10 Contoh Surat Keterangan Kerja (Panduan Lengkap + Template Gratis)

10 Contoh Surat Keterangan Kerja (Panduan Lengkap + Template Gratis)
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 05 December, 2023
Share

Tim rekruiter HRD akan memastikan keaslian info di CV kamu dengan meminta surat keterangan kerja. Lantas, bagaimana cara buat surat keterangan ini? Apakah kamu wajib untuk memilikinya? 

Saat melamar kerja, kamu menuliskan riwayat kerja di CV untuk menunjukkan pengalaman kerja.

Namun, kamu juga memerlukan surat keterangan ini untuk membuktikan keaslian pengalaman kerja kamu. 

Apa itu surat keterangan kerja?

Surat keterangan kerja adalah surat yang dibuat oleh perusahaan, lembaga, instansi, atau organisasi.  

Surat ini dibuat untuk menerangkan bahwa seseorang adalah karyawan resmi di sebuah perusahaan. 

Fungsi surat keterangan aktif kerja dari perusahaan bisa dipakai untuk melamar pekerjaan. Tim rekruiter kantor baru pun bisa lebih yakin akan pengalaman karyawan.  

Namun, surat ini ternyata berbeda dari surat pengalaman kerja. Apa saja perbedaannya? 

Perbedaan surat keterangan kerja dan surat pengalaman kerja

Surat keterangan masa kerja menjelaskan bahwa seseorang merupakan karyawan aktif di suatu perusahaan. 

Umumnya, surat keterangan kerja karyawan diberikan saat masih aktif bekerja di perusahaan tersebut. Baik karyawan tersebut berstatus sebagai karyawan kontrak, tetap, maupun karyawan magang

Sedangkan, surat pengalaman bekerja diberikan perusahaan kepada karyawan saat tidak lagi bekerja. Baik setelah karyawan pensiun, resign, atau pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Banyak orang juga menyebut surat keterangan pengalaman kerja dengan paklaring

Kegunaan surat keterangan kerja

Apa pun jenis pekerjaan yang ditekuni, tiap karyawan berhak mendapatkan surat keterangan ini.

Bahkan pekerja toko juga berhak meminta surat keterangan kerja di toko kepada atasan. Soalnya, dokumen satu ini memiliki kegunaan yang cukup beragam.  

Contohnya, seorang mahasiswa terpaksa skip kuliah karena harus mencari nafkah. Nah, mahasiswa bisa menyerahkan surat keterangan kerja untuk kuliah agar diizinkan pihak kampus. 

Surat keterangan aktif kerja juga bisa kamu manfaatkan untuk berbagai kegunaan berikut: 

1. Melamar pekerjaan baru

Seorang HRD sedang memeriksa dokumen lamaran yang berisi CV dan surat keterangan kerja.

Fungsi surat keterangan kerja karyawan bisa kamu gunakan untuk apply pekerjaan baru

Surat keterangan ini juga menyediakan info terkait riwayat pekerjaanmu di perusahaan saat ini. Tidak hanya menjadi dokumen pendukung untuk proses rekruitmen. 

Surat ini juga mencatat pencapaian karyawan selama masa kerja. Sehingga surat ini menjadi pertimbangan kuat bagi tim rekruiter untuk menerima lamaran karyawan

2. Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Surat keterangan kerja adalah dokumen wajib saat kamu perlu melakukan aktivitas tertentu. Salah satunya adalah untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan. 

Supaya saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa cair, kamu harus melampirkan surat keterangan kerja.

3. Mengajukan pinjaman ke bank

Kamu bisa menggunakan surat keterangan kerja dari perusahaan untuk mengajukan pinjaman ke bank. 

Bank membutuhkan surat ini untuk mengetahui posisi kamu di perusahaan. Bank juga ingin memastikan bahwa penghasilan kamu layak untuk melunasi cicilan pinjaman. 

4. Mengajukan beasiswa

Untuk pengajuan beasiswa, kamu perlu menyiapkan surat keterangan masa kerja sebagai syarat dokumen. 

Pastikan juga surat tersebut sudah dilegalisir oleh perusahaan, ya. Jadi, kamu tidak perlu membuat surat keterangan kerja Word sendiri. Tapi kamu bisa langsung meminta ke tim HR atau atasan. 

