12 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

12 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 16 January, 2024
Share

Setiap orang punya alasan sendiri untuk berhenti kerja. Bisa karena merasa tidak cocok, banting setir ke profesi lain, atau alasan pribadi. 

Namun, apakah kamu tahu bagaimana contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan?  

Sebagaimana surat lamaran kerja, surat pengunduran diri kerja juga perlu kamu tulis dengan rapi dan benar supaya tampak profesional. Beberapa perusahaan biasanya memiliki format khusus untuk surat resign. Tapi, jika perusahaanmu tidak, kamu bisa cari tahu seperti apa formatnya pada artikel ini. 

Yuk, langsung simak bagaimana contoh surat resign kerja yang baik dan sopan berikut ini.

Apa Itu Surat Pengunduran Diri Kerja? 

Ilustrasi surat pengunduran diri kerja atau surat resign.

Surat pengunduran diri atau surat resign adalah surat resmi yang diajukan karyawan saat hendak mengundurkan diri dari tempatnya bekerja. Surat ini memuat alasan mengundurkan diri secara jelas. 

Memperjelas alasan resign penting untuk menghindari salah paham dan hal lain yang dapat memicu masalah antarkaryawan dan perusahaan. Bagaimanapun, karyawan tetap perlu bersikap profesional saat ingin mengundurkan diri dari perusahaan.  

Penting bagi karyawan untuk menjaga kesan baik agar rencana resign disetujui oleh perusahaan. Oleh karena itu, mencari tahu dan mempelajari contoh surat pengunduran diri karyawan adalah hal pertama yang harus kamu lakukan.  

Kamu bisa mencari referensi surat resign lewat internet. Lalu, pilih mana contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan sesuai alasan resign.

Pentingnya Surat Pengunduran Diri Kerja 

Seorang karyawan sedang menyerahkan surat pengunduran diri kerja ke HRD perusahaan.

Lantas, mengapa kamu perlu menyiapkan surat pengunduran diri? Berikut adalah beberapa faktor yang membuat surat pengunduran diri itu penting:

Menunjukkan etika profesional 

Ibarat masuk dan keluar rumah, mulai dan berhenti bekerja pun demikian. Tidak bisa kamu lakukan sesuka hati tanpa mengucapkan salam.  

Menuliskan surat resign adalah bagian dari etika profesional dalam bekerja. Inilah cara terbaik berpamitan dan meninggalkan kesan positif terkait keputusan resign dari perusahaan. 

Memberitahukan perusahaan agar segera mencari pengganti 

Kamu perlu mengajukan surat resign beberapa waktu sebelum tanggal resign. Minimal satu bulan sebelumnya atau one month notice.  

Jadi, jika kamu ingin berhenti awal Agustus, sampaikan surat pengunduran diri pada bulan Juli atau sebelumnya. Waktu tersebut tidaklah lama, tetapi membantu perusahaan mencari pengganti sesegera mungkin.  

Di sisi lain, perusahaan akan menganggapmu profesional. Mereka punya waktu untuk mencari dan menyiapkan kandidat pengganti, entah itu dari divisi lain atau melakukan perekrutan baru. Pastinya, mencari pengganti karyawan yang resign membutuhkan waktu lama. 

Menyampaikan informasi yang tegas mengenai status karyawan 

Surat resign berfungsi menyampaikan informasi tegas terkait kejelasan statusmu di perusahaan. Begitu kamu menyerahkan surat resign dan perusahaan menerimanya, otomatis kamu tidak lagi memiliki hubungan apa pun dengan perusahaan. 

Menjaga hubungan profesional dengan perusahaan  

Surat resign kerja juga penting untuk menjaga hubungan profesional antara kamu dan perusahaan. Sekalipun kamu akan meninggalkan perusahaan, menjaga hubungan baik perlu sebagai antisipasi di masa depan. 

Bukan tidak mungkin di masa depan kamu akan membutuhkan bantuan dari perusahaan tempatmu dulu bekerja. Jadi, perusahaan tersebut kini menjadi bagian dari networking dan relasi kamu sebagai profesional.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengundurkan Diri 

Seorang karyawan sedang membereskan meja kerjanya setelah menyerahkan surat resign ke HRD.

