25+ Contoh Deskripsi Diri di CV yang Menarik

25+ Contoh Deskripsi Diri di CV yang Menarik
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 20 February, 2024
Share

Curriculum vitae (CV) jadi bagian penting ketika melamar kerja. Kamu perlu menyusunnya dengan baik, termasuk bagian deskripsi diri agar menarik perhatian HRD.

Pasalnya, bagian tentang saya di CV jadi alat screening awal para HRD sebelum membaca keseluruhan isi dari CV-mu. 

Ingin tahu cara membuatnya dengan baik? Simak contoh dan tips membuat deskripsi diri dalam CV berikut ini yuk!


⁠Mengenal Deskripsi diri di CV 

Contoh CV dengan deskripsi diri yang menarik.

Deskripsi diri adalah elemen penting dalam CV yang di dalamnya berisi profil pribadi. Bagian ini biasa ditulis "Tentang Saya" atau "About Me" jika CV dalam bahasa Inggris. 

Bagian ini berguna untuk meng-highlight kemampuan kandidat secara profesional. Biasanya, deskripsi diri CV terdiri dari 1 hingga 3 kalimat singkat. Kamu bisa memanfaatkan bagian about me di CV untuk menonjolkan kelebihan serta pencapaianmu. 

Dalam berbagai template curriculum vitae, penulisan deskripsi diri biasanya ditempatkan setelah foto. Dalam bagian itu, kamu bisa menuliskannya secara singkat, jelas, padat, serta menarik. 


⁠Pentingnya Deskripsi diri di CV 

Dua orang HRD sedang berdiskusi soal deskripsi diri yang ditulis pelamar di CV-nya.

Ada berbagai alasan kenapa kamu perlu mengetahui cara membuat deskripsi diri dengan benar dan menarik. 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bagian ini bertujuan untuk langkah screening awal kandidat. Perusahaan dapat mengetahui apakah kandidat sudah sesuai dengan kebutuhan ketika melihat deskripsi diri di CV. 

Selain itu, ada beberapa manfaat mengapa kamu perlu memperhatikan ringkasan profil diri ketika membuat CV. Berikut ini diantaranya: 

1. Merangkum isi CV 

Dalam berbagai contoh deskripsi diri di CV, umumnya berisi rangkuman CV secara keseluruhan. Hal ini penting agar rekruter bisa mendapatkan gambaran mengenai dirimu secara singkat. 

Jadi, sebaiknya kamu menonjolkan skill dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar. Apalagi, HRD hanya memiliki waktu singkat di tengah banyaknya CV yang masuk. Bahkan, HRD rata-rata hanya perlu kurang dari 10 detik untuk membaca setiap CV.  

2. Menarik perhatian HRD 

Bagian tentang saya pada CV harus menjadi jawaban atas pertanyaan kenapa HRD harus merekrutmu. 

Jika bagian ini kurang menarik, HRD kemungkinan besar enggan meneruskan membaca CV-mu. Oleh karena itu, pastikan kamu membuatnya secara singkat dan menarik.  

3. Menunjukkan relevansi dengan posisi yang dilamar 

Bagian about me menjadi rangkuman profil secara singkat. Dengan membacanya, HRD bisa memiliki gambaran terkait relevansi pelamar dengan posisi yang mereka cari. Dengan membaca deskripsi diri di CV, HRD bisa menilai apakah kamu memiliki keterampilan dan pengalaman yang sesuai atau tidak?  

Relevansi menjadi aspek penting yang diperhatikan oleh pihak HRD. Kesesuaian deskripsi dengan posisi yang dilamar menunjukkan kalau kamu merupakan kandidat yang sesuai. Jadi, HRD tidak akan merasa membuang-buang waktu dengan membaca surat lamaran. 


⁠Cara Membuat Deskripsi Diri dalam CV 

Contoh resume atau CV yang punya deskripsi diri menarik.

Sebelum memberikan "contoh tentang saya di CV" secara lengkap, sebaiknya mengetahui cara membuatnya. 

Lalu, bagaimana langkah-langkah membuat deskripsi diri dalam CV yang menarik? Yuk, simak panduannya berikut ini: 

1. Mulailah dengan informasi pribadi 

Tahapan pertama, kamu perlu melakukan identifikasi terhadap pribadi secara profesional. 

Dari proses identifikasi tersebut tulislah beberapa hal, seperti: 

  • Job title yang dilamar.
  • Latar belakang pengalaman dan pendidikan.
  • Status saat ini. Misalnya, sebagai seorang fresh graduate dari perguruan tinggi tertentu..... 

2. Ringkas dan jelas 

HRD punya waktu terbatas untuk bisa membaca surat lamaran dari para kandidat. Oleh karena itu, kamu perlu membuat profil CV dalam bentuk yang singkat dan padat. Hindari penulisan kalimat yang bertele-tele.  

Agar penyusunannya dapat kamu lakukan secara tepat, pahami cara pembuatan kalimat yang efektif. Tujuannya agar kamu bisa menyusun bagian tentang saya di curriculum vitae dengan mudah, ringkas, serta jelas.  

3. Fokus pada keahlian dan kualifikasi 

Relevansi menjadi hal penting yang harus kamu cantumkan dalam bagian "tentang diri saya". Cantumkan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan serta kualifikasi posisi yang dilamar.  

Misalnya kamu akan melamar untuk posisi sebagai tenaga marketing. Maka, kamu perlu menyebutkan keahlian yang dibutuhkan untuk penjualan dan pemasaran. 

Sebagai contoh, tuliskan bahwa kamu memiliki kemampuan komunikasi, negosiasi, dan interpersonal yang kuat. Tambahkan juga pengalaman dan pencapaian kerja kamu sebelumnya. 

4. Pengalaman kerja 

Dalam setiap deskripsi diri untuk melamar pekerjaan, terkadang kamu perlu menonjolkan pengalaman kerja. Apalagi, kalau pengalaman tersebut relevan dengan posisi yang tengah dilamar.  

Lalu, bagaimana jika kamu berstatus fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja? Kamu bisa menuliskan pengalaman magang, organisasi, maupun pekerjaan paruh waktu yang pernah kamu lakukan. 

5. Riwayat pendidikan 

Kamu juga dapat menuliskan riwayat pendidikan. Apalagi, ketika kamu melamar posisi yang ditetapkan dengan kualifikasi latar belakang pendidikan tertentu. Dengan begitu, isi bagian about me yang kamu tulis tidak terlalu panjang.  

Dalam praktiknya, kamu bisa menuliskan pengalaman pendidikan terakhir kamu. Kamu juga bisa menulis latar belakang pendidikan informal dalam deskripsi diri sebagai pelengkap.

6. Keunggulan pribadi 

Tak hanya keahlian yang dimiliki, kamu juga bisa menuliskan keunggulan pada bagian about me. Misalnya, kamu memiliki tingkat ketelitian tinggi, mudah beradaptasi, ataupun memiliki jiwa kepemimpinan.

Data terkait keunggulan pribadi ini memiliki keterkaitan penting dalam berbagai posisi pekerjaan. Misalnya, posisi sebagai tenaga marketing memerlukan sosok yang gigih dan sabar. Sementara itu, staff finance harus punya ketelitian tinggi.  

7. Tujuan karier 

Kamu bisa juga menuliskan tujuan karier dalam bagian about me di CV. Keberadaannya berguna sebagai alasan kenapa HRD memilih kamu dibandingkan dengan kandidat lain. 

Informasi ini juga menjadi bukti kalau kamu sosok yang serius dan punya visi jelas di masa depan.  

8. Bahasa dan gaya penulisan 

Jangan lupa untuk memperhatikan gaya penulisan serta bahasa yang digunakan. Pastikan kamu menulis profil CV dengan bahasa yang baik dan bersifat formal.  

Tidak kalah penting, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan jenis font yang tepat. Pilih font yang mudah dibaca, jelas, serta dikenali oleh Applicant Tracking Systems (ATS)


⁠Kumpulan Contoh Deskripsi Diri di CV 

Seorang pelamar kerja sedang menyerahkan resume atau CV kepada HRD.

Untuk lebih memahami bagaimana cara menulis tentang saya di CV, berikut beberapa contohnya: 

1. Contoh deskripsi diri di CV yang menarik 

Referensi pertama deskripsi diri yang menarik bisa kamu lihat sebagai berikut: 

“Saya merupakan Business Development berpengalaman lebih dari 3 tahun di perusahaan industri kreatif. Saya memiliki kemampuan interpersonal, jaringan bisnis yang luas, dan menguasai strategi penjualan dan pemasaran.  

Saya pernah berhasil meningkatkan penjualan produk sebesar 30% dalam jangka 4 bulan. Dengan bekal pengalaman itu, saya tertarik untuk posisi sebagai supervisor marketing maupun lowongan yang terkait lainnya.” 


⁠2. Contoh deskripsi diri di CV yang singkat
 

Selanjutnya adalah contoh ringkasan profil diri secara singkat untuk posisi digital marketing: 

“Profesional dalam bidang digital marketing. Berpengalaman di bidang SEO (on page dan off page), ads, dan social media marketing. Mampu menjalankan kampanye iklan di platform media sosial, termasuk Facebook, Instagram, dan TikTok.  

Mampu meningkatkan traffic website dari 100 visitor per bulan menjadi 1.000 per bulan dalam jangka 6 bulan. Berhasil meningkatkan angka konversi iklan di Facebook yang semula 2% menjadi 5%.” 


⁠3. Contoh deskripsi diri (tentang saya) di CV 
fresh graduate 

Untuk lulusan baru, kamu dapat meniru contoh profil CV yang menarik sebagai berikut:  

“Fresh graduate dari Jurusan Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada dan lulus dengan IPK 3,51. Memiliki pengalaman magang untuk perusahaan konstruksi di Kota Surabaya sebagai teknisi dalam proyek pembangunan gedung bertingkat.  

Mahir mengoperasikan AutoCAD dan punya keinginan besar untuk berkembang serta terus belajar. Punya tujuan untuk membangun rumah tahan gempa dengan biaya pembangunan yang terjangkau”. 


⁠4. Contoh ringkasan profil diri lulusan SMK
 

Selanjutnya, kamu bisa mempertimbangkan contoh deskripsi diri lulusan SMK berikut ini: 

“Lulusan jurusan tata boga SMK PGRI 5 Surabaya. Memiliki pengalaman magang di RM Sedap di Kota Bandung sebagai asisten chef. Punya keahlian dalam membuat cake, roti, dan pastry.  

Berkepribadian jujur, ulet, dan telaten. Mencari posisi sebagai chef dengan goals menciptakan hidangan manis dan sehat.” 


⁠5. Contoh deskripsi diri di CV lulusan SMA
 

Contoh deskripsi diri sendiri untuk melamar pekerjaan ini bisa dimanfaatkan bagi lulusan SMA. Berikut contohnya: 

“Lulusan SMAN 1 Surabaya Jurusan IPA. Tercatat sebagai siswa berprestasi sejak kelas XI dengan nilai rata-rata 8,3. Tahun 2023 masuk sebagai 20 besar lulusan terbaik SMAN 1 Surabaya. 

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dengan nilai TOEFL 550. Berpengalaman kerja part time sebagai admin media sosial. Mempunyai keinginan untuk belajar dan bekerja keras.” 


⁠6. Contoh deskripsi diri sendiri mahasiswa IT
 

Bagi yang berstatus sebagai mahasiswa, cara membuat deskripsi diri bisa melihat contoh berikut:  

“Mahasiswa semester 7 Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Memiliki IPK 3,02 dan menguasai bahasa pemrograman C++ serta PHP. Berpengalaman dalam membangun website mulai dari nol menggunakan framework Laravel. 