5. Mengajukan cicilan KPR

Kegunaan ini mirip dengan pengajuan pinjaman ke bank. Karena umumnya program KPR juga disediakan oleh bank. 

Surat keterangan kerja perusahaan membuat pihak bank yakin untuk menyetujui permohonan KPR kamu. 

6. Mengajukan aplikasi paspor

Kamu juga memerlukan surat keterangan ini jika ingin membuat paspor. Biasanya, petugas imigrasi melakukan verifikasi identitas secara menyeluruh, termasuk status pekerjaan. 

Biasanya, petugas imigrasi melakukan verifikasi identitas secara menyeluruh, termasuk status pekerjaan. 

Format surat keterangan kerja yang baik dan benar

Perusahaan harus bersedia memberikannya kepada karyawan bersangkutan. Sebab kegunaan surat keterangan ini penting untuk berbagai kebutuhan hidup. Cara buat surat keterangan kerja sama sekali tidak sulit, kok. 

Umumnya format dokumen satu ini cukup simpel sehingga mudah diikuti. Meskipun mungkin tiap perusahaan memiliki template surat keterangan kerja yang berbeda. 

1. Kop surat resmi

Di bagian teratas dokumen, wajib ada kop surat yang mencantumkan nama perusahaan dan alamat kantor. Jika memiliki nomor telepon, perusahaan juga wajib menyertakannya pada kop surat keterangan kerja.

2. Perihal surat

Di bawah kop surat, tuliskan perihal atau tujuan surat tersebut. Kamu bisa menuliskan “Surat Keterangan Kerja” pada bagian perihal. Sebab tujuan perihal adalah untuk menerangkan status kerja karyawan. 

Jika ingin lebih detail, dapat juga ditambah keterangan seperti “Surat Keterangan Kerja untuk Kuliah”, “Surat Keterangan Kerja untuk Visa”, atau “Surat Keterangan Kerja di Perusahaan XYZ”. 

3. Biodata karyawan dan posisi terakhir

Bagian selanjutnya dari format surat keterangan kerja adalah biodata karyawan. 

Tuliskan nama karyawan, jabatan atau posisi, serta nomor identitas diri (KTP). Jabatan yang dimaksud adalah jabatan terakhir karyawan ketika surat tersebut dibuat.

4. Pernyataan resmi dari perusahaan

Setelah itu, pihak perusahaan menuliskan pernyataan penjelasan. Tujuannya untuk menjelaskan bahwa karyawan tersebut memang benar merupakan pekerja aktif di perusahaan. 

Jangan lupa juga mencantumkan penilaian dari atas terhadap karyawan yang bersangkutan. 

5. Tandatangan dan cap

Sementara itu, bagian terakhir diisi dengan penutup. Surat tersebut wajib diberi cap dan tanda tangan dari pihak HR atau atasan. 

Tidak lupa disertai dengan nama jelas penanda tangan serta tanggal pembuatan surat. 

10 Contoh surat keterangan kerja

Seorang HRD bersalaman dengan karyawan setelah menyerahkan surat keterangan kerja.

Setelah mengetahui apa itu surat keterangan kerja dan formatnya, kini saatnya kamu mengintip berbagai contoh surat keterangan kerja karyawan supaya lebih mudah membuatnya. Kamu bisa menjadikan contoh-contoh berikut sebagai template surat keterangan kerja untuk berbagai keperluan.

⁠Seluruh contoh surat keterangan kerja dari perusahaan berikut ini mengikuti format yang telah disebutkan di atas. Contoh pertama akan menjadi template, lalu berikutnya tinggal mengubah keterangan kebutuhannya saja, namun bagian awal dan akhir sama.

1. Contoh surat keterangan kerja untuk melamar pekerjaan

PT SUKSES SEJAHTERA SELALU
⁠Jalan Kenangan No. 17, Bekasi, Jawa Barat


SURAT KETERANGAN KERJA
⁠⁠No. 127/SKK-J/W-2023

Hal: Surat Keterangan Kerja

Kepada yang berkepentingan,

Melalui surat ini, kami dari PT SUKSES SEJAHTERA SELALU menyatakan bahwa:

Nama: Abian Abitama
⁠Alamat: Jalan Raya Ikan Terbang Blok C-14, Tangerang Selatan, Jawa Barat
⁠Jabatan: Marketing Supervisor

Dengan sebenar-benarnya telah bekerja di perusahaan kami sejak 1 Mei 2021 hingga saat ini. 

