Manajer Pembelian

Memimpin sebuah tim yang bertugas melakukan pembelian barang atau jasa untuk perusahaan.
Job opportunities
Jobs on JobStreet right now
Salary
-
Gaji bulanan biasa

Bagaimana rasanya menjadi Manajer Pembelian?

Dalam kesehariannya, seorang Purchasing Manager atau Manajer Pembelian bertanggung jawab untuk memimpin sebuah divisi purchasing. Divisi ini bertugas untuk melakukan pembelian baik dalam bentuk barang maupun jasa untuk mendukung operasional perusahaan. Jenis barang atau jasa yang dibeli sendiri bergantung pada jenis industri perusahaan tersebut. Saat melakukan tugasnya, Manajer Pembelian membuat kebijakan serta perencanaan proses pembelian seperti menyimpan rekaman pembelian, membidik supplier, dan mengidentifikasi harga terbaik untuk produk yang akan dibeli. Tugas-tugas tersebut kemudian akan didelegasikan kepada anggota tim untuk selanjutnya dieksekusi.

Manajer Pembelian

Tugas dan kewajiban

  • Merencanakan, mengelola, serta menaati kebijakan purchasing yang berlaku di perusahaan.
  • Membuat perencanaan pembelian jasa atau produk untuk perusahaan di waktu mendatang.
  • Memberikan persetujuan terhadap supplier yang akan diajak bekerja sama serta kontrak pembelian.
  • Merencanakan anggaran pembelanjaan.
  • Mengelola sumber daya manusia di dalam tim purchasing serta performa supplier.
  • Mengelola serta memonitor Service Level Agreements (SLA) agar sesuai dengan ekspektasi kedua belah pihak.

Cara menjadi Manajer Pembelian


SEEK Learning

Karena Manajer Pembelian merupakan profesi tingkat manajerial, umumnya kamu diharuskan untuk memiliki pengalaman di bidang relevan. Selain itu, kemampuan dalam bidang finansial, manajerial, dan pemasaran juga esensial saat menjalankan profesi ini.


  1. Memiliki gelar S1 Akuntansi, Ekonomi, Manajemen Bisnis, atau bidang lainnya yang relevan. Jenjang ini umumnya dapat diselesaikan dalam waktu 4 tahun.

  2. Walaupun tidak diwajibkan, beberapa perusahaan akan lebih melirik lulusan S2 Manajemen Bisnis atau jurusan lain yang serupa. Kamu dapat menyelesaikan jenjang ini dalam waktu 2 tahun atau 4 semester.

  3. Memiliki pengalaman setidaknya 3 tahun menjalankan profesi sebagai staf purchasing atau pengadaan.

  4. Mengikuti pelatihan dari lembaga yang telah disertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) seperti Certified Procurement Specialist (CPSp), Certified Contract Management Specialist (CCMS), dan Certified Procurement Strategist (CPSt) dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pengadaan Indonesia.

Bandingkan gaji kamu

Cari tahu bagaimana gaji kamu dibandingkan dengan gaji rata-rata untuk Manajer Pembelians
Gaji monthly kamu
Rp
Bandingkan gaji kamu

Lowongan Manajer Pembelian terbaru di JobStreet

Jadilah yang duluan menemukan lowongan pekerjaan terbaru, atau telusuri semua pekerjaan Manajer Pembelian di JobStreet sekarang
Lokasi
LocationIndonesia

Keterampilan dan pengalaman yang perusahaan cari

Negotiation
Supply Chain Management
Vendor Management
Leadership Capability
Communication Skills
Microsoft Office
Warehouse Management
English
Organised
Business Administration
Thoroughness
Analytical Thinking
Chinese - Mandarin
Time Management
Critical Thinking
Industrial Engineering
FMCG Industry
Computer Literacy
Problem Solving
Resilience
info
Sumber: iklan JobStreet dan data Profil JobStreet

Apakah Manajer Pembelian adalah peran yang cocok dengan saya?


Tren pasar kerja Manajer Pembelians

Lokasi
LocationIndonesia

Kesempatan kerja

Manajer Pembelian pekerjaan di JobStreet
1
Pekerjaan di JobStreet saat ini

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan panduan karir terbaru dari ahli di kotak masuk email kamu
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi JobStreet.