Tips sederhana untuk mencegah emosi negatif di tempat kerja

Tips sederhana untuk mencegah emosi negatif di tempat kerja
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

5 tip sederhana untuk mencegah emosi negatif di tempat kerja

Setiap orang mengalami hari yang buruk. Ini wajar-kita adalah manusia dengan emosi. Konon, emosional saat bekerja akanmempengaruhi produktivitas dan pikiranAnda, belum lagi hubungan dengan atasan dan kolega. Daripada membiarkan emosi melampaui Anda, mulailah mengambil kendali.

Terapkan tip berikut untuk mencegah emosi negatif di tempat kerja.

1. Latihlah Kesadaran Anda

Perhatikan perasaan Anda setiap saat. Jika Anda merasa gelisah atau stres,tanyakan pada diri sendiri apa yang memicu respons emosionalitu. Merefleksikan penyebabnya akan memberi kejelasan dan memungkinkan Anda untuk sampai keakar masalahnya.

Jika Anda merasa sulit melakukannya, cobalah yoga. Pose meditasi dan menenangkan akan membantu memusatkan pikiran dan mengasah kesadaran Anda.

2. Tidur dan makanlah dengan baik

Cukup istirahatdan memberi makan tubuh Anda denganmakanan sehatadalah kunci untuk menjaga pikiran dan tubuh yang tetapfokus dan energik. Jika terus-menerus lelah dan tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, wajar bila Anda merasa marah dan mudah tersinggung saat bekerja.

Demikian juga,olahraga rutinakan memastikan Anda merasa bugar dan tetap sehat, yang merupakan kunci untuk mengatur emosi negatif di tempat kerja.

3. Ingatlah untuk memberi napas/jeda

Mengherankan betapa banyak orang mengabaikan tindakan sederhana namun efektif ini. Lain kali jika Anda merasa tertekan atau gelisah,ambil jeda dan tarik napas dalam-dalam sebanyak 3 kali.Kami jamin Anda akan merasa lebih tenang seketika. Menarik napas dalam meningkatkan suplai oksigen ke otak sehingga mendorong keadaan menjadi lebih tenang.

4. Berjalan-jalan

Jika memungkinkan, keluarlah dari kantor atau berjalan-jalan di sekitar blok.Regangkan kakidanmenjauh dari hiruk-pikukakan memungkinkan Anda untukmenenangkan pikirandan mengembalikan lagi ke semula. Hal ini juga mencegah Anda untuk mengatakan atau melakukan sesuatu di saat yang akan disesali kemudian. Beri diri Anda ruang untuk menyelesaikan masalah dalam pikiran.

5. Simpan sebuah jurnal

Menuliskan pikiran dan perasaanadalah salah satu cara untukmelepaskan frustrasi dan keteganganyang Anda rasakan. Lain kali Anda merasa marah atau kecewa, mulailah merekam perasaan itu di sebuah jurnal. Selain menjadi jalan keluar sehat untukmengekspresikan diri, catatan dalam jurnal juga memungkinkan Anda untuk melacak perubahan suasana hati sehingga Anda dapat mengidentifikasi masalah yang tidak biasa yang mungkin mengindikasikan masalah kesehatan.

Beberapa dari kita lebih cenderung menjadi emosional daripada orang lain. Itu bukanlah hal yang buruk, tapi penting untuk menjaga ketenangan dan tetap tenang bekerja, betapapun sulitnya. Ingat bahwa hal-hal biasanya tidak seburuk kelihatannya, bahkan jika memang seperti itu.Ini semua juga akan berlalu.

Untuk mendapatkan lebih banyak tips karier, pekerjaan dan tren ketenagakerjaan terbaru,followmedia sosial kami sekarang: Instagram, Twitter dan Facebook.

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.