Punya kepribadian yang gigih dan pantang menyerah. Memiliki manajemen waktu yang baik. Terbiasa bekerja sejak semester 5 sebagai menjadi guru part time dan sebagai developer website. ” 


⁠7. Contoh deskripsi diri CV lulusan teknik mesin
 

Ada pula penulisan profil pada curriculum vitae sebagai berikut:  

“Lulusan S1 Jurusan Teknik Mesin ITB. Gemar mengotak-atik mesin, kreatif, dan bermimpi ingin bisa membangun mesin mobil ramah lingkungan. Lulus dengan IPK 3,45 pada 2023 dalam waktu 3,5 tahun.  

Aktif dalam kegiatan riset, dan berpartisipasi dalam penelitian mesin motor berbahan bakar air di kampus. Berpengalaman magang sebagai teknisi mesin di salah satu perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia.” 


⁠8. Contoh deskripsi diri CV administrasi
 

Bagi yang punya pengalaman dalam bidang administrasi, berikut contoh penulisan deskripsi diri:  

“Staf administrasi dengan 3 tahun pengalaman di perusahaan distribusi oli di Kota Surabaya. Mahir dalam mengoperasikan Excel serta bisa mengetik 10 jari dengan cepat dan teliti.  

Pribadi yang aktif dan mampu merespons setiap tugas dengan cepat. Tech savvy, suka kerapian, dan punya pengalaman dalam mengelola proses pengarsipan data secara digital.” 


⁠9. Contoh deskripsi diri CV lulusan SMK
 

Ada pula referensi cara menulis profil pada CV bagi lulusan SMK sebagai berikut:  

“Alumni Jurusan Teknik Permesinan dari SMKN 2 Rembang. Pengalaman kerja praktik sebagai mekanik di bengkel dan perusahaan manufaktur di Kota Pati. Lulus dengan nilai rata-rata ijazah 86,56. 

Punya kemampuan dalam mengoperasikan mesin CNC dan mesin bubut. Mahir menggunakan AutoCAD. Memiliki ketertarikan yang tinggi di bidang otomotif, termasuk di antaranya adalah operator mesin bubut, CNC, dan tenaga mekanik.” 


⁠10. Contoh deskripsi diri sendiri untuk melamar pekerjaan
 

Berikutnya, kamu bisa memperhatikan referensi penulisan deskripsi sebagai berikut: 

“Lulusan SMA yang berkeinginan kuat menjadi graphic designer. Suka menuangkan ide-ide kreatif dalam bentuk gambar. 

Memiliki pengalaman bekerja secara freelance dalam mendesain template Power Point. Mahir dalam menggunakan Canva, Adobe Inc (Photoshop dan Illustrator), dan CorelDraw." 


⁠11. Contoh deskripsi diri dalam CV untuk guru
 

Untu profesi guru, bisa mempertimbangkan referensi profil curriculum vitae guru berikut ini:  

“Lulusan S1 Pendidikan Matematika dari Universitas Surabaya (Unesa). Terbiasa dengan aktivitas mengajar. Berpengalaman 3 tahun lebih sebagai guru privat. Pernah magang selama 6 bulan sebagai guru kelas untuk salah satu SD negeri di Kota Surabaya.  

Memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan merupakan sosok yang suka dengan anak-anak. Tech savvy dan punya ketertarikan tinggi terhadap aktivitas belajar yang interaktif di dalam kelas.” 


⁠12. Contoh deskripsi diri dalam CV untuk fresh graduate SMK TKJ
 

Lulusan SMK jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ), dapat mempertimbangkan contoh berikut ini:  

“Alumni SMK jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ) dengan kesiapan tinggi bersaing di dunia kerja. Punya pemahaman tentang perakitan komputer mulai dari nol. Paham dengan proses penyusunan jaringan komputer untuk kebutuhan kantor sederhana. 