Saudara Abian Abitama telah memberikan kontribusi baik untuk PT SUKSES SEJAHTERA SELALU sebagai Marketing Supervisor, dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan.

Demikian surat keterangan kerja ini kami buat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Bekasi, 22 November 2023
⁠Direktur PT SUKSES SEJAHTERA SELALU

⁠Thalia Hadi

2. Contoh surat keterangan pengalaman kerja untuk pembuatan NPWP

PT SUKSES SEJAHTERA SELALU
Jalan Kenangan No. 17, Bekasi, Jawa Barat


SURAT KETERANGAN KERJA
No. 127/SKK-J/W-2023

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

Surat keterangan kerja ini kami terbitkan untuk kebutuhan Saudara Abian Abitama dalam pembuatan NPWP.

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

3. Contoh surat keterangan kerja untuk KPR

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

Surat keterangan kerja ini kami terbitkan untuk kebutuhan Saudara Abian Abitama sebagai syarat pengajuan KPR. Segala hal terkait pembayaran atas tagihan KPR merupakan tanggung jawab karyawan yang bersangkutan. 

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

Thalia Hadi 

4. Contoh surat keterangan kerja karyawan untuk pembukaan rekening

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

Surat keterangan kerja ini kami terbitkan untuk kebutuhan Saudara Abian Abitama dalam pembuatan rekening di Bank ABC cabang Tangerang Selatan. 

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

5. Contoh surat kerja untuk pencairan BPJS Ketenagakerjaan

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

Surat keterangan kerja ini kami terbitkan untuk kebutuhan Saudara Abian Abitama sebagai syarat pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan.

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

6. Contoh surat keterangan kerja dari perusahaan untuk melanjutkan studi

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

Surat keterangan kerja ini kami terbitkan untuk kebutuhan Saudara Abian Abitama sebagai syarat mengikuti program beasiswa profesional. Selama bekerja sebagai Marketing Supervisor di PT SUKSES SEJAHTERA SELALU, karyawan selalu berperilaku baik dan memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

7. Contoh surat keterangan kerja Bahasa Inggris

Beberapa situasi mungkin mengharuskan karyawan untuk menyiapkan surat keterangan kerja bahasa Inggris, misalnya sebagai syarat mendaftar beasiswa kuliah di luar negeri atau pembuatan visa. Begini contohnya:

CERTIFICATE OF EMPLOYMENT 
⁠No. 127/SKK-J/W-2023

To whom it may concern, 

This is to certify that Mr. Abian Abitama has been employed by PT SUKSES SEJAHTERA SELALU as a Marketing Supervisor since May 1st, 2022 until today. 

Mr. Abian Abitama has been doing an excellent job fulfilling his tasks and exceeding our expectations. As a Marketing Supervisor, he’s always been responsible, honest, and reliable. He has an incredible attitude and work performance as well as a great team player.

This certificate of employment is being issued upon Mr. Abian’s request for whatever purpose it may serve. 

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

8. Contoh surat keterangan pengalaman kerja untuk paspor

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

Surat keterangan kerja ini kami terbitkan untuk kebutuhan Saudara Abian Abitama dalam pembuatan paspor, karena karyawan yang bersangkutan akan melakukan perjalanan dinas ke Bangkok, Thailand.

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

9. Contoh surat keterangan kerja untuk visa

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

Surat keterangan kerja ini kami terbitkan untuk kebutuhan Saudara Abian Abitama dalam pembuatan visa, karena karyawan yang bersangkutan akan melakukan perjalanan dinas ke Melbourne, Australia. 

Demikian surat keterangan kerja ini kami buat untuk digunakan sebagaimana mestinya. 

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

10. Contoh surat bekerja untuk pembuatan rekomendasi kerja

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

Saudara Abian Abitama telah memberikan kontribusi baik untuk PT SUKSES SEJAHTERA SELALU sebagai Marketing Supervisor, dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan. 

Selama dua tahun lebih, karyawan yang bersangkutan juga pernah berkontribusi meningkatkan penjualan perusahaan hingga 35% selama periode Juli-Desember 2022. 

