Cara Update Profil Jobstreet Biar Dilirik HRD

Cara Update Profil Jobstreet Biar Dilirik HRD
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 18 April, 2024
Share

Kamu udah tau belum, kalau situs dan aplikasi Jobstreet by SEEK punya tampilan baru? 

Jobstreet kini hadir dengan berbagai fitur baru yang tentunya akan mempermudah proses pencarian kerjamu.

Salah satu fitur baru Jobstreet adalah visibilitas profil. Dengan visibilitas profil, kamu berpeluang mendapat tawaran kerja langsung dari perusahaan atau rekruter, lho.

Bagaimana caranya? Satu hal yang wajib kamu lakukan adalah memperbarui atau meng-update profil Jobstreet secara berkala.

Dengan profil Jobstreet yang menarik, peluangmu mendapatkan pekerjaan tentu akan semakin besar. Kamu gak mau kan, HRD atau rekruter menghapus namamu dari daftar kandidat hanya karena profilmu tidak update?

Jadi, simak artikel ini sampai akhir agar kamu tau cara membuat profil Jobstreet menarik!


⁠⁠Kenapa Meng-update Profil Jobstreet Itu Penting?

Kapan terakhir kali kamu meng-update profil Jobstreet? Biasanya, banyak orang memperbarui CV atau resume hanya ketika sedang aktif mencari pekerjaan baru.

Jika kamu termasuk salah satunya, coba ubah kebiasaan itu, ya! Pasalnya, kamu gak akan pernah tau kapan peluang mendapatkan karir yang lebih baik akan datang.

Bayangkan, perusahaan impianmu sedang aktif mencari karyawan atau kandidat di Jobstreet. Tapi, mereka terpaksa melewatkan profilmu karena informasi yang ada di dalamnya tidak up to date. Kamu tentu gak mau mengalami kejadian seperti itu, kan?

Nah, itulah salah satu alasan mengapa penting meng-update profil Jobstreet secara berkala, yakni agar peluang meningkatkan karir tetap terbuka.

Selain itu, ada dua manfaat lain yang akan kamu dapatkan jika selalu meng-update profil Jobstreet kamu, yakni:

1. Profil Lebih Variatif

Dalam proses mencari kerja, kamu pasti melakukan banyak hal untuk mengembangkan diri.

Kursus bahasa, ikut pelatihan atau seminar, atau membuat karya untuk portofolio, adalah tiga contoh kegiatan yang biasanya dilakukan oleh orang yang sedang mencari kerja, khususnya fresh graduate.

Nah, kamu bisa menambahkan hasil atau pencapaian dari berbagai kegiatan itu ke profil Jobstreet. Dengan demikian, profil Jobstreet kamu akan terlihat lebih menarik dan menonjol dari kandidat lainnya.

Untuk yang punya pengalaman kerja, kamu bisa menambahkan pencapaianmu seperti keberhasilan mencapai target ke dalam profil Jobstreet.

Kamu juga bisa memamerkan pertumbuhan karirmu di profil Jobstreet dengan menambahkan peningkatan jabatan atau job desc secara runut.

Pencapaian dan pertumbuhan karir di tempat kerja sebelumnya menunjukkan bahwa kamu memang kompeten serta punya kemampuan bekerja sama dengan tim. Hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri di mata HRD atau rekruter.

2. Rekomendasi Lowongan Kerja Lebih Akurat

Platform Jobstreet by SEEK saat ini sudah mengadopsi teknologi A.I (artificial intelligence) alias kecerdasan buatan.

Dengan teknologi A.I, Jobstreet mampu menilai kecocokan pencari kerja, menyeleksi lamaran, dan memberi rekomendasi lowongan dengan lebih akurat.

Untuk poin terakhir, teknologi A.I Jobstreet akan mencocokan data dari berbagai sumber termasuk resume pencari kerja dan deskripsi lowongan.

Jadi, kamu wajib terus memperbarui dan melengkapi profil Jobstreet untuk mendapatkan rekomendasi lowongan kerja yang relevan dengan profilmu.

Dengan melengkapi profil, kamu bisa melihat Strong Badge atau 'Lencana Pelamar Kuat' ketika ingin melamar kerja di situs atau aplikasi Jobstreet.

Lencana itu jadi tanda bahwa kamu adalah kandidat kuat untuk mengisi posisi tersebut karena profil Jobstreet-mu cocok dengan persyaratan lowongan. 


