Cara Menggunakan Canva untuk Desain dan Melamar Pekerjaan

Cara Menggunakan Canva untuk Desain dan Melamar Pekerjaan
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 27 December, 2023
Share

Canva online gratis memiliki popularitas yang tinggi tidak hanya di kalangan siswa maupun mahasiswa, tetapi juga pekerja dan pengguna umum. Hal itu tidak lepas dari fitur-fitur Canva web yang berguna untuk memudahkan tugas kuliah, pekerjaan, hingga kebutuhan pribadi dan bisnis. 

Banyak orang menyukai Canva karena aplikasi ini dianggap sederhana dan praktis. Pengguna tidak harus memiliki kemampuan dasar desain untuk menggunakan aplikasi Canva. Meskipun demikian, desain yang dihasilkan memiliki kualitas baik. Bahkan, tidak kalah dengan desain yang dibuat menggunakan aplikasi serupa.  

Lantas, apa itu Canva? Di sini, kamu akan menemukan jawaban lengkap mengenai fitur Canva gratis. Mulai dari desain yang dapat dibuat, cara membuat akun, cara membuat desain, hingga cara penggunaan Canva online untuk berbagai kebutuhan.


⁠Temukan lowongan kerja graphic designer hanya di situs dan aplikasi Jobstreet by SEEK.

Apa Itu Canva?

Ilustrasi Canva online.

Canva adalah platform online desain grafis dan publikasi yang diluncurkan tahun 2013 silam. Canva hadir sebagai alat desain grafis yang efektif menyederhanakan proses desain lantaran menyediakan beragam template yang dirancang profesional untuk berbagai kebutuhan.  

Berbekal aplikasi Canva, kamu sebagai pengguna dapat membuat desain, melakukan pengeditan gambar, maupun memublikasikan konten secara online dengan langkah praktis dan mudah melalui web browser, aplikasi Android, dan aplikasi iOS.  

Meskipun aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, tersedia Canva premium yang menawarkan lebih banyak keunggulan. Mulai dari akses yang lebih luas ke perpustakaan audio dan video, jumlah template, stok foto, maupun grafis yang lebih banyak dan bervariasi, tersedianya fitur AI Magic Studio, hingga penyimpanan 1 TB. 

Selain Canva pro, platform ini juga menyediakan program Canva Contributor yang ditujukan bagi pengguna yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan sebagai seorang kreator desain. 

Penghasilan yang akan didapatkan oleh kreator bervariasi, tergantung berapa banyak karya yang digunakan oleh pengguna Canva. Namun, rata-rata persentase royalti kreator Canva berkisar antara 35% sampai 75% dari penjualan.

Fitur-Fitur Gratis Canva

Ilustrasi home platform design online Canva.

Canva gratis hadir dengan banyak fitur yang relatif lengkap. Kamu bisa menggunakan fitur yang tersedia kapan saja dan tanpa batasan waktu. Meskipun gratis, fitur yang ditawarkan bersifat fungsional. Sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan aplikasi untuk membuat logo, selebaran, undangan, video, presentasi, postingan Instagram, dan lainnya.  

Tak hanya berguna untuk keperluan pribadi dan tugas, fitur Canva gratis menjadi pilihan tepat bagi kamu yang hendak memulai bisnis, tetapi terkendala biaya untuk menggunakan jasa layanan desain grafis.  

Adapun, fitur Canva gratis yang dimaksud, antara lain:   

Template desain 

Selain bisa mengakses lebih dari 1 juta elemen canva dan foto, Canva menyediakan sekitar 250 ribu template gratis dan lebih dari 100 tata letak desain yang bisa kamu gunakan. Template ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menciptakan desain yang bagus. 

Asyiknya, template gratis tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan desain. Kamu juga bebas mengubah warna, menambahkan tabel, gambar, stiker, foto, atau video, memilih jenis font Canva, dan gaya sesuai selera.  

Animasi

Pengguna gratis juga bisa menggunakan fitur animasi untuk mengubah elemen Canva menjadi animasi atau gambar bergerak serta mengaturnya dengan berbagai orientasi dan kecepatan. Animasi yang kamu buat juga bisa diatur dengan tiga gaya berbeda sehingga menghasilkan desain menarik, unik, dan lebih dinamis.  

Canva animasi dirancang dengan sangat baik dan ramah pengguna. Artinya, kamu tidak harus menjadi seorang desainer lebih dulu atau mempelajari desain grafis, karena siapa pun bisa mengakses dan menggunakan fitur tersebut untuk berkreasi.  

Pencarian foto dan video gratis 

Canva menyediakan fitur untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian foto maupun video. Fitur ini bisa dinikmati secara gratis. Bagi pengguna akun Canva gratis, kamu akan mendapat akses untuk menggunakan lebih dari 1 juta stok foto berkualitas dan berlisensi dari Pixabay maupun Pexels.  

Sempurnakan desain dengan tambahan video. Serupa dengan foto, kamu juga bisa mengakses video gratis dari Canva. Sesuaikan tema desain saat memilih video dan nikmati hasil karya kamu yang luar biasa! Tidak perlu cemas, kualitas video yang disediakan Canva sangat baik.  

Edit foto berbagai tool 

Fitur lain yang bisa kamu temukan di Canva gratis adalah tool edit foto. Alat ini akan membantu kamu mengedit foto hanya dengan dua langkah sederhana, yakni menyeret gambar kemudian melepasnya ke editor. 

Gunakan fitur Magic Edit untuk menambahkan, menghapus, dan mengganti elemen foto. Tersedia juga filter dan efek yang bisa mengubah foto agar tampak lebih indah.

Desain yang Dapat Dibuat di Canva 

Ilustrasi platform design online, Canva.

Dikenal sebagai platform desain grafis gratis, Canva memberikan penggunanya kesempatan untuk berkreasi dan mengasah kreativitas dalam membuat desain. Desain tersebut bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah template Canva untuk pendidikan yang dapat membantu kamu membuat tabel, presentasi, atau logo. Ada pula Canva template PPT yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat presentasi lebih menarik.

1. Desain Kemasan Produk 

Aplikasi Canva adalah solusi bagi kamu yang ingin membuat desain kemasan produk untuk meningkatkan nilai produk. Faktanya, kemasan produk menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli. Jika kemasan itu menarik, mereka tak segan mencari tahu informasi yang tertera pada label dan kemudian membelinya. 

Untuk mendesain kemasan produk, kamu bisa memanfaatkan fitur Packhelp Editor. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini menggunakan desain elemen Canva yang ada untuk membuat kemasan yang menarik dan unik serta mencerminkan merek bisnis kamu. Berbekal Canva online gratis, kamu bisa membuat kemasan produk sesuai keinginan dengan mudah. 

2. Tampilan Website 

Di era modern, website berkembang pesat menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan merek, menjual produk, atau menawarkan layanan. Meskipun biasanya paket hosting website menyediakan website builder bawaan, Canva dinilai lebih unggul karena memberikan pengguna kesempatan kustomisasi yang lebih bebas.  

Baik menggunakan Canva gratis maupun Canva pro, kamu bisa mendesain tampilan website untuk bisnis, perusahaan, atau organisasi agar tampak profesional. Keduanya dilengkapi, template, font Canva, serta elemen Canva lain untuk membantu proses pembuatan website, pengeditan menu sidebar, dan menambah gambar. 

3. Invoice 

Canva web merupakan pilihan tepat bagi kamu ingin membuat invoice atau faktur bisnis dengan tampilan profesional. Kamu hanya perlu memilih template kemudian menyesuaikan font Canva, menambahkan logo, dan mengatur warna hanya dengan beberapa klik saja. Sangat hemat waktu dan mudah. Jika sudah sesuai, Kamu bisa download Canva invoice dan menggunakannya untuk keperluan bisnis.  

4. Poster 

Canva online sering digunakan oleh pengguna yang ingin membuat poster sederhana, tanpa biaya, dan terlihat profesional. Cukup dengan template yang tersedia, kamu bisa mendesain poster yang unik, menarik, dan efektif untuk menjangkau bisnis. Sangat disarankan memilih gambar dengan resolusi tinggi dan melakukan format teks sebelum memulai desain poster.  

5. Infografis 

Sebagai alat desain grafis yang ramah bagi pengguna, Canva menyediakan ratusan ribu template untuk infografis dengan tingkat kerumitan bervariasi. Berbekal stok template ini, kamu bisa menemukan mana yang paling cocok untuk menghasilkan desain infografis profesional.  

Tak berbeda dengan desain lainnya, penggunaan aplikasi Canva untuk infografis ini sederhana. Kamu hanya perlu dua langkah saja, yakni seret dan lepas. Lakukan pengaturan elemen Canva serta font Canva sesuai selera dan kebutuhan Kamu.  

6. Thumbnail YouTube 

Bagi kamu yang ingin mempercantik thumbnail di YouTube sekaligus membuatnya terlihat profesional, gunakan Canva online gratis. Tata letak dan elemen Canva dalam template yang tersedia dapat kamu ubah atau hilangkan sesuai kebutuhan. Jika sudah yakin dengan desain tersebut, download Canva thumbnail sebagai file PNG, JPEG, atau PDF kemudian unggah ke saluran YouTube kamu.  

7. Konten Media Sosial 

Canva gratis bisa digunakan dalam membuat konten media sosial baik untuk kebutuhan pribadi maupun keperluan pemasaran. Pada era digital saat ini, konten media sosial menjadi alat yang efektif untuk mendorong kesadaran merek, mempromosikan merek, meningkatkan atensi calon pelanggan, dan membuka peluang bisnis potensial.  

Template Canva online merupakan cara terbaik bagi Kamu untuk menemukan inspirasi desain. Konten populer Twibbon yang kerap digunakan di berbagai media sosial juga bisa dibuat menggunakan Canva. Twibbon sendiri merupakan bingkai foto yang bertujuan sebagai bentuk dukungan maupun promosi. Tidak perlu cemas, cara membuat twibbon di Canva tergolong mudah.  

8. Featured Image untuk Blog 

Blogger maupun penulis lepas bisa menggunakan aplikasi Canva untuk membuat tampilan featured image blog lebih menarik. Faktanya, blog maupun media sosial dapat digunakan sebagai referensi HR dalam mencari kandidat potensial

Desain dari Canva tak hanya menghilangkan kesan monoton, melainkan juga membuat blog lebih profesional. Keunikan desain featured image juga akan membuat orang-orang lebih mudah mengenali blog Kamu. 

9. Newsletter 

Canva dapat membantu Kamu dalam merancang newsletter atau buletin. Pasalnya, tersedia ratusan template buletin yang bisa digunakan serta disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya kamu. Mengganti warna, mengubah font Canva, menambahkan gambar, dan menyisipkan teks bisa dilakukan dengan menyeret kemudian melepasnya. Agar hasilnya sempurna, pastikan bahwa template buletin yang dipilih kompatibel dengan layanan email kamu.

Cara Membuat Akun Canva 

Ilustrasi platform design online, Canva.

Mengingat Canva adalah alat yang sempurna untuk mendesain postingan media sosial, membuat sampul buku, poster, CV, PPT, dan lainnya, tak perlu ragu membuat akun baru dengan langkah berikut:

  • Kunjungi Canva web.
  • Klik tombol Daftar.
  • Lanjutkan pendaftaran dengan Google, Facebook, Email, Email Kantor, Akun belajar.id, Apple, Clever, atau menggunakan nomor ponsel.
  • Pilih alasan menggunakan Canva: untuk pribadi, bisnis kecil, nirlaba atau amal, perusahaan besar, atau Canva pendidikan untuk guru dan murid.
  • Pilih Lanjutkan. 

Selamat! Akun Canva sudah dibuat dan kamu bisa menambahkan nama, gambar profil, mengubah kata sandi, dan lainnya melalui pengaturan akun. 

Selain versi website, tersedia juga Canva versi mobile yang memungkinkan perancangan desain grafis dapat dilakukan melalui ponsel pintar atau tablet. Untuk menggunakannya, Kamu bisa download Canva di Google Play Store atau App Store.

Cara Membuat Desain dari Template Canva 

Ilustrasi Canva online.

Sebenarnya, memulai proses pembuatan desain menggunakan template Canva tidaklah rumit. Agar kamu lebih paham, berikut langkah-langkahnya:

  • Klik Buat Desain di sebelah kanan atas.
  • Pilih jenis desain yang hendak dibuat, misalnya poster, sampul buku, undangan, infografis, atau lainnya.
  • Pilih template yang tersedia di kolom sebelah kiri.
  • Kamu bisa mengganti latar belakang menggunakan gambar sendiri, mengubah teks, mengatur font Canva, menggambar langsung di templat, dan menambahkan elemen Canva.
  • Setelah desain selesai, pilih Cetak Desain. 
  • Atur ukuran, jenis kertas atau tipe file, dan unduh desain tersebut.  

Pada beberapa jenis desain, seperti poster, selebaran, undangan, dan sejenisnya dapat dicetak melalui Canva dengan harga bervariasi, tergantung jenis kertas, ukuran, dan jumlah.

Cara Menggunakan Canva untuk Melamar Pekerjaan 

Tampilan situs Canva yang bermanfaat untuk mempermudah melamar pekerjaan.

Banyak orang penasaran dapatkah desain Canva digunakan untuk melamar pekerjaan? Jawabannya bisa. Ya, aplikasi Canva menyediakan template untuk membuat CV yang menarik atau resume, portofolio, dan lamaran kerja. Simak penjelasan berikut mengenai cara pembuatan desain Canva untuk kebutuhan pekerjaan.   

Cara membuat CV di Canva 

Mengingat persaingan di dunia kerja sangat tinggi, penting bagi kamu untuk menonjolkan diri melalui CV. Pastikan CV tersebut mencerminkan identitas kamu secara efektif dan sederhana. Kamu bisa membuat CV melalui Canva dengan memilih satu Canva CV template terbaik yang paling cocok dengan diri kamu.  

Lakukan pengeditan, mulai dari kolom gambar, tentang saya, pendidikan, keahlian, pengalaman, hingga kemampuan. Kamu juga bisa mengubah warna latar belakang, ukuran, jenis, dan warna font Canva, serta mengatur ulang posisi kolom pada CV Canva. Cukup dengan seret dan lepas, desain Canva CV kamu akan tercipta dengan baik! 

Cara membuat surat lamaran pekerjaan di Canva 

Tidak hanya CV, melamar pekerjaan juga membutuhkan surat lamaran yang baik untuk menarik atensi HRD. Untuk memulainya, pilih buat desain Cover Letter kemudian pilih template yang tersedia atau gunakan kreasi kamu sendiri. 

Apabila menggunakan template cover letter Canva, kamu hanya perlu mengedit dan menyesuaikan isinya saja. Kamu juga bisa menambahkan elemen Canva, mengubah warna, huruf, dan gaya dengan tombol yang tersedia di bagian atas editor. Sangat praktis, bukan?  

Cara membuat portofolio kerja di Canva 

Bagi pekerja di bidang kreatif, biasanya perusahaan akan meminta kamu untuk melampirkan portofolio sebagai pertimbangan. Usahakan portofolio tersebut benar-benar menggambarkan kemampuan dan keterampilan kamu sehingga perusahaan terkesan.  

Hanya dengan template Canva, kamu bisa membuat portofolio yang menarik dalam hitungan menit. Mulailah dengan memilih template kemudian tambahkan gambar, video, atau contoh tulisan kamu. Sesuaikan tata letak portofolio, font Canva, header, dan gunakan kombinasi warna agar tampilannya lebih profesional.

Cara Menggunakan Canva untuk Tugas Lainnya 

Ilustrasi Canva Online.

Hampir semua orang di seluruh dunia mengenal Canva sebagai platform desain grafis online yang lengkap dan solutif. Hal ini tergambar jelas dari beragam jenis desain yang tersedia. 

Selain untuk urusan pekerjaan, Canva juga memiliki ribuan template yang dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan tugas lainnya. Adapun tugas yang dimaksud, sebagai berikut.  

Cara membuat flowchart di Canva 

Membuat flowchart atau diagram alur menjadi lebih simpel berkat aplikasi Canva. Kamu bisa memanfaatkan template diagram alur bawaan yang gratis digunakan. Untuk memulainya, pilih Buat Desain kemudian klik Flowchart. Pilih template dan lakukan penyesuaian di editor Canva. 

Kamu bisa menambah gambar dan teks maupun mengganti font Canva dan warna sesuai gaya kamu. Setelah diagram alur selesai dibuat, pilih jenis file dan unduh hasil desain flowchart kamu.

Cara membuat poster di Canva

Cara termudah membuat poster di Canva adalah dengan menggunakan template bawaan. Kamu bisa memulainya dengan memilih Buat Desain kemudian klik Poster. Pilih jenis template yang kamu inginkan, lanjutkan dengan klik tombol Edit.  

Di editor Canva, kamu bisa menyesuaikan template tersebut dengan menambahkan ilustrasi, gambar, teks, elemen, dan lainnya. Kamu juga bisa mengubah transparansi, posisi, tipe dan warna garis, serta memilih ukuran poster sebelum mencetaknya.   

Cara membuat desain website di Canva 

Desain website merupakan fitur terbaru Canva yang memungkinkan kamu membuat website secara mandiri dengan praktis, tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman. Tentunya hal ini dapat terjadi karena tersedianya template website yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi.  

Template tersebut juga mudah diubah agar sesuai dengan citra yang ingin kamu tampilkan. Untuk mengubah posisi, menambah elemen Canva, mengganti huruf, dan komposisi warna dapat dilakukan dengan memilih tombol yang terdapat di bagian kiri dan atas editor.  

Cara membuat presentasi kerja di Canva 

Sering kali orang-orang kesulitan dalam membuat presentasi kerja, padahal hal ini sangat penting untuk memberikan informasi pada audiens. Mendesain presentasi secara tepat dan profesional akan menarik minat audiens untuk memperhatikan hal yang kamu sampaikan. 

Proses pembuatan desain presentasi di Canva terbilang sederhana. Gunakan Magic Design Canva untuk merancang presentasi terbaik. 

Pilih template yang kamu sukai kemudian lakukan penyesuaian. Mulai dari mengedit teks, menambah catatan dan elemen Canva, mengatur durasi, waktu, posisi, dan animasi, serta mengatur tampilan penyaji, warna, dan huruf Canva. Kamu pun siap menampilkan presentasi terbaik!

Cara Mengunduh Desain Canva 

Tampilan situs platform design Canva di laptop.

Setiap kali menyelesaikan desain, ada baiknya melakukan penyimpanan di komputer maupun ponsel pintar. Hal ini dilakukan untuk memastikan desain yang kamu buat tersimpan dengan aman dengan melakukan unduh data. Adapun caranya adalah:

  • Komputer: klik tombol Bagikan. Klik Unduh lalu pilih jenis file, ukuran, dan halaman yang ingin diunduh. Klik tombol Unduh.
  • Aplikasi: ketuk tulisan Ekspor Ikon yang terletak di bilah menu editor. Klik Unduh kemudian pilih jenis file dan ukurannya. Jika halaman lebih dari satu, pilih halaman mana saja yang akan diunduh. Setelahnya klik Unduh.
  • Web Seluler: pilih Ekspor ikon lalu ketuk Unduh. Pilih jenis file dan ukuran untuk desain Kamu. Khusus untuk desain dengan halaman lebih dari satu, Kamu perlu menyesuaikan halaman yang hendak dicetak. Klik Unduh.

Kesimpulan

Itulah penjelasan soal serba-serbi Canva online gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk menyelesaikan masalah desain. Berkat aplikasi tersebut, menciptakan desain untuk berbagai kebutuhan jadi lebih mudah, termasuk untuk membuat CV dan portofolio.

Kalau kamu ingin membangun karir di bidang kreatif khusunya design, menguasi Canva akan sangat mempermudah pekerjaan kamu.

Sudah siap melamar kerja? Segera perbarui profil-mu di situs atau aplikasi Jobstreet by SEEK dan temukan pekerjaan impianmu. 

Sambil mempersiapkan diri, kunjungi Tips Karier di situs Jobstreet by SEEK untuk membaca artikel serupa lainnya. Dapatkan juga akses lebih mudah untuk konten video pembelajaran seekMAX dengan mengunduh aplikasi Jobstreet by SEEK di Apple App Store dan Google Play Store.

Pertanyaan Seputar Cara Menggunakan Canva

  1. Apa langkah pertama menggunakan Canva?
    Mulailah dengan melakukan pendaftaran akun baru. Lanjutkan dengan tur singkat agar lebih mengenal fungsi Canva, fitur yang tersedia, dan cara penggunaannya. Setelah itu, buat proyek desain baru dengan klik Buat Desain atau memanfaatkan ribuan template desain yang tersedia.
  2. Canva bisa mengedit apa saja?
    ⁠Canva dirancang untuk memudahkan siapa saja membuat desain yang bagus, menarik, dan terlihat lebih profesional. Aplikasi Canva dapat digunakan untuk mengedit template sampul buku, sampul majalah, kalender, wallpaper desktop, infografis, grafik, kolase foto, komik, jadwal kelas, pamflet, poster, undangan, presentasi, buklet, CV, logo, selebaran, dan lainnya.
  3. Bagaimana cara mengoperasikan Canva secara singkat?
    ⁠Sebenarnya, Canva sangat mudah dioperasikan baik melalui website maupun aplikasi mobile. Untuk menggunakan Canva web maupun browser ponsel dan aplikasi mobile, pastikan telah terdaftar sebagai pengguna. Ikuti petunjuk yang tersedia atau mengikuti tur singkat yang menjelaskan tentang menu dan fitur utama Canva.
  4. Apa langkah-langkah membuat desain logo di Canva?
    ⁠Membuat logo di Canva bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan praktis hanya dengan mengedit template yang disediakan. Caranya, klik menu Buat Desain dan klik Logo. Pilih template yang tersedia. Lakukan kustomisasi desain logo menggunakan fitur desain yang tersedia.
  5. Apa langkah-langkah membuat desain poster di Canva?
    ⁠Ya, Canva memungkinkan pembuatan poster dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Hal ini karena Canva menyediakan ribuan template poster dari tim desainer profesional yang dapat diedit.
  6. Bagaimana cara membuat brosur di Canva?
    ⁠Buka Canva lalu pilih Buat Brosur Baru. Temukan ratusan template dan pilih yang paling cocok. Lakukan penyesuaian tata letak, kotak teks, elemen Canva, warna, huruf, dan posisi. Tambahkan gambar maupun ilustrasi untuk membuat brosur yang lebih menarik.
  7. Bagaimana cara membuat pamflet di aplikasi Canva?
    ⁠Buka Canva di web browser kemudian pilih Buat Baru dan klik Pamflet. Temukan ratusan template yang dibedakan sesuai tema pamflet. Atur gaya, skema warna, elemen, huruf, serta tambahkan gambar, foto, logo, grafik, atau ilustrasi untuk menghasilkan desain pamflet yang menakjubkan.
  8. Bagaimana cara membuat teks di Canva?
    ⁠Canva menyediakan Magic Write, asisten menulis AI yang baik dalam mendukung proses pembuatan teks untuk blog, website bisnis, postingan media sosial, dan lainnya. Untuk menggunakan Magic Write, buat atau buka template yang tersedia kemudian ketik Canva Assistant. Pilih Tulis Ajaib dan masukkan teks kemudian tekan enter.
  9. Apa langkah untuk mendownload hasil desain yang telah dibuat di Canva?
    ⁠Hasil desain menggunakan Canva dapat kamu unduh secara gratis. Caranya, pilih Bagikan pada bagian atas menu editor kemudian klik Unduh. Pastikan untuk cek lebih dulu desain yang ingin diunduh. Pilih jenis file desain dan klik Unduh. Cara download Canva desain ini dapat digunakan pada browser, aplikasi mobile, maupun browser ponsel.
  10. Bagaimana cara menambahkan gambar ke desain Canva?
    ⁠Cara menambahkan gambar di Canva yaitu dengan mengklik menu Unggahan yang terletak di samping editor kemudian klik Unggah File. Pilih gambar yang ingin diunggah atau seret gambar kemudian lepas di menu Unggahan. Dalam satu kali pengunggahan bisa menambahkan hingga sepuluh gambar.
  11. Apa langkah-langkah membuat presentasi di Canva?
    ⁠Membuat presentasi di Canva dapat dilakukan dengan menggunakan template yang telah disediakan. Klik menu Present di bilah menu kemudian klik Bagikan dan opsi Present. Sesuaikan jenis presentasi dengan memilih font Canva, elemen, dan warna sekaligus mengatur mode presentasi dan kecepatan tayang.
  12. Bagaimana cara membuat Canva menjadi PPT?
    ⁠Selain Microsoft Office, fitur Canva PPT dapat dijadikan sebagai alternatif untuk membuat PPT maupun tabel. Cara membuat tabel di Canva dan PPT tidak sesulit yang dibayangkan.
    ⁠Cukup buka Canva web kemudian pilih Presentasi. Carilah template yang tepat dan jelajahi berbagai fitur yang bisa membuat PPT makin menarik.
    ⁠Rancang dan atur slide PPT sesuai kebutuhan. Tambahkan latar belakang, animasi, dan efek untuk menghasilkan PPT yang lebih bagus. Atur mode presentasi dan PPT siap digunakan.
  13. Apa langkah-langkah membuat video animasi di Canva?
    ⁠Animasi video sederhana bisa dibuat menggunakan Canva. Untuk memulainya, buka Canva web kemudian pilih Video atau Kolase di kolom pencarian. Pilih salah satu template video atau bisa juga membuat video di laman kosong. Lakukan pengeditan video dengan menambah teks, font Canva, gambar, foto, klip, atau mengubah warna. Pilih bagian yang hendak dijadikan animasi dengan klik Animate lalu atur durasi. Video animasi pun berhasil dibuat!
  14. Berapa template yang disediakan oleh Canva?
    ⁠Pada dasarnya Canva menyediakan banyak template yang bisa digunakan kapan pun. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan jumlah template bagi pengguna Canva gratis dengan Canva Premium. Canva menyediakan lebih dari 250 ribu template bagi akun gratis dan lebih dari 610 ribu untuk akun berbayar.
  15. Apakah bisa menggambar di Canva?
    ⁠Canva dapat digunakan untuk menggambar apa saja dengan memanfaatkan fitur terbaru, yakni Draw. Nikmati kebebasan berekspresi dan realisasikan seluruh ide kreatif yang dimiliki menjadi sebuah gambar menarik menggunakan alat gambar berupa spidol, pena, stabilo, dan penghapus. Fitur ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sketsa diagram alur untuk berbagai kebutuhan dengan praktis.
  16. Apakah gambar di Canva memiliki hak cipta?
    ⁠Pada dasarnya, aturan mengenai hak cipta gambar di Canva bervariasi. Gambar yang memiliki hak cipta hanya bisa digunakan setelah membayar sejumlah biaya atau upgrade ke premium. Bagi pembuat konten gambar di Canva, kamu berhak secara penuh terhadap gambar yang dibuat dan akan mendapatkan kompensasi ketika gambar tersebut digunakan oleh pengguna lain. 

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.