[Bagian ini sama seperti contoh nomor 1]

Kesimpulan

Surat keterangan kerja adalah keterangan bahwa seseorang adalah karyawan aktif di suatu perusahaan. 

Bahkan saat melamar kerja secara online seperti melalui Jobstreet by SEEK, ada beberapa perusahaan yang akan meminta kamu melampirkan surat keterangan bekerja, lho. 

Jadi, kalau belum punya, jangan ragu minta ke pihak perusahaan kamu. 

Setelah itu, buatlah akun di Jobstreet. Kamu bisa mendapat notifikasi saat ada lowongan pekerjaan yang match dengan profilmu.  

Jobstreet by SEEK juga tersedia sebagai aplikasi mobile sehingga aksesnya lebih mudah dan praktis. Yuk, download sekarang melalui App Store atau Google Play Store!

Pertanyaan seputar surat keterangan kerja

  1. Bagaimana cara buat surat keterangan kerja?
    Surat ini bisa dibuat dengan mengikuti format umum yang benar. Formatnya terdiri dari:
    ⁠- Kop surat resmi
    ⁠- Perihal surat
    ⁠- Biodata karyawan dan jabatan terakhir
    ⁠- Pernyataan resmi dari perusahaan
    ⁠- Cap dan tandatangan
    ⁠Terkait perihal surat, perusahaan bisa mengisinya sesuai tujuan. Misalnya pada contoh surat keterangan kerja untuk KPR, bagian perihal dapat diisi dengan “Pengajuan KPR”.

  2. Bagaimana alur meminta surat keterangan kerja ke perusahaan?
    Tiap perusahaan memiliki alur masing-masing untuk keperluan pembuatan surat ini. Namun, umumnya karyawan bisa langsung meminta ke bagian HR perusahaan.

  3. Surat keterangan kerja minta di mana?
    Karyawan dapat meminta pembuatan surat ini ke bagian HR perusahaan masing-masing.

  4. Apakah bisa membuat surat keterangan kerja sendiri?
    Template surat ini memang sederhana sehingga karyawan bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Namun, karyawan sebaiknya tidak membuat surat ini sendiri. Sebab dokumen ini merupakan hasil pernyataan resmi dari perusahaan. 

  5. Apa saja isi surat keterangan kerja?
    Isi surat keterangan ini adalah:
    - ⁠Kop surat resmi
    ⁠- Perihal surat
    ⁠- Biodata dan jabatan terakhir karyawan
    ⁠- Pernyataan resmi dari perusahaan
    ⁠- Cap dan tandatangan.

  6. Apakah perusahaan wajib memberikan surat keterangan kerja?
    Ya, perusahaan wajib memberikan surat keterangan ini kepada karyawan yang meminta pembuatannya.

  7. Surat keterangan kerja untuk apa?
    ⁠Surat ini menjelaskan bahwa seseorang bekerja sebagai karyawan aktif di suatu perusahaan. Karyawan bisa menggunakan surat ini untuk berbagai keperluan. Contohnya digunakan untuk melamar pekerjaan, mencairkan dana BPJS, hingga mengajukan pinjaman di bank. 

  8. Bagaimana contoh surat keterangan kerja yang benar?
    Contoh surat keterangan ini bisa kamu lihat pada artikel di atas.

  9. Apa itu surat keterangan memiliki pengalaman di bidang kerja yang relevan?
    Surat ini menerangkan bahwa bidang kerja karyawan relevan dengan kebutuhan lowongan pekerjaan.

  10. Apa jabatan yang membuat surat keterangan kerja?
    Pihak yang membuat surat keterangan ini biasanya Departemen Sumber Daya Manusia atau HR.

  11. Apakah surat keterangan kerja memuat tingkah laku dan kemampuan kerja?
    ⁠Surat keterangan ini tidak harus memuat tingkah laku dan kemampuan kerja karyawan. Namun, untuk keperluan tertentu seperti melamar pekerjaan, hal tersebut bisa dicantumkan pada surat.

  12. Bagaimana jika perusahaan tidak memberikan surat keterangan kerja?
    ⁠Karyawan bisa membicarakan hal ini secara baik-baik dengan perusahaan. Atau karyawan juga bisa juga melalui jalur hukum.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.