Cara Tingkatkan Skill Kolaborasi dan Tips untuk Resume Kamu

Cara Tingkatkan Skill Kolaborasi dan Tips untuk Resume Kamu
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 31 August, 2023
Share

Hampir di setiap pekerjaan di bidang industri mana pun, bekerja sama dengan kolega bukanlah  hal yang bisa dihindari. Pekerjaan apa pun yang akan kamu dapatkan, kamu perlu berkolaborasi dengan rekan kerja lainnya. Karena itu,skillkolaborasi sangat penting dalam hal ini.

Kamu bisa meningkatkan jenjang kariermu dan membuat lingkungan kerja menjadi lebih sehat dengan mengasahskillkolaborasi. Jadi, asahskillkolaborasi kamu dengan mencari tahu segala informasinya di artikel ini!

Apa ituSkillKolaborasi?

Skillkolaborasi adalah segala kemampuan yang kamu gunakan dalam bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Selain bekerja sama dengan tim, kamu bisa mengembangkanskillini melalui komunikasi yang efektif, penyelesain konflik, serta kontribusi untuk membangun lingkungan kerja yang sehat dan nyaman bagi setiap anggota tim.

Seseorang yang memilikiskillkolaborasi kuat memungkinkan untuk dapat dipercaya dalam membimbing serta mengarahkan tim. Pasalnya, orang tersebut dinilai memiliki skillkomunikasi yang baik dan rasa empati yang besar pada rekan tim lainnya.

SkillDasar Kolaborasi

Skillkolaborasi ini dibangun dari berbagai elemen dasar yang penting dalam membangun lingkungan kerja yang kolaboratif dan sehat, diantaranya adalah: komunikasi,emotional intelligence(EQ), dan kepercayaan antar anggota tim. Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga dasar tersebut.

Komunikasi

Di mana ada kolaborasi, di situ ada komunikasi. Sebagian besar dari proses bekerja secara kolaboratif adalah memastikan setiap anggota tim mengetahui peran dan tujuan yang akan dicapai. Saling bertukar ide selama diskusi pekerjaan adalah pertanda bahwa komunikasi kolaboratif berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, kamu perlu berpartisipasi dalam diskusi dengan terbuka dan juga memberikan reaksi yang tepat. Kamu bisa melakukan hal ini dengan melakukanactive listening, menyampaikan ide dengan jelas, dan mengajukan pertanyaan terbuka.

Active listening

Kamu bisa mengubah pembicaraan biasa menjadi peluang untuk terhubung dengan kolega melaluiactive listening. Pastikan kamu mendengarkan dengan saksama, berpikiran terbuka, serta memberi respons terhadap ide atau topik yang dibicarakan. Kamu juga bisa memberikan pertanyaan lebih lanjut saat melakukanactive listening.

Menyampaikan ide dengan jelas

Selainactive listening, mengekspresikan ide dengan jelas juga merupakan bagian dari komunikasi yang kolaboratif, baik secara lisan maupun tulisan. Kamu perlu memastikan pesan atau ide yang disampaikan dimengerti oleh lawan bicara untuk menghindari kesalahpahaman.

Akan tetapi, dalam konteks komunikasi tulisan, ada kemungkinan nada bicara yang tepat tidak tersampaikan. Maka dari itu, pastikan kamu membaca terlebih dahulu pesan yang ingin kamu kirim. Pastikan kembali apakah ada kesalahan ketik atau kata-kata ambigu pada pesan yang akan dikirim. Mencantumkan beberapa emoji yang tepat juga bisa membantu lawan bicara memahami nada bicara kamu dengan tepat.

Mengajukan pertanyaan terbuka

Terakhir dan tak kalah penting adalah mengajukan pertanyaan terbuka ketika berkomunikasi. Pertanyaan terbuka memungkinkan lawan bicara memberikan jawaban yang lebih luas. Jadi, hindari pertanyaan tertutup yang hanya memiliki jawaban “ya” atau “tidak” ketika berkomunikasi dengan kolega. Dengan begitu, pembicaraan berjalan dengan lancar tanpa ada rasa canggung karena akan lebih banyak yang bisa didiskusikan. Kamu juga bisa memperbaiki hubungan dengan kolega serta memberi kesempatan bagi kolega untuk mengelaborasi jawaban atau ide mereka lebih jauh melalui pertanyaan terbuka.

Emotional intelligence(EQ)

Salah satu dasar lainnya untuk membangun hubungan adalah menggunakan emosi yang tepat dan memahami emosi diri sendiri dan orang lain—atau yang disebut sebagai kecerdasan emosional atauemotional intelligence(EQ).Emotional intelligencejuga adalah salah satusoft skillpenting yang dicari oleh perekrut. Tiga hal yang menandakan kamu memiliki EQ yang baik adalah rasa empati,self-awareness, dan regulasi diri.

Empati

Empati diperlukan untuk membangun kepercayaan, dan ini bisa diperoleh dengan saling memahami satu sama lain. Dengan rasa empati, kamu memiliki kemampuan untuk menunjukkan kepedulian terhadap cerita atau pengalaman pribadi seseorang. Selain itu, kepedulian ini tentunya akan menciptakan rasa kekeluargaan yang membuat komunikasi mengalir dengan lancar tanpa adanya rasa takut akan penilaian orang lain.

Self-awareness

Setiap anggota tim perlu mengenali dan menyadari emosi serta tindakan masing-masing. Contohnya, seseorang cenderung membentak ketika sedang stres yang tentunya bisa membuat kolega lain merasa tidak nyaman.

Jika kamu memiliki kebiasaan yang tidak nyaman ini, renungkan mengapa kebiasaan ini muncul dan dampaknya bagi lingkungan kerja. Jadi, mengenali cara komunikasi dan regulasi emosi diri sendiri adalah contohself-awareness. Belajar mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan yang mungkin membuat orang lain tidak nyaman adalah langkah penting untuk berkolaborasi dalam tim.

Regulasi diri

Setelah mengenali emosi serta perilaku diri sendiri, hal penting selanjutnya adalah mengendalikan emosi, pikiran, serta perilaku sendiri untuk mencapaigoalbersama dalam sebuah tim. Hal ini bisa disebut juga sebagai regulasi diri.

Ketika terjadi permasalahan dalam tim, pastikan kamu fokus ke dalam dirimu sendiri dan mengontrol perilaku agar situasi yang tegang mereda. Misalnya, daripada membentak ketika sedang stres, akan jauh lebih baik jika kamu meminta waktu sesaat kepada tim untuk menenangkan diri.

Saling Percaya

Hubungan kerja dengan kolega akan lebih bermakna jika setiap anggota saling percaya satu sama lain. Contohnya, anggota tim perlu percaya kepada kemampuan ketua tim dalam membimbing dan mengarahkan tim, demikian juga sebaliknya. Rasa saling percaya bisa diperoleh dengan menerapkan beberapa hal berikut.

Jujur dan terbuka

Hal terpenting untuk membangun kepercayaan adalah integritas. Pastikan kamu menyampaikan pendapat kamu mengenai pekerjaan dengan terbuka dan jujur. Dengan begitu, rekan kerja akan percaya kepada kamu.

Tidak hanya pencapaian dalam tim, kamu juga perlu memberitahukan masalah pekerjaan yang kamu temui. Misalnya, terjadi penurunanengagementdi salah satuplatformuntukmarketingyang merupakan tanggung jawab kamu. Kamu bisa mengadakan rapat untuk membahas permasalahan dan menemukan solusinya bersama tim. Hal ini tentu menunjukkan bahwa kamu mempercayaiskilldan pengalaman mereka untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah.

Dapat diandalkan

Seperti biasanya, tindakan jauh lebih berarti daripada kata-kata. Menjadi orang yang dapat diandalkan bisa diwujudkan melalui tindakan kamu. Kamu perlu mendengarkan instruksi dan melakukannya sesuai yang kamu janjikan. Pastikan kamu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, menerimafeedback, dan tetap bekerja dengan baik. Dengan begitu, atasan dan kolega akan tahu bahwa kamu dapat diandalkan. Jika melihat konteks lingkungan kerja saat ini, hal ini tentu sangat penting diterapkan ketika WFH dengan pengawasan yang lebih minim daripada ketika WFO.