Resign dari pekerjaan bisa jadi keputusan sulit. Apalagi jika kamu sudah menjalani pekerjaan tersebut bertahun-tahun. Namun, kadang ada situasi yang mengharuskan kamu memilih langkah ini.  

Jika sekarang adalah waktunya, pertimbangkan lebih dulu beberapa hal berikut sebelum mengundurkan diri.  

Motivasi pengunduran diri 

Pastikan kamu memang mempunyai motivasi resign diri yang jelas dan logis. Alasan mengundurkan diri umumnya berhubungan dengan kesempatan berkarier lebih baik, ketidakcocokan dengan job description, atau lingkungan kerja yang kurang sehat. 

Jangan sampai alasan mengundurkan diri kamu adalah masalah pribadi yang sebetulnya bisa diselesaikan. Pendek kata, hindari memutuskan resign saat kondisi dan emosi kamu sedang tidak stabil. 

Kesiapan keuangan 

Sebelum resign dari perusahaan, periksa lagi kesiapan keuangan kamu saat ini. Apakah kamu mempunyai dana cukup untuk menunjang biaya hidup selama beberapa bulan mendatang.  

Jauh lebih baik jika kamu sudah mendapat pekerjaan baru atau setidaknya berencana mencari tempat kerja baru. Dengan begitu, kamu terhindar dari kesulitan keuangan di waktu mendatang. 

Kebijakan perusahaan 

Sebelum memutuskan resign, tanyakan juga ke bagian HRD terkait prosedur pengunduran diri. Sebagian besar perusahaan menetapkan prosedur spesifik tentang hal ini. 

Misalnya, one month notice, kewajiban menyelesaikan dan mendelegasikan tugas, hingga pengembalian aset milik perusahaan. 

Patuhi dan ikuti semua prosedur pengunduran diri tersebut. Jika semua kamu lakukan dengan rapi, kecil kemungkinan muncul masalah yang tidak kamu hendaki di waktu mendatang. 

Strategi karier selanjutnya 

Strategi karier bukan semata soal kondisi finansial. Ini tentang rencana karier berikutnya yang akan kamu jalani setelah berhenti kerja di perusahaan sekarang. Buat gambaran tentang peluang karier yang tersedia dan pekerjaan mana saja yang ingin kamu lakukan. 

Menyusun strategi karier akan memandu kamu melangkah maju di masa depan. Dengan begitu, kamu tetap bisa produktif dan tidak terjebak dalam situasi menggantung yang membuatmu kebingungan tak tentu arah.  

Baca Juga: Tips Jitu Persiapan Cari Kerja Sebelum & Sesudah Kamu Resign

Hal yang Perlu Ada dalam Surat Pengunduran Diri Kerja 

Ilustrasi contoh surat pengunduran diri kerja.

Terlepas dari format surat resign yang tertera dalam prosedur perusahaan, setidaknya kamu perlu memperhatikan unsur-unsur berikut ketika membuat surat pengunduran diri kerja:

  • Penggunaan kata-kata yang santun sebagai bentuk rasa hormat layaknya profesional. 
  • Jelaskan tujuan yang rasional secara singkat, padat, dan jelas sehingga tidak terkesan bertele-tele.
  • Tuliskan data identifikasi diri, mulai dari nama lengkap, alamat, dan jabatan terakhir di perusahaan.
  • Sampaikan ucapan terima kasih kepada perusahaan dengan tulus.
  • Sertakan permintaan maaf dalam surat jika ada perkataan atau sikap yang kurang berkenan saat bekerja selama ini.

Format Surat Pengunduran Diri Kerja 

Contoh format surat pengunduran diri kerja.

Surat resign adalah jenis surat resmi. Jadi, kamu harus memakai format dan tata bahasa yang baik agar terlihat profesional dan sopan.  

Namun, kalau ini kali pertama kamu membuatnya, template surat resign berikut bisa membantu. 

Kepala surat 

Bagian kepala surat resign berisi tempat, tanggal pembuatan surat, nama penerima, dan alamat yang dituju. 

Isi surat 

Surat resign kerja yang baik dan sopan akan memuat hal-hal di bawah ini

  • Data diri;
  • Tujuan dan alasan pembuatan surat resign;
  • Ungkapan apresiasi pada perusahaan selama masa kerja;
  • Ucapan permohonan maaf;
  • Harapan terkait perusahaan di masa mendatang.

