Meningkatnya tren kerja remote dalam beberapa tahun terakhir telah mendongkrak popularitas webinar.
Banyak orang kini telah akrab dengan arti webinar, bahkan memanfaatkannya dalam konteks pekerjaan maupun edukasi.
Tapi, sebenarnya apa itu webinar dan seperti apa ciri webinar yang efektif?
Apakah webinar bisa dimanfaatkan untuk menunjang kesuksesan karier? Yuk, kita pelajari bersama dalam artikel ini.
Kepanjangan webinar berasal dari kata web dan seminar. Jadi, webinar adalah seminar yang diadakan secara online lewat platform digital.
Tujuannya adalah membantu para peserta untuk belajar atau berbagi informasi walau berada di lokasi yang berbeda-beda.
Meski sudah ada sejak lama, acara berformat webinar makin populer diadaptasi oleh berbagai perusahaan dan instasi ketika pandemi COVID-19.
Ring Central menyebut, webinar dapat menyimulasikan acara tatap muka dengan menyertakan elemen interaktif, seperti diskusi langsung dan tanya jawab.
Selain full online, terdapat webinar gabungan antara penonton langsung dan peserta online.
Acara webinar atau seminar online terdiri dari pembawa acara, fasilitator atau pembicara tamu, dan peserta yang hadir dalam satu ruang digital.
Webinar cenderung terbuka untuk umum atau minimal memiliki akses yang cukup luas.
Dalam webinar, peserta bisa mendapat wawasan langsung dari pakar atau pembicara tamu berpengalaman tanpa harus keluar rumah atau meninggalkan lokasi mereka.
Secara sekilas, webinar dan workshop terdengar mirip. Apalagi, banyak workshop yang digelar secara daring.
Tapi, keduanya sebenarnya punya karakteristik berbeda, lho. Berikut beberapa perbedaan webinar dan workshop:
Webinar atau web seminar biasanya merupakan ajang yang terbuka luas. Jumlah pesertanya cenderung banyak dan bahkan tidak terbatas.
Kamu bisa ikut hadir selama memiliki akses link atau tautan ke platform webinar berlangsung. Bisa dibilang, ini adalah kelebihan webinar dibanding workshop.
Di lain sisi, peserta workshop biasanya juga terbatas dan temanya cenderung terbatas. Selain itu, akses ke workshop biasanya membutuhkan undangan khusus atau bahkan biaya.
Webinar dan workshop bisa sama-sama menyampaikan konten edukatif. Akan tetapi, webinar bisa menyisipkan konten yang sifatnya promosi.
Webinar tertentu bahkan ditujukan untuk meningkatkan konversi dan mempromosikan produk agar audiens tertarik.
Sementara itu, workshop tidak hanya mempresentasikan materi. Namun, workshop lebih interaktif karena melibatkan diskusi, studi kasus, latihan, hingga simulasi tentang proyek atau topik tertentu.
Pelatihan software atau sertifikasi K3 adalah contoh workshop.
Karena ditujukan untuk peserta yang lebih luas, webinar biasanya gratis. Namun, ada beberapa webinar yang berbayar, tergantung jenisnya. Meski demikian, biaya pendaftaran webinar biasanya tidak begitu mahal.
Sebaliknya, workshop merupakan ajang pelatihan yang lebih fokus dan mendalam, sehingga biasanya berbayar.
Baca Juga: Maksimalkan Pelatihan Kerja dengan 5 Cara Ini!
Berikut beberapa tujuan webinar serta manfaatnya baik untuk perusahaan maupun peserta:
Sama seperti seminar, webinar merupakan juga membuka komunikasi dua arah antara pembicara dan peserta.
Karakteristik itu membuat komunikasi atau penyampaian materi webinar lebih efisien dan tiadak membosankan.
Format dan gaya penyampaiannya materi webinar bisa disesuaikan dengan jenis dan latar belakang peserta.