Menjaga rahasia

Bekerja secara profesional berarti kamu tidak boleh membocorkan informasi sensitif mengenai perusahaan kepada siapa pun. Selain itu, dalam konteks lebih personal, jika kolega memberitahukan sesuatu kepadamu, pastikan kamu tidak menyebarkannya kepada orang lain. Jangan sampai kamu menjadi tukang gosip yang tentu tidak akan dipercaya oleh orang lain.

Penyelesaian Masalah Secara Kolaboratif

Penyelesaian masalah secara kolaboratif berarti menemukan solusi untuk permasalahan tertentu bersama dengan keseluruhan tim. Dalam dunia kerja, terdapat masalah yang bisa diselesaikan oleh satu orang dan masalah yang lebih kompleks. Nah, masalah kompleks inilah yang perlu diselesaikan bersama.

Semakin banyak anggota yang terlibat, semakin banyak ide serta pendapat yang diberikan untuk menyelesaikan masalah. Dalam hal inilah kerja sama danskillkolaborasi diperlukan sehingga solusi terbaik bisa ditemukan. Berikut ini lima langkah untuk menyelesaikan masalah secara kolaboratif.

Tetapkan tujuan bersama

Tetapkan tujuan bersama untuk menemukan solusi dengan saling menghormati dan terbuka selama berjalannya diskusi. Pastikan bahwa setiap ide dan pendapat yang disampaikan oleh kolega didengarkan dan dipertimbangkan. Setelah itu, seluruh tim bisa berfokus pada tahap selanjutnya untuk menyelesaikan masalah.

Brainstorming

Selanjutnya,brainstorming(curahkan pendapat secara bebas) untuk segala solusi yang bisa dilakukan. Dengan mengumpulkan ide, setiap orang yang terlibat memiliki kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan pikiran mereka.

Pengumpulan ide ini bisa dilakukan melalui dua jenis cara berpikir:divergentdanconvergent thinking.Divergent thinkingberfokus pada pengumpulan berbagai ide yang mungkin bisa diterapkan. Sementara itu,convergent thinkinglebih berfokus pada mencari satu solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah.

Mengevaluasi ide

Langkah selanjutnya adalah mengevaluasi setiap ide yang disampaikan dan menyusun skala prioritas dari beberapa ide yang akan dilakukan. Memperkirakan manfaat dan hambatan tertentu saat pelaksanaan ide juga penting untuk didiskusikan.

Membuat rencana pelaksanaan

Setelah keputusan akhir telah ditetapkan, selanjutnya adalah membuat langkah-langkah pelaksanaan solusi. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah dana, pengawasan, dan bagaimana rencana tersebut berjalan dengan lancar. Dengan begitu, setiap anggota tim tahu gambaran besar mengenai kontribusi apa saja yang perlu diberikan.

Melaksanakan solusi dan memantau proses

Setelah pelaksanaan rencana, kamu dan tim perlu berdiskusi kembali membahas hasil setelah rencana terlaksana. Seluruh tim perlu mengevaluasi apa saja yang berjalan lancar, hambatan apa yang ditemukan, dan hal apa saja yang bisa dikembangkan. Dengan begitu, masalah bisa diselesaikan dengan efektif.

Terakhir dan tidak kalah penting adalah merayakan keberhasilan setelah terselesaikannya masalah. Hal ini dapat memperkuat motivasi tim untuk melakukan yang terbaik ke depannya.

Beradaptasi dengan Dinamika Tim yang Berbeda

Beradaptasi dengan Dinamika Tim yang Berbeda

Dengan beragamnya tingkatskillkolaborasi setiap anggota, setiap individu bisa saja memiliki dinamika yang berbeda. Menambahkan atau menggantikan satu orang dalam tim berdampak pada dinamika tim tersebut.