Penutup surat 

Pada bagian penutup, kamu bisa menyampaikan ucapan terima kasih. Di bagian akhir, lengkapi dengan nama dan tanda tangan pembuat surat sebagai pengesahan bahwa surat itu benar diajukan oleh nama bersangkutan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan 

Contoh surat pengunduran diri kerja atau surat resign.

Dari penjelasan sebelumnya, kamu telah mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat menyusun surat resign. Agar bisa mendapat gambaran utuh, berikut beberapa contoh surat pengunduran diri kerja yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Contoh surat resign yang baik dan sopan 

Bandung, 1 Agustus 2023
⁠Yth. Manajer Keuangan
⁠PT Angkasa Jaya
⁠Jl. Gn. Dempo No. 12, Bandung 

Dengan hormat, 

Melalui surat ini, saya Adrian Samuel menyampaikan maksud pengunduran diri dari posisi staf Keuangan PT Angkasa Jaya terhitung tanggal 1 September 2023.  

Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana di Jepang lewat beasiswa LPDP. Saya akan memulai persiapan pendidikan pada bulan September dan berangkat ke Jepang pada Januari 2024.  

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan selama tiga tahun masa bakti di PT Angkasa Jaya. Saya juga memohon maaf jika ada kesalahan yang kurang berkenan selama bekerja di perusahaan.  

Semoga PT Angkasa Jaya makin berkembang dan lebih sukses di masa depan. 

Hormat saya,  

Adrian Samuel 


⁠2. Contoh surat 
resign berbahasa Inggris 

Jakarta, 17th December 2023 

Dear Mr. Surya Akbar 

I am writing to inform you of my resignation from my position as account executive at PT Samudera. My last day of employment will be on 17th January 2024.  

I have accepted a position with another company in Surabaya where my husband is relocating for work. I am grateful for the opportunity to have worked for PT Samudera since 2020.  

I am also thankful for the support and guidance that I have received from my colleagues and managers. I have enjoyed my time here and have learned a great deal.  

I wish you and PT Samudera continued success in the future.  

Sincerely,  

Nindya Alamsyah 


⁠⁠3. Contoh surat pengunduran diri dari pabrik 
 

Karawang, 10 Juli 2023 

Kepada Yth.
⁠Manajer HRD PT Semen Lima Menara
⁠Kawasan Industri Karawang Kav. 55
⁠Jawa Barat 

Dengan hormat,  

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama: M. Rifki Adrianto
⁠Jabatan: Operator Mesin 

Dengan ini bermaksud menyampaikan pengunduran diri dari jabatan Operator Mesin di PT Semen Lima Menara terhitung pada 10 Agustus 2023. 

Selama lima tahun bekerja di PT Semen Lima Menara, saya telah belajar banyak dan berkembang lebih baik. Saya juga berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan hingga sampai di titik ini. Saya memutuskan mengundurkan diri untuk mencari tantangan baru di tempat lain.  

Semoga PT Semen Lima Menara makin maju dan sukses di masa mendatang.

Demikian surat resign pabrik ini saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak. 

Hormat saya,  

M. Rifki Adrianto  


⁠4. Contoh surat pengunduran diri sederhana
 

Semarang, 11 Januari 2023 

Kepada Yth. 
Ibu Sarah Amira
⁠Pemilik Restoran Makan Enak 
⁠Jl. Gajah Mada No. 277
⁠Semarang 

Dengan hormat,  

Melalui surat ini, saya Dewika Sari bermaksud untuk mengundurkan diri dari posisi Admin Sosial Media Restoran Makan Enak, terhitung tanggal 17 Februari 2023. 

Selama tiga tahun bekerja di Restoran Makan Enak, saya telah berkembang pesat. Saya juga sangat berterima kasih karena Ibu memberi kesempatan untuk belajar hal-hal baru bersama tim manajemen. 

Saya memutuskan mengundurkan diri karena akan menikah dan pindah kota ke Bandung mengikuti suami.  

Saya berharap Restoran Makan Enak terus laris manis dan lebih sukses di masa depan. 

Hormat saya,  

Dewika Sari 

Baca Juga: Hindari Burnout, Ini Tips Jaga Kesehatan Mental dan Fisik!


⁠5. Contoh surat resign kerja bahasa Indonesia
 

Sukabumi, 11 Maret 2023 

Kepada Yth.
⁠Manajer PT Ayam Lezat Sekali
⁠Cabang Sukabumi Kota
⁠Sukabumi 

Dengan hormat,  

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama: Nova Ananto Rusli
⁠No. KTP: 1234567890123
⁠Alamat: Gang Delima X No. 22, Sukaraja
⁠NPK: 1920
⁠Jabatan: Staf 

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai staf PT Ayam Lezat Sekali karena sedang mengalami masalah kesehatan yang membuat saya sulit mengikuti jam operasional restoran. 

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan PT Ayam Lezat Sekali kepada saya selama empat tahun bekerja. Saya yakin semua itu menjadi pengalaman berharga sebagai bekal pengembangan karier selanjutnya. 

Semoga PT Ayam Lezat Sekali makin sukses di masa mendatang. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.  

Hormat saya,  

Nova Ananto Rusli


⁠6. Contoh surat 
resign di masa percobaan 

Jakarta, 11 Juni 2023 

Kepada Yth. 
Pimpinan PT Sakti Madani
⁠Jl. Gajah Mada No. 123
⁠Jakarta Pusat 

Dengan hormat,  

Melalui surat ini, saya Andar Rahmadi bermaksud mengundurkan diri dari posisi Staf IT PT Sakti Madani terhitung tanggal 18 Juli 2023. 

Saya telah bekerja selama enam bulan dalam masa percobaan di PT Sakti Madani. Meski singkat, saya merasa mengalami banyak perkembangan berkat bimbingan senior dan pimpinan.

Saya memutuskan mengundurkan diri karena telah lolos beasiswa di luar negeri untuk melanjutkan studi. Saya akan memulai studi pada Oktober 2023.   

Saya berterima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan selama ini. Semoga PT Sakti Madani makin jaya dan sukses.  

Hormat saya,  

Andar Rahmadi 

 
7. Contoh surat pengunduran diri karyawan hotel 

Surabaya, 2 Februari 2023 

Kepada Yth.
⁠Manajer HRD
⁠Hotel Bahtera Biru
⁠Jl. Raya Darmo No. 877
⁠Surabaya 

Dengan hormat,  

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama: Kusumawati
⁠Jabatan: Front Officer 

Bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari posisi tersebut di Hotel Bahtera Biru terhitung mulai 3 Maret 2023.  

Saya memutuskan mengundurkan diri karena ingin merintis bisnis sendiri. Saya sudah lama mempunyai ide bisnis yang sudah disiapkan dan merasa ini waktu tepat mewujudkannya. 

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan belajar selama dua tahun di Hotel Bahtera Biru. Segala informasi terkait transisi pekerjaan akan saya siapkan dan selesaikan segera.  

Saya berharap Hotel Bahtera Biru terus berkembang dan menjadi hotel terbaik di Surabaya. 

Hormat saya,  

Kusumawati 

 
8. Contoh surat pengunduran diri karena pindah domisili 

Bandung, 2 Maret 2023 

Kepada Yth. 
Pimpinan PT Agri Perkasa
⁠Jl. Citarum No. 22A
⁠Bandung 

Dengan hormat,  

Melalui surat ini, saya Adri Mahesa bermaksud untuk mengundurkan diri dari posisi General Manager PT Agri Perkasa, terhitung tanggal 12 April 2023. 

Selama 10 tahun bekerja di PT Agri Perkasa, saya telah belajar banyak hal dan membangun karier yang baik. Untuk itu, perhatiannya saya ucapkan berterima kasih kepada Bapak/Ibu Pimpinan atas berbagai kesempatan yang diberikan. 

Namun, saya memutuskan mengundurkan diri karena harus pindah domisili ke Cirebon untuk merawat orang tua saya yang sedang menjalani masa pemulihan pasca stroke.   

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Semoga PT Agri Perkasa terus sukses di masa mendatang.