Hal itu akan membantu pembicara menyampaikan pesan, informasi, hingga ajakan secara lebih efektif.
Apakah kamu sedang berjuang mencari leads untuk bisnismu? Webinar adalah salah satu solusi digital yang patut kamu coba.
Menurut mentor bisnis Luisa Zhou, 73% marketer B2B setuju bahwa webinar adalah cara terbaik untuk menghasilkan leads berkualitas dan memperluas brand awareness.
Dalam hal ini, fungsi webinar adalah sebagai sarana mempromosikan produk, layanan, merek, situs, atau informasi lainnya secara langsung ke banyak peserta webinar.
Dengan menggunakan suaramu sendiri secara langsung, kamu bisa lebih mudah “membujuk” peserta dan menciptakan leads baru.
Skema online webinar bisa mempermudah kamu menjangkau puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan audiens, tanpa mengeluarkan banyak biaya.
Dengan skema online, kamu tidak perlu menyewa gedung atau menyiapkan konsumsi untuk banyak peserta ketika mengadakan webinar.
Kamu hanya perlu satu platform, jaringan internet, materi, serta perangkat penunjang lain untuk menyelenggarakan webinar.
Webinar bisa menjadi cara untuk menciptakan materi promosi di masa depan. Ketika membuat materi webinar, kamu pasti harus melakukan riset terlebih dahulu.
Hal ini bisa kamu jadikan sumber materi untuk webinar selanjutnya yang temanya mirip.
Promosi brand lewat webinar bisa kamu jadikan metode untuk membuat publik lebih percaya dengan bisnismu.
Tidak seperti metode iklan tradisional, kamu bisa memanfaatkan webinar untuk meyakinkan calon konsumen atau klien tentang kualitas brand.
Penjelasan mendalam, bahan edukatif, hingga pembicara tamu, bisa menjadi aspek yang membuat orang mudah percaya pada promosi lewat webinar.
Apakah perusahaan atau bisnis yang sudah sukses bisa mendapat manfaat webinar? Tentu, terutama untuk meningkatkan revenue.
Dengan webinar, kamu bisa meningkatkan kepercayaan calon konsumen baru dan memastikan agar konsumen lama tetap loyal.
Jenis dan materi webinar sangat beragam, mulai dari yang sifatnya edukatif, promosional, hingga profesional dengan jangkauan materi yang spesifik.
Inilah beberapa contoh jenis webinar sebagai inspirasi untukmu yang ingin mengadakan maupun mengikuti acara webinar:
Webinar ini cukup populer dan kerap menjadi sumber belajar gratis untuk publik. Webinar pembelajaran online biasanya diadakan oleh organisasi atau pembicara ahli untuk berbagi ilmu spesifik.
Akan tetapi, materi webinar pembelajaran online biasanya masih cukup umum karena sifatnya terbuka untuk publik.
Contoh webinar pembelajaran online adalah bisa berasal dari organisasi nonprofit yang mengajarkan materi umum soal cara mengelola sampah.
Webinar pelatihan karyawan mirip dengan workshop. Webinar ini biasanya diselenggarakan untuk kalangan terbatas yang memang akan mendapat keuntungan dari materinya.
Contohnya adalah webinar tentang penggunaan software manajemen atau sertifikasi keahlian tertentu.
Webinar kepemimpinan adalah salah satu pelatihan soft skill. Webinar ini biasanya terbuka untuk umum dengan topik terkait cara memupuk sifat-sifat kepemimpinan.
Webinar ini cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kompetensi soft skill di lingkungan kerja.
Webinar ini menghadirkan pembicara yang mendemonstrasikan cara kerja suatu produk. Tujuannya bisa untuk memperkenalkan produk baru atau meningkatkan pembelian produk yang sudah ada.
Dikutip dari Marketing Insider Group, webinar marketing membantu bisnis B2B mengubah sikap dan keputusan prospek yang berkualitas melalui informasi gratis yang bernilai.
