajak kerja sebagai bagian dari perjalanan karirmu; tetaplah menjaganetworking.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya kenapa kamu harus melakukan tips ini. Tapi, perlu diketahui bahwa jawabannya cukup sederhana: kamu tidak tahu kapan kamu butuh orang lain. Bisa jadi kolega-kolegamu saat ini dapat menjadi sumber ilmu atau pembuka prospek pekerjaan yang lebih baik di masa depan, bahkan setelah kamu mengundurkan diri dari perusahaan.

  • Melihat Berita atau Membaca Tentang Perkembangan Industri

Ingin cari kerja di bidang yang sama atau bahkan di industri lainnya membutuhkanmu untuk memahami perkembangan industri tujuanmu saat ini. Sebab, dari situlah kamu akan mengetahui prospek industri yang akan memengaruhi prospek perusahaan secara langsung.

Lagi pula, dari situ juga kamu akan mengetahui pekerjaan-pekerjaan yangin-demand,atau yang saat ini dibutuhkan. Bila kamu ingin pindah jenjang karir, tentu hal ini akan sangat membantumu.

  • MenyiapkanCurriculum Vitae

Melamar kerja secara mulus membutuhkan curriculum vitaeyang baik dan jelas. Adapun beberapa tips dalam menuliscurriculum vitaeatau CV, yakni:

  • Awali dengan menulis nama, kontak yang bisa dihubungi, dan alamat
  • Berikan rangkuman tentang dirimu dan keterampilan dalam CV
  • Pastikan untuk menulis pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan
  • Jelaskan apa yang kamu lakukan di setiap posisi yang kamu miliki sebelumnya
  • Tulis keterampilan dalam CV dalam bentuk daftar berisi poin-poin
  • Jangan lupa menulis pelatihan atau pencapaian khusus yang pernah kamu lakukan
  • Kamu boleh menulis kontak orang lain yang bisa dijadikan referensi (dengan izin mereka, tentunya)

Baca Juga: Kesalahan yang Mungkin Muncul dalam CV-mu

  • MembuatCover Letter

Banyak yang bertanya-tanya: “apa, sih,cover letteritu?”

Nah, kalau kamu salah satunya, kamu perlu tahu bahwacover lettersebenarnya merupakan surat lamaran kerja. Di dalamnya, kamu menjelaskan tentang dirimu, maksud dan tujuanmu melamar pekerjaan, dan menonjolkan kelebihanmu di mata perekrut.

Surat ini bisa dalam bentukfilebaru atau masuk ke dalambodyemail. Tetapi, yang jelas, kamu harus membuat surat yang disesuaikan bagi tiap perusahaan yang dituju. Kamu dapat melakukan hal ini dengan menyebutkan bahwa kamu memahami industri dan juga visi serta misi perusahaan tersebut. Pemahaman kamu tentang perusahaan yang kamu lamar sangat diperhatikan di sini.

  • Siapkan Dana Darurat

Sebelum memutuskan untuk pindah pekerjaan dan cari kerja. Tips ini sangat penting, apalagi kalau kamu ternyata terdesak untuk mengundurkan diri sebelum mendapatkan pekerjaan baru.

Dana darurat ini digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya kalau terjadi hal-hal yang tidak terduga. Namun, dalam kasus ini, kamu dapat menggunakannya untuk membiayai hidupmu selagi mencari pekerjaan.

Sebenarnya, tidak ada peraturan pasti seputar berapa dana yang harus dikumpulkan. Ada beberapa orang yang bilang dana yang terkumpul harus memenuhi kebutuhanmu satu tahun, ada pula yang bilang bahwa dananya adalah sebesar tujuh kali lipat dari gajimu sekarang. Namun, satu yang pasti, perkirakanlah dana yang bisa membiayai kehidupanmu serta estimasi waktu sampai kamu mendapatkan pekerjaan atau sumber penghasilan lagi.

Tips Cari Kerja saat di Kamu SudahResign

Apakah kamu sudah memutuskan untukresignatau mengundurkan diri? Berarti, kamu membutuhkan upaya lebih untuk memperoleh pekerjaan. Selain yang disebutkan sebelumnya, simak tips-tips yang bisa kamu ikuti berikut ini!

  • MemperluasNetworkingatau Berkenalan dengan Orang-Orang Baru

Setelah menjaganetworking,kini saatnya kamu memperluasnetworkingmu. Pastikan kamu merupakan orang yang berani untuk menghubungi orang baru dan menjalin hubungan profesional yang baik dengan orang asing. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti!

  • Awali dengan salam dan tunjukkan tujuanmu secara jelas
  • Jangan ragu untuk menanyakan tips atau pertanyaan tentang pekerjaan
  • Tetaplah sopan dalam segala pesan yang kamu sampaikan, baik lewat email, forum, atau verbal
  • Pastikannetworkingyang kamu bangun menguntungkan kedua belah pihak
  • Upayakan untuk selalu ramah dan juga menghargai lawan bicara
  • Selalu miliki pola pikir yang positif dan hindari menjelek-jelekkan perusahaan saat ini, industri, tokoh atau orang lain
  • Latih dirimu untuk melakukanactive listening,mendengarkan lawan bicara dengan ikut berpartisipasi, seperti menanyakan pertanyaan lanjutan, merespon dengan ekspresi wajah, dan menunjukkan empati

  • Mengikuti Pelatihan atau Seminar

Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri dengan mengikuti pelatihan atau seminar, terutama yang berhubungan dengan industri atau posisi yang kamu inginkan nantinya. Pelatihan atau seminar banyak yang dirancang untuk para profesional muda untuk meningkatkan keterampilannya dan menjadi cara mengembangkan potensi diri. Sekarang, semuanya ada di tangan kamu untuk memilih pelatihan yang mana.

Tapi, di mana kamu bisa mencari pelatihan seperti ini?

Nah, sebenarnya cukup mudah karena pelatihan dan seminar untuk profesional umumnya diumumkan di media sosial dan juga mudah diakses lewat internet. Salah satunya, kamu bisa mengikuti pelatihan gratis dari Jobstreet X FutureLearn yang menyediakan program pelatihan untuk beragam minat dan bakat yang kamu ingin kembangkan.

  • Mengisi Kekosongan dengan Kegiatan Sukarela

Tak bisa dimungkiri, kamu akan memiliki kekosongan ataugapdi resume jika kamu memutuskan untuk mengundurkan diri sebelum memperoleh pekerjaan baru. Namun begitu, kamu dapat mengisinya dengan kegiatan-kegiatan, seperti pelatihan yang sudah disebutkan sebelumnya dan jugavolunteeringatau kegiatan sukarela.

Kegiatan sukarela bukan hanya dapat menunjukkan kepada calon perekrut bahwa kamu masih memiliki kegiatan. Sebaliknya, kegiatan sukarela juga dapat menunjukkan hal-hal penting yang kamu dukung dan percayai, seperti kesejahteraan anak yatim, peningkatan tingkat literasi bangsa, dan lain-lain.

Hanya ada hal-hal positif yang yang bisa kamu raih dari kegiatan sukarela. Jadi, tunggu apa lagi?

  • TingkatkanDigital Literacydalam Pencarian Pekerjaan

Kini, zaman sudah berubah dan segala hal sudah mulai dilakukan secara online. Jika kamu perhatikan, banyak dari tips yang kami sediakan di atas membutuhkandigital literacy,atau pemahamanmu tentang internet dan metode-metodedigital.

Beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan memilikidigital literacyyang tinggi adalah sebagai berikut!

Itulah tadi tips cari kerja kalau kamu inginresignsebelum memperoleh pekerjaan baru. Kesimpulannya, mencari kerja seperti ini membutuhkan persiapan dan pemahaman akan cara mengembangkan potensi diri yang optimal. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk dilirik oleh para rekruter, apalagi kalau keterampilan yang kamu miliki relevan dengan pekerjaannya.

Selagi menunggu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan situs-situs yang membantu kamu mencari pekerjaan, seperti JobStreet. Segera perbarui profil JobStreet atau buat baru (kalau kamu belum punya akun), lalu mulai melamar kerja di JobStreet di mana kami memiliki tujuan utama untuk menghubungkan paratalentdan perusahaan serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan tenaga kerja.

Kemudian, jangan lupa untuk kunjungi laman Tips Karier kami. Di sana, kamu akan menemukan berbagai tips seputar cara melamar kerja, jenjang karir tertentu, dan tips-tips lainnya mengenai pekerjaan.

Untuk akses yang lebih mudah, unduh aplikasi JobStreet di Google Play Store dan juga A pple App Store. Dengan begitu, kamu bisa melihat lowongan kerja baru dari ponsel dan melamar pekerjaan dengan ujung jarimu!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Resign

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.