Hormat saya,  

Adri Mahesa 


⁠9. Contoh surat
 resign simple 

Solo, 1 Juni 2023 

Yth. Manajer SDM PT Aman Sejahtera
⁠Jl. Slamet Riyadi No. 233
⁠Solo 

Dengan hormat,  

Saya Wirasti Wijaya, staf QC di PT Aman Sejahtera ingin memberitahukan pengunduran diri dari posisi tersebut terhitung tanggal 7 Juli 2023.  

Alasan pengunduran diri adalah ingin fokus merawat dan membesarkan anak yang berkebutuhan khusus.  

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan selama empat tahun bekerja. Mohon maaf jika ada kesalahan yang kurang berkenan, baik disengaja maupun tidak. 

Semoga PT Aman Sejahtera terus sukses di masa depan. Demikian surat ini disampaikan tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun. 

Hormat saya,  

Wirasti Wijaya 


⁠10. Contoh surat pengunduran diri tulis tangan 
simple 

Makassar, 18 Februari 2023 

Yth. Pimpinan PT Merah Abadi
⁠Jl. Ahmad Yani No. 87
⁠Makassar 

Dengan hormat,  

Melalui surat ini, saya Natasha Andani hendak menyampaikan pengunduran diri dari posisi Sekretaris Direktur Keuangan, terhitung tanggal 18 Maret 2023. 

Keputusan pengunduran diri ini saya buat atas dasar keinginan membantu mengembangkan bisnis keluarga di bidang kuliner.  

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan bekerja dan menimba ilmu selama lima tahun berkarier di PT Merah Abadi. Saya berharap semoga perusahaan yang Bapak pimpin makin maju dan sukses di kemudian hari. 

Hormat saya,  

Natasha Andani 


⁠11. Contoh surat pengunduran diri dari perusahaan
startup

Bandung, 18 Januari 2023 

Kepada Yth. 
Pimpinan PT Ventura Darma
⁠Jl. Cipaganti No. 234
⁠Bandung 

Dengan hormat,  

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama: Laras Adiwijaya
⁠Jabatan: Sales Marketing Manager 

Bermaksud menyampaikan pengunduran diri dari posisi tersebut di PT Ventura Darma terhitung per tanggal 19 Februari 2023.  

Selama 10 tahun bekerja sebagai Sales Marketing Manager, keterampilan dan pengetahuan saya berkembang pesat. Saya juga sangat berterima kasih karena Bapak/Ibu memberi kesempatan belajar dan berkolaborasi dengan tim manajemen. 

Saya memutuskan mengundurkan diri karena ingin fokus pada pekerjaan freelance sebagai ilustrator penuh waktu. Saya berharap PT Ventura Darma terus berkembang dan sukses di masa mendatang. 

Hormat saya,  

Laras Adiwijaya 


⁠12. Contoh surat pernyataan pengunduran diri dengan tanggal akhir kerja
 

Tangerang, 11 Mei 2023 

Kepada Yth. 
Pimpinan Toko Roti Kudapan
⁠Jl. Pasar Anyar No. 222
⁠Tangerang 

Dengan hormat,  

Melalui surat ini, saya Mareta Indah ingin menyampaikan pengunduran diri dari posisi asisten chef di Toko Roti Kudapan. 

Selama tiga tahun bekerja di Toko Roti Kudapan, saya belajar banyak hal dari Chef Kepala dan Ibu Astari selaku pemilik sekaligus pimpinan.  

Saya memutuskan mengundurkan diri karena hendak membuka usaha bakery sendiri. Saya akan mengakhiri masa kerja di Toko Roti Kudapan pada tanggal 13 Juni 2023.   

Sampai waktu tersebut, segala urusan pekerjaan akan saya serah terima kepada rekan kerja yang ditunjuk.  

Terima kasih atas kesempatan Ibu karena telah mempercayai saya bekerja di sini. Semoga Toko Roti Kudapan terus berkembang dan diserbu pelanggan.  

Hormat saya,  

Mareta Indah 


⁠Alasan Pengunduran Diri 

Seorang wanita sedang bersiap meninggalkan kantor setelah menyerahkan surat pengunduran diri atau surat resign ke HRD.

Contoh surat pengunduran diri dari jabatan di atas bisa memberimu gambaran saat mengajukan surat resign. Maka, penting bagimu untuk menyampaikan resign dengan alasan tepat.  

Memang, urusan pengunduran diri bisa jadi sangat personal. Namun, biasanya orang menggunakan beberapa alasan berikut sebagai mengundurkan diri dari pekerjaan:

  • Mendapat tawaran pekerjaan yang lebih baik
  • Ingin menempuh pendidikan lanjutan
  • Lingkungan kerja yang beracun (toxic)
  • Mengalami kendala dalam manajemen waktu
  • Kesulitan untuk berkembang di posisi saat ini
  • Berniat melakukan perubahan jalur karir
  • Gaji yang tidak sebanding dengan beban kerja
  • Tempat tinggal pindah ke kota lain mengikuti keluarga
  • Perubahan struktur organisasi perusahaan
  • Alasan kesehatan pribadi yang tidak memungkinkan untuk bekerja aktif
  • Tengah membangun komitmen terhadap hubungan pribadi
  • Ketidakpuasan terhadap tanggung jawab saat ini
  • Berniat memulai usaha sendiri
  • Perpindahan lokasi kantor
  • Perubahan jabatan atau peran dalam pekerjaan 
  • Baru melahirkan atau memiliki anak yang tidak dapat ditinggal kerja.  

Baca Juga: Workplace Toxicity: 5 Hal ini akan Mempengaruhi Anda

Cara Mengundurkan Diri yang Profesional 

Seorang HRD sedang membuat surat pengunduran diri kerja atau surat resign karyawan perusahaan.

Nah, sudah mantap ingin memutuskan resign? Berikutnya, kamu harus bersiap-siap agar mampu menyampaikan niat permohonan pengunduran diri secara profesional. Yuk, perhatikan langkah-langkah berikut:

Tentukan waktu pengunduran diri 

Tentukan kapan kamu akan resign. Ingat, jangan resign secara tiba-tiba dan terapkan one month notice seperti yang sudah dijelaskan di atas, ya. 

Cari waktu yang tepat untuk resign agar tidak merepotkan rekan kerja, atasan, maupun pihak perusahaan. Meski begitu, pertimbangkan juga kondisi khusus yang sedang kamu alami. Misalnya, kelahiran anak, pindah tempat tinggal, atau kondisi pribadi lain. 

Usulkan dan bicarakan rencana pengunduran diri dengan atasan 

Selanjutnyakamu harus mengusulkan dan membicarakan rencana pengunduran diri dengan atasan. Jadi, mereka juga sempat berdiskusi tentang keputusanmu dan langkah apa yang perlu dilakukan selanjutnya.  

Jika perusahaan keberatan dengan waktu pilihanmu, silakan bernegosiasi dengan atasan. Tentukan dan sepakati bersama kapan waktu yang tepat.  

Pada kasus lain, bisa saja perusahaan tidak menyetujui pengunduran diri karena sulit mencari pengganti. Dalam situasi demikian, ada kemungkinan perusahaan memberi opsi penawaran, seperti promosi, gaji naik, atau benefit lainnya.  

Buat surat pengunduran diri kerja 

Jika diskusi dengan atasan mencapai kesepakatan, waktunya kamu menulis surat pengunduran diri. Contoh surat pengunduran diri dari perusahaan swasta di atas dapat kamu jadikan referensi. 

Lalu, ajukan surat kepada atasan dan tembuskan ke bagian HRD sebagai data. Para atasan juga akan menjadikannya sebagai bahan pertimbangan bersama.  

Pakai format surat resign yang telah disinggung sebelumnya. Jangan lupa perhatikan pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar, atau grammar dan pemilihan kata jika memakai bahasa Inggris.  

Rampungkan pekerjaan dan tanggung jawab sebelumnya

Sekalipun sudah menyampaikan surat resign, kamu tidak bisa lepas dari tanggung jawab begitu saja. Salah satu syarat karyawan boleh mengundurkan diri adalah tetap melakukan kewajiban dan tanggung jawab hingga tanggal resign berlaku.  

Jadi, kamu harus merampungkan semua pekerjaan dan tanggung jawab. Resign tidak serta merta meniadakan kewajiban yang bisa membuatmu kabur begitu saja. 

Justru untuk memperkuat kesan profesional, delegasikan pekerjaan ke rekan kerja dan selesaikan tanggung jawab hingga akhir.

Kesimpulan

Kini kamu telah memahami seperti apa contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan. Sama seperti saat memulai kerja di perusahaan, kamu pun harus mengakhiri masa kerja dengan meninggalkan kesan positif.  

Jadi, bersikap santun lewat surat pengunduran diri kerja yang baik akan mencerminkan sikap profesional sekaligus menjadi bentuk apresiasi terhadap perusahaan. 

Bagaimana jika kamu masih bingung atau menimbang-nimbang banyak hal tentang karier saat ini? 

Nah, coba telusuri deretan Tips Karier di situs Jobstreet by SEEK. Selain tips sukses melamar kerja, ada banyak strategi produktivitas yang bisa kamu terapkan.

Setelah itu, jangan lupa perbarui profil Jobstreet kamu dan temukan lowongan kerja yang tepat. 

Download aplikasi Jobstreet di Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan untuk mengakses informasi terbaru seputar dunia kerja hanya dalam satu genggaman saja! Semoga berhasil!

Pertanyaan Seputar Surat Pengunduran Diri Kerja

  1. Bagaimana cara membuat surat pengunduran diri?
    ⁠Gunakan kalimat yang santun sebagai bentuk rasa hormat. Sampaikan alasan dan tujuan mengundurkan diri secara singkat dan jelas. Tidak lupa, cantumkan data identifikasi diri, mulai dari nama lengkap, alamat, dan jabatan terakhir di perusahaan. Lalu, pastikan kamu tulis ucapan terima kasih dan permintaan maaf sebagai refleksi diri selama bekerja di perusahaan.
  2. Alasan apa saja untuk mengundurkan diri dari pekerjaan?
    ⁠Biasanya, orang mengundurkan diri dari pekerjaan karena mendapat tawaran pekerjaan yang lebih baik, ingin lanjut studi, lingkungan kerja yang tidak suportif, tidak ada jenjang karier, gaji tidak sepadan, hingga alasan kesehatan pribadi.
  3. Apakah resign kerja harus pakai surat?
    ⁠Ya, karena resign juga berkaitan dengan sikap kita sebagai seorang profesional dalam bekerja. Secara administrasi, surat pengunduran diri kerja juga menjadi dasar bagi perusahaan dalam mengambil keputusan terkait kejelasan status karyawan bersangkutan. Misalnya, penghentian pemberian gaji dan tunjangan, pengalihan tugas ke karyawan lain, atau dasar melakukan perekrutan baru.
  4. Apakah surat resign bisa ditolak?
    ⁠Bisa. Perusahaan dapat memiliki beberapa alasan khusus yang membuat surat pengunduran diri karyawan ditolak atau ditunda. Umumnya, perusahaan memberikan penawaran kepada karyawan agar menyepakati keputusan tersebut, seperti kenaikan gaji, promosi jabatan, hingga benefit lain yang bisa membuat karyawan bertahan.  
  5. Kapan sebaiknya mengajukan surat resign?
    ⁠Sebagian besar perusahaan memberlakukan one month notice untuk pengunduran diri. Artinya, kamu perlu mengajukan surat resign selambatnya satu bulan sebelum tanggal resmi berhenti. Maka, tidak ada salahnya mempelajari cara buat surat resign lebih awal sebagai pengetahuan dasar. 
  6. Apakah surat resign harus tanda tangan?
    ⁠Ya, untuk menunjukkan keabsahan, bahwa yang bertanda tangan dalam surat benar-benar menuliskan surat tersebut. Namun, pada beberapa perusahaan, tanda tangan digital sudah diberlakukan atau memiliki prosedur lain yang memungkinkan surat pengunduran diri lewat email. 
  7. Apakah surat resign boleh ditulis tangan?
    ⁠Boleh saja. Misalnya untuk buruh pabrik yang ingin mengajukan resign karyawan pabrik melalui surat pengunduran diri tulis tangan. Namun, ini kembali kepada kebijakan dan prosedur setiap perusahaan. Untuk memberikan kesan formal, surat resign yang diketik dan disimpan sebagai contoh surat pengunduran diri doc masih jadi praktik umum. Jangan lupa bubuhkan tanda tangan basah agar lebih sah.

More from this category: Resign

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.