Jenis webinar lead nurturing ditujukan untuk meyakinkan calon klien atau rekan bisnis agar mereka bersedia membuka koneksi atau memulai kerja sama usaha.
Hampir mirip dengan jenis webinar lead nurturing, webinar orientasi pelanggan lebih berpusat pada hubungan antara pelaku usaha dan konsumen.
Dalam webinar ini, pembicara berusaha mencari tahu apa yang diinginkan calon konsumen dari produk atau layanan mereka.
Webinar ini dilakukan untuk menjelaskan fitur baru atau unggulan dari sebuah produk.
Peserta webinar ini bisa calon konsumen, pemegang saham, investor, atau calon rekan bisnis.
Jenis webinar komunikasi korporat bisa ditujukan untuk internal perusahaan maupun umum.
Tujuannya adalah mengedukasi peserta webinar tentang gaya komunikasi korporat yang efektif dan efisien.
Webinar biasanya cenderung membebaskan peserta untuk bertanya atau berkomentar. Akan tetapi, webinar diskusi panelis secara khusus diadakan sebagai ajang diskusi.
Pesertanya dikelompokkan ke dalam beberapa panel agar bisa memberikan perspektif berbeda dalam diskusi.
Seperti namanya, webinar branding ditujukan khusus untuk mempromosikan brand.
Webinar branding biasanya diselenggarakan oleh perusahaan baru atau yang ingin melakukan relaunch produk lama dengan wajah baru.
Terkadang, perusahaan atau organisasi mendapat ide webinar dari peserta yang membutuhkan informasi tertentu dari mereka.
Misalnya, perusahaan produsen makanan sehat mungkin mengadakan webinar khusus orang tua yang membutuhkan informasi cara memasak menu sehat untuk anak-anak.
Baca Juga: On The Job Training: Aneka Jenis dan Manfaatnya
Setelah mengatahui arti dan contoh webinar, selanjutnya mari pahami ciri-ciri utamanya juga.
Wawasan ini penting agar kamu bisa menentukan apakah suatu webinar punya manfaat atau kontribusi terhadap karier atau tidak.
Ciri utama sebuah webinar yang ideal antara lain sebagai berikut:
Tidak seperti seminar tradisional, webinar lebih mudah dihadiri secara daring.
Semua peserta bisa langsung berpartisipasi hanya dengan akun atau akses ke platform digital tempat webinar diadakan.
Tahukah kamu kalau orang cenderung lebih mudah aktif berinteraksi dalam webinar dibandingkan pertemuan sungguhan?
Dalam webinar, kamu bisa berkomunikasi secara terbuka tetapi tetap mendapat “perlindungan” ekstra karena tidak bertatap muka langsung.
Pembicara webinar berpengalaman pasti bisa dengan mudah mengelola peserta sehingga interaksi menjadi lebih hidup.
Selain itu, mereka juga akan mendorong peserta menggunakan fitur khusus jika ingin bertanya.
Sebagai contoh, pembicara bisa meminta peserta webinar menekan tombol "angkat tangan" dalam aplikasi Zoom jika ingin bertanya.
Pembicara webinar yang berpengalaman pasti tahu cara memanafatkan elemen visual untuk menarik perhatian.
Sebagai contoh, pembicara bisa membuat materi presentasi digital yang menarik untuk ditampilkan di platform webinar.
Presentasi digital ini biasanya memiliki elemen seperti audio-visual, ilustrasi informasi seperti diagram, dan infografis.
Karena sifatnya yang unik, webinar memiliki fitur khusus yang bisa diakses semua peserta dalam webinar platform.
Contohnya adalah fitur breakout rooms yang memungkinkan penyelenggara untuk memisahkan peserta menjadi kelompok-kelompok kecil tanpa meninggalkan platform digital.
Kamu mungkin membutuhkan webinar untuk meningkatkan wawasan dan kinerja. Tapi, kamu tidak boleh sembarangan memilih webinar. Kamu harus selektif karena ada banyak webinar yang berjalan tidak efektif.
Untuk menghindari kesalahan memilih, berikut adalah beberapa unsur penting yang menentukan efektivitas sebuah webinar:
Webinar ideal harus memiliki tujuan jelas sejak awal. Pastikan webinar tersebut menjawab pertanyaan atau memberi kamu keahlian baru yang penting.
Beberapa jenis webinar bisa diadakan untuk umum. Namun, webinar yang efektif harus mampu menarik demografi tertentu.
Misalnya, webinar khusus perkembangan teknologi game sebaiknya dipromosikan ke publik dan tokoh-tokoh terkait dunia pengembangan game.
Webinar ideal harus memiliki jadwal jelas dan konsisten. Pastikan webinar yang kamu pilih memiliki informasi lengkap terkait nama acara, hari, tanggal, dan waktunya.
Jika ada perubahan, pihak penyelenggara wajib memberitahu semua calon peserta lewat saluran komunikasi yang sudah disepakati.
Kehadiran webinar sebaiknya dimaksimalkan lewat promosi yang efektif dan masif.
Kamu bisa memantau media sosial untuk mencari tau bagaimana cara penyelenggara mempromosikan webinar.
Jika kamu termasuk penyelenggara webinar, pastikan saluran atau media promosi kamu sudah sesuai dengan target audiens.
Salah satu bagian penting webinar adalah presentasi dari pembicara. Dengan demikian, pastikan pelaksanaan presentasi penyelenggara tertata rapi.
Gunakan contoh atau ilustrasi untuk membuat presentasi menarik. Padukan aspek teks dan gambar atau bahkan audio secara efektif agar presentasi terlihat menarik.
Pastikan setiap aspek visual mendukung isi presentasi sehingga tidak membosankan.
Terakhir, jangan lupa untuk mengatur waktu presentasi dengan baik agar semua informasi tersampaikan .
Akhirnya, pastikan melakukan latihan sebelum menjadi pembicara webinar. Minta orang tepercaya untuk menjadi penonton dan memberikan komentar.
Gunakan timer untuk memastikan kamu menggunakan waktu dengan baik di setiap bagian presentasi.
Salah satu alasan mengikuti webinar yang populer adalah keinginan mengembangkan karier atau skill.
Jika kamu pernah menggunakan alasan itu untuk mengikuti webinar, pastikan mengikuti beberapa tips di bawah agar tidak salah memilih webinar. Berikut tipsnya:
Pastikan kamu selalu memeriksa penyelenggara webinar sebelum mendaftar. Jika penyelenggara webinar adalah sebuah perusahaan, apakah namanya terdaftar?
Jika penyelenggara webinar adalah lembaga pelatihan, apakah sudah bersertifikasi dan tidak mengalami masalah? Pastikan kamu selektif dan selalu melakukan riset penyelenggara sebelum mendaftar webinar, ya!
Jangan lupa juga untuk mencari tau berbagai berita dan ulasan yang mungkin sudah ada terkait nama penyelenggara.
Sebelum mendaftar webinar, kamu juga harus mencari tahu ketersediaan materi presentasi.
Apakah materi presentasi akan dikirim ke peserta setelah webinar selesai? Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa menghubungi contact person penyelenggara webinar.
Jika materi webinar dibagikan, kamu tentu akan mendapat keuntungan karena bisa kembali mempelajarinya di lain waktu.
Kebanyakan webinar tidak mengizinkan peserta merekam sesi sendiri. Jadi, fitur rekaman di platform webinar hampir pasti dimatikan.
Akan tetapi, kamu tetap bisa mencatat secara manual setiap poin penting materi presentasi.
Dengan mencatat, kamu bisa mendapatkan kisi-kisi presentasi secara real time kemudian menggunakannya sebagai bahan pertanyaan.
Kegiatan mencatat juga akan membuatmu lebih fokus dan mampu menyerap materi webinar dengan lebih baik.
Webinar merupakan kesempatan besar untuk mengakses ilmu dari pembicara atau ahli profesional.
Jadi, jangan ragu menggunakan kesempatan untuk bertanya atau berdiskusi. Jika perlu, siapkan daftar pertanyaanmu sejak sebelum webinar dimulai.
Sama seperti kegiatan profesional lainnya, webinar juga jadi kesempatan yang baik untuk membangun koneksi.
Jika memungkinkan, kirim pesan atau tanyakan pada pembicara terkait akses kontak untuk mendapat lebih banyak ilmu.
Webinar kecil atau internal juga bisa menjadi ajang bertukar koneksi dengan peserta lain dan memperluas jejaring profesionalmu.
Sesuai dengan pengertiannya, webinar hanya bisa dilakukan secara daring menggunakan perangkat atau platform digital.
Berikut adalah beberapa platform yang cukup populer untuk menyelenggarakan webinar:
eWebinar adalah platform yang cocok untuk perusahaan, instansi, dan organisasi yang membutuhkan banyak materi pelatihan.
Dengan eWebinar, kamu bisa merekam sesi webinar lebih dulu sebelum menyampaikannya pada tanggal tertentu, bahkan saat kamu tidak berada di ruang yang sama.
Fitur live chat memastikan bahwa kamu bisa tetap aktif menjawab pertanyaan peserta dan berdiskusi saat video webinar berlangsung.
Zoom mungkin merupakan salah satu platform webinar paling terkenal.
Jika menggunakan Zoom, sebuah webinar bisa menampung 100 peserta untuk versi Basic dan 500 untuk versi Enterprise.
Zoom juga dilengkapi banyak fitur seperti live chat, tombol reaksi (termasuk "angkat tangan" untuk bertanya), serta fitur mute speaker untuk mengelola kelancaran webinar.
Platform Livestrom hampir mirip dengan Zoom. Namun, Livestrom memiliki fitur pre-recording. Melalui fitur tersebut, kamu bisa merekam webinar dan memutarnya secara otomatis pada waktu tertentu.
Livestorm juga lebih efisien karena berbasis web sehingga kamu tidak perlu mengunduh aplikasi.
Session.us menawarkan fitur yang cocok untuk webinar profesional. Kamu bisa menggunakannya untuk penjadwalan, penulisan naskah, pembuatan transkrip, hingga penyimpanan dalam cloud.
Vimeo tidak hanya berfungsi sebagai pemutar video. Kamu bisa menggunakannya untuk webinar dan livestreaming serta menghubungkannya dengan analytic dan marketing tools.
Vimeo juga punya halaman manajemen webinar sendiri, sehingga kamu bisa mengelola semua fitur di satu tempat.
Mengikuti webinar bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin menambah wawasan atau keahlian baru. Dengan wawasan dan keahlian baru, peluang kamu meningkatkan karier tentu akan semakin terbuka.
Tapi, kamu harus tetap selektif ketika memilih webinar, ya! Pastikan topik webinar yang kamu pilih sudah sesuai kebutuhan agar waktu dan tenaga kamu tidak terbuang sia-sia.
Jangan lupa juga untuk melakukan riset sebelum mendaftar webinar untuk memastikan kredibilitas penyelenggara.
Yuk, persiapkan diri kamu untuk menembus pekerjaan impian dengan membaca berbagai informasi dan Tips Karier di situs Jobstreet by SEEK.
Kamu juga bisa mengakses ribuan konten pembelajaran gratis dan terhubung dengan pakar industri di KarirKu dalam aplikasi Jobstreet.
Setelah itu, jangan lupa perbarui profil Jobstreet kamu dan temukan lowongan kerja yang tepat.
Download aplikasi Jobstreet by SEEK di Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan untuk mengakses informasi terbaru seputar dunia kerja hanya dalam satu genggaman saja! Semoga berhasil!