Kenali 4 Tipe Komunikasi untuk Tingkatkan Kariermu!

Kenali 4 Tipe Komunikasi untuk Tingkatkan Kariermu!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 10 August, 2023
Share

Dalam dunia kerja, tentu kita tak dapat berjalan sendiri untuk mencapai target atau menyelesaikan tugas. Kita membutuhkan tim agar suatu pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Di dalam tim, ada pembagian kerja sesuai kompetensinya masing-masing. Untuk menyampaikan tugas atau ide, antar anggota harus berkomunikasi satu sama lain agar terjadi kesepahaman. Apabila dalam satu tim tidak terjadi komunikasi yang baik, maka akan terjadi kesalahpahaman yang memperburuk keadaan dan mengurangi produktivitas. Selain itu, komunikasi yang baik akan menumbuhkan hubungan interpersonal dan profesional di tempat kerja.

Mengapa komunikasi begitu penting? Perlu diketahui bahwa secara sederhana, komunikasi merupakan suatu tindakan yang memungkinkan pertukaran informasi dari satu orang ke orang lain atau satu kelompok ke kelompok lain. Melalui komunikasi, ada pertukaran ide antar yang dilakukan oleh lebih dari dua orang atau kelompok.

Ada beberapa tipe komunikasi yang perlu kamu dipelajari untuk meningkatkan karier di masa depan. Dengan mengetahui tipe-tipe komunikasi tersebut, kamu dapat meningkatkan akan tetapi kemampuan berkomunikasi secara efektif akan membuka peluangmu dalam meniti karier.

4 tipe komunikasi

Seorang wanita sangat antusias mempelajari empat tipe komunikasi.

Ada 4 tipe komunikasi yang perlu wajib kamu pelajari agar produktivitas di tempat kerja semakin meningkat. Apa sajakah itu? Mari kita pelajari di artikel ini!

Komunikasi verbal

Komunikasi verbal merupakan pertukaran informasi yang dilakukan dengan media lisan atau bahasa isyarat. Di era digital seperti sekarang, tipe komunikasi verbal tak harus bertatap muka, namun bisa dilakukan melalui teknologi digital seperti aplikasi konferensi video,voice call, dan banyak lagi. Bahkan dengan aplikasi, kita bisa melakukan hal-hal sepertimeetingatau presentasi. Komunikasi verbal sejatinya terdiri dari dua macam jenis/tipe, yaitu komunikasi dalam bentuk lisan dan komunikasi lisan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan.

Komunikasi lisan

Komunikasi lisan merupakan komunikasi verbal yang pesannya dikirim melalui lisan atau indera wicara. Biasanya, jenis komunikasi verbal ini membutuhkan pertemuan antara dua orang atau lebih agar pesannya dapat sampai. Namun, di era digital seperti sekarang, ketika sudah ada teknologi telekomunikasi dan konferensi video, komunikasi lisan dapat dilakukan secara jarak jauh.

Komunikasi tulisan

Komunikasi tulisan merupakan tipe komunikasi verbal yang menggunakan media seperti surat elektronik sepertiemail. Apalagi setelah adanya aplikasichatting, penggunaan komunikasi verbal secara tulisan bisa dilakukan secarareal-time.

Kelebihan dan kekurangan komunikasi verbal

Kelebihan

  • Komunikasi verbal memungkinkan kamu bisa langsung mengutarakan ide dan menyampaikan informasi, sekaligus bisa langsung menerimafeedbackdari mitra bicara.
  • Komunikasi verbal memungkinkan kamu menunjukkan ekspresi wajah, emosi, maupun gestur untuk menekankan pesan kamu.
  • Komunikasi verbal mampu menumbuhkan hubunganmu dengan orang lain.

Kekurangan

  • Mitra atau lawan bicara masih bisa mispersepsi atau salah memahami pesan yang kamu berikan karena nada dan intonasi bicara kamu.
  • Memori manusia sangatlah terbatas, sehingga pesan yang kamu ucapkan mudah dilupakan lawan bicara
  • Komunikasi verbal dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah faktor lingkungan, misalnya ketika berada di tempat ramai atau berisik.

Komunikasi verbal yang efektif

Ada beberapa cara untuk melatih komunikasi verbal yang efektif. Cara tersebut dapat dilakukan sebagai berikut:

Mendengarkan secara aktif

Agar komunikasi efektif, kamu harus bisa menjadi pendengar yang baik. Mendengarkan secara aktif menjadikan komunikasi menjadi efektif. Maksud mendengarkan secara aktif di sini adalah memperhatikan apa yang disampaikan oleh pembicara/lawan bicara, mempertahankan kontak mata (eye-contact) dan memahami apa yang dibicarakan oleh pemberi pesan. Bisa juga apabila disertai respons seperti“Baik, aku paham” atau semisalnya.