Cara sebuah tim berkolaborasi dalam menyelesaikan pekerjaan, atau cara mereka saling berkomunikasi menentukan dinamika tim tentunya juga akan berdampak pada motivasi, kinerja, dan hasil pekerjaan masing-masing anggota. Agar tetap efektif, sebuah tim perlu mudah beradaptasi dengan berbagai perubahan yang mungkin terjadi.

Untuk memahami dinamika tim kamu, satu hal yang perlu kamu ketahui adalah peranmu dalam tim tersebut. Dengan begitu, kamu akan tahu apa yang diperlukan oleh tim dari kontribusi kamu sehingga komunikasi dengan anggota lainnya berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa informasi yang dapat membantumu memahami dinamika tim sendiri.

9 Peran Tim Menurut BelbinTeam Roles

Teori BelbinTeam Rolesini didefinisikan oleh Dr. Meredith Belbin. Untuk membangun tim dengan kinerja tinggi, dia menyatakan bahwa sebuah tim perlu memiliki anggota-anggota yang bisa memerankan sembilan peran tim berikut.

Berorientasi sosial

Tiga jenis peran tim yang berada dalam grup ini berfokus padaskillkomunikasi dannetworkinguntuk menyelesaikan pekerjaan. Anggota tim yang memiliki peran tim ini biasanya lebih intuitif dan berempati pada kebutuhan anggota tim lainnya. Mereka juga merupakan kunci untuk menyatukan sebuah tim. Terdapat tiga jenis peran tim yang berorientasi sosial.

  • Resource Investigator
    Mengeksplorasi berbagai macam ide untuk diberikan kepada tim.
  • Team Worker
    Membantu tim bekerja dengan baik dan memotivasi kerja sama tim dengan mengidentifikasi pekerjaan yang diperlukan.
  • Coordinator
    Mengarahkan tim kegoalserta mendelegasikan pekerjaan pada setiap anggota dengan bertindak sebagai ketua.

Berorientasi ke pemikiran

Anggota tim dengan orientasi pemikiran berperan sebagai pemikir kritis dalam sebuah tim. Mereka memberikan ide dan cara pandang baru, menganalisis informasi, dan mempertimbangkan pro atau kontra terhadap permasalahan tertentu. Berikut ini tiga jenis peran tim dengan orientasi pemikiran.

  • Plant
    Cenderung lebih kreatif dengan memberikan ide dan pendekatan baru yang tidak biasa dalam menyelesaikan masalah.
  • Monitor evaluator
    Menganalisis berbagai kemungkinan dan mempertimbangkan pilihan dengan logis.
  • Specialist
    Memilikiskillkhusus dan pengetahuan mendalam pada bidang yang digeluti tim.

Berorientasi tindakan

Kolega lainnya bergantung pada anggota tim yang berorientasi tindakan untuk menyelesaikan pekerjaan, memenuhideadline, dan merespons masalah dengan cepat. Terdapat tiga jenis peran tim dalam grup ini.

  • Shaper
    Memastikan tim tetap fokus padagoaldengan mendorong tim untuk terus berkembang.
  • Implementer
    Merencanakan strategi terbaik untuk mencapaigoaldan menerapkan rencana tersebut dengan efisien.
  • Completer Finisher
    Memastikan pekerjaan terselesaikan dengan kualitas yang bagus dan tepat waktu.

Tipe Kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator)

Tipe kepribadian MBTI dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan ibunya, Katherine Myers. Mereka membuatnya agar pengetahuan tentang tipe kepribadian ini bisa diakses oleh siapa pun. Tes kepribadian ini bisa dilakukan dengansimple. Yang perlu kamu lakukan untuk mengetahui jenis kepribadianmu adalah mengidentifikasi dan memilih hal yang sesuai dengan dirimu dari empat dikotomi untuk mengetahui kepribadianmu dari 16 jenis kepribadian yang ada. Empat dikotomi tersebut adalah:

  • Extraversion(E) atauIntroversion(I)
    ⁠Dikotomi ini berkaitan dengan apakah kamu lebih cenderung aktif dengan pikiran dan waktu dengan diri sendiri atau lebih memilih interaksi sosial dengan orang-orang.
  • Sensing(S) atauIntuition(N)
    ⁠Hal ini berkaitan dengan cara kamu menerima informasi apakah dengan berfokus pada informasi dasar atau menambahkan makna tersendiri pada informasi tersebut.
  • Thinking(T) atauFeeling(F)
    ⁠Ini berkaitan dengan apakah kamu mengambil keputusan berdasarkan logika dan konsistensi atau berdasarkan orang-orang dan keadaan.
  • Judging(J) atauPerceiving(P)
    ⁠Hal ini menjelaskan apakah kamu lebih cenderung tetap pada pendirian atau terbuka akan informasi baru.

Dengan mengetahui tipe kepribadian setiap anggota tim, kamu akan memahami bagaimana cara mereka memandang sesuatu. Hal ini juga membantu kamu menyadari reaksi dan kepribadianmu sendiri.

Strategi Penyelesaian Konflik

Setelah mengetahui berbagai jenis peran tim dan tipe kepribadian, ada baiknya kamu juga mengetahui strategi menyelesaikan konflik. Tidak diragukan lagi, konflik tidak bisa dihindari dan bisa terjadi kapan pun. Ketika dua atau lebih anggota tim merasa tidak cocok, hal ini bisa menyebabkan situasi konflik. Karena itu, pastikan kamu selalu siap untuk menangani konflik dengan baik. Jangan sampai setiap anggota tim saling menyalahkan satu sama lain saat terjadi konflik.

Dua orang peneliti bernama Dr. Kenneth Thomas dan Dr. Ralph Kilmann membuat sebuah instrumen dengan nama Thomas-Kilmann Instrument (TKI) untuk mengetahui perilaku seseorang ketika terjadi konflik. Menurut kedua peneliti tersebut, setiap orang akan merespons konflik berdasarkan ketegasan (assertiveness) dan sikap kooperatif (cooperativeness) yang dimiliki. Karena itu, terdapat lima strategi penyelesaian konflik yang bisa dilakukan seseorang berdasarkan Thomas-Kilmann Instrument (TKI).

Thomas-Kilmann Instrument (TKI)
  • Collaborating
    Seseorang yang tegas dan mau bekerja sama untuk menyelesaikan konflik akan ikut berpartisipasi untuk menemukan solusi terbaik yang memuaskan anggota tim. Penyelesaian masalah tipe ini disebutcollaborating.
  • Competing
    Penyelesaian konflik jenis ini biasanya terjadi pada orang yang tegas tetapi tidak mau bekerja sama. Orang ini lebih mementingkan keuntungan dan urusannya sendiri dalam menyelesaikan konflik.
  • Compromising
    Strategi penyelesain konflik ini merupakan strategi yang merespons konflik dengan tingkat ketegasan dan sikap kooperatif yang menengah. Tujuan dari strategi penyelesaian ini adalah menemukan solusi yang baik dan dapat diterima oleh kedua belah pihak. Akan tetapi, strategi ini tidak menyelesaikan masalah seserius dan sedalam strategicollaborating.
  • Accommodating
    Kebalikan daricompeting, orang yang menggunakan strategi ini biasanya mengorbankan kepentingan dirinya sendiri hanya untuk memuaskan kepentingan orang lain. Hal ini karena orang tersebut mau bekerja sama tapi tidak tegas.
  • Avoiding
    Strategi terakhir yang merupakan lawan daricollaboratingdan sebaiknya dihindari adalahavoiding. Orang dengan strategi ini biasanya menghindari masalah atau menarik diri dari situasi konflik karena tidak bisa bersikap tegas dan tidak mau bekerja sama.

Walaupun begitu, tiap orang bisa saja merespons konflik dengan lebih dari satu strategi. Akan tetapi, setiap orang cenderung menggunakan salah satu strategi di atas berdasarkan temperamen dan kebiasan masing-masing.

Melalui instrumen ini, kamu bisa mengetahui bagaimana setiap anggota tim merespons konflik. Dengan begitu, penyelesaian konflik dalam tim bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Cara Lain untuk Memperbaiki Dinamika Tim

Setelah mengetahui peran tim, tipe kepribadian, serta strategi penyelesain konflik, kamu perlu tahu cara lain untuk memperbaiki dinamika tim sebagai alternatif. Berikut ini beberapa cara lain yang bisa kamu gunakan.

  • Menjaga lingkungan kerja yang nyaman dan sehat
  • Mendukung dan memotivasi anggota tim
  • Memberikanfeedbackyang membangun
  • Merayakan pencapaian tim

ContohSkillKolaborasi untuk Dicantumkan di Resume

Contoh Skill Kolaborasi untuk Dicantumkan di Resume

Memilikiskillyang diincar oleh perekrut adalah salah satu strategi untuk menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pekerjaan impianmu! Berikut ini contoh 20skillkolaborasi yang bisa dicantumkan di resume kamu:

  • Active listening
  • Teamwork
  • Fleksibilitas dan kompromi
  • Interpersonal skill
  • Resolusi konflik
  • Open-mindedness
  • Feedback konstruktif
  • Organizational skill
  • Kolaborasi virtual
  • Collaborative tools
  • Project management
  • Meeting facilitation
  • Delegation skill
  • Motivasi tim
  • Conflict management
  • Creative problem-solving
  • Data analysis
  • Komunikasi
  • Empati
  • Decision-making

ContohToolsKolaborasi

Kemampuan untuk beradaptasi tidak hanya berlaku untuk dinamika tim tetapi juga untuk perubahan lingkungan kerja. Pekerjaan bisa selesai dengan efisien saat kamuwork from officeataupunwork from homedengan menggunakantoolskolaborasi. Berikut ini beberapatoolskolaborasi berdasarkan fungsinya.

Project management

Toolsuntuk mengaturprojectakan memudahkan atasan untuk mengarahkan dan membagiprojectsecararemotedengan bantuanto-do listsdan papan agenda. Beberapatoolsyang bisa digunakan adalah:

  • Trello
  • Asana
  • Basecamp

Komunikasi

Toolsuntuk berkomunikasi sangatlah penting karena banyaknya informasi dan perubahan yang mungkin terjadi saat bekerja. Tigatoolsberikut bisa membantumu berkomunikasi dengan anggota tim dengan cepat dan lancar.

  • Slack
  • Microsoft Teams
  • Zoom

Document sharing

Satu hal penting dalam bekerja secara kolaboratif adalah berbagi data. Karena itu, beberapatoolsberikut bisa membantu untuk memudahkan proses berbagi dan mengedit dokumen secaraonline.

  • Google Workspace
  • Microsoft 365
  • Dropbox Paper

Baca juga: Ingin SuksesWork from Home? Miliki 4SkillsdanToolsPenting Ini!

Melatih Pola Pikir Kolaboratif

Melatih Pola Pikir Kolaboratif

Hal pertama yang perlu dilakukan sebuah tim adalah memberitahukan peran dan tanggung jawab dari setiap anggota. Mengetahui seperti apa lingkungan kerja juga penting agar setiap anggota tahu cara menempatkan diri masing-masing.

Namun terlepas dari semua itu, usaha yang konsisten dan tepat tetap diperlukan untuk menciptakan budaya di lingkungan kerja yang kolaboratif. Karena itu, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melatih pola pikir kolaboratif.

Mengenali dan mengatasi pola pikir yang merugikan

Membatasi diri untuk menghindari bahaya atau perasaan negatif adalah hal yang wajar dilakukan. Hal ini bisa berupa takut akan kegagalan atau menolak perubahan. Akan tetapi,self-improvementhanya bisa terjadi jika kamu keluar dari zona nyaman. Dengan mengenali cara berpikir yang menghambat, kamu sudah satu langkah untuk memperbaiki diri. Tidak hanya menguntungkan bagimu, hal ini juga menguntungkan bagi anggota tim lainnya jika kamu bisa membuka batasan diri kamu.

Menerapkan lingkungan kerja inklusif

Organisasi yang tidak inklusif bisa jadi salah satu tandared flagyang tentunya harus kamu hindari. Lingkungan kerja yang inklusif bisa diwujudkan dengan membuat anggota tim kamu merasa dilihat dan didengar terlepas dari siapa atau apa identitas mereka.

Menyediakan kegiatan untuk mempererat tim

Tidak diragukan lagi, interaksi sosial sangatlah penting bagi manusia. Hal ini juga berlaku dalam tim. Jadi, ikutilah kegiatan bersama anggota tim karena ini adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan dan berinteraksi satu sama lain.

Menghargai dan mengakui upaya kolaboratif

Dalam budaya kerja kolaboratif, semua anggota saling bekerja sama untuk sukses mencapai tujuan. Pastikan kamu memberikan apresiasi kepada rekan kerja untuk setiap pencapaian dari kerja sama tim karena hal ini memberikan efek positif bagi lingkungan kerja.

Bersiap MenerapkanSkillKolaborasi di Tempat Kerja

Dengan menguasaiskillkolaborasi, kamu memiliki banyak kesempatan untuk meningkatkan jenjang karier dan pengembangan diri. Selain bagi diri sendiri,skillini juga menguntungkan tim. Berikut ini beberapa manfaatskillkolaborasi bagi tim yang juga bisa kamu rasakan.

  • Mengetahui berbagai macam ide dan pola pikir
  • Meningkatkan motivasi dan rasa tanggung jawab
  • Komunikasi yang lebih baik dengan atasan
  • Rasa empati yang tinggi
  • Meningkatnya kemampuan beradaptasi

Yuk, asah dan cantumkanskillkolaborasimu! Setelahnya, jangan lupa untuk update profil JobStreet untuk mulai mencari pekerjaan idaman kamu! Cek juga kisaran gaji, pelatihan wawancara, dan tips lainnya untuk memajukan kariermu di Bantuan Karier.

Akses beragam kesempatan kerja di mana pun dan kapan pun dengan mengunduh aplikasi JobStreet di Google Play Store atau Apple App Store !

FAQ

  1. Bagaimana cara meningkatkanskillkolaborasi diri sendiri?
    Tingkatkanskillkolaborasi kamu dengan berkomunikasi secara jelas, berempati dengan kolega, dan saling percaya satu sama lain dengan sesama anggota tim. Mengetahui peran dan tipe kepribadianmu sendiri juga membantu untuk meningkatkanskillini.

  2. Apa saja tantangan yang sering muncul saat berkolaborasi dengan orang lain?
    Tantangan terberat yang sering muncul saat berkolaborasi dengan tim adalah kesalahpahaman yang terjadi karena miskomunikasi. Kolaborasi tim juga bisa gagal jika setiap anggota tidak saling percaya dan menghormati satu sama lain.

  3. Bagaimana cara menangani anggota tim yang sulit diajak berkolaborasi?
    Sebelum mendiskusikan ini dengan orang tersebut, pastikan kamu sudah mengetahui apa masalahnya dan bagaimana hal tersebut memengaruhi tim. Komunikasikan hal ini dengan baik kepada orang tersebut dan cari tahu solusi untuk masalah tersebut. Terakhir, pastikan kamu membantu orang tersebut secara perlahan untuk memperbaiki dirinya.

  4. Bagaimana cara seorangintrovertmemilikiskillkolaborasi yang unggul?
    Meskipun acara sosial yang besar bisa membuat paraintroverttidak nyaman, mereka juga suka bersosialisasi dengan orang lain dalam tingkat tertentu. Seorangintrovertjuga cenderung merupakan pendengar yang hebat. Jika kamu seorangintrovert, kamu bisa melatihskillkolaborasi lebih jauh dengan memanfaatkan kualitas yang sudah kamu miliki sebagai seorangintrovert.

  5. Bagaimana meningkatkanskillkolaborasi tim saatwork from home?
    Kolaborasi tim bisa ditingkatkan dengan menggunakantoolskolaboratif. Mulai dari pengaturanprojecthingga pembagian dokumen bisa berjalan efisien dan efektif dengan menggunakantoolsyang tepat selamawork from home.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.