Tips dan Cara Mudah Melamar Kerja di Jobstreet

Tips dan Cara Mudah Melamar Kerja di Jobstreet
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 18 April, 2024
Share

Proses mencari kerja terkadang lama dan melelahkan. Kamu mungkin akan merasa kesal ketika tak kunjung mendapat panggilan interview atau wawancara kerja. Padahal, kamu sudah melamar banyak pekerjaan. 

Kalau kamu sedang dalam posisi itu, jangan khwatir, ya! Jobstreet by SEEK siap membantu kamu mendapatkan pekerjaan dan karier impian.

Dengan teknologi A.I alias kecerdasan buatan, rekomendasi lowongan pekerjaan Jobstreet sekarang jauh lebih akurat dan relevan dari sebelumnya.

Melamar kerja di situs atau aplikasi Jobstreet saat ini juga jauh lebih mudah dan cepat karena banyak fitur baru seperti “Strong Badge” hingga “Visibilitas Profil”.

Fitur “Strong Badge” akan membantu kamu menemukan lowongan kerja yang cocok dengan profil Jobstreet kamu.

Di sisi lain, fitur “Visibilitas Profil” juga mempermudah kamu mendapatkan pekerjaan. Kamu berpeluang mendapatkan tawaran kerja atau undangan interview langsung dari HRD melalui fitur “Visibilitas Profil”.

Lantas, bagaimana cara melamar di Jobstreet agar dipanggil? Apa saja tips melamar di Jobstreet yang harus diperhatikan? Semua pertanyaan itu akan terjawab dalam artikel ini.


⁠Cara Melamar Kerja di Jobstreet

Sebelum mengirim lamaran, kamu wajib mengisi dan melengkapi profil Jobstreet terlebih dahulu. Profil Jobstreet yang update dan lengkap akan memperbesar peluang kamu mendapatkan pekerjaan Impian.

Tenang, mengisi profil Jobstreet sekarang jauh lebih mudah dan cepat. Kamu hanya perlu menggungah resume atau CV ke profil Jobstreet.

Setelah itu, biarkan mesin Jobstreet bekerja untuk kamu. Kalau kamu masih bingung soal cara mengisi profil Jobstreet, baca artikel berikut ini: Cara Update Profil Jobstreet Biar Dilirik HRD

Jika sudah melengkapi profil Jobstreet, kini saatnya kamu mencari dan melamar pekerjaan impian. 

Ada tiga kategori pencarian yang bisa kamu manfaatkan untuk menemukan lowongan kerja di Jobstreet. Tiga kategori itu adalah “Keyword/Kata Kunci”, “Klasifikasi”, dan “Lokasi”.

Kamu bisa menggunakan salah satunya atau menggabungkan tiga kategori di atas untuk menemukan lowongan kerja di Jobstreet.

Kalau ingin mendapatkan lowongan kerja yang spesifik, kamu bisa menggabungkan tiga kategori pencarian di atas. Semakin banyak istilah yang kamu pilih atau tulis, lowongan kerja yang akan muncul juga semakin spesifik.

Tapi, kamu tetap bisa menulis atau memilih kata-kata yang umum di kolom pencarian agar lowongan kerja yang muncul lebih luas dan banyak.

Berikut adalah cara melamar kerja lewat Jobstreet:

1. Tulis Keyword/Kata Kunci

Tampilan situs Jobstreet.

Dalam kolom keyword, kamu bisa mengisi jenis pekerjaan atau keterampilan. Kamu bisa menggunakan tanda petik (“ ”) untuk jenis pekerjaan yang lebih spesifik.

Sebagai contoh, kamu bisa menulis “Akuntan Junior” untuk mencari lowongan kerja akuntan level junior.