Memiliki pemahaman tentang OS Linux dan punya ketertarikan tinggi terhadap dunia pemrograman. Tertarik pada posisi sebagai staf IT support, teknisi jaringan, serta teknisi komputer.” 


⁠13. Contoh deskripsi CV operator produksi
 

Bagi tenaga kerja berpengalaman sebagai operator produksi, bisa memperhatikan referensi berikut:  

“Tenaga profesional dengan pengalaman kerja 3 tahun di perusahaan manufaktur pupuk. Berpengalaman 2 tahun sebagai operator produksi. Berpengalaman dalam mengoperasikan mesin produksi dan packaging dengan baik.  

Terbiasa bekerja dengan ketelitian tinggi. Mampu memenuhi SOP sesuai dengan ketetapan pihak perusahaan. Tertarik untuk mencari posisi operator produksi atau supervisor produksi.” 


⁠14. Contoh deskripsi diri dalam CV untuk fresh graduate SMK akuntansi
 

Selanjutnya, ada referensi dalam membuat deskripsi diri untuk lulusan SMK akuntansi berikut ini:  

“Fresh graduate jurusan akuntansi dari SMK Karya Bhakti Surabaya. Berstatus sebagai salah satu dari 10 lulusan terbaik pada tahun 2023. Menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan. 

Pernah magang sebagai akuntan di perusahaan software di Kota Surabaya. Mahir dalam menerapkan praktik dan prosedur akuntansi yang inovatif. Dapat mengoperasikan Excel dengan baik serta familier dengan aplikasi akuntansi seperti Accurate. Tertarik untuk kesempatan kerja sebagai staf administrasi, finance, dan akuntansi.” 


⁠15. Contoh deskripsi pengalaman organisasi di CV
 

Unutuk kamu yang punya banyak pengalaman organisasi, berikut penulisan deskripsi diri yang menarik untuk dipertimbangkan: 

“Lulusan S1 jurusan Ilmu Komunikasi dari Universitas Airlangga (Unair). Berhasil mendapatkan IPK 3,54 dan lulus dalam jangka 4 tahun. Aktif berorganisasi, diantaranya sebagai Ketua HMJ, dan wakil kedua divisi PSDM BEM Unair.  

Bekal pengalaman berorganisasi membuat saya terbiasa dengan aktivitas yang ketat dan memiliki manajemen waktu yang baik. Percaya diri dan mempunyai kemampuan leadership yang baik dan komunikatif. Mencari posisi di bidang pemasaran digital, business management, dan public relation.” 


⁠16. Contoh deskripsi diri sendiri singkat pelajar
 

Pelajar yang ingin bekerja part time, bisa mempertimbangkan contoh penulisan tentang saya berikut:  

“Pelajar SMA kelas XII di Kota Surabaya yang memiliki sifat pekerja keras dan mandiri. Mampu mengoperasikan komputer dengan lancar, termasuk Powerpoint, Excel, dan Office. Mahir menggunakan Canva dan CorelDraw untuk pengeditan gambar.  

Tertarik melamar pekerjaan part time dengan waktu kerja di luar jam sekolah. Memiliki minat menjadi social media specialist. Secara khusus, memiliki ketertarikan sebagai desainer grafis, penulis freelance, dan admin media sosial.” 


⁠17. Contoh deskripsi diri PPPK guru
 

Apabila mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru, cara menulis deskripsi lebih detail. Bahkan, batasan maksimal adalah 3.000 karakter. Berikut ini adalah contohnya: 

“Saya Dicky Sudrajat, kelahiran Bandung, 13 Desember 1990. Lulusan Ilmu Pendidikan Matematika UPI Bandung dengan IPK 3,60 dalam jangka 3,5 tahun pada 2013. Saat ini, saya tercatat sebagai salah satu guru di MI Al Hasanah, Surabaya, Jawa Timur.  