⁠Cara Update Profil Jobstreet Biar Dilirik HRD

Setelah mengetahui alasan pentingnya, kini saatnya kamu belajar cara mengisi profil di Jobstreet agar dilirik HRD. Berikut caranya:

1. Upload Resume / CV

Kamu sekarang bisa lebih cepat mengisi profil Jobstreet jika sudah punya resume atau curriculum vitae (CV) digital. Bagaimana caranya? Pertama, kamu harus mengunggah resume atau CV ke Jobstreet terlebih dahulu.

Berikut tutorial mengunggah resume ke Jobstreet:

  • Login ke akun Jobstreet
  • Klik “Profil”
  • Scroll ke bawah sampai menemukan kolom “Resume” 
  • Klik “Tambahkan Resume” dan unggah dokumenmu
  • Pastikan dokumen resume kamu dalam format Microsoft Word (.doc atau .docx), Adobe PDF (.pdf), atau file teks (.txt atau .rtf) dengan batas maksimal ukuran file 2 MB.
  • Klik “Selesai”

Setelah selesai mengunggah, biarkan Jobstreet bekerja. Jobstreet akan memindai dokumen resume milikmu secara otomatis. Setelah dokumen berhasil diunggah, tampilan profil Jobstreet kamu akan berbeda.

Kamu akan melihat setiap bagian profil Jobstreet seperti riwayat karier atau pendidikan sudah terisi. Tapi, tugasmu belum selesai, ya. Kamu harus mengecek ulang setiap bagian profil Jobstreet yang sudah terisi.

Jika kamu merasa semua data dan informasi dalam profilmu sudah benar, kamu tinggal klik “Tambahkan ke Profil”.

Kamu juga bisa menambahkan bagian lain profil yang belum terisi secara manual. Kamu bisa menambahkan lisensi atau sertifikasi, kemampuan bahasa, dan keahlian, untuk membuat profil Jobstreet-mu semakin kuat dan menarik.

Terakhir, jangan lupa untuk mengisi bagian “Tentang jabatan Anda selanjutnya”. Secara garis besar, bagian “Tentang jabatan Anda selanjutnya” berfungsi sebagai data terkait harapan kamu sebagai pencari kerja.

Bagian itu berisi beberapa kolom mulai dari “Ketersediaan”, “Jenis pekerjaan yang diharapkan”, “Lokasi yang diharapkan”, “Klasifikasi yang diminati”, sampai “Gaji yang diharapkan”.

Pastikan kamu mengisi setiap bagian itu dengan benar dan sesuai dengan harapan kamu, ya!

Pasalnya, setiap informasi dalam “Tentang jabatan Anda selanjutnya” akan memengaruhi rekomendasi lowongan untuk kamu.

Terkait resume, kamu sekarang bisa mengunggah sampai 10 dokumen ke Jobstreet, lho. Hal itu tentu akan berguna dan mempermudah kamu yang ingin melamar berbagai pekerjaan dengan jenis resume berbeda.

Lantas, bagaimana jika kamu belum punya resume atau CV digital? Kamu tidak perlu khawatir!

Kamu bisa mengisi setiap bagian profil secara manual. Setelah itu, kamu bisa mengunduh profil Jobstreet-mu untuk mendapatkan CV ATS-friendly.

2. Bagikan Profil Jobstreet Kamu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Jobstreet by SEEK sekarang dilengkapi dengan fitur Visibilitas Profil. Fitur itu membuat kamu berpeluang mendapat tawaran kerja langsung dari rekruter atau HRD Perusahaan.

Ada tiga jenis Visibilitas Profil yang bisa kamu pilih. Ketiganya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah tiga jenis Visibilitas Profil Jobstreet:

  • Standar
    ⁠Jobstreet sangat merekomendasikan kamu memilih visibilitas standar. ⁠Pasalnya, visibilitas standar membuat perusahaan bisa melihat profil dan resume kamu. Tidak hanya itu, perusahaan juga bisa menghubungi kamu secara langsung atau melalui Jobstreet jika kamu memilih visibilitas standar.
  • Terbatas
    ⁠Jika memilih visibilitas terbatas, perusahaan memang masih bisa melihat  profil Jobstreet kamu. Namun, perusahaan tidak bisa melihat dokumen resume yang kamu unggah ke Jobstreet. Tidak hanya itu, visibilitan terbatas juga membuat perusahaan hanya bisa menghubungi kamu lewat Jobstreet.
  • Disembunyikan
    ⁠Jika memilih visibilitas disembunyikan, kamu membuang kesempatan untuk ⁠mendapat tawaran dari perusahaan. ⁠Pasalnya, perusahaan tidak bisa menghubungi kamu secara langsung. Perusahaan hanya akan melihat Profil kamu dari lamaran yang kamu kirim.

Kamu bisa menemukan pengaturan “Visibilitas Profil” di bawah bagian “Informasi Pribadi” dalam profil Jobstreet. Agar lebih mudah, ikuti tutorial mengaktifkan fitur "Visibilitas Profil" dalam gambar berikut ini:

Ilustrasi fitur

Selain visibilitas profil, Jobstreet kini juga punya fitur “Bagikan Profil”. Secara garis besar, fitur “Bagikan Profil Jobstreet” adalah fitur untuk membagikan atau menyebarkan versi ringkas Profil Jobstreet kamu lewat sebuah link ke rekruter atau rekan kerja.

Kamu mungkin akan bertanya. Apa saja yang akan dilihat orang lain jika kamu membagikan Profil Jobstreet lewat link atau tautan? Orang yang punya link itu akan bisa melihat:

  • Nama
  • Ringkasan pribadi
  • Riwayat pekerjaan
  • Pendidikan
  • Lisensi dan Sertifikasi
  • Keterampilan dan bahasa

Adapun bagian yang tidak bisa dilihat orang lain adalah:

  • Kontak informasi
  • Surel atau alamat email
  • Nomor telepon
  • Alamat atau lokasi tempat tinggal
  • Setiap informasi di bagian “Tentang jabatan Anda selanjutnya”

Fitur “Bagikan Profil Jobstreet” sangat memudahkan kamu dalam proses pencarian kerja.

Pasalnya, informasi yang masuk dalam link akan otomatis ter-update jika kamu mengubah Profil Jobstreet kamu.

Tidak hanya itu, orang yang ingin melihat profil kamu juga tidak perlu memiliki akun Jobstreet. Mereka bisa langsung melihat profil kamu setelah meng-klik link yang kamu bagikan.

Berikut adalah tampilan link profil Jobstreet setelah kamu mengaktifkan fitur “Bagikan Profil Jobstreet”:

Ilustrasi tampilan profil Jobstreet.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan fitur “Bagikan Profil Jobstreet”? Pertama, masuk ke Profil Jobstreet kamu dan pilih fitur “Visibilitas Profil”. Setelah itu, klik bagian “Bagikan Profil Jobstreet”. 

Untuk mengaktifkan fitur “Bagikan Profil Jobstreet” dan mendapatkan link profil, pilih opsi “Profil Bersama aktif”. Setelah aktif, link profil Jobstreet kamu akan otomotis muncul dan bisa dibagikan ke rekruter atau relasi kamu.

3. Lamar Pekerjaan Impianmu!

Setelah mengunggah resume dan melengkapi setiap bagian Profil Jobstreet, coba cek indikator “Kekuatan Profil” di bagian kanan.

Jika kamu melihat warna hijau, itu artinya profil Jobstreet kamu sudah kuat. Namun, jika belum berwarna  hijau, kamu masih harus melengkapi bagian profil yang belum terisi.

Kamu bisa memperkuat Profil Jobstreet dengan menambahkan sertifikat pelatihan, kemampuan bahasa, atau memperbanyak skill di bagian “Keahlian”.

Untuk kamu yang belum punya pengalaman kerja, kamu bisa menambahkan pengalaman organisasi atau volunteer, ya.

Jika sudah selesai mengunggah resume dan melengkapi semua bagian profil, kamu sekarang bisa melamar kerja di Jobstreet. Buka tab “Cari Lowongan” dan temukan ribuan lowongan kerja di Jobstreet.

Soal lowongan kerja, Jobstreet saat ini juga punya fitur “Strong Badge” atau “Lencana Kuat”. Kamu bisa melihat “Strong Badge” jika profil kamu sesuai dengan deskripsi dan persyaratan
lowongan.

Jika kamu melihat “Strong Badge” di lowongan kerja Jobstreet, kamu harus segera melamar karena peluang kamu diterima sangat besar.

Ketika melamar kerja di Jobstreet, pastikan kamu membaca dengan teliti deskripsi perkerjaan dan persyaratan perusahaan, ya! Jangan lupa untuk selalu mengisi atau membuat “Surat Lamaran” ketika melamar kerja di Jobstreet.

Surat lamaran sangat penting karena jadi hal pertama yang dilihat rekruter atau HRD ketika menerima lamaranmu. Untuk mencuri hati rekruter atau HRD, kamu bisa menulis berbagai pengalaman dan keterampilan di “Surat Lamaran”.

Pastikan pengalaman dan skill kamu sesuai dengan deskripsi atau  persyaratan lowongan, ya. Kamu juga bisa mencantumkan alasan mengapa kamu pantas mengisi posisi yang dicari dalam “Surat Lamaran”.

Surat Lamaran itu akan menjadi bukti bahwa kamu sudah meluangkan waktu untuk memahami deskripsi persyaratan lowongan dan perusahaan.

Setelah selesai membuat “Surat Lamaran” dan mengecek setiap bagian profil, kamu mungkin akan diminta menjawab pertanyaan dari perusahaan.

Pastikan kamu menjawabnya dengan benar dan sesuai dengan pengalaman maupun harapan kamu soal pekerjaan. Berikut adalah tutorial melamar kerja di Jobstreet:

  • Login ke akun Jobstreet
  • Cari lowongan yang ingin kamu lamarKlik “Lamaran Cepat”
  • Pilih dokumen (resume & surat lamaran
  • Jawab pertanyaan pemberi kerja
  • Periksa profil Jobstreet
  • Klik “Kirim Lamaran”

Sebagai catatan, beberapa pemilik lowongan akan mengarahkan kamu ke situs web
perusahaan mereka untuk melengkapi lamaran.

Jika hal itu terjadi, kamu tidak lagi akan berada di situs Jobstreet. Tapi tenang, kamu tetap bisa melamar dengan mengikuti tata cara dari perusahaan. Jadi, pastikan kamu membaca deskripsi, persyaratan, dan tata cara melamar perusahaan, ya!


⁠⁠Kenapa Harus Jobstreet?

- Rekomendasi Makin Akurat dan Relevan

Dengan teknologi A.I, Jobstreet akan memberi rekomendasi lowongan kerja yang akurat dan relevan dengan profil kamu. Fitur “Strong Badge” juga akan membantu kamu menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman kamu. Jadi, pastikan kamu selalu meng-update Profil Jobstreet secara berkala, ya!

- Makin Mudah Cari Kerja

Dengan fitur “Visibilitas Profil” dan “Bagikan Profil”, proses pencarian kerja di Jobstreet akan semakin mudah dan cepat. Kamu sekarang berpeluang mendapat tawaran kerja secara langsung dari rekruter atau HRD perusahaan jika mengaktifkan “Visibilitas Standar”.

Kamu juga bisa membagikan Profil Jobstreet kamu ke banyak relasi lewat link atau tautan dalam fitur “Bagikan Profil”. Untuk kamu yang sering gugup atau bingung ketika wawancara kerja, Jobstreet juga menyediakan alat simulasi interview yang bisa kamu akses di website.

- Ribuan Tips dan Trik Sukses Karir

Selain menyediakan ribuan lowongan kerja, Jobstreet by SEEK juga akan membantu kamu meningkatkan skill dan kualitas diri. Kamu bisa membaca ribuan Tips Karier mulai dari cara memperbaiki CV agar menarik sampai cara negosiasi gaji di situs Jobstreet.

Untuk kamu yang lebih suka belajar lewat media audio-visual, KarirKu dalam aplikasi Jobstreet adalah jawabannya. KarirKu menyediakan ribuan konten pembelajaran yang bisa kamu akses secara GRATIS di aplikasi Jobstreet. KarirKu juga dilengkapi fitur komunitas yang akan membantu kamu terhubung dengan pakar atau pimpinan industri serta rekan satu frekuensi.


⁠Kesimpulan

Jobstreet by SEEK selalu berkomitmen untuk membantu kamu mendapatkan pekerjan dan karier Impian. Dengan teknologi A.I, rekomendasi lowongan kerja Jobstreet akan semakin akurat dan relevan dengan profil kamu.

Platform Jobstreet juga dilengkapi banyak fitur baru seperti “Visibilitas Profil”, “Bagikan Profil”, “Resume Parsing”, hingga “Strong Badge” yang membuat proses pencarian kerja kamu semakin mudah dan cepat.

Terlepas dari berbagai kemudahan melamar kerja di Jobstreet, kamu harus terus meningkatkan skill atau kemampuan, pencapaian, dan pengalaman, ya!

Peningkatan skill, pencapaian, dan pengalaman, akan membuat profil Jobstreet kamu semakin variatif dan menarik. Berbagai peningkatan itu juga menjadi bukti bahwa kamu adalah orang yang ingin terus berkembang dan meningkatkan karir.

Yuk, persiapkan diri kamu untuk menembus pekerjaan impian dengan membaca berbagai informasi dan Tips Karier di situs Jobstreet by SEEK. 

Kamu juga bisa mengakses ribuan konten pembelajaran gratis dan terhubung dengan pakar industri di KariKu dalam aplikasi Jobstreet.

Setelah itu, jangan lupa perbarui profil Jobstreet kamu dan temukan lowongan kerja yang tepat. 

Download aplikasi Jobstreet by SEEK di Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan untuk mengakses informasi terbaru seputar dunia kerja hanya dalam satu genggaman saja! Semoga berhasil!

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.