20+ Contoh Pertanyaan Saat Wawancara Kerja yang Paling Sering Muncul

20+ Contoh Pertanyaan Saat Wawancara Kerja yang Paling Sering Muncul
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 11 August, 2023
Share

Dalam proses perekrutan, wawancara kerja merupakan salah satu rangkaian terpenting untuk menentukan seseorang akan mendapatkan pekerjaan atau tidak. Ada banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum bertemu dengan perekrut agar dapat memberikan impresi pertama yang baik. Untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari perekrut dengan baik, tentunya kamu perlu berlatih dan mulai mencoba memahami dirimu sendiri dengan lebih baik.

Dalam artikel ini, kamu akan menemukan berbagai macam pertanyaan yang sering diajukan perekrut ketika wawancara kerja, cara menjawab pertanyaan wawancara, serta tips menghadapi wawancara kerja. Baca terus artikel ini untuk mengetahui strategi membuat impresi pertama terbaik untuk perekrut!

Tipe-tipe pertanyaan saat wawancara kerja

Tipe-tipe pertanyaan saat wawancara kerja

Mengetahui jenis-jenis pertanyaan saat wawancara kerja akan dapat membantumu memberikan jawaban yang tepat dengan tenang dan tidak gugup. Berikut adalah beberapa jenis pertanyaan yang diajukan saat wawancara kerja:

Pertanyaan terkait perilaku (behavioural questions)

Beberapa contoh pertanyaan yang dapat memperlihatkan perilaku kandidat ketika berada dalam lingkungan kerja adalah:

  • Ceritakan bagaimana kamu menghadapi tantangan dalam lingkungan kerja?
  • Bagaimana cara kamu menghadapi konflik yang terjadi dengan sesama rekan kerja?
  • Bagaimana cara kamu menghadapi perubahan di tempat kerja?
  • Kamu lebih suka bekerja sendiri atau dengan tim?
  • Ceritakan proses pengambilan keputusan dalam menghadapi suatu masalah.

Perekrut biasanya memberikan jenis pertanyaan ini untuk melihat apakah ada perilaku bermasalah yang ada pada kandidat seperti menyelesaikan konflik dengan berkelahi atau membuat keputusan yang kurang tepat. Untuk menjawab jenis pertanyaan berikut, kamu dapat menceritakan pengalaman dalam memecahkan masalah yang ada di pekerjaan sebelumnya atau kamu dapat memberikan contoh spesifik dari solusi yang kamu berikan dalam suatu tantangan atau permasalahan di kantor.

Pertanyaan situasional

Pertanyaan situasional akan diberikan oleh perekrut untuk mengukur kemampuan kandidat dalam mengidentifikasi situasi yang biasanya terjadi dalam tempat kerja. Kamu dapat menjawab pertanyaan ini dengan memberikan perekrut gambaran tentang bagaimana kamu menghadapi masalah yang ada. Jika kamu pernah mengalami situasi serupa, ceritakan juga bagaimana kamu menghadapi situasi tersebut di tempat kerja sebelumnya.

Pertanyaan berikut biasanya berbentuk perandaian dari situasi yang bisa saja terjadi dalam tempat kerja, seperti:

  • Apa yang akan kamu lakukan jika memiliki rekan kerja yang sulit diajak bekerja sama?
  • Apa yang akan kamu lakukan jika tiba-tiba diharuskan melakukan presentasi yang seharusnya dilakukan atasanmu?
  • Apa yang akan kamu lakukan jika atasanmu memberikan tugas yang tidak pernah kamu kerjakan sebelumnya?
  • Apa yang akan kamu lakukan jika kamu melakukan suatu kesalahan dan tidak ada yang menyadarinya?
  • Apa yang kamu lakukan jika merasaburn outatau kewalahan dengan pekerjaan?

