Tips dan Trik Mempekerjakan Generasi Millennial

Tips dan Trik Mempekerjakan Generasi Millennial
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Generasi millennial adalah kelompok terbesar dari semua tenaga kerja Anda saat ini. Lebih tepatnya, mereka mewakili sejumlah besar tenaga kerja yang ada di luar sana. Karena itulah dunia bisnis saat ini agak terobsesi dengan generasi ini—termasuk Asia Pasifik yang 45% populasinya adalah generasi millennial dan diperkirakan 60% generasi millennial di dunia akan tinggal di Asia pada tahun 2020 nanti.

Strategi perekrutan yang digunakan dalam merekrut generasi yang lahir sebelum generasi millennial tidak lagi efektif karena generasi ini memiliki motivasi yang berbeda. Banyak penelitian telah dilakukan untuk memahami lebih jauh tentang generasi ini dan bagaimana cara mempekerjakan mereka.

Inilah beberapa tips terbaik yang harus dilakukan dan dihindari ketika Anda akan mempekerjakan generasi millennial:

Yang Harus Dilakukan:


1. Tawarkan Upah yang Kompetitif

Seperti generasi lainnya, gaji sangat penting bagi mereka. Sebuah survei yang dilakukan oleh Business Insider mengungkapkan bahwa 69% dari generasi millennial mengatakan bahwa uang adalah hal terpenting di dalam bekerja. Hal ini tidak mengejutkan mengingat keadaan beratnya ekonomi baru-baru ini dan naiknya standar hidup mereka. Terlebih lagi, generasi millennial juga memiliki ketertarikan yang dalam terhadap benefit yang diberikan perusahaan seperti medis, asuransi, dan pensiun.

2. Tentukan Tujuan dari Posisi atau Pekerjaan Mereka

Idealnya, setiap perusahaan memiliki tujuan, begitu pula setiap posisi di perusahan masing-masing. Namun ternyata, sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan bahwa perusahaan masih kurang berusaha menjelaskan tujuan mereka kepada para karyawan, apalagi tujuan dari posisi atau pekerjaan tersebut. Generasi millennial cenderung termotivasi jika ada tujuan yang jelas, sehingga hanya perusahaan yang memiliki tujuan dan memberikan peran yang jelas yang akan menarik minat mereka.

3. Fleksibilitas adalah Kunci

Salah satu daya tarik yang besar bagi generasi millennial adalah fleksibilitas karena tampaknya mereka sangat alergi terhadap tipikal jadwal kerja 9-to-5. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Bentley University, 77% generasi millennial mengatakan bahwa mereka dapat lebih produktif di tempat kerja apabila diberikan jadwal kerja yang lebih fleksibel. Mereka percaya bahwa pekerjaan dapat dilakukan kapanpun dan di manapun, berkat adanya dunia digital.

Yang Harus Dihindari:


1. Jangan Berasumsi bahwa Generasi Millennial Hanya Tergoda oleh Tunjangan yang Mewah

Tunjangan perusahaan seperti makanan dan transportasi gratis, ruang menonton film, ruang tidur siang, atau ruang bermain memang terdengar mewah, namun bagi mereka hal ini mungkin hanya traktiran sementara dan tidak cukup memberikan motivasi untuk jangka panjang. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Business Insider, gaji tetaplah alasan utama bagi perusahaan untuk dapat menarik dan mempertahankan generasi millennial, dan juga menjadi faktor penentu ketika mereka akan berganti pekerjaan.

2. Mengabaikan Situs Anda

Apabila anda ingin menarik karyawan dari generasi millennial, online brand Anda sangatlah penting. Jangan hanya fokus terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda, pertimbangkanlah untuk menambah bagian di situs anda atau promosi melalui halaman sosial media tentang berbagai aktivitas menyenangkan yang dilakukan perusahaan kepada karyawan untuk menunjukkan kultur perusahaan Anda.

3. Takut Mempekerjakan Generasi Millennial yang Belum Berpengalaman

Generasi millennial adalah generasi pertama yang tumbuh dengan Internet dan memiliki akses yang mudah terhadap informasi yang bisa didapat hanya dengan ujung jari saja. Dengan itulah, mereka mengembangkan keinginan tinggi untuk belajar dan berkembang lebih cepat dari generasi sebelumnya dan bisa menjadi sangat ambisius. Walaupun beberapa dari mereka mungkin masih sangat muda dan tidak berpengalaman, banyak dari mereka yang saat masih mengemban pendidikan, fokus untuk mendapat nilai yang baik, berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler atau kelas tambahan, yang membuat mereka menjadi individu yang sangat multitalenta dan pekerja keras.

Mungkin butuh waktu untuk sepenuhnya memahami kebutuhan dan keinginan generasi millennial, tetapi yang terpenting adalah Anda harus mengakui pentingnya menarik perhatian generasi ini karena mereka adalah generasi yang akan menjalankan perusahaan Anda di masa yang akan datang.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.