Sambut Tahun Baru, Ini Tren Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan!

Sambut Tahun Baru, Ini Tren Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 21 December, 2022
Share

Setelah diterpa oleh pandemi selama hampir dua tahun, kondisi dunia sudah mulai kembali seperti sebelumnya. Kita sudah bisa bermobilisasi lagi dan berinteraksi langsung dengan orang lain. Namun, bukan berarti tidak ada kondisi yang berubah setelah pandemi. Cara para kandidat, karyawan, dan perusahan memandang dunia kerja juga sudah berubah.

Tren pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan dan kebutuhan yang dicari oleh karyawan dan kandidat sekarang sangat dipengaruhi kondisi pandemi.Work-life balancemenjadi salah satu yang dicari oleh para calon kandidat.

Perusahaan-perusahaan sekarang pun sudah menerapkan sistem kerjawork from home(WFH) dan hybrid di perusahaan mereka. Selain itu, beberapa jenis pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan pun ikut berubah akibat COVID-19.

Selain pandemi, kondisi perekonomian indonesia sekarang juga menjadi salah satu hal yang memberi dampak pada tren dunia kerja. Walaupun indonesia berhasil melewati pandemi, ada ketakutan baru yang menghantui para pekerja sekarang yaitu resesi global di 2023.

Resesi Ekonomi Global di Tahun 2023

Resesi yang diprediksi akan dihadapi dunia di tahun 2023 menjadi perhatian semua orang. Resesi ini mengacu pada studi yang dilakukan olehWorld Bankpada bulan September tahun 2022 karena naiknya suku bunga pada bank-bank sentral yang ada di dunia.

Sebuah negara mengalami resesi ketika perekonomian mereka memburuk seperti pertumbuhan ekonomi mereka bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut, meningkatnya jumlah pengangguran, dan lain-lain.

Ketakutan ini juga dirasakan di Indonesia, ditambah lagi dengan terjadinya inflasi yang tinggi dan konflik geopolitik yang terjadi di dunia. Lalu bagaimana kondisi perekonomian indonesia? Apakah indonesia dapat menghadapi resesi global 2023?

Bagaimana Kondisi Perekonomian Indonesia Sekarang?

Kondisi perekonomian Indonesia saat ini sedang menunjukan tren yang baik. Walaupun sempat goyah akibat konflik yang ada di dunia, Indonesia terbilang tumbuh dan konsisten dalam mempertahankan pertumbuhan ekonominya.

Bahkan menurut World Economic Outlook edisi Oktober 2022 yang dikeluarkan oleh IMF atauInternational Monetary Fund, Indonesia termasuk dalam 10 negara dengan ekonomi terbesar.

Sudah 4 kuartal berturut-turut Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekonomi di atas 5%. Hal ini dibantu dengan meningkatnya kegiatan ekspor Indonesia di komoditas unggul seperti batu bara, sawit, dan nikel.

Selain itu, saat ini aktivitas dan mobilisasi masyarakat kembali meningkat sehingga konsumsi rumah tangga pun bertambah.

Namun, tetap saja,, dengan adanya peningkatan harga bahan pokok seperti makanan dan bahan bakar menjadi kekhawatiran para pekerja sekarang. Selain itu, harga kebutuhan primer seperti pada sektor kesehatan tetap diprediksikan naik ketika terjadi resesi global.

Tren Pekerjaan di Masa Depan

Dari sisi dunia kerja, saat ini pandangan para kandidat pada karir mereka berubah pesat akibat pandemi. Kondisinew normalmembuat mereka memikirkan kembali prioritas mereka dan apa saja kebutuhan mereka. Hal-hal seperti tunjangan, fasilitas yang mereka dapatkan, danbenefityang lebih baik menjadi hal yang mereka cari ketika mencari pekerjaan. Work-life balance atau keseimbangan kehidupan kerja mereka juga menjadi hal yang diinginkan oleh para kandidat sekarang.

Work-life balanceitu mencakup banyak hal. Menurut laporan JobStreet Outlook 2022-2023: Hiring, Compensation and Benefits Report, di 2022 budayawork-life balancesudah banyak diterapkan di berbagai perusahaan. Contohnya, kerja maksimal lima hari dalam seminggu, cuti lebih awal pada hari-hari perayaan, dan pakaian kasual.

Di 2023, 42% perusahaan sudah merencanakanoutbound, aktivitas bonding kantor, atau aktivitas yang melibatkan karyawan. Jumlah ini naik 11% dari tahun 2022. Peningkatan perusahaan yang menawarkan jasa konseling kesehatan mental naik dari 19% perusahaan menjadi 29% perusahaan di 2023.

Pekerjaan yang Dibutuhkan di 2023

Tren pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan erat kaitannya dengan dunia teknologi dan digital. Seiring dengan digitalisasi di dalam perusahaan, pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan di antaranya adalah copywriter, web developer, dan digital marketing. Hal ini dikarenakan perusahaan harus ikut beradaptasi dengan kondisi yang terjadi di dunia yang serba dalam jaringan.

Copywriter

Peran copywriter akan selalu dibutuhkan pada era internet ini karena setiap sektor pekerjaan memerlukan tulisan sebagai bagian yang tidak terlepas dari keperluan pengembangan produk.

Copywriter bertujuan membuat tulisan yang lebih persuasif untuk keperluan marketing perusahaan. Copywriter dibutuhkan untuk membuatcampaignsebuahbrandagar membangunawarenesstentang jasa atau barang yang perusahaan anda itu tawarkan.

Web Developer

Website adalah bagaikan muka sebuah perusahaan di internet. Perusahaan memakai website mereka untuk memperkenalkan profil perusahaan, mempromosikan, dan juga menjual produk atau jasa yang mereka miliki.

Peran Web Developer sangat dibutuhkan agar website perusahaan mudah diakses dan dapat menarik konsumen. Website perusahaan pun perlu di-updatesecara rutin sesuai tren yang ada.

Digital Marketing

Digital Marketing merupakan suatu pekerjaan yang sangat dibutuhkan untuk memasarkan barang atau jasa melalui platform digital. Tiap platform digital memiliki tren dan cara kerjanya sendiri untuk dapat memasarkan produk atau jasa.

Sering kali tren di media sosial bergerak cepat, sehingga seorang Digital Marketing perlu beradaptasi dengan cepat. Maka dari itu, posisi ini adalah kunci untuk perusahaan bisa bersaing di era yang serba digital ini.

Human Resource

Human Resource dapat membantu perusahaan mendapatkan sumber daya  manusia yang berkualitas dan dapat membantu perusahaan mencapai tujuan.  HR dapat membantu meningkatkan kinerja sebuah perusahaan dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Saat ini sudah ada beberapatoolsyang dapat membantu HR agar pekerjaan mereka lebih mudah dan efisien. Salah satunya adalah JobStreet yang bisa membantu HR menemukan kandidat yang tepat. Seorang HR perlu beradaptasi dengantoolsdan layanan digital yang dapat membantu pengembangan tim perusahaan.

Faktor Apa Saja yang Jadi Perhatian Kandidat?

Menurut laporan JobStreet Outlook 2022-2023: Hiring, Compensation and Benefits Report, tawaran gaji besar bukan lagi menjadi fokus utama. Ini bukan berarti karyawan tidak menginginkan gaji yang besar sama sekali, tapi tambahanbenefitseperti asuransi, fasilitas, dan kompensasi juga sangat diperhatikan.

Pekerjaan-pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan ini juga membutuhkan manfaat atau jaminan berguna, terlebih di masa yang tidak menentu. Berikut adalahbenefityang kebanyakan akan ditawarkan oleh perusahaan di tahun 2023.

Cuti khusus

Rata-rata cuti yang kandidat sekarang inginkan adalah sekitar 2 hingga 3 hari. Cuti di hari ulang tahun, cuti untuk ujian sekolah, dan cuti untuk menstruasi menjadi jenis cuti yang akan menjadi tren di 2023. Lalu banyak perusahaan yang memberi cuti untuk ayah dari 22% menjadi 32% di tahun mendatang.

Akomodasi

Jenis akomodasi yang akan mulai populer dalam 12 bulan ke depan adalah kredit perumahan, di mana jumlah perusahaan yang menawarkan meningkat dari 10% menjadi 19%. Sementara itu, sebanyak 23% dari perusahaan yang menjadi responden menawarkan tempat tinggal untuk karyawan, membuatnya menjadi akomodasi yang paling banyak ditawarkan di 2023.

Asuransi

Sebagian besar perusahaan sudah menawarkan asuransi kesehatan untuk karyawan mereka. Lalu, jenis asuransi yang akan banyak ditawarkan di 2023 adalah asuransi mata/optik, di mana 43% hingga 52% perusahaan menawarkan asuransi ini. Disusul oleh asuransi jiwa, yang ditawarkan oleh 40% sampai 49% perusahaan.

Pengembangan Karir

Program pelatihan/belajar mandiri dan rotasi pekerjaan adalah bentuk pengembangan karir yang paling umum ditawarkan oleh perusahaan. Pengembangan karir yang akan banyak disediakan dalam 12 bulan ke depan adalah tunjangan dan sponsor. Jumlah perusahaan yang menyediakan meningkat dari 26% menjadi 39%.

Selain itu, jumlah perusahaan yang menawarkan program magang atau mentoring meningkat dari 46% menjadi 58%.

Tunjangan Keluarga

Di tahun 2023 tunjangan atau manfaat untuk keluarga yang mengalami kenaikan popularitas adalah asuransi kesehatan untuk anggota keluarga dan acara kantor yang melibatkan keluarga. Sebanyak 49% perusahaan menawarkan asuransi kesehatan untuk anggota keluarga. Jumlah ini naik 6% dibandingkan sebelumnya. Sementara 61% perusahaan akan mengadakan acara kantor yang melibatkan anggota keluarga.

Itulah tadi tren pekerjaan di 2023, mulai dari kondisi ekonomi, jenis pekerjaan yang paling dicari, danbenefityang kebanyakan ditawarkan oleh perusahaan. Menjelang awal tahun, ini saatnya untuk mempersiapkan rencana pengelolaan kandidat setahun ke depan untuk memaksimalkan kinerja perusahaan!

JobStreet bersama Anda dengan menghadirkan Solusi Rekrutmen Terlengkap untuk mempertemukan perusahaan dengan kandidat yang tepat secara efisien dan menghadapi tantangan rekrutmen. Anda juga bisa mengakses JobStreet Talent Search Untuk Berpartner dengan kami | JobStreet Employer Indonesia mendapatkan profil kandidat yang potensial beserta informasi kontaknya.

Pasang iklan lowongan kerja Anda di JobStreet Indonesia untuk mendapatkan kandidat potensial secara strategis. Perluas wawasan Anda dengan mengakses laman Employers Insight untuk mengetahui tren rekrutmen, berita dan kegiatan rekrutmen, hingga laporan eksklusif seputar rekrutmen dari JobStreet.

Tentang SEEK di Asia

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Di Asia, SEEK beroperasi dengan brand JobStreet dan JobsDB, platform ketenagakerjaan terbesar di Asia dan pilihan utama bagi kandidat dan perusahaan. SEEK menarik lebih dari 500 juta kunjungan per tahun di enam pasar yang dioperasikannya, yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Pada tahun 2022, SEEK diakui sebagai salah satu dari Australia’s Top Ten Places to Work in Tech dalam penghargaan AFR BOSS Best Places to Work. Tahun ini, SEEK merayakan 25 tahun membantu warga Australia menjalani kehidupan kerja yang lebih memuaskan dan produktif.

More from this category: Saran gaji

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.