Ucapkan “Selamat Tinggal!” pada stress di tempat kerja

Ucapkan “Selamat Tinggal!” pada stress di tempat kerja
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Indo_Say Goodbye to Workplace Stress-1 Pekerjaan yang seperti tidak ada habisnya, tekanan kerja yang berat hingga jenuh dengan rutinitas kerja yang itu-itu saja dapat memicu stress pada karyawan di tempat kerja. Dampak dari stress itu sendiri dapat mempengaruhi kinerja di tempat kerja hingga kesehatan kita. Apakah Anda adalah salah satu yang terkena dampak dari stress ditempat kerja? Jobstreet mengutip dari pelbagai sumber dan  berikut ini adalah hal – hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi stress di tempat keja:

Hal pertama yang harus dilakukan

Kurangi penyebab stress di tempat kerja dengan menentukan pilihan yang tepat dalam kehidupan pribadi dan professional Anda. Mulailah dengan hal berikut ini:

Tidur malam dengan cukup

Manfaat dari tidur malam yang nyenyak tidak akan dapat diingkari. Ini adalah cara alami tubuh kita untuk mengisi kembali tenaga kita jadi jangan sampai kita melanggarnya. Para ahli merekomendasikan tujuh sampai delapan jam tidur setiap  malam untuk sepenuhnya mendapatkan manfaatnya, jadi hindarilah tidur larut malam juga. Biasakan diri Anda untuk tidur awal dengan melakukan beberapa aktivitas yang membuat santai tepat sebelum Anda tidur nyenyak.

Belajarlah untuk merapikan

Memiliki area yang rapi dan tertata merupakan tempat yang baik untuk memulai proses mengurangi stress di tempat kerja. Laci, lemari, dan papan gabus akan berguna. Tatalah berkas Anda dengan teratur dengan menempelkan label yang jelas di folder. Untuk mengingatkan  Anda akan tugas Anda, milikilah kalendar di dekat Anda dan gunakanlah kertas tempel yang menyala  untuk pengingat Anda. Anda akan merasa tidak terganggu jika Anda dapat melihat segalanya di tempat kerja Anda tertata.  .

Hiaslah meja kerja dengan barang-barang yang dapat membuat Anda senang

Sekarang Anda telah mengatur untuk membersihkan sampah-sampah di tempat kerja Anda, Anda sekarang dapat menemukan cara untuk mendekorasi yang dapat meningkatkan semangat Anda. Kelilingilah diri Anda dengan foto-foto orang, tempat, dan hal-hal yangmembuat Anda tersenyum. Ingatkan diri Anda akan hal-hal baik yang Anda miliki dalam hidup dan Anda akan menemukan berbagai hal menjadi lebih mudah diselesaikan di tempat kerja.

Saat bekerja

Ketika stress mulai menghinggapi Anda ketika Anda bekerja, jangat kuatir, berikut adlah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda kembali ke kondisi yang lebih baik:

Mundurlah sejenak dan keluarkan diri Anda dari situasi tersebut

Jika jadwal Anda memungkinkan, beristirahatlah sejenak untuk menenangkan diri Anda sendiri adalah cara yang baik untuk mengistirahatkan syaraf-syaraf Anda. Pergilah keluar dan berjalan-jalanlah – udara segar dapat membantu Anda untuk santai dan membersihkan pikiran Anda. Jika hal tersebut tidak mungkin, mendengarkan music yang menenangkan juga membantu. Selama istirahat makan siang Anda, cobalah makan di luar daripada makan di meja Anda. Manfaatkan istirahat Anda untuk beristirahat dan menyingkir dari pekerjaan Anda – hal ini adalah cara yang hebat untuk menjaga kesehatan mental Anda sepanjang hari.

Biasakan untuk memilih cemilan sehat

Sangatlah mudah untuk terjebak dalam jebakan makanan tidak sehat ketika stress – perjalanan singkat ke minimarket untuk membeli keripik adalah segala yang Anda butuhkan untuk memenuhi keinginan Anda ngemil di siang hari bukan? Akan tetapi, dengan sering melakukannya dan hal ini tentunya akan mempengaruhi tubuh Anda. Cemilan makanan sehat seperti buah-buahan adalah pilihan yang lebih baik untuk jangka panjang dan Anda akan bijaksana jika Anda menyimpannya di laci Anda. Yang mengejutkan adalah coklat hitam juga tidak apa-apa untuk disimpan juga – satu atau dua kotak coklat manis pahit ini dapat dengan instan meningkatkan mood seseorang (memicu pelepasan endorphin) dan menurunkan tekanan darah.

Lakukan olahraga ringan

Indo_Say Goodbye to Workplace Stress-2

Manusia tidaklah diciptakan untuk terus menerus duduk atau di posisi yang sama selama berjam-jam – Anda akan membuat diri Anda sendiri sakit dan otot tegang jika Anda terus melakukannya. Terdapat beberapa cara berolahraga di tempat kerja yang bisa Anda lakukan untuk mengendurkan otot-otot Anda yang tegang. Berdiri dan berjalan berkeliling juga merupakan cara berolahraga yang baik, jadi lain kali jika Anda perlu untuk berbicara pada rekan Anda, mengapa tidak Anda coba untuk berjalan menghampiri tempat kerjanya daripada mengirimkan pesan lewat web?

Untuk jangka panjang

Akhirnya, berikut adalah beberapa solusi jangka panjang yang membantu Anda menghadapi stress di tempat kerja:

Nikmati hidup Anda di luar kerja

Memiliki hidup yang sehat dan terpennuhi di luar kerja adalah salah satu cara terbaik untuk melawan stress. Jika mungkin, habiskan akhir pekan Anda untuk beristirahat dan santai. Lakukan hobi baru, membaca buku, melakukan perjalanan, menonton film – lakukan apapun yang akan membuat Anda senang. Jika Anda memilih untuk beristirahat dan tidur, hal itu juga bagus – Anda perlu untuk mengisi kembali batere Anda dari setelah melakukan segala hal yang harus Anda selesaikan selama satu minggu.

Pupuklah hubungan sehat dengan rekan kerja Anda

Kita menghabiskan sebaguan besar minggu kita dengan rekan kerja kita, akan masuk akal jika kita mengembangkan pertemanan dengan orang-orang yang paling banyak bersinggungan dengan kita setiap hari. Lagipula, Anda berada di kapal yang sama yang membuat mereka orang-orang terbaik untuk kita datangi saat hal-hal mulai sulit (atau saat segalanya baik-baik saja dan indah). Satu hari yang buruk di tempat kerja akan tentu dapat berubah jika Anda memiliki suatu sistem pendukung dengan Anda jadi lakukan yang terbaik untuk memupuk pertemanan Anda dengan rekan kerja Anda.

Selalu melihat sisi terang dari kehidupan

Ingatlah bahwa kehidupan tidak berputar di sekitar pekerjaan, kenyataannya pekerjaan hanyalah suatu aspek kecil mungil dari kehidupan Anda. Ketika Anda melihat hal-hal dari sudut pandang ini, Anda akan belajar untuk lebih santai bahkan jika hal-hal menjadi kusut di tempat kerja. Gunakan tips ini untuk melawan monster stress di tempat kerja Anda!

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.