Melatihpublic speaking

Kemampuan ini sangat penting di dunia profesional. Pasalnya, ketika kamu diminta untuk mempresentasikan ide atau pekerjaan, secara otomatis, maka kamu perlu menyampaikannya di depan publik. Dengan demikian, kamu harus berlatih berbicara di depan orang banyak.

Memakai istilah yang mudah dipahami

Meski terdengar sederhana, menggunakan bahasa yang mudah dipahami orang lain itu cukup menantang. Apalagi, kamu harus berhadapan dengan orang dengan latar belakang atau pekerjaan yang jauh berbeda.

Menggunakan nada dan intonasi yang tepat

Dalam berkomunikasi secara verbal, dan agar pesanmu sampai dengan baik, maka kamu perlu mengatur nada dan intonasi yang tepat.

Komunikasi nonverbal

Komunikasi nonverbal merupakan tipe komunikasi yang menggunakan instrumen selain lisan. Contohnya adalah gestur tubuh dan ekspresi wajah. Namun, komunikasi nonverbal kerap kali lebih memiliki pengaruh dari sebuah pesan dibandingkan komunikasi verbal itu sendiri. Karena tipe komunikasi nonverbal ini mampu membentuk persepsi dari sebuah ujaran atau kata-kata.

Bahkan, tidak jarang kita tersinggung oleh gerakan, gestur tubuh, atau ekspresi wajah yang ditunjukkan orang lain. Akan tetapi, tipe komunikasi nonverbal ini ada yang terpengaruh oleh kebudayaan di satu tempat. Terlebih, pengaruh dari komunikasi nonverbal di masa pandemi atau pascapandemi seperti saat ini ketika penggunaan media digital untuk berkomunikasi sangatlah signifikan.

Tipe-tipe komunikasi nonverbal

Bahasa tubuh

Dalam berkomunikasi, pengaruh bahasa tubuh sangatlah signifikan. Bahkan, secara tidak sadar orang lain bisa menilai diri kita dari bahasa tubuh. Bahasa tubuh ini mencakup postur, gestur, dan gerakan tubuh. Makanya, orang yang percaya diri dengan yang tidak, dapat terlihat dari bahasa tubuhnya.

Ekspresi wajah

Selain bahasa tubuh, ekspresi sangat krusial dalam berkomunikasi. Orang lain bisa merasakan suasana hati hanya dari ekspresi wajah. Sebagai contoh, ketika kamu tersenyum ketika bertemu seseorang, orang tersebut akan merasakan kegembiraan yang kamu rasakan. Sedangkan, kesedihan yang kita keluarkan melalui ekspresi wajah, orang lain dapat menangkap kesedihan tersebut.

Kontak mata

Di samping bahasa tubuh dan ekspresi wajah, kontak mata juga memiliki peran yang penting dalam berkomunikasi. Ini disebabkan karena kontak mata menandakan bahwa kita tertarik dengan pembicaraan atau pesan yang diutarakan pembicara. Namun, sebaliknya, ketika kita memalingkan mata ketika berbicara, orang lain akan menganggap kita tidak peduli akan apa yang mereka bicarakan.

Sentuhan

Sentuhan juga mampu meningkatkan hubungan dan juga komunikasi dengan orang yang kita ajak bicara. Sebagai contoh, menepuk pundak menandakan bahwa kita suportif.

Kelebihan dan kekurangan komunikasi nonverbal

Kelebihan

  • Komunikasi nonverbal bisa menunjukkan emosi dan apa yang dirasakan secara lebih jelas.
  • Komunikasi nonverbal dapat mendukung komunikasi verbal berjalan lebih baik dan efektif.

Kekurangan

  • Komunikasi nonverbal kadang dibatasi oleh faktor budaya, sehingga menyebabkan adanya kesalahpahaman meski kita tidak menunjukkan secara verbal. Contohnya, di beberapa komunitas budaya, nada bicara dan intonasi yang cenderung tinggi akan dianggap kasar oleh orang yang memiliki budaya sebaliknya.
  • Bahasa nonverbal seringkali membuat orang lain kebingungan sehingga menyebabkan misinterpretasi.

Komunikasi nonverbal yang efektif

Berikut ini beberapa cara yang perlu kamu ketahui untuk melatih komunikasi nonverbal yang efektif:

Peka terhadap bahasa nonverbal

Ketika berbicara, coba latih beberapa hal seperti intonasi ketika ingin menekankan sesuatu pesan dan pertahankan kontak mata ketika berbicara kepada orang lain. Kamu harus peka ketika merasa menghindari kontak mata atau mengubah nada dan intonasi suara.

Memahami dan menelaah bahasa nonverbal orang lain

Tak hanya peka terhadap bahasa nonverbal diri sendiri, kamu juga harus bisa menelaah bahasa nonverbal orang lain. Dengan memperhatikan kode nonverbal orang lain, kamu bisa memahami dengan lebih baik apa yang mereka katakan dan membuat komunikasi menjadi lebih efektif.

Menggunakan bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan bahasa nonverbal lain dengan tepat

Untuk meningkatkan hubungan dengan orang lain, kita harus bisa menggunakan kode-kode nonverbal dengan tepat. Ketika berbicara dengan orang baru, sebisa mungkin lontarkan senyuman dan tingkatkanvolumesuara agar lawan bicara menganggap kita antusias ketika berbicara dengan mereka.

Perhatikan bahasa nonverbal sesuai dengan budayanya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahasa nonverbal kerap dibatasi oleh budaya seseorang. Di sini kita harus lebih paham budaya orang lain agar terhindar dari kesalahpahaman.

Komunikasi visual

Seorang wanita sedang memperagakan tipe komunikasi visual lewat fotografi dan desain grafis.

Selain komunikasi verbal dan nonverbal, ada tipe komunikasi lain, yakni komunikasi visual.

Komunikasi visual adalah cara menyampaikan informasi melalui pesan yang ditangkap oleh mata. Media yang biasa digunakan dari jenis komunikasi ini adalah gambar, grafik, fotografi, video, dan penanda lain yang dapat dilihat mata. Komunikasi visual ini sangat penting untuk dilakukan ketika ingin menyampaikan sesuatu yang kompleks atau ide-ide abstrak/kreatif.

Mereka yang biasa menggunakan strategi komunikasi visual ini adalah  pemilikbrandyang ingin memasarkan produknya. Mereka menggunakan iklan yang menggugah agar calon pembeli tertarik dengan produk mereka. Selain iklan, bidang pemberitaan atau penelitian sering menggunakan strategi ini, seperti berita yang terkait dengan ekonomi yang rumit, cukup ditunjukkan atau diinformasikan melalui grafik atau infografik.

Tipe-tipe komunikasi visual

Desain grafis

Pembuatan iklan dan poster membutuhkan kemampuan desain grafis. Karena inti dari desain grafis ini adalah bagaimana mengkomunikasikan informasi atau ide melalui gambar, tipografi, bentuk, dan segala elemen yang terkait dengandesign. Membuatdesignyang baik tentu membutuhkan pengetahuan dan referensi yang mendalam tentangdesign.

Fotografi

Fotografi juga bisa menggambarkan sesuatu dan menyampaikan suatu pesan. Tak jarang pada desain grafis terdapat foto di dalamnya. Contoh penggunaan fotografi sebagai komunikasi visual bisa dilihat di poster iklan,billboard, sampul majalah, dan sosial media. Dalam presentasi, fotografi juga bisa membantu dalam menjelaskan informasi dengan lebih mendetail.

Video

Video merupakan salah satu jenis komunikasi visual. Selain itu, video juga salah satu strategi komunikasi visual yang paling lengkap, karena biasanya di dalam video itu bisa menyampaikan pesan dengan lebih mendetail melalui gerakan, jalan cerita, warna, dan suara.

Infografis

Infografis biasa digunakan untuk mempresentasikan data agar informasi yang disampaikan dapat lebih mudah ditangkap oleh audiens. Penggunaan infografis ini biasanya terdapat di kolom berita yang berhubungan dengan ekonomi atau informasi yang menggunakan statistik. Dosen atau guru dapat menggunakan strategi ini agar mempermudah siswanya dalam memahami apa yang dijelaskan.

Kelebihan dan kekurangan komunikasi visual

Kelebihan

  • Komunikasi visual sangat menarik dan mudah diingat karena ada unsur-unsur seperti gambar, warna, tipografi dan jugacopywritingyang menggugah.
  • Menyederhanakan hal yang sulit sehingga audiens mudah memahaminya.
  • Membantu mengkomunikasikan pesan ke audiens yang lebih luas meski berbeda budaya dan bahasa.

Kekurangan

  • Sangat mudah untuk disalahpahami karena interpretasinya sangat bebas.
  • Perbedaan budaya dan tingkat pendidikan bisa memiliki perbedaan pemahaman, lebih buruknya lagi, pesan asli yang ingin disampaikan tidak dapat diterima dengan baik.
  • Menuntut keahlian tertentu dalam pembuatannya sehingga membutuhkan waktu yang memadai untuk penggarapannya.
  • Mengeluarkan dana yang lebih tinggi karena membutuhkan ahli di bidangnya.

Komunikasi visual yang efektif

Hampir semua industri membutuhkan komunikasi visual yang tepat. Maka dari itu, untuk kamu yang ingin mempelajari desain grafis atau ingin menjadi desainer, ada komunikasi visual yang efektif, di antaranya sebagai berikut:

Logo

Membangun perusahaan tidak semata-mata hanya untuk berbisnis, namun juga harus memiliki diferensiasi dari perusahaan lain. Untuk memberikan identitas, suatu perusahaan atau institusi membutuhkan logo agar publik mudah mengingatnya. Di dalam logo pun banyak unsur yang harus diperhatikan, yakni tipografi, bentuk, warna, dan unsur-unsur desain lainnya.

Media sosial

Media sosial kini berperan penting untuk industri komunikasi visual, media, dan periklanan, karena hampir semua orang menggunakan media sosial. Saat ini, banyakbrandatau institusi yang menggunakan media sosial untuk memperkenalkan program atau produk mereka.

Poster

Poster merupakan salah satu media komunikasi visual yang sudah lama digunakan. Poster membantu para pemilikbrandatau produk untuk memperkenalkan diri atau produk mereka.

Papan iklan/reklame

Strategi ini sering digunakan seperti poster, namun ukurannya cenderung lebih besar. Papan iklan atau reklame ini cukup aktif untuk mengenalkan produk ke masyarakat awam.

Presentasi

Materi presentasi sering digunakan untuk yang ingin mengkomunikasikan ide ke klien atau atasan karena di dalamnya kamu bisa menggunakan infografis, gambar, dan juga video. Akan tetapi, kerapiandeckpresentasi juga memiliki peranan krusial dalam menyampaikan informasi.

Selain itu, agar komunikasi visual berjalan efektif, dalam pengaplikasiannya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, diantaranya:

  • Penggunaan unsur desain yang tepat dan jelas
  • Hanya memberikan informasi yang diperlukan
  • Menggunakan tipografi, warna, dan posisi yang tepat

Komunikasi tertulis

Seorang wanita sedang memeragakan tipe komunikasi tertulis.

Komunikasi tertulis merupakan strategi komunikasi yang menggunakan media tulisan untuk menyampaikan informasi, ide atau pesan. Media yang digunakan kini beragam, mulai dari surat, dokumen, memo, hinggaemail. Penggunaan aplikasichattingjuga bisa dimasukkan ke dalam kategori ini.

Tipe-tipe komunikasi tertulis

Penulisan untuk tujuan bisnis

Digunakan untuk keperluan bisnis atau formal. Contoh dari jenis tulisan ini adalah email, proposal, atau laporan.

Penulisan kreatif

Digunakan untuk kebutuhan penulisan kreatif, contohnya adalah cerpen, novel, lirik lagu, atau puisi.

Penulisan akademis

Digunakan untuk kebutuhan akademis, contohnya seperti riset, esai, skripsi, tesis, dan disertasi.

Kelebihan dan kekurangan komunikasi tertulis

Kelebihan

  • Dapat menjadi bukti permanen dan disimpan dalam waktu yang lama
  • Dapat disunting dan direvisi agar pesan yang disampaikan lebih jelas dan akurat
  • Dapat menjangkau audiens lebih luas hanya dengan sekali kirim
  • Memberikan ruang untuk merapikan ide dan gagasan agar pesan yang tersampaikan lebih efektif

Kekurangan

  • Membutuhkan waktu yang lama dalam memproduksi tulisan, menyunting, dan mengoreksi
  • Dapat menimbulkan salah interpretasi karena tidak ada intonasi dan nada bicara
  • Kurang personal dan tidak semenarik komunikasi lisan

Komunikasi tertulis yang efektif

Tak hanya kemampuan komunikasi verbal saja yang harus dipertajam, kemampuankomunikasi tertