Tips manajemen stres untuk call center dan technical support

Tips manajemen stres untuk call center dan technical support
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

6 stress management tips for call centre and technical support professionals

Bekerja dalam peran yang menghadapi klien, baik yang ada dalam technical support (dukungan teknis) atau di call center (pusat panggilan), bisa sangat menantang juga menguntungkan. Akan ada hari-hari ketika Anda dibombardir dengan panggilan tak berujung dari pelanggan yang marah dan hari-hari di mana Anda berinteraksi dengan pelanggan terbaik yang pernah ada. Apapun itu, memperhatikan keadaan mental dan emosional Anda akan membantu Anda mengelola tingkat stres Anda dan tetap tenang dan fokus.

Berikut adalah enam tips manajemen stres yang sederhana namun efektif untuk membantu Anda tetap santai dan berkepala dingin setiap saat:

# 1 Prioritaskan

Sangat mudah menjadi kewalahan ketika ada pelanggan memberitahu keluhan mereka pada Anda dan mengharapkan solusi dengan segera. Kunci untuk menjaga agar Anda tetap berpikir benar adalah memprioritaskan langkah selanjutnya. Fokus pada masalah utama yang ada dan apa yang perlu Anda lakukan untuk menenangkan pelanggan. Ambillah satu langkah pada satu waktu dan ingat bahwa dalam kebanyakan kasus, pelanggan hanya ingin didengarkan dan dimengerti. Jika Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda melakukan yang terbaik akan membuat pikiran mereka tenang.

# 2 Tetap teratur

Terorganisir dalam tugas sehari-hari akan memastikan Anda tetap berada di situasi yang dapat di kendalikan dan mencegah hal-hal penting terlupakan. Hal ini akan meminimalkan potensi kesalahan atau inefisiensi yang mungkin menciptakan tekanan tambahan di kemudian hari.

# 3 Jadilah objektif

Ketika berhadapan dengan pelanggan yang marah, ingatlah bahwa keluhan mereka tidak bersifat pribadi, bahkan jika hal itu mungkin terasa seperti itu. Tetap objektif akan membantu Anda mengatasi masalah ini dengan lebih efisien karena Anda dapat melihatnya dari perspektif netral. Pendekatan yang tenang juga akan membantu menenangkan pelanggan jauh lebih efektif dan meyakinkan mereka bahwa masalah ini ada pada tangan yang ahli.

# 4 Ikuti olahraga kontak fisik

Jika Anda merasa perlu untuk memukul seseorang, pergilah untuk olahraga kontak fisik. Ikuti kelas tinju atau muay thai dan pelajari beberapa keterampilan pertahanan diri saat membutuhkan penghilang stres. Beberapa putaran dengan punching bag (samsak tinju) akan berdampak ajaib untuk keadaan pikiran Anda.

# 5 Tinggalkan pekerjaan di tempat kerja

Mampu melupakan pekerjaan saat kita meninggalkan kantor adalah kunci keseimbangan hidup dan kerja yang sehat. Meskipun mudah diucapkan daripada dilakukan dengan gaya hidup mobile kita akhir-akhir ini, sangat penting bagi kita melepaskan pikiran tentang pekerjaan sebanyak mungkin saat berada di rumah sehingga kita mendapat kesempatan untuk bersantai dan mengistirahat kan pikiran kita.

# 6 Kerja cerdas, bukan kerja keras

Salah satu penyebab stres yang umum adalah beban kerja yang berlebihan. Saat kita lelah kita cenderung membuat kesalahan dan menjadi lebih mudah gelisah daripada jika kita beristirahat dengan baik dan berpikiran jernih. Jika Anda sedang berjuang untuk mengatasi beban kerja Anda, Anda mungkin ingin meninjau kembali pendekatan Anda terhadap pekerjaan. Apakah Anda memanfaatkan sepenuhnya alat digital yang Anda inginkan untuk meningkatkan efisiensi? Dapatkah Anda merampingkan proses kerja Anda sehingga lebih mudah dan efisien? Caranya adalah dengan melakukan lebih banyak pekerjaan dengan sedikit usaha sehingga Anda bisa menghilangkan stres yang tidak perlu.

Meskipun demikian, teknik menghilangkan stres yang paling sederhana adalah bernafas. Lain kali jika Anda mulai merasa gelisah atau terbebani, ambil jeda sebentar dan bernapas dalam-dalam. Anda akan merasa jauh lebih tenang. Keluar dari meja kerja Anda dan melangkah keluar untuk mendapatkan udara segar akan membantu membersihkan pikiran Anda juga.

Untuk wawasan lebih segar tentang tip pencarian pekerjaan dan tren ketenagakerjaan terbaru, ikuti halaman Facebook kami !

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.