Pertanyaan teknis

Selain mengetahui perilaku dan kepribadian seorang kandidat, perekrut tentunya perlu mengetahui kecocokan kompetensi dan kualifikasi kandidat dengan posisi yang dilamar. Jenis pertanyaan teknis berikut biasanya akan diberikan pada saatuser interview. Pertanyaan teknis juga diberikan untuk mengukur apakah kamu memiliki kemampuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan teknis saat wawancara kerja yang dapat mengukur kompetensi seorang kandidat:

  • Apa saja pelatihan yang pernah kamu terima di pekerjaan sebelumnya?
  • Apa saja sertifikasi yang pernah kamu ambil sebelumnya?
  • Ceritakan bagaimana usahamu dalam mencapai target di pekerjaan sebelumnya.
  • Ceritakan pengalaman kamu memimpin sebuah tim atau proyek di pekerjaan sebelumnya.
  • Apa saja yang kamu lakukan untuk menghindari kesalahan dalam melakukan tugas?
  • Bagaimana kamu menyelesaikan masalah di sebuah proyek yang pernah kamu tangani?

Untuk menjawab jenis pertanyaan tersebut, kamu dapat menyiapkan diri dengan membaca kriteria yang tertera diposting-an (kiriman) atau iklan lowongan kerja. Kamu juga bisa menonjolkan bagaimana edukasi, pelatihan, atau sertifikasi yang pernah kamu jalani membantumu mengerjakan tugas harian pekerjaan tersebut.

Pertanyaan umum

Jenis pertanyaan umum adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan oleh perekrut dalam proses wawancara kerja untuk mendapatkan gambaran umum tentang kepribadian serta pengalaman kandidat. Kamu dapat fokus menceritakan tentangsoft skillyang kamu miliki yang dapat menunjang pekerjaan sehari-hari. Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang sudah mempelajari banyak hal tentang posisi yang dilamar, industri, serta calon perusahaan.

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan umum yang sering diajukan oleh perekrut:

  • Perkenalkan dirimu secara singkat.
  • Mengapa kamu melamar posisi ini?
  • Apa yang kamu ketahui tentang industri atau perusahaan ini?
  • Apa saja kekurangan dan kelebihanmu?
  • Apa saja tantangan yang kamu cari di posisi ini?
  • Apa yang ingin kamu capai dalam lima tahun ke depan?

Pertanyaan terkait kemampuan berpikir kreatif dan kritis

Dalam proses wawancara, perekrut juga perlu mengetahui kemampuan berpikir kreatif dan kritis dari seorang kandidat. Oleh karena itu, pertanyaan-pertanyaan yang terdengar seperti teka-teki ataupuzzlebiasanya diberikan oleh perekrut untuk menguji kemampuan penyelesaian masalah seseorang dan apakah orang tersebut kreatif dan dapat berpikir “out of the box”.

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan saat wawancara kerja yang mengasah kemampuan berpikir kritis seorang kandidat:

  • Bisakah kamu mencoba mempromosikan pulpen ini kepada saya?
  • Ada berapa banyak kafe di sekitar kantor ini?
  • Berapa besar sudut antara jarum penunjuk jam dan menit pada jam 13.15?
  • Mana yang lebih dahulu muncul, ayam atau telur?

Pertanyaan terkait privasi

Pertanyaan-pertanyaan yang bersifat personal dan menyentuh privasi kandidat seharusnya tidak diajukan oleh perekrut. Namun, dalam beberapa posisi pekerjaan, data-data personal mungkin dibutuhkan. Contohnya, jika kamu melamar untuk pekerjaan yang membutuhkan mengangkat beban berat, informasi mengenai riwayat penyakit atau disabilitas akan dibutuhkan perekrut.

Berikut adalah contoh pertanyaan yang tidak harus dijawab kandidat:

  • Apakah kamu sudah menikah?
  • Dari suku mana kamu berasal?
  • Apakah kamu sudah memiliki anak? Berapa umur mereka?
  • Di mana kamu tinggal ketika masih sekolah?
  • Di mana kamu bertemu pasanganmu?

Lalu apa yang harus dilakukan jika kamu mendapatkan pertanyaan-pertanyaan privat semacam itu? Kamu dapat mencoba menjawab dengan memastikan bahwa apapun latar belakang kita seperti status pernikahan, suku, serta anak, tidak akan menjadi masalah dan tidak akan mempengaruhi performa pekerjaan ketika bekerja di perusahaan tersebut.

Cara menjawab pertanyaan saat wawancara kerja

Cara menjawab pertanyaan saat wawancara kerja

Metode STAR

Dalam wawancara kerja, beberapa perekrut mungkin akan mengajukan jenis pertanyaan yang harus dijawab kandidat berkaitan dengan pengalaman atau permasalahan yang pernah mereka hadapi dalam bekerja. Untuk dapat memberikan jawaban terbaik, kamu dapat mencoba menjawab dengan menggunakan metode STAR (Situation,Task,Action, danResult).

Berikut adalah contoh pengaplikasian metode STAR ketika menjawab pertanyaan:

  1. Situation
    Ketika menjawab pertanyaan perekrut dengan metode STAR, pastikan kamu mulai dengan menceritakan pengalaman yang kamu alami dengan situasi yang sesuai dengan konteks pertanyaan perekrut. Dalam menjelaskan situasi, kamu tidak perlu memberikan terlalu banyak detail yang tidak berhubungan dengan tugas yang kamu lakukan dalam pekerjaan.
  2. Task
    Selanjutnya, kamu dapat menonjolkan peran dan tanggung jawab dari situasi yang telah kamu jabarkan sebelumnya. Di bagian ini, kamu perlu menekankan hal apa saja yang menjadi tanggung jawab serta target dalam menjalani tugas yang ada.
  3. Action
    Setelah menjelaskan tanggung jawab dalam situasi yang sudah kamu jelaskan, ini saatnya kamu menceritakan hal apa saja yang kamu lakukan untuk mencapai target tersebut. Kamu juga dapat memberikan alasan mengapa kamu memilih tindakan tertentu dalam mencapai tujuan untuk memberikan perekrut gambaran dari proses pengambilan keputusan yang kamu lakukan ketika bekerja.
  4. Result
    Di bagian ini, kamu dapat menunjukkan kepada perekrut bahwa langkah-langkah yang kamu lakukan untuk mencapai target benar-benar efektif dan memiliki dampak yang baik untuk perusahaan. Dalam menjelaskan hasil, pastikan kamu bisa mengukur hasil yang kamu capai menggunakan angka karena hal tersebut akan memberikan impresi yang baik terhadap perekrut.

Metode CAR

Metode lain dalam menjawab pertanyaan saat wawancara kerja yang bisa kamu coba  adalah dengan menggunakan metode Konteks, Tindakan, Hasil atau biasa disebut CAR (Context,Action, danResult). Metode ini akan membantumu menjawab pertanyaan perekrut dengan lebih terstruktur dengan memberikan penjelasan menyeluruh tentang tantangan yang ada, tindakan yang diambil, serta hasil dari strategi yang dilakukan.

Berikut adalah contoh bagaimana menjawab pertanyaan “Jelaskan kemampuan organisasi dalam pekerjaan sehari-hari” menggunakan metode CAR:

  1. Context
    Di bagian ini, kamu dapat mulai dengan menjelaskan konteks secara singkat, padat, dan jelas. Tujuan dalam menjelaskan konteks di awal adalah agar perekrut mengerti situasi atau tantangan yang kamu hadapi.
  2. Action
    Selanjutnya, kamu dapat menjelaskan tindakan apa saja yang kamu lakukan untuk menghadapi tantangan dalam pekerjaan yang ada. Berikan detail tentang metode, teknik, atau alat apa saja yang kamu gunakan dalam mencapai suatu tujuan.
  3. Result
    ⁠Setelah menjelaskan tindakan dan strategi yang dilakukan, ini saatnya kamu menjelaskan hasil dari strategi tersebut. Kamu dapat menggunakan angka untuk menghitung dampak yang kamu berikan untuk perusahaan. Jika apa yang kamu lakukan memiliki efek jangka panjang, kamu juga dapat menjelaskannya kepada perekrut.

Menjelaskan kekurangan dan kelebihan

Dalam proses wawancara kerja, perekrut biasanya memberikan pertanyaan “apa saja kelebihan dan kekurangan kamu?” untuk mengetahui apa saja yang bisa kamu berikan untuk perusahaan, mengukur level kesadaran diri, serta mengukur kemampuan komunikasi.

