5 Cara Mengelola Stres

5 Cara Mengelola Stres
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Sedikit tekanan di tempat kerja mungkin bisa menjadi dorongan untuk menghadapi tantangan atau meningkatkan kualitas pekerjaan, namun tidak jika terlalu banyak. Jadwal rapat yang padat,deadlineyang menumpuk, dan ekspektasi atasan dapat membuatmu sangat kelelahan, baik secara fisik maupun mental. Jika terjadi terus-menerus, hal ini dapat menjadi momok yang menyebabkan stres kronis.

Kabar baiknya: kamu dapat mengatasinya sedikit demi sedikit dengan mulai mengelola stres. Tips sederhana berikut dapat membantumu menuntaskan pekerjaan dengan lebih efektif dan memberikan hasil yang baik.

  1. Membuat rutinitas pagi.

Hari kerja yang baik dimulai ketika kamu bangun di pagi hari. Dengan bangun dan berangkat lebih pagi, kamu dapat terhindar dari macet. Supaya tidak tergesa-gesa, malam sebelumnya kamu dapat mempersiapkan perlengkapan kerja, pakaian, dan sarapan yang mudah diolah pagi harinya. Buatlah rutinitas yang bisa menghemat waktu dan tenaga, sehingga kamu dapat memulai hari dengan lebih tenang.

Jika kamu bekerja dari rumah, hindari langsung bekerja setelah bangun tidur. Saat memulai hari, cobalah bermeditasi untuk menenangkan pikiran. Melakukan olahraga ringan atau peregangan boleh juga untuk membuat tubuhmu lebih segar. Setelah itu, kamu dapat membuat sarapan sehat dan menikmatinya sejenak. Rutinitas kecil ini bisa menjadi cara untuk memperhatikan diri sendiri sambil mempersiapkan tenaga untuk menghadapi pekerjaan.

  1. Bertanya dan meminta arahan yang jelas.

Kamu mungkin pernah merasa kebingungan ketika menerima arahan kerja meskipun telah membaca seluruh bahan yang tersedia. Ketimbang menerka-nerka dan membebani pikiran, bertanyalah langsung ke atasanmu. Terkadang beberapa orang enggan untuk bertanya karena takut terlihat kurang kompeten. Padahal, dengan memastikan beberapa hal terlebih dahulu, ekspektasi menjadi lebih jelas dan langkah yang tepat dapat diambil. Komunikasi yang jelas dapat menghindari kesalahan dan revisi berulang-ulang, yang tentunya akan sangat membantu mengurangi stres dalam pekerjaan.

  1. Menjaga hubungan baik di tempat kerja.

Konflik dengan rekan kerja atau klien bisa memberikan dampak negatif pada pekerjaan. Meminimalisir konflik bisa dimulai dengan menjaga hubungan secara profesional dan memisahkannya dari masalah pribadi. Hindari melibatkan diri terlalu dalam dengan gosip di kantor atau memberikan komentar terhadap hal yang sensitif. Jika memungkinkan, pilihlah rekan kerja dengan etika kerja yang baik.

  1. Bekerja sesuai jadwal.

Buatlah jadwal kerja untuk membantumu lebih fokus. Kamu bisa menaruh jadwal di sekitar meja kerja, menggunakan fitur pengingat di ponsel, atau memanfaatkan alat manajemen kerjaonline. Susunlah pekerjaanmu berdasarkan prioritas; mana yang harus dilakukan segera dan mana yang bisa dilakukan lain hari. Supaya pekerjaan tidak tertunda, buatlah turunan dari sebuah proyek menjadi tugas-tugas harian.

  1. Fokus pada satu pekerjaan

Melakukan banyak pekerjaan di saat yang bersamaan mungkin terkesan efektif, namun hal ini justru berisiko memecah konsentrasi. Akibatnya, kekeliruan terjadi dan kamu harus bekerja lebih lama. Dengan berfokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu, kamu dapat memastikan bahwa pekerjaan yang dihasilkan sudah sesuai dan selesai tepat waktu.

Mengelola stres adalah proses yang sebaiknya dilakukan secara menyeluruh. Kehidupan di luar tempat kerja dapat memengaruhi kondisi ketika bekerja. Berilah waktu untuk melakukan kegiatan yang positif dan menyenangkan, seperti memulai gaya hidup sehat, menekuni hobi, dan berbincang dengan sahabat atau keluarga. Meski terkadang tekanan tidak bisa dihindari, kita bisa mengelolanya perlahan-lahan dan membuat hidup terasa lebih menyenangkan, baik di dalam maupun di luar pekerjaan.

Jika pekerjaanmu saat ini mengakibatkan stres yang tidak terkendali, mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk mencari pekerjaan baru. Perbarui profilmu dan temukan pekerjaan yang benar-benar tepat untukmu. Kunjungi halaman tips karier untuk mendapatkan saran yang membantu, pandangan dari ahli, dan kabar terbaru seputar industri.

Di JobStreet, kami percaya akan pentingnya menemukan pekerjaan yang berarti untuk Anda. Sebagai Mitra Karier, kami berkomitmen untuk membantu para pencari kerja menemukan pekerjaan yang sejalan dengan minat dan cita-cita. Sebagai Mitra Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perekrut dengan pelamar potensial yang membawa dampak positif jangka panjang untuk perusahaan.

Kunjungi JobStreet, temukan pekerjaan yang paling tepat untuk Anda.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.