Apa Itu Press Release? Inilah Definisi, dan Contoh Press Release

Apa Itu Press Release? Inilah Definisi, dan Contoh Press Release
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 20 May, 2024
Share

(Image by Mikhail Nilov on Pexels)

Press release adalah dokumen yang wajib kamu ketahui apabila ingin berkarier di bidang media dan komunikasi, khususnya public relation. Pelajari contoh press release disini sebelum kamu membuatnya.

Pada umumnya, perusahaan membuat press release untuk menyampaikan informasi kepada publik. Jadi, bisa dibilang bahwa press release merupakan bentuk media komunikasi perusahaan.

Agar informasi tersebut bisa sampai kepada publik, biasanya perusahaan akan mengirimkan press release ke berbagai media atau mempostingnya di media sosial.

Lantas, contoh press release itu seperti apa? Bagaimana manfaatnya sebagai media komunikasi perusahaan? Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, yuk, simak ulasan lengkap tentang apa itu press release, contoh press release, hingga cara membuat press release dan contohnya di bawah ini!

Apa itu press release?

Nama lain dari press release adalah siaran pers atau rilis media. Press release artinya suatu bentuk publikasi yang dibuat oleh perusahaan untuk media. Bentuknya tulisan, dan biasanya hanya sepanjang 1-2 halaman.

Dengan kata lain, pengertian press release adalah alat bagi perusahaan untuk menyampaikan informasi kepada publik.

Nah, informasi tersebut bermacam-macam. Bisa tentang event yang akan diadakan perusahaan, peluncuran produk baru, hingga klarifikasi tentang isu tertentu.

Kemudian, perusahaan akan memberikan press release tersebut kepada televisi, koran, hingga media online.

Para media inilah yang akan memberitakan press release sehingga bisa menjangkau audiens secara lebih luas.

Ada alasan tertentu kenapa perusahaan menggunakan press release daripada media komunikasi lain untuk publikasi informasi. Press release menawarkan sejumlah manfaat bagi perusahaan. Apa saja?

Manfaat press release

Membuat press release di komputer

(Image by Tima Miroshnichenko on Pexels)

Setelah memahami pengertian press release, mari kita bahas kenapa banyak perusahaan membutuhkan press release? Hal ini tidak terlepas dari berbagai manfaat yang ditawarkan press release.

1. Meningkatkan visibilitas bisnis

Press release dapat membantu perusahaan menyebarluaskan suatu informasi. Hal ini karena distribusi informasi dengan press release bisa berjalan cepat.

Apalagi dengan kehadiran media online seperti sekarang, seperti media sosial, live streaming, dan portal berita online.

Dengan informasi yang tersebar luas, kamu bisa membuat publik lebih memahami perusahaan sehingga meningkatkan visibilitas bisnis.

Jadi, bagi kamu yang ingin menjangkau audiens baru, press release dapat menjadi opsi yang tepat.

2. Membangun reputasi dan otoritas

Press release artinya sebuah bentuk publikasi berisi informasi tentang perusahaan, yang ditulis oleh pihak perusahaan sendiri untuk disampaikan kepada publik. Artinya, informasi tersebut bersifat kredibel.

Dengan begitu, kamu bisa membangun reputasi dan otoritas perusahaan. Hal ini dapat menjaga ingatan tentang perusahaan dalam benak audiens.

3. Meningkatkan lalu lintas situs web

Melalui informasi yang tertulis, press release dapat memperkenalkan perusahaan atau brand secara lebih luas. Selama ditulis dengan baik, press release akan mampu menarik perhatian publik.

Hal tersebut dapat mendorong mereka mengunjungi situs web resmi untuk mengenal perusahaan dengan lebih jauh. Alhasil, traffic situs web perusahaan pun akan meningkat.

4. Memperkuat hubungan dengan media

Setelah membuat press release, perusahaan akan menyebarkannya ke berbagai media mainstream, seperti surat kabar, saluran broadcasting, situs berita online, dan media sosial.

Aktivitas ini bisa memperkuat hubungan perusahaan dengan media.

Jadi, jika seandainya terjadi krisis, press release dapat membantumu mengendalikan narasi yang diliput media.

Kamu bisa menjelaskan kronologi dari sudut pandangmu terlebih dulu untuk mencegah munculnya berita negatif.

Nah, untuk bisa menyampaikan informasi secara efektif dan mendapat berbagai manfaat di atas, perusahaan membuat press release sesuai tujuan atau jenis informasinya.

Memangnya, press release terdiri dari berapa jenis?

Baca Juga: 10 Perusahaan dengan Gaji Terbesar di Indonesia

Jenis press release

Secara umum, jenis-jenis press release terdiri dari general news, launch release, event press release, financial release, dan product release. Yuk, kita bahas satu per satu!

1. General news (press release berita)

Sesuai namanya, general news merupakan contoh press release yang paling umum (general).

Biasanya, perusahaan membuat contoh press release satu ini untuk menyampaikan suatu berita. Itulah kenapa general news juga disebut dengan press release berita.

Nah, jenis berita tersebut cukup luas. Bahkan, press release apa pun sebetulnya bisa dikatakan sebagai general news karena tetap menyampaikan informasi kepada publik.

Beberapa contoh press release ini adalah pengumuman hasil keuangan, suatu peristiwa penting, dan peluncuran produk baru.

2. Launch release

Launch release adalah contoh press release untuk meluncurkan produk, brand, perusahaan, website, atau hal-hal lain yang bersifat baru atau pertama kali.

Karena berhubungan dengan hal-hal baru, contoh press release launching produk atau perusahaan biasanya akan diikuti oleh siaran pers lanjutan.

3. Event press release

Untuk menginformasikan tentang suatu acara, suatu organisasi akan membuat event press release. Contoh press release kegiatan kampus, konser musik, atau pameran seni, adalah contoh jenis event press release.

Melalui siaran pers ini, publik bisa mendapatkan info resmi seputar event.

Menariknya, jenis press release ini tidak selalu menggunakan format 5W1H (what, why, when, who, where, dan how).

Terkadang, penulisan contoh press release ini bisa berbentuk outline atau poin-poin.

4. Financial release

Kalau ingin menyampaikan informasi tentang hal-hal terkait keuangan perusahaan, kamu bisa membuat financial release.

Beberapa contoh press release perusahaan umumnya membahas tentang laporan keuangan, saham, atau akuisisi perusahaan.

Namun, cukup jarang perusahaan yang membuat financial release. Jadi, ketika ada perusahaan yang melakukannya, biasanya akan mendapat kepercayaan tinggi dari publik.

5. Product release

Contoh press release produk pada umumnya mirip dengan launch release. Namun, tak hanya sekadar membahas peluncuran produk baru, product release juga menjabarkan spesifikasi atau rincian fitur dari produk tersebut.

Melalui jenis press release ini pula, publik juga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan produk. Dengan begitu, mereka dapat menilai kualitas produk baru.

Struktur press release

Meskipun press release memiliki banyak jenis, struktur penulisannya cenderung sama antara satu jenis dengan jenis lainnya. Pada umumnya, contoh press release memiliki struktur utama yang terdiri dari komponen-komponen.

Beberapa komponen struktur press release adalah sebagai berikut:

1. Judul yang menarik dan informatif

Struktur press release selalu diawali dengan judul atau headline. Tulislah judul yang menarik perhatian dan bisa menggambarkan isi siaran pers.

Sebaiknya, gunakan kalimat aktif agar pembaca bisa lebih mudah memahami tujuan rilismu.

Selain itu, pastikan pula judul tersebut menarik perhatian serta terdengar catchy. Dengan begitu, publik akan tertarik untuk membaca siaran pers lebih lanjut.

2. Lead yang kuat

Kalau melihat contoh press release perusahaan, launching produk, atau lainnya, bagian awalnya pasti mengandung lead.

Lead merupakan pembuka dalam contoh press release, biasanya ditulis sebagai kalimat pertama. Ia memberi deskripsi singkat tentang informasi yang mau kamu sampaikan.

Oleh sebab itu, idealnya lead dalam siaran pers mencakup aspek 5W1H yang dituliskan secara singkat, padat, dan jelas.

3. Tubuh berita yang berisi informasi relevan

Mirip seperti tulisan berita, siaran pers juga menerapkan metode piramida terbalik dalam menulis isi informasi yang layak diberitakan.

Pada metode ini, kamu meletakkan informasi paling umum di bagian atas, disusul dengan informasi detail lain yang layak diberitakan. Itulah kenapa lead mengandung 5W1H.

Nah, unsur 5W1H juga perlu kamu terapkan saat membuat body berita. Tak kalah penting, sebaiknya hindari penggunaan jargon atau istilah yang sulit.

Dengan begitu, audiens bisa lebih mudah memahami informasi dalam press release-mu.

4. Kontak pers yang jelas

Beberapa perusahaan biasanya menambahkan aspek-aspek tertentu pada struktur press release mereka. Salah satunya adalah kontak pers yang jelas.

Hal ini mencakup nama lengkap perwakilan perusahaan serta kontak yang bisa dihubungi, seperti nomor ponsel dan email.

Jadi, jika pihak media butuh penjelasan lebih terkait isi siaran pers, mereka bisa langsung menghubungi kontak tersebut.

5. Call-to-action (CTA) yang mengarahkan pembaca

Pada dasarnya, tujuan utama press release adalah memang untuk menyampaikan informasi kepada publik. Meski begitu, biasanya perusahaan juga memiliki tujuan lain yang lebih spesifik.

Sebagai contohnya adalah agar publik bersedia membeli produk baru atau mendatangi suatu event.

Untuk itu, kamu bisa menambahkan call-to-action (CTA) di bagian akhir siaran pers. CTA adalah ajakan kepada audiens untuk melakukan tindakan tertentu.

Cara membuat press release

Mencatat poin-poin di atas kertas untuk membuat press release dengan tangan kanan sambil tangan kiri menyentuh keyboard laptop

(Image by RDNE Stock Project on Pexels)

Beberapa perusahaan menggunakan jasa press release untuk membuat rilis yang efektif. Namun, kamu juga bisa, kok, menulisnya sendiri sesuai kebutuhan.

Berikut cara membuat press release yang dapat kamu ikuti:

1. Identifikasi tujuan dan audiens

Supaya siaran pers buatanmu mudah dipahami, identifikasi tujuan dan audiens terlebih dulu.

Misalnya untuk memberi tahu soal penghargaan perusahaan, informasi event, peluncuran produk baru, atau pendanaan bisnis.

2. Penentuan pesan yang jelas dan tepat sasaran

Berdasarkan tujuan tersebut, tentukan pesan yang jelas dan sesuai dengan target audiens. Sebagai contoh, anggaplah kamu hendak menyampaikan informasi tentang event perusahaan. Nah, kamu ingin agar audiens tertarik menghadiri event tersebut.

Karenanya, lengkapi pesan dengan nama event, lokasi, jadwal, hingga hal-hal menarik yang bisa audiens dapatkan saat datang ke event tersebut.

3. Penyusunan struktur yang tepat

Cara membuat press release yang efektif membutuhkan penyusunan struktur.

Dengan menerapkan metode piramida terbalik, susunlah outline yang menempatkan informasi umum pada bagian awal. Lalu, tempatkan informasi yang lebih spesifik pada bagian menuju akhir.

4. Penulisan dan editing press release

Gunakan outline tersebut untuk mengembangkan tulisan press release.

Jika sudah, baca kembali siaran pers dan lakukan editing pada bagian-bagian yang perlu perbaikan. Minta orang lain untuk membacanya agar kamu bisa mendapatkan feedback.

5. Distribusi press release

Setelah siaran pers selesai, kini saatnya kamu mendistribusikannya. Pilihlah media yang banyak diakses oleh target audiensmu.