Kamu juga bisa menambahkan kata "OR", "AND" atau "NOT" ketika menulis jenis pekerjaan di kolom keyword. Berikut penjelasannya:

  • Gunakan "OR" jika kamu menginginkan hasil pencarian yang memuat satu atau dua kata kunci.  Sebagai contoh, kamu bisa menulis "Sales OR Manajer" di kolom keyword untuk mendapatkan lowongan kerja yang memuat kata Sales, Manajer, atau kedua kata tersebut.
  • Gunakan "AND" jika kamu menginginkan hasil pencarian yang hanya memuat kedua kata kunci tersebut. Sebagai contoh, kamu bisa menulis kata "Marketing AND Manajer" di kolom keyword untuk mendapatkan lowongan kerja yang memuat kata Marketing dan Manajer.
  • Gunakan "NOT" jika kamu ingin mengecualikan kata-kata tertentu dalam hasil pencarian. Sebagai contoh, kamu bisa menulis kata "Sales NOT Manajer" di kolom keyword untuk mendapatkan lowongan kerja sales tanpa memuat kata manajer.

Dalam hal pencarian kata kunci, mesin Jobstreet by SEEK cukup akurat. Jobstreet akan memahami arti dari kata kunci yang kamu tulis dengan memberi rekomendasi terkait.

Jobstreet juga akan memperluas jangkauan kata kunci yang kamu tulis. Sebagai contoh, Jobstreet pasti akan menampilkan lowongan kerja bidang Sumber Daya Manusia meski kamu
hanya menulis kata "HR" dalam kolom keyword.

2. Pilih Klasifikasi

Tampilan klasifikasi lowongan kerja di situs Jobstreet.

Kolom klasifikasi berisi berbagai jenis atau bidang pekerjaan yang sudah dikelompokkan. Beberapa contoh klasifikasi pencarian Jobstreet adalah Akuntansi, Perbankan & Layanan Finansial, Desain & Arsitektur, Kesehatan & Medis, Hukum, hingga Pemasaran & Komunikasi.

Kamu bisa memilih lebih dari satu kualifikasi ketika mencari lowongan kerja di Jobstreet.  Semakin banyak klasifikasi yang kamu pilih, lowongan kerja yang akan muncul juga semakin beragam.

Namun, jika ingin mendapatkan lowongan kerja yang spesifik, kamu seharusnya memilih satu klasifikasi saja, ya! Kamu juga bisa memilih sub-klasifikasi agar lowongan kerja yang muncul lebih mengerucut dan relevan sesuai dengan keinginan kamu.

3. Pilih Lokasi, Jenis Pekerjaan, dan Gaji

Ilustrasi pengisian lokasi lowongan kerja di situs Jobstreet.

Kalau ingin bekerja dan membangun karir di Jakarta, kamu bisa memilih Jakarta Raya, Jakarta Barat, atau Jakarta Selatan, di kolom lokasi pencarian Jobstreet. Intinya, kamu bisa memilih banyak lokasi pencarian kerja di Jobstreet. Pastikan lokasi pencarian kerjamu sesuai dengan keinginan dan mimpi kamu, ya!

Setelah itu, kamu bisa memilih jenis pekerjaan dan gaji. Ada empat jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih, yakni full time, paruh waktu (part time), kontrak, kasual/liburan.

Adapun kolom pencarian gaji adalah alat untuk mengelompokkan jenis pekerjaan berdasarkan jumlah gaji yang kamu harapkan.

Setelah mengisi semua kolom pencarian, klik tombol “Cari” dan lowongan kerja yang kamu inginkan akan muncul seketika.

Semakin banyak kolom pencarian yang terisi, semakin spesifik juga lowongan kerja yang akan muncul. Kalau ingin mendapatkan lowongan kerja yang lebih general, kamu hanya perlu mengisi beberapa bagian kolom pencarian Jobstreet.

4. Lamar Pekerjaan Impianmu!

Nah, tugas kamu selanjutnya adalah memilih dan melamar lowongan kerja di Jobstreet. Setelah mendapatkan lowongan kerja  yang sesuai, klik lowongan tersebut untuk membaca deskripsi dan kualifikasi pekerjaan secara lengkap.

Jika sudah yakin dengan lowongan yang kamu pilih, klik “Lamaran Cepat”. Selanjutnya, ikuti langkah berikut ini untuk mengirim lamaran:

  • Pilih atau unggah resume
    ⁠Jika sudah pernah mengunggah resume ke Jobstreet, kamu bisa pilih kamu bisa klik "Pilih Resume" dan pilih dokumen yang sesuai. Namun, jika kamu ingin memakai resume baru, klik "Unggah Resume".
  • Tulis atau Unggah Surat Lamaran
    ⁠Surat lamaran adalah kesan pertama yang akan dilihat rekruter atau HRD. Jadi, sebaiknya kamu menulis cover letter yang menarik, ringkas, dan profesional untuk setiap lamaran kerja. Kamu bisa melampirkan atau  menulis surat lamaran saat melamar di Jobstreet. Surat lamaran kerja yang kamu tulis di Jobstreet nantinya akan disimpan oleh sistem dan bisa diedit ulang untuk memudahkan lamaran kamu berikutnya.
  • Jawab Pertanyaan Perusahaan
    ⁠Beberapa perusahaan biasanya akan mengajukan pertanyaan awal terkait lowongan pekerjaan mereka. Beberapa contoh topik pertanyaan yang biasanya muncul adalah harapan gaji, pengalaman kerja, hingga ketersediaan untuk pekerjaan baru. Nah, pastikan kamu menjawab semua pertanyaan itu dengan jujur dan benar, ya! Pasalnya, pertanyaan itu juga menjadi alat screening oleh rekruter atau HRD untuk menyeleksi kandidat.
  • Cek Profil Jobstreet
    ⁠Tahap terakhir yang harus kamu lakukan adalah memeriksa Profil Jobstreet. Pastikan setiap kolom profil Jobstreet kamu sudah lengkap dan terisi dengan benar. Jangan lupa cek juga tata bahasa atau typo setiap kolomnya, ya! Semakin lengkap dan update profil Jobstreet kamu, semakin besar pula peluang kamu mendapatkan pekerjaan impian.
  • Kirim Lamaran
    ⁠Setelah semua terisi, klik “Kirim Lamaran”. Selamat! Lamaran kerjamu sudah terkirim. Ada dua cara untuk memantau status lamaran kamu. Jika menggunakan komputer atau laptop, kamu bisa klik “Nama Kamu (di sisi kanan pojok atas)”, kemudian klik tab “Lamaran Kerja”. Jika menggunakan smartphone atau tablet, kamu hanya perlu klik tab “Aktivitas” yang terletak di bagian bawah, di sisi kiri tab “Profil”. Adapun jika masih belum yakin untuk melamar, kamu bisa menyimpan lowongan kerja dengan klik tombol “Simpan”.


⁠Tips Melamar Kerja di Jobstreet

Seorang wanita tampak bahagia setelah menemukan tips dan cara mudah melamar kerja di Jobstreet. (Image by our-team on Freepik).jpg

Untuk meningkatkan peluang sukses melamar pekerjaan di Jobstreet, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan, yakni:

1. Perbarui Profil Jobstreet secara berkala

Profil dan resume Jobstreet adalah senjata utama kamu untuk melamar pekerjaan. Rekruter atau HRD akan melihat kecocokan kualifikasi dan persyaratan lowongan kerja dari profil Jobstreet kamu.

Jadi, pastikan untuk selalu memperbarui profil Jobstreet kamu, ya! Kapan waktu terbaik untuk meng-update profil Jobstreet?

Ada lima momen yang harus kamu perhatikan, yakni ketika berganti pekerjaan, saat pindah domisili, ketika memperoleh kualifikasi baru, ketika pindah industri pekerjaan, dan saat mendapat promosi.

Jika mengalami lima momen di atas, kamu wajib segera memperbarui profil Jobstreet, ya! Hal itu akan menunjukkan bahwa kamu memiliki jenjang karier, pengalaman, dan kemauan untuk selalu mengembangkan diri.

Profil Jobstreet yang update juga akan mempermudah rekruter atau HRD menilai informasi dan kemampuan kamu.

Keuntungan lain dari meng-update profil Jobstreet adalah rekomendasi lowongan kerja yang kamu dapat akan lebih relevan dan akurat. Jadi, pastikan kamu selalu meng-update resume dan profil Jobstreet secara berkala, ya!

2. Cek Tanggal Pembukaan dan Penutupan Lowongan

Ketika menemukan lowongan kerja yang sesuai di Jobstreet, jangan lupa memperhatikan tanggal pembukaan dan penutupan lowongan.

Hal itu ditujukan agar kamu bisa mengirim lamaran tepat waktu. Jika tanggal penutupan lowongan masih lama, kamu bisa menyimpan lowongan kerja tersebut dengan menekan tombol "Simpan".

Setelah itu, manfaatkan waktu untuk melengkapi dokumen persyaratan lowongan dan melakukan riset terhadap perusahaan.

Data atau informasi dari riset itu nantinya akan berguna ketika kamu menulis surat lamaran. Jadi, surat lamaran kamu akan relevan dengan kebutuhan dan informasi perusahaan.

Jika dokumen persyaratan sudah lengkap, kamu bisa langsung mengirim lamaran dengan klik "Lamar Cepat".

3 Perhatikan Detail dan Prosedur Lowongan

Ketika kamu sudah menemukan lowongan kerja di Jobstreet, jangan buru-buru mengirim lamaran, ya!

Kamu harus membaca terlebih dahulu detail persyaratan dan prosedur lowongan. Pasalnya, ada beberapa lowongan yang meminta kandidat untuk mengirim lamaran lewat situs perusahaan.

Jika menemukan lowongan seperti itu, pastikan kamu mengikuti prosedurnya agar lamaran kamu masuk dalam sistem perusahaan.

4. Pantau Lamaran Kerja Secara Berkala

Setelah mengirim lamaran kerja di Jobstreet, tugas kamu masih belum selesai. Kamu harus tetap memantau status lamaran kerja yang kamu kirim secara berkala.

Hal itu ditujukan agar kamu bisa mempersiapkan diri menghadapi tahap selanjutnya jika lamaran kamu diterima perusahaan. Manfaatkan waktu persiapan dengan melakukan riset terhadap perusahaan atau berlatih wawancara.

Jika status lamaran kerja kamu "Tidak Dilanjutkan", jangan berkecil hati, ya! Masih ada ribuan lowongan kerja di Jobstreet yang bisa kamu eksplor. Untuk memantau status lamaran, kamu bisa membuka tab "Lamaran Kerja" di profil Jobstreet kamu.


⁠Kesimpulan

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui cara dan tips melamar kerja di Jobstreet by SEEK. Melamar kerja di Jobstreet saat ini jauh lebih mudah karena ada banyak fitur baru yang akan membantu kamu menemukan pekerjaan impian.

Sebelum mengirim lamaran, jangan lupa untuk mengecek detail informasi yang kamu tulis di resume dan profil Jobstreet. Beberapa detail yang harus kamu perhatikan dalam profil Jobstreet adalah informasi kontak, deskripsi diri, file resume.

Tiga hal itu adalah informasi yang akan dilihat rekruter atau HRD untuk menilai profil dan menghubungi kamu. Jadi, pastikan kamu menulis setiap detail informasi dalam profil Jobstreet dan resume dengan benar, ya!

Jika profil Jobstreet kamu lengkap dan up to date, kamu akan lebih tenang dan percaya diri ketika mengirim lamaran.

Jangan lupa untuk menyertakan Surat Lamaran ketika mengirim lamaran kerja di Jobstreet, ya. Tulis Surat Lamaran secara personal dan sesuai dengan kebutuhan perusaahan untuk memperbesar peluang kamu mendapat panggilan interview.

Dalam proses mencari pekerjaan, jangan lupa untuk selalu mengembangkan diri. Kamu bisa mengikuti pelatihan atau seminar atau membaca buku untuk meningkatkan skill dan kemampuan kamu.

Kalau kamu bingung mencari sumber pembelajaran, kunjungi rubrik Tips Karier Jobstreet by SEEK untuk mendapatkan informasi dan trik sukses seputar dunia kerja.

Kamu juga bisa mengakses KarirKu dalam aplikasi Jobstreet untuk mengakses ribuan konten pembelajaran GRATIS  dan terhubung dengan pakar industri.

Jadi, segera download aplikasi Jobstreet by SEEK di Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan untuk mengakses informasi terbaru dan tips sukses seputar dunia kerja hanya dalam satu genggaman saja! Semoga berhasil!

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.