Yuk Kerja Remote Tanpa Perlu Tatap Muka ala Digital Nomad!

Yuk Kerja Remote Tanpa Perlu Tatap Muka ala Digital Nomad!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Siapa yang benar-benar mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan? Ketika kita telah merencanakan banyak hal, terkadang ada kejadian yang memaksa kita untuk beradaptasi dan berubah menjadi lebih fleksibel; misalnya keadaan normal yang baru ataunew normal.

Pandemi Covid-19 yang telah menyerang hampir dua tahun ini, misalnya, telah menjauhkan kita antara satu sama lain secara fisik. Dalam menghadapi situasi ini, banyak hal yang tentunya dikhawatirkan oleh berbagai pihak, termasuk kamu. Pastinya, keselamatan dan keberlangsungan kesehatanmu menjadi salah satu prioritas utama dalam menjalani pekerjaan.

“Bagaimana bisa kita menjalani pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan harian dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan optimal, ya?”. Secara tidak sengaja, karena dihadapkan oleh situasi ini, kita telah menjadidigital nomad,entah itu secarapart-timeataufull-time.

Untuk informasi lebih jelasnya tentang kehidupan sebagaidigital nomad,langsung saja baca penjelasannya di bawah ini, yuk!

Apa sih,Digital Nomaditu?

Istilah ‘nomad’ bukanlah sesuatu yang baru. Kamus Besar Bahasa Indonesia pun menjelaskan ‘nomad’ sebagai kata yang mengacu pada sekelompok orang yang tidak memiliki kediaman untuk dihuni dan terus-menerus berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya.

Nah, gaya hidup nomadik ini rupanya juga bisa diaplikasikan pada kondisi kerja yang sebagian besar dari kita sedang jalani sekarang, yakni independen dan tidak terkekang pada suatu tempat, seperti kantor yang harus didatangi setiap hari. Dalam prosesnya, sistem kerja ini dapat terwujud karena adanya fleksibilitas yang tinggi serta penyesuaian dari berbagai pihak. Selain itu, penggunaan internet dan inovasi teknologi menjadi faktor yang penting untuk mendukung sistem kerja ini.

Perubahan sistem kerja tatap muka langsung menjadi secara eksklusif lewat internet membutuhkan adaptasi secara menyeluruh. Jika kamu tertarik untuk sepenuhnya bekerja sebagaidigital nomad, kamu harus mulai mempelajari cara kerjaremoteagar jalanmu meraih kesuksesan karir dapat berjalan lancar.

Manfaat Bekerja sebagaiDigital Nomad

Apakah kamu tahu kalau 55% dari para pekerja profesional asal Indonesia bersedia bekerjaremotedi perusahaan asing ? Pemahaman seputar kehidupan kerjadigital nomadicbukan merupakan konsep yang unik karena ternyata, peminatnya pun semakin banyak.

Baca juga : 5 Kelebihan Bekerja Remote sebagai Talent Global

Kepopuleran gaya kerjaremoteini tentunya tidak muncul tanpa alasan. Inilah berbagai keuntungan yang bisa didapatkan jika mengadopsi gaya hidup sebagaidigital nomad:

  • Lowongan kerja remote tersebar di mana-mana, tidak terbatas lokasi geografis (contohnya kota, pulau, negara, atau bahkan benua).
  • Memperbanyak waktu pribadi karena kamu tak perlu berangkat ke/pulang dari kantor. Kamu jadi bisa mengalokasikan waktu untuk melakukan hobimu atau menjaga kesehatan dengan berolahraga.
  • Hampir semua perusahaan sudah menjalankan gaya bekerja lewat teknologi digital, seperti aplikasiZoom, Google Meets,dan aplikasivideo calllainnya untuk terhubung antara satu-sama lain, sehingga mempermudah urusan bisnis antara dua pihak.
  • Sebagai digital nomad, kamu dapat bekerja sambil melakukan hobimu atau mengunjungi tempat yang sudah lama kamu impikan karena memiliki fleksibilitas waktu.
  • Kamu memiliki kontrol lebih banyak seputar caramu menjalani hari-harimu. Tidak ada lagi atasan atau bos yang mengatur kapan kamu harus pulang dan mulai kerja.
  • Kerja sebagaidigital nomadmemberikan waktu lebih banyak dengan anggota keluarga lainnya, sehingga sangat cocok bagi paraworking momsdanworking dads.

Beberapa hal tadi hanya sebagian dari beragam manfaat menjadidigital nomad.Perlu diketahui bahwa manfaat-manfaat yang muncul sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jenis dan kondisi pekerjaan yang dijalani. Bahkan, jika kamu tidak dapat mengatur diri dan pekerjaanmu dengan baik, bisa saja kamu merasakan dampak negatif. Misalnya, merasa kesepian karena tidak ada rekan kerja, merasa kelelahan karena zona waktu klien yang berbeda, atau bahkan terjadinya miskomunikasi karena komunikasi hanya terjalin secara virtual.

Tips Kerja alaDigital Nomadyang Penting untuk Diketahui

Tidak perlu takut untuk berkarir sebagaidigital nomadatau mulai melamar pekerjaanremotesecarafull-time.Dengan melakukan penyesuaian, kamu dapat mengaplikasikan kebiasaan dari cara kerja tatap muka langsung ke sistem kerja secara jarak jauh, lho! Yuk, simak beberapa tips bekerjaa ladigital nomadberikut ini!

  • Ciptakan rutinitas layaknya kamu masih bekerja di kantor. Buatlah jam kerja secara terjadwal!
  • Selain membuat jadwal kerja, alokasikan juga waktu khusus untuk beristirahat dan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti melakukan hobi atau menghabiskan waktu dengan orang terdekatmu.
  • Kunjungicoworking spaceataucoffee shopuntuk mendapatkan akses internet yang lebih murah dan kondisi yang mendukung produktivitasmu. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, ya!
  • Pahami cara mempersiapkan rencana keuangan dengan matang. Pastikan kamu menyusun budget yang dialokasikan untuk biaya kehidupan sehari-hari, biaya darurat, serta menyisihkan sebagian dana untuk menabung.
  • Karena kebanyakandigital nomadakan direkrut sebagaifreelanceatauoutsourced,jangan lupa mendaftarkan dirimu untuk program asuransi kesehatan dan kejiwaan.
  • Buatlah ruang khusus yang berfungsi sebagai kantor di rumahmu. Kamu bisa menyiapkan meja kerja lengkap dengan laptop, buku agenda, serta peralatan yang dapat mendukung kemudahanmu dalam bekerja.

Lowongan KerjaRemoteuntuk paraDigital Nomad

Secara umum, pekerjaandigital nomadatau kerjaremotebisa dilakukan secarapart-timeatausemi-remote. Beberapa perusahaan menerapkan kebijakan jadwal bekerja sebagian dari rumah dan sebagian dari kantor. Karenanya, kamu dapat memanfaatkan situasi ini untuk bekerja secarafreelancesambil menjalani pekerjaanfull-time.Bagaimanapun kondisinya, kamu tetap memiliki kesempatan untuk menjadidigital nomad.

Jika kamu ingin pengalamandigital nomadicyang lebih maksimal, ada berbagai opsi pekerjaan yang dapat mendukung perjalanan karirmu sebagaidigital nomadyang bekerja secararemote.Berikut adalah beberapa di antaranya!

Seiring berkembangnya digitalisasi dalam berbagai bisnis dan bidang industri, kebutuhan akan web,software,dan aplikasi juga semakin tinggi. Sebagaideveloper,kamu bisa menawarkan jasamu dalam mengembangkanwebsitemereka dan mendukung bisnis-bisnis meraih tujuan yang diinginkan.

ParaUI/UX designerbertugas untuk memastikan pengalaman pengguna (user experienceatau UX) di suatu aplikasi danwebsiteberjalan secara lancar dan efisien. Artinya, kamu perlu mempertimbangkan pandangan dari konsumen yang berbasis data untuk memberikan validasi dari segala keputusan yang kamu ambil. Dengan menggunakan aplikasi yang dapat membantumu berkolaborasi dengan tim, prosesmu menghasilkan pengalaman pengguna yang baik akan semakin mudah untuk diraih.

Desain dalam bentuk apapun bukan hanya membutuhkan kreativitas dan pemahaman akan gaya desain dengan level yang tinggi. Dengan kemampuan menggunakansoftwaredan memilikihardwareyang memadai, kamu dapat menyelesaikan kebutuhan klien dari mana pun dan kapan pun.

Siapa lagi yang memahami suatu bahasa dibandingkan penduduk asalnya yang menggunakan dan memperdalam pengetahuan bahasa tersebut dalam kesehariannya? Kamu bisa mengawali karir sebagai penerjemahremoteyang menawarkan jasa penerjemahan dari atau ke Bahasa Indonesia. Bahkan, jika kamu mahir menggunakan dua atau lebih bahasa, menjadi Penerjemahremotedapat menjadi opsi yang sangat layak untuk dipertimbangkan.

Berbagai toko besar die-commerce, startup,atau perusahaan-perusahaan lainnya kini membutuhkanvirtual assistantuntuk membantu memberikan solusi secara online kepada para pelanggannya. Posisi ini sangat berperan penting untuk menjamin dan mempertahankan interaksi konsumen dengan platform perusahaan berjalan dengan baik. Karena setiap kegiatannya dilaksanakan melalui platform online, profesi ini dapat dengan mudah dikerjakan secara jarak jauh.

Pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk mendengar rekaman audio atau menonton video, lalu menuliskan setiap kata yang muncul menjadi sebuah teks yang utuh. Nantinya, kata-kata yang sudah kamu tulis ke dalam bentuk teks atau dokumen akan digunakan untuk keperluan dokumentasi legal, bisnis, atau bahkan aksesibilitas pengarsipan literasi.

Dengan JobStreet, kamu dapat memulai perjalanan mencari lowongan kerja dari rumah atau dari tempat lainnya aladigital nomadsejati. Perbaruilah profil setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah talent terbaik, selamat mencoba dan semoga sukses selalu!

Dapatkan tips dan trik lainnya seputar proses melamar kerja, berita industri, atau informasi menarik seputar keterampilan dan tren kerja,dengan mengunjungi halaman Tips Karir.

Dengan kedua ujung ibu jari dankeyboardpadasmartphonemu, dapatkan kemudahan akses memulai pencarian kerja dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.