Misalnya jika press release-mu menargetkan kalangan milenial dan Gen Z, kamu bisa mendistribusikannya ke situs berita online yang memiliki pembaca dari kalangan sama.

Tips cara membuat press release yang efektif

Supaya rilis buatanmu tidak kalah bagus dan efektif dari penyedia jasa press release, perhatikan beberapa tips berikut ini:

Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Saat menulis siaran pers, hindari kata-kata, istilah, atau jargon bersifat teknis. Tidak semua audiens mengerti akan hal tersebut. Maka dari itu, gunakan bahasa yang sederhana agar lebih mudah dipahami oleh audiens.

Fokus pada fakta dan informasi relevan

Pada umumnya, siaran pers hanya terdiri dari 1-2 halaman. Oleh sebab itu, fokuslah membahas fakta dan informasi yang relevan dengan tujuan press release. Hal ini bisa membantumu untuk menyampaikan pesan secara to-the-point.

Buat judul yang menarik dan singkat

Agar target audiens tertarik untuk membaca press release-mu lebih lanjut, buatlah judul yang singkat tapi tetap menarik perhatian dan catchy. Lalu, usahakan memakai kata kerja atau kalimat aktif agar judul press release lebih informatif.

Sertakan kutipan dari narasumber terpercaya

Tak kalah penting, sertakan kutipan dari narasumber relevan dan terpercaya. Misalnya seperti ketua event, direktur perusahaan, atau tim public relation.

Adanya kutipan dapat memberikan perspektif yang mendalam terhadap informasi dalam press release.

Contoh press release

Ada banyak contoh press release, lho! Agar kamu punya gambaran lebih jelas tentang bentuk press release, Jobstreet telah merangkum beberapa contohnya untuk kamu.

Contoh press release produk

Contoh press release kegiatan kampus

Contoh press release perusahaan

Contoh press release launching produk

Kesimpulan tentang apa itu press release

Kini, kamu telah mengetahui arti, manfaat, jenis, hingga cara membuat press release dan contohnya.

Press release adalah media publikasi untuk menyampaikan informasi tentang perusahaan kepada publik. Contohnya seperti launching produk baru, pelaksanaan event, atau pendanaan bisnis.

Press release adalah hal penting bagi perusahaan karena dapat meningkatkan visibilitas bisnis, membangun reputasi, memperkuat hubungan dengan media, serta meningkatkan traffic website.

Oleh sebab itu, tingkat skill-mu dalam membuat press release jika ingin berkarier di bidang public relation.

Kamu bisa menemukan lowongan kerja di bidang tersebut melalui Jobstreet. Kunjungi juga blog Jobstreet untuk mendapat insight menarik seputar pengembangan karier, termasuk di bidang media dan komunikasi.

Gunakan pula aplikasi Jobstreet, dan download secara gratis aplikasinya pada perangkat iOS atau Android kamu!

Pertanyaan seputar apa itu press release

Berikut pertanyaan seputar apa itu press release yang paling banyak dicari beserta jawabannya.

1. Apa bedanya antara press release dan artikel berita?

⁠Fungsi press release adalah menyampaikan informasi tentang perusahaan kepada publik, sedangkan artikel berita membahas peristiwa atau isu terkini.

2. Berapa kata yang ideal untuk press release?

⁠Idealnya, panjang press release adalah 300-500 kata.

3. Kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan press release?

⁠Waktu yang direkomendasikan untuk mengirimkan ke media sebuah press release adalah hari Kamis antara pukul 10 pagi sampai 12 siang.

4. Apakah saya perlu menggunakan jasa distribusi untuk press release saya?

⁠Jika kamu belum memiliki koneksi luas dengan berbagai media, tidak ada salahnya menggunakan jasa press release untuk mendistribusikannya ke banyak media.

5. Apakah press release masih relevan di era digital saat ini?

⁠Ya, press release masih relevan di era digital karena dapat meningkatkan traffic website perusahaan, menciptakan brand awareness, membangun kredibilitas, hingga meningkatkan loyalitas pelanggan.

More from this category: Keterampilan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.