Berikut ini cara yang bisa kamu gunakan untuk menjelaskan kelebihan tanpa terdengar arogan dan menyebutkan kekurangan tanpa terdengar merendahkan diri sendiri:

  1. Kelebihan diri
    Ketika menyebutkan kelebihanmu, pastikan kamu jujur dan selalu mengaitkan jawabannya dengan deskripsi pekerjaan dari posisi yang kamu lamar. Berikan contoh bagaimana kelebihan yang kamu miliki dapat berguna di pekerjaan sehari-hari.
  2. Kekurangan diri
    Ketika menyebutkan kekurangan dalam sesi wawancara kerja, pastikan kamu tidak menyebutkan kekurangan-kekurangan yang dapat mengganggu performa dalam bekerja. Contohnya, jika kamu melamar menjadi seorang agencustomer service, hindari menyebutkan bahwa kamu memiliki kekurangan ketika bekerja di bawah tekanan. Selain itu, kamu juga bisa menjelaskan cara kamu menangani kekurangan tersebut.

Menunjukkan kecocokan dengan budaya kerja perusahaan

Sebelum kamu menunjukkan kecocokan dengan budaya kerja perusahaan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami budaya kerja mereka. Untuk melakukan hal ini, kamu dapat mencoba mencari tentang perusahaan tersebut di internet dan melihat apa yang merekapostdi media sosial.

Jika kamu sudah memahami nilai-nilai perusahaan, cara bekerja, serta lingkungan kerja perusahaan yang kamu lamar, kamu dapat mulai mencari kecocokan antara budaya kerja tersebut dengan kebiasaan kamu dalam bekerja. Contohnya, jika kamu melamar untuk bekerja di perusahaanstartup, dan kamu adalah seseorang yang memiliki inisiatif tinggi dan dapat bekerja dalam tempo yang sangat cepat, kamu harus menyebutkan aspek-aspek tersebut dalam sesi wawancara.

Contoh-contoh pertanyaan paling sering muncul saat wawancara kerja

Perempuan bersalaman saat wawancara kerja

1. Silakan perkenalkan dan ceritakan diri Anda

Pertanyaan yang paling sering diajukan oleh perekrut saat sesi wawancara adalah ‘ceritakan tentang dirimu sendiri’. Perekrut mengajukan pertanyaan ini  untuk memahami dengan lebih baik kemampuan dan pengalaman kandidat dan untuk mempertimbangkan apakah kandidat cocok dengan posisi yang dilamar. Di bagian perkenalan diri saat wawancara, usahakan jawabanmu singkat, padat, dan jelas. Jelaskan soal latar belakang, pencapaian, dan mengapa kamu cocok untuk posisi yang dilamar.

Berikut adalah contoh cara memperkenalkan diri saat wawancara:

“Halo, nama saya Paramita Rezkiyana. Saya lulusan S1 Sastra Inggris dari Universitas Yogya. Saya memiliki minat tinggi pada bidang penulisan dan berpengalaman menjadifreelance copywritersetahun belakangan ini. Saya juga senang mempelajari hal-hal baru. Oleh karena itu, di luar jam kerja, saya senang membaca buku dan belajar untuk membuat konten media sosial. Saya harap saya dapat berkontribusi dengan baik untuk perusahaan ini.”

2. Mengapa Anda cocok untuk posisi ini?

Pertanyaan ini sering kali diberikan perekrut untuk mengetahui motivasi seorang kandidat dalam melamar posisi bersangkutan. Selain itu, dari jawaban kandidat perekrut juga dapat menganalisis apakah kandidat tersebut cocok untuk posisi yang dilamar atau tidak.Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu dapat memberikan contoh pengalaman atau kemampuan yang sejalan dengan posisi yang kamu lamar.

Berikut adalah cara kamu menjawab pertanyaan tentang alasan mengapa kamu cocok untuk posisi yang dilamar:

“Setelah mempelajari deskripsi pekerjaan untuk posisi ini, saya melihat kemampuanproject managementyang saya miliki cocok untuk pekerjaan ini. Selain itu, latar belakang edukasi saya di jurusan Manajemen Bisnis, ditambah dengan pelatihan yang saya dapat dalam bidangdigital marketingbisa memberi kontribusi untuk posisi ini. Selain itu, menjadiSocial Media Specialistadalah posisi yang saya inginkan sejak lama.”

