Tren Perekrutan Yang Perlu Diketahui Oleh Pencari Kerja di Asia

Tren Perekrutan Yang Perlu Diketahui Oleh Pencari Kerja di Asia
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Survei Peluang Kerja Tahun 2018 oleh JobStreet.com and jobsDB menyoroti wawasan menarik tentang tren pekerjaan di tahun ini di Asia. Peluang umumnya terlihat menjanjikan untuk mereka yang sedang dalam proses mencari kerja, terutama para pencari kerja di Filipina dan Singapura, dengan sekitar 95% perekrut di negara-negara tersebut diharapkan untuk dapat merekrut dengan aktif tahun ini, yang merupakan kenaikan yang menginspirasi dari tahun lalu.

Jika Anda sedang berada dalam bursa kerja untuk sebuah pekerjaanbaru, atau mencari perubahan karir, berikut 6 tren perekrutan yang Anda perlu ketahui, diringkas dalam sebuah ilustrasi infografis:

6-tren-perekrutan-yang-perlu-diketahui-oleh-setiap-pencari-kerja-di-asia

Informasi Ekonomi yang Perlu Diingat

Filipina

  • Salah satu perekonomian yang tumbuh paling pesat setelah Cina dan Vietnam dengan sebuah laporan pertumbuhan PDB (produk Domestik Bruto) 6.7%( GDP growth of 6.7% ) di tahun 2017.
  • Dalam Masa Keemasan Infrastruktur, dengan 44.8% pertumbuhan dalam pengeluaran pemerintah untuk infrastruktur ( 44.8% growth in government spending on infrastructure ).
  • Dengan BPO diproyeksikan akan terus tumbuh melalui pembelian real-estate sampai 2020, pertumbuhan pekerjaan dalam sektor ini diproyeksikan akan terus meningkat.
  • Program Pembangunan Manufaktur Pemerintah (The government’s Manufacturing Resurgence Program (MRP)), pada fase kedua pada2018-2021, menunjukkan hasil dalam menciptakan aktivitas dengan nilai tinggi lebih banyak, investasi yang meningkat dalam industri-industri  yang sedang naik, dan mengintegrasi perusahaan kecil, menengah, dan besar.

Singapura

  • Iklim perekrutan menunjukkan pertumbuhan yang baik dalam optimisme para perekrut, dengan hanya 5% perekrut yang disurvei yang menunjukkan maksud untuk meniadakan perekrutan dibanding dengan prosentase 21% pada tahun lalu.
  • Peta Transformasi Industri Pemerintah (The government’s Industry Transformation Map (ITM))diharapkan untuk menghidupkan kembali sektor kelautan dan lepas pantai (M&OE) negara tersebut dengan proyeksi 1500 pekerjaan baru dan kontribusi sebesar  S$5.8 milyar pada PDB Singapura di tahun 2025   (sumber: Channel News Asia).

Thailand

  • Berkontribusi hampir setengah dari total PDB nasional  (44.7%), sektor pelayanan meliputi industri keuangan, kesehatan, pariwisata dan perhotelan,  ritel, dll menyediakan pekerjaan untuk 37% angkatan pekerja formal (sumber: worldatlas ).
  • TI dan asuransi industri menunjukkan pertumbuhan yang sehat dikarenakan adanya keterlibatan digital akan teknologi baru, populasi yang menua, dan kewaspadaan yang bertambah akan hidup sehat dan pola makan.
  • Di lain sisi, industri elektronik dan konstruksi sedang menurun dikarenakan kondisi pasar yang merugikan.

Indonesia

  • Menurut Global Business Guide Indonesia, investasi asing diharapkan untuk meningkat sebagai hasil dari peringkat Indonesia yang menguasai yang tingkat investasi terangkat oleh peringkat tiga agensi internasional --Fitch, Moody’s,dStandard and Poor’s (S&P).
  • Kontributor pertumbuhan lainnya di tahun 2018 termasuk pasar pekerja yang kuat, biaya pinjaman yang menurun, dan kinerja yang meningkat dari perkembangan infrastruktur publik.

Malaysia

  • Sebuah laporan oleh New Straits Times menyoroti bahwa penerbitan Zona Dagang Bebas Digital (Digital Free Trade Zone(DFTZ)) pada bulan Maret 2017 diharapkan untuk menciptakan 60.000 pekerjaan dengan gaji tinggi terutama untuk kaum muda.
  • Laporan lain yang sama menyatakan bahwa analisaolehMalaysian Institute of Economic Research(MIER) memprediksi bahwa Malaysia mungkin akan mencapai status pendapatan-tingg pada perempat tahun pertama di tahun 2018.
  • Perkiraan umum untuk pertumbuhan ekonomi Malaysia 2018 berada dalam kisaran  5.5 sampai 5.8%, dengan prospek baik akan inflasi yang stabil, pengangguran yang rendah, meningkatkan kualitas hidup, didukung dengan bukti dari suatu sistem pendidikan, jumlah pekerjaan yang meningkat dengan stabil, dan sistem transportasi publik yang meningkat secara bertahap.

Vietnam

  • Forbes mengemukakan prediksi yang cerah untuk pertumbuhan ekonomi Vietnam di tahun 2018 karena investor asing terus membanjiri negara tersebut dikarenakan biayanya yang rendah, tenaga kerja yang berlebih, dan proses perijinan yang tidak berbelit-belit.
  • Laporan oleh Forbes menyoroti firma pelayanan finansial SSI Research mengklaim “ Kami dapat menyimpulkan bahwa investasi langsung asing yang terdaftar tinggi di tahun 2017 akan menghasilkan FDI yang tinggi di tahun 2018, akan tetapi membutuhkan satu tahun lagi untuk mencapai pertumbuhan dua digit dalam pencairan FDI”.
  • Pernyataan diatas didukung oleh konsultan Dezan Shira & Associates di kota Ho Chi Minh yang sependapat bahwaBabak FDI dalam perekonomian masih harus terus diperjuangkan, lebih lanjut lagi dikemukan bahwa terlepas dari perhatian akan kesepakatan-kesepakatan perusahaan besar, para investor perusahaan multinasional terus memasuki babak ini dengan antusias.

Hong Kong

  • Sebuah poling terbaru yang dilakukan oleh badan akuntansi global Hong Kong,Association of Chartered Certified Accountants (ACCA), menyatakan bahwa“32 persen responden bersikap positif pada prospek bisnis dan ekonomi kota ini di tahun 2018, meningkat dari 5% pada waktu yang sama di tahun lalu”.(sumber: South China Morning Post )
  • Penelitian yang sama mengungkapkan bahwaSektor swastaHong Kongtunbuh dengan cepat hampir empat tahun di bulan Desember, dijalankan sebagian besar oleh ekspor ke dataran Cina dan kunjungan wisatawan yang lebih tinggi.
  • The ACCA lebih jauh lagi memantau nahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi yang kuat di Cina dibarengi dengan pertumbuhan yang stabil di AS diharapkan akan meningkatkan prospek kota ini, sebagai perannya sebagai suatu pusat keuangan dunia.

Untuk wawasan lebih tentang tren perekrutan, unduh laporan penuh survei peluang & gaji pekerjaan 2018 di sini.

Atur pemberitahuan pekerjaan otomatis di JobStreet.com jadi Anda jangan melewatkan peluang karir yang sesuai dengan ketrampilan dan pengalaman Anda. Semoga berhasil dalam pencarian kerja Anda!

Apakah 3 tantangan terbesar yang Anda hadapi dalam pencarian kerja? Bagikan dengan kami dalam bagian komentar di bawah ini dan kami akan sebisa mungkin berusaha membantu.

Ikuti F acebook kamiuntuk wawasan yang lebih segar tentang pinformasi karir dan tren pekerjaan terbaru.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.