Profesi sebagai guru telah saya jalani selama kurang lebih 6 tahun. Berawal dari guru mata pelajaran matematika, dan saat ini menjadi wali kelas V. Saya belajar banyak tentang pendekatan yang tepat dan efektif untuk masing-masing siswa.  

Dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di kelas, saya lebih mengedepankan pendekatan yang personal. Metode ini memang relatif lebih lambat. Namun, penerapannya sangat membantu dalam mendekatkan hubungan emosional antara guru dan murid. Apalagi, hasilnya efektif dan anak-anak bisa menerima pelajaran dengan lebih mudah.  

Menjadi seorang guru merupakan bagian dari cita-cita masa kecil saya. Saya terinspirasi dari keseharian tenaga pengajar yang begitu tekun dalam memberi pelajaran kepada anak-anak tanpa ada keluh kesah sedikitpun. Oleh karena itu, saya ingin menciptakan generasi muda yang unggul di masa depan.” 


⁠18. Deskripsi diri sendiri bahasa inggris
 

Selanjutnya, kamu bisa juga memilih untuk meniru contoh singkat deskripsi diri bahasa Inggris sebagai berikut: 

“Professional virtual assistant with a wide range of administration skills. 5+ years of experience in digital marketing. I can speak English, Indonesian, and French. 

Looking for a new opportunity as a secretary executive and virtual assistant.” 


⁠19. Contoh deskripsi diri untuk beasiswa
 

Penulisan curriculum vitae penting pula kamu perhatikan ketika ingin mengajukan beasiswa pendidikan. Khusus deskripsi diri untuk meraih beasiswa, kamu harus menunjukan prestasi akademik. 

Sebagai referensi, kamu dapat meniru contohnya sebagai berikut:  

“Mahasiswa semester 7 dengan keinginan belajar tinggi. Tertarik dalam mengembangkan teknologi ramah lingkungan yang terjangkau. 

Aktif dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dalam hal akademik, saya pernah meraih juara 1 lomba menulis esai tingkat nasional mewakili Provinsi DKI Jakarta. Saya memiliki keinginan yang tinggi untuk lulus dengan keahlian spesifik di bidang teknologi." 


⁠20. Contoh deskripsi diri untuk magang
 

Jika ingin magang dan membutuhkan CV, kamu bisa melihat contoh penulisan "Tentang Saya" berikut: 

“Mahasiswa semester 7 di Jurusan Teknik Lingkungan ITS Surabaya dengan IPK 3,45. Mempunyai ketertarikan dalam penerapan teknologi ramah lingkungan dan pengelolaan limbah dalam industri. 

Tertarik untuk memperluas wawasan dan pengetahuan terkait pengelolaan limbah, pemeliharaan kualitas air, serta proses daur ulang dalam industri.” 


⁠21. Contoh kata-kata tentang saya di CV yang bagus
 

Pemilihan kata menjadi hal yang penting untuk membuat deskripsi diri CV yang menarik. Yuk, pertimbangkan contoh berikut ini:  

"Lulusan S2 jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Surabaya. Mempunyai spesialisasi dalam bidang kepenulisan dan komunikasi. 

Berpengalaman dalam penulisan novel dan rutin menuliskan artikel opini ke surat kabar. Salah satu novel yang pernah saya tulis adalah "Meraih Asa, Memeluk Cita-cita" yang pernah menjadi best seller di Gramedia." 


⁠22. Contoh mendeskripsikan diri untuk melamar kerja 
freelance writer 

Kalau memiliki ketertarikan dengan dunia freelance writer, kamu bisa memperhatikan contohnya sebagai berikut:  

“Blogger dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Mahir menulis artikel SEO dan membangun website yang SEO friendly. Berpengalaman mengelola website dengan traffic organic mencapai 10 ribu unique user per bulan.  

Familiar mengelola konten di WordPress. Saya juga mahir mengoperasikan tools SEO, termasuk SEMrush, Ubersuggest, dan Google Analytics. Expert dalam link building dengan teknik white hat. Terbuka untuk kesempatan freelance sebagai SEO specialist, digital marketer, atau SEO Content Writer.” 


⁠23. Deskripsi diri CV untuk programmer
 

Sebagai seorang programmer, kamu bisa memperhatikan contoh penulisan profil CV-nya sebagai berikut:  

“Lulusan S2 Teknik Informatika dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Menguasai bahasa pemrograman Python, C++, dan PHP. Mempunyai pengalaman mengembangkan startup dalam bidang pertanian. Berpengalaman sebagai software engineer untuk perusahaan terkemuka di Jakarta.  

Memiliki kemampuan berpikir yang kreatif dan mampu mengelola waktu secara efektif. Punya kemampuan komunikasi yang baik dan bisa berkolaborasi dalam tim. Terbuka untuk lowongan kerja sebagai software engineer, website developer, dan fullstack developer.” 


⁠24. Referensi deskripsi diri untuk content writer
 

Bagi kamu yang ingin membangun karier sebagai penulis konten, kamu bisa mempertimbangkan contohnya sebagai berikut:  

“Content writer berpengalaman lebih dari 7 tahun. Memiliki keahlian dalam menyusun artikel yang unik, menarik, dan sesuai dengan kaidah SEO. 

Punya keahlian tinggi dalam menulis artikel bertema teknologi dan finansial. Berpengalaman dalam menggunakan Rank Math dan Yoast.” 


⁠25. Contoh deskripsi untuk 
customer service 

Untuk seorang customer service, penulisan bagian tentang saya bisa memperhatikan contoh berikut:  

“Customer service specialist dengan pengalaman lebih dari 3 tahun dan punya kemampuan problem solving yang baik. Saya berhasil membangun program retensi pelanggan baru dan meningkatkan customer loyalty sebanyak 10%. 

Memiliki ketertarikan dengan posisi customer service supervisor sebagai langkah dalam pengembangan karier.” 


⁠26. Contoh cara penulisan deskripsi diri untuk data analyst
 

Jika kamu seorang data analyst, kamu bisa mempertimbangkan contoh cara menulis deskripsi diri berikut:  

“Data analyst dengan wawasan luas dan berpengalaman lebih dari 2 tahun. Memiliki kemampuan analitis, teliti, serta kritis. Mampu mengoperasikan Microsoft Excel, R-Studio, Python, SAP BusinessObjects, Tableau, dan Google Data Studio. 

Dapat melakukan pengolahan data rumit menjadi informasi yang mudah dipahami dan dicerna.” 


⁠Tips Menulis Deskripsi Diri di CV 

Seorang pelamar kerja sedang menulis deskripsi diri di CV.

Setelah melihat deskripsi diri di CV untuk berbagai profesi, lulusan, dan dalam berbagai bentuk, kamu bisa langsung menulisnya. 

Selain memperhatikan contoh tersebut, ada enam tips penting yang tak boleh kamu lewatkan, yakni:  

1. Ringkas dan jelas 

Setelah menulis bagian tentang saya, jangan lupa untuk kembali memeriksanya. 

Pastikan kalau bahasa yang kamu pakai sudah jelas, ringkas, dan tidak bertele-tele. Selain itu, periksa juga kesalahan penulisan atau typo.  

2. Fokus pada keahlian utama 

Tak cuma ringkas, kamu juga perlu menuliskan kelebihan dengan benar. 

Caranya, kamu dapat fokus pada keahlian utama yang dimiliki. Dengan begitu, keahlian kamu bisa benar-benar ter-highlight.  

3. Tunjukkan pencapaian 

Tips selanjutnya dalam penyusunan deskripsi diri adalah dengan memperlihatkan pencapaian. Pencapaian tersebut tidak terbatas hanya pada dunia kerja. Kamu juga bisa menulis prestasi saat berstatus sebagai mahasiswa atau pelajar SMA. 

Keberadaannya berguna sebagai nilai lebih yang kamu miliki dibandingkan kandidat lain.  

4. Pengalaman kerja terkait 

Menulis pengalaman kerja dalam bagian tentang saya memang sangat penting. Namun, bukan berarti kamu dapat menuliskannya dengan sembarangan. 

Kamu harus menulis pengalaman kerja yang berkaitan dengan posisi yang tengah dilamar. Keberadaannya bisa menjadi informasi penting yang akan menarik perhatian HRD.

5. Relevansi pendidikan 

Latar belakang pendidikan memang penting untuk ditulis di kolom tentang saya. 

Meski begitu, kamu tak perlu menuliskan pendidikan mulai dari TK sampai sarjana. Cukup tuliskan pengalaman pendidikan yang mempunyai relevansi dan keterkaitan dengan lamaran kerja.  

6. Sifat pribadi yang positif 

Tips yang tak kalah penting adalah berkaitan dengan penulisan karakter atau sifat pribadi. Jangan menuliskan semua sifat yang kamu miliki. Namun, kamu hanya perlu mencantumkan sifat-sifat yang positif seperti tepat waktu, teliti, atau mudah beradaptasi.  


⁠Kesimpulan 

Seorang pelamar kerja sedang memeriksa bagian deskripsi diri dalam CV nya.

Nah, itulah contoh serta tips menulis deskripsi diri di CV yang bisa amu tiru dan terapkan. Selanjutnya, kamu dapat menggunakan pengetahuan ini untuk menyusun curriculum vitae, ya! 

Membuat curriculum vitae yang baik dan benar sangat penting untuk meningkatkan peluang lolos ke tahap wawancara atau interview kerja.

Yuk, persiapkan diri kamu untuk menembus pekerjaan impian dengan membaca berbagai informasi dan Tips Karier di situs Jobstreet by SEEK. Setelah itu, jangan lupa perbarui profil Jobstreet kamu dan temukan lowongan kerja yang tepat. 

Download aplikasi Jobstreet by SEEK di Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan untuk mengakses informasi terbaru seputar dunia kerja hanya dalam satu genggaman saja! Semoga berhasil!


⁠Pertanyaan Seputar Contoh Deskripsi Diri di CV yang Menarik
 

  1. Berapa panjang deskripsi diri yang ideal?
    ⁠Cara paling efektif dalam menyusun bagian tentang saya adalah dengan membuatnya secara singkat. Oleh karena itu, kamu perlu fokus hanya pada info yang relevan. Seberapa panjang? Usahakan untuk menyusunnya sekitar tiga sampai lima kalimat.  Hanya saja, dalam kasus tertentu, kamu diperbolehkan untuk menuliskannya dalam bentuk lebih panjang. Contohnya adalah ketika kamu membuat deskripsi diri untuk PPPK guru.
  2. Apa saja tips tambahan untuk menulis deskripsi diri?
    ⁠- Cantumkan keyword yang berasal dari deskripsi pekerjaan yang dilamar.
    ⁠- Tulis menggunakan sudut pandang orang pertama.
    ⁠- Pertimbangkan untuk membandingkan deskripsi yang telah kamu tulis dengan contoh tentang saya untuk deskripsi pekerjaan yang serupa.
  3. Apakah daftar riwayat hidup ditulis tangan atau diketik?
    ⁠Cara membuat daftar riwayat hidup cukup mudah. Kamu bisa mengetiknya langsung menggunakan Ms.Word atau membuatnya dalam versi tulisan tangan. 

    ⁠⁠Walau demikian, perusahaan lebih menyukai dan kerap meminta CV yang diketik menggunakan komputer pada era sekarang. Selain lebih rapi dan bersih, tampilannya juga lebih mudah dibaca. Namun, ada beberapa situasi yang membuat perusahaan meminta pelamar mengirimkan curriculum vitae dalam format tulisan tangan. Jadi, pastikan kamu memperhatikan persyaratan dari perusahaan ketika melamar kerja, ya!

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.