3. Apa kelebihan Anda yang paling menonjol?

Pertanyaan lainnya yang sering diajukan oleh perekrut saat wawancara kerja adalah tentang kelebihan kandidat. Perekrut memberikan pertanyaan ini untuk mengetahui apakah kamu memiliki kemampuan utama yang membuatmu cocok dengan posisi yang dilamar.

Kamu harus mempelajari deskripsi pekerjaan dari posisi yang kamu lamar dan memilih kemampuan yang sesuai dengan posisi tersebut. Kamu juga dapat memberikan contoh pengaplikasian kelebihanmu. Memberikan penjelasan mengapa kelebihan tersebut dapat membantu pekerjaan sehari-hari juga dapat memberikan impresi yang baik terhadap perekrut.

Berikut adalah contoh bagaimana kamu dapat menjawab pertanyaan tentang kelebihanmu:

“Salah satu kelebihan yang menonjol dari saya adalah saya dapat mengatur waktu dengan baik. Dalam pekerjaan sebelumnya saya secara konsisten memenuhi tenggat waktuprojectyang dikerjakan, serta mengurangi waktu pengerjaanprojectdengan manajemen waktu dan menentukan skala prioritas secara efektif.”

4. Apa kelemahan Anda yang paling menonjol?

Selain bertanya mengenai kekuatan kandidat, perekrut juga butuh mengetahui tentang kelemahannya. Perekrut memberikan pertanyaan ini untuk mengetahui apakah seorang kandidat memiliki kesadaran diri dan keinginan untuk menjadi lebih baik.

Ketika membeberkan kelemahanmu, kamu bisa memilih beberapa kelemahan yang tidak berpengaruh signifikan pada pekerjaan sehari-hari. Selain itu, kamu juga perlu menjelaskan bagaimana kamu ingin memperbaiki kelemahan tersebut atau   belajar dari kelemahan tersebut.

Berikut adalah contoh bagaimana kamu dapat menjawab pertanyaan mengenai kelemahan:

“Salah satu kelemahan saya adalah tidak bisa memberi batasan yang sehat. Saya sering menerima tugas yang diberikan kepada saya termasuk tugas-tugas yang bukan pekerjaan saya. Hal ini berdampak pada kesehatan fisik dan mental saya yang juga pada performa kerja saya. Sekarang saya belajar untuk memberi batasan yang sehat dengan tidak menerima semua pekerjaan ketikaloadpekerjaan saya sudah penuh.”

5. Bisa diceritakan tentang tantangan terbesar yang pernah Anda selesaikan?

Ketika memberikan pertanyaan ini, biasanya perekrut ingin mengetahui bagaimana kamu menghadapi kesulitan dalam bekerja. Mereka juga ingin mengetahui proses pengambilan keputusan serta kemampuan berpikir kritis seorang kandidat.

Kamu dapat menjawab pertanyaan ini dengan menggunakan metode STAR untuk menonjolkan kemampuan penyelesaian masalah serta bagaimana kamu bisa menghadapi tantangan yang muncul. Di akhir jawaban, kamu juga dapat menyebutkan hasil positif dari tindakan atau apa saja yang kamu pelajari dari pengalaman tersebut.

Berikut adalah contoh jawaban yang dapat kamu berikan:

“Ketika bekerja di perusahaan sebelumnya, saya pernah berada di situasi ketika saya tiba-tiba harus memberikan presentasi untuk klien yang datang dari luar kota karena manajer saya berhalangan hadir. Walaupun mendadak, saya memastikan bisa menyampaikan semua yang harus disampaikan dalam sesi presentasi tersebut dengan bertanya kepada manajer saya dan berlatih beberapa saat sebelumnya. Presentasinya berjalan dengan lancar dan klien kami setuju untuk bekerja sama dengan perusahaan saya sebelumnya.”

6. Bisa diceritakan bagaimana cara Anda bekerja dalam tim?

Ketika memberikan pertanyaan ini, perekrut ingin mengetahui bagaimana kamu dapat bekerja di dalam sebuah tim, cara kamu berkomunikasi dengan anggota tim lainnya, serta bagaimana kamu dapat berkontribusi bagi anggota tim lainnya. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu dapat mendiskusikan tantangan yang dihadapi tim dan apa saja solusi yang kamu berikan.

Berikut adalah contoh bagaimana kamu dapat menjawab pertanyaan tersebut:

“Saya senang bekerja dalam lingkungan tim dan dapat bekerja dengan lebih baik jika berada dalam sebuah tim. Di pekerjaan sebelumnya, saya pernah bertanggung jawab untuk menyiapkan sebuah acara dan tim saya kesulitan menentukan cara terkait skema penukaran tiket. Untuk menemukan solusi paling efektif, saya mencoba mencari beberapa contoh skema penukaran tiket dan menjabarkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing skema. Dengan begitu, tim kami dapat menemukan kesimpulan dengan cepat dan acara berlangsung dengan lancar dengan waktu penukaran tiket yang 25% lebih cepat dari tahun lalu.”

7. Bisa diceritakan bagaimana Anda menunjukkan kepemimpinan?

Walaupun kamu mendaftar sebagai seorang staf, dalam sesi wawancara terkadang perekrut tetap ingin mengetahui bagaimana kamu dapat menunjukkan sifat kepemimpinan dalam tim. Hal ini tentunya akan berguna jika manajer atau atasanmu ingin mendelegasikan anggota timnya sebagai pemimpin sebuah proyek.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu dapat menjabarkan situasi ketika kamu memimpin sebuah proyek, serta menonjolkan kualitas dan kemampuan kepemimpinan yang kamu miliki. Berikan juga hasil positif yang menguntungkan tim ketika kamu memimpin proyek.

Berikut adalah cara menjawab pertanyaan tersebut:

“Selama di pekerjaan sebelumnya, saya pernah memimpin beberapa proyek kecil dan saya juga pernah menjadi ketua komunitas ketika kuliah. Dari pengalaman-pengalaman tadi, saya belajar menyelesaikan masalah secara efektif dan mencoba memahami anggota saya untuk dapat mendelegasikan tugas dengan baik kepada mereka.”

8. Apa rencana Anda dalam  3-5 tahun ke depan?

Dalam sesi wawancara, biasanya perekrut juga ingin mengetahui rencana kamu  terkait perkembangan karier. Dengan begitu, mereka juga dapat melihat apakah ada peluang kamu bisa bertahan lama di perusahaan atau tidak.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu dapat menyampaikan tujuan dan aspirasi karier kamu ke depannya serta menonjolkan rencana kamu untuk memberikan kontribusi kepada perusahaan nantinya.

Berikut adalah bagaimana kamu dapat menjawab pertanyaan serupa:

“Saya memiliki target untuk menjadiArt Directordalam 5 tahun ke depan. Oleh karena itu, saya memulai karier saya sebagai desainer grafis untuk mempelajari dasar-dasar mengenai visual danbranding. Saya percaya saya dapat mengembangkansoft skilldanhard skillsaya sekaligus memberikan kontribusi yang signifikan untuk perusahaan ini.”

9. Berapa gaji yang Anda harapkan?

Pertanyaan tentang gaji yang diharapkan termasuk kategori pertanyaan yang sulit untuk dijawab para kandidat. Namun, perekrut biasanya mengajukan pertanyaan ini kepada kandidat untuk memastikan ekspektasi gaji kandidat sesuai denganbudgetposisi yang disediakan oleh perusahaan sebelum maju ke tahap selanjutnya. Sebelum kamu memulai sesi wawancara, pastikan kamu sudah melakukan survei gaji rata-rata untuk posisi yang kamu lamar.

Selain mengacu pada gaji rata-rata yang ada di daerahmu, kamu juga dapat mempertimbangkan kemampuan, pengalaman, serta kualifikasi yang kamu miliki untuk menentukan ekspektasi gaji, dan pastikan kamu memberikan pengertian bahwa ekspektasi gajimu dapat dinegosiasikan.

Berikut adalah contoh jawaban yang baik untuk pertanyaan seputar ekspektasi gaji:

“Berdasarkan survei yang sudah saya lakukan, ekspektasi gaji saya berkisar di Rp6.500.000 hingga Rp8.000.000 yang merupakan angka rata-rata untuk posisi ini. Namun, saya terbuka untuk negosiasi lebih lanjut.”

10. Apakah ada pertanyaan yang ingin disampaikan?

Di akhir wawancara kerja, biasanya perekrut akan memberikan kandidat kesempatan untuk menanyakan apa saja yang ingin mereka ketahui tentang perusahaan atau posisi yang dilamar. Mengajukan pertanyaan saat sesi wawancara merupakan hal yang penting karena dapat menunjukkan bahwa kamu memang benar-benar tertarik dengan posisi yang kamu lamar atau dengan perusahaan ini.

Kamu bisa menanyakan tentang nilai-nilai dan budaya perusahaan, peluang berkembang di perusahaan, atau pengalaman perekrut selama bekerja di perusahaan tersebut. Hindari mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tidak relevan dengan pekerjaan atau langsung mengatakan kamu tidak memiliki pertanyaan untuk perekrut.

Berikut adalah contoh pertanyaan yang dapat kamu ajukan kepada perekrut:

  • Apa saja tantangan yang biasanya dihadapi untuk posisi ini?
  • Apa ekspektasi perusahaan untuk posisi ini?
  • Apa saja tahapan rekrutmen setelahinterview?
  • Apa tips yang bisa Bapak/Ibu berikan untuk seseorang yang akan mengisi posisi ini?

Menjawab pertanyaan sulit saat wawancara kerja

Wanita berdiskusi dengan rekan kerja

Menjelaskan adanya jeda bekerja

Jika kamu memiliki masa jeda bekerja dalam resume, pastikan kamu tidak berbohong atau memberikan alasan yang dibuat-buat. Berikan jawaban yang jujur dan profesional namun tetap secara strategis untuk menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang ingin terus berkembang walaupun memiliki jeda bekerja di resume.

Berikut adalah contoh jawaban yang dapat kamu berikan:

“Betul Pak/Bu, saya sempat tidak bekerja selama setahun untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang desain grafis. Selama tidak bekerja, saya juga mengambil  kursusonlinetentangUI/UX designguna meningkatkan pengetahuan danskillyang dibutuhkan untuk bekerja di posisi ini.”

Menjelaskan alasan sering berpindah-pindah kerja

Jika dalam resume seorang kandidat terdapat banyak perpindahan tempat kerja, biasanya perekrut akan bertanya-tanya karena khawatir kandidat tersebut tidak akan bertahan lama atau merupakan kandidat yang bermasalah. Untuk menjawab pertanyaan ini dengan baik, kamu dapat mencoba untuk jujur dan menjelaskan bahwa kamu berniat untuk memulai karier baru di perusahaan yang kamu lamar sekarang.

Contoh jawaban yang bisa kamu berikan terhadap perekrut adalah:

“Benar, Pak/Bu. Sebelumnya saya beberapa kali pindah tempat kerja dalam waktu singkat karena saya merasa perlu tempat yang lebih sesuai untuk perkembanganskillyang saya miliki.”

Persiapkan dirimu untuk wawancara kerja bersama JobStreet!

Itulah berbagai penjelasan dan tips wawancara kerja yang bisa kamu lakukan. Setelah mengetahui berbagai jenis pertanyaan saat wawancara kerja dan cara menjawabnya, cobalah untuk berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Belum menerima tawaran wawancara? Cobalah pelajari keterampilan baru dengan mengikuti berbagai pelatihan berkualitas di seekMAX agar kamu semakin dekat dengan kesuksesan karier yang diinginkan. Di sana, kamu juga bisanetworkingdengan komunitas JobStreet untuk diskusi secaraonlinedengan ahli berpengalaman dan sesamatalent.

Jika kamu belum juga mendapatkan tawaran pekerjaan yang cocok untukmu, segera perbarui profil JobStreet kamu dan kunjungi juga laman Tips Karier kami untuk berbagai tips seputar cara melamar kerja, fitur latihan wawancara, hingga survei pekerjaan dengan gaji tinggi.

Untuk akses yang lebih mudah, unduh aplikasi JobStreet di Google Play Store dan juga Apple App Store. Dengan begitu, kamu bisa melihat lowongan kerja baru langsung dari smartphone!

FAQ

  1. Apa saja pertanyaan paling umum saat wawancara kerja?
    Pertanyaan paling umum yang diajukan perekrut saat wawancara kerja adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu perekrut mengenal diri kandidat dengan lebih baik serta kualifikasi mereka dalam bekerja seperti “bisakah kamu memperkenalkan diri secara singkat?”, “apa kelebihan dan kekuranganmu?”, serta “mengapa kamu merasa cocok untuk posisi ini?”.

  2. Bagaimana cara menyiapkan diri untuk wawancara kerja?
    Kamu dapat mencoba untuk berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ada  dalam wawancara kerja. Untuk memastikan jawaban yang diberikan sesuai dengan posisi yang dilamar, pelajari juga deskripsi pekerjaan padapostinglowongan kerja yang ada dan kaitkan dengan kemampuan serta pengalaman yang kamu punya.

  3. Bagaimana cara menjawab “Apa kekurangan Anda yang paling menonjol?”
    Dalam menyampaikan kekurangan, kamu dapat memilih kekurangan yang tidak terlalu berdampak pada pekerjaan sehari-hari namun masih relevan. Sampaikan juga bagaimana kamu ingin memperbaiki kekurangan tersebut serta belajar dari dampak yang terjadi dari kekurangan tersebut.

  4. Bagaimana menghadapi pewawancara yang sulit?
    Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika mendapatkan pewawancara yang kurang baik adalah tetap memberikan sikap positif selama wawancara. Pastikan juga kamu memberikan jawaban yang jelas ketika ditanya serta memberikan pertanyaan jika ada permintaan perekrut yang kurang jelas.

  5. Berapa lama waktu menunggu yang dibutuhkan untuk bertanya tentang kelanjutan wawancara?
    Kamu dapat mencoba untuk bertanya kepada perekrut tentang hasil wawancara, setidaknya satu sampai dua minggu setelah wawancara.

  6. Pakaian apa yang harus dikenakan ketikainterview?
    Sebeluminterview, ada baiknya kamu mencoba untuk mencari tahu tentang budaya perusahaan sertadresscodeyang biasa mereka pakai di kantor. Cobalah untuk memakai pakaian yang cocok dengan budaya perusahaan dan tetap sopan untuk memberikan impresi yang baik terhadap perekrut.

  7. Bagaimana cara mengemukakan ekspektasi gaji saat wawancara kerja?
    Untuk mendiskusikan ekspektasi gaji saat wawancara kerja, pastikan kamu sudah melakukan riset tentang gaji rata-rata untuk posisi yang kamu lamar, serta mempertimbangkan kemampuan serta pengalaman yang kamu miliki. Jawablah pertanyaan tentang ekspektasi gaji dengan memberikan kisaran yang masuk akal serta berikan alasan mengapa ekspektasi tersebut cocok untukmu.

  8. Apakah sopan jika bertanya tentangbenefitdalam wawancara kerja?
    Hindari untuk bertanya mengenaibenefityang akan diberikan perusahaan tersebut di awal wawancara. Namun, hal ini dapat kamu tanyakan ketika pewawancara membuka pembicaraan soal ekspektasi gaji.

  9. Apakah boleh membawa portofolio saat wawancara kerja?
    Biasanya dalam sesi wawancara ada kemungkinan perekrut bertanya tentang pengalaman bekerja terdahulu dari seorang kandidat. Dalam hal ini, berjaga-jaga membawa portofolio saat wawancara akan sangat membantu dalam menunjukkan hasil pekerjaan yang sudah ada.

  10. Bagaimana cara memberi kesan baik dalam wawancara kerja?
    Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menonjol dalam wawancara kerja adalah memberikan sikap positif, sopan, dan menunjukkan antusiasme saat wawancara kerja. Pastikan juga kamu memahami betul posisi pekerjaan yang kamu lamar sehingga dapat memberikan jawaban yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan untuk posisi tersebut.

More from this category: Interview pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.