Tips Mendapatkan Kenaikan Gaji

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Kenaikan gaji merupakan suatu hal yang diinginkan banyak orang akan tetapi hanya beberapa yang memiliki inisiatif untuk mendapatkannya. Kebanyakan orang mungkin merasa tidak nyaman untuk meminta kenaikan gaji kepada atasan bahkan mungkin tidak mengetahui bagaimana cara untuk mengajukannya. Jika Anda yakin patut mendapatkan kenaikan gaji, sangat penting bagi Anda untuk membicarakan hal ini dengan atasan Anda demi peningkatan karier dan kebahagiaan hidup Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan kenaikan gaji yang pantas di tempat kerja.

  1. Pilih waktu yang tepat. Jika Anda membicarakan mengenai kenaikan gaji, penempatan waktu adalah segalanya. Tunggu hingga perusahaan secara keuangan sedang stabil  atau sedang mengalami peningkatan keuntungan; atau justru Anda baru saja berhasil membangun kerjasama atau menyelamatkan uang perusahaan. perhatikan kinerja tahunan perusahaan dan gunakan waktu sebelumnya untuk membicarakan dengan atasan Anda mengenai kenaikan gaji.
  2. Persiapkan secara hati-hati. Jangan pernah meminta kenaikan gaji tanpa menyelesaikan pekerjaan Anda terlebih dahulu. Beberapa perusahaan memiliki perhitungan khusus atau beberapa proses sebelum memberikan seorang karyawan kenaikan gaji. Jika Anda merasa tidak mendapatkan gaji yang cukup dibandingkan dengan tanggung jawab di perusahan lakukan penelitian mengenai besar gaji untuk posisi Anda melalui media online hingga Anda dapat memiliki dasar untuk meminta kenaikan gaji.
  3. Tunjukkan berapa nilai Anda kepada perusahaan. jika Anda benar-benar menginginkan kenaikan gaji maka Anda harus meyakinkan perusahaan bahwa Anda memang berhak mendapatkannya. Jangan tunggu manager Anda untuk menunjukkan keberhasilan dan hasil yang telah Anda buat untuk perusahaan. Selalu buat catatan mengenai hasil positif dan prestasi Anda untuk perusahaan, termasuk pencapaian target, kerjasama baru, dan peningkatan keuntungan. Yakinkan perusahaan bahwa Anda memiliki nilai lebih tinggi dari kenaikan gaji yang Anda minta.
  4. Tunjangan selain gaji. Kenaikan gaji mungkin tidak selalu terwujud setiap saat Anda memintanya. Mungkin saja perusahaan memang tidak mampu memberikan gaji yang Anda minta saat ini. Sebelum melakukan pendekatan dengan atasan Anda, pikirkan juga bentuk insentif selain gaji yang dapat Anda ajukan seperti jam kerja fleksibel, tambahan waktu liburan, saham perusahaan atau tunjangan pendidikan dan pelatihan. Insentif tambahan seperti ini dapat menunjukkan bahwa Anda fleksibel dengan kebutuhan perusahaan dan akan membantu Anda untuk mendapatkan tunjangan yang Anda inginkan sambil menunggu waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji.
  5. Jangan Menunggu. Anda akan menunggu lama untuk mendapatkan kenaikan gaji jika Anda tidak memintanya. Duduklah bersama atasan dan sampaikan maksud dan tujuan Anda. Jangan hanya berbicara di belakang, sampaikan secara langsung apa yang menjadi keinginan Anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Pertimbangkan kebutuhan perusahaan akan tetapi tetaplah percaya diri dengan permintaan kenaikan gaji Anda.

Meminta kenaikan gaji merupakan suatu hal yang rumit, jika Anda melakukannya dengan strategi yang tepat dan membicarakannya dengan atasan Anda mengenai nilai-nilai yang dapat Anda tambahkan di tempat kerja maka tentunya Anda dapat meyakinkan bos untuk memberikan gaji yang pantas kepada Anda. Bayaran yang sesuai adalah salah satu hal yang dapat memberikan kontribusi terhadap kebahagiaan dan kesuksesan karier Anda. Jangan biarkan kesempatan mendapatkan kenaikan gaji lewat begitu saja.

More from this category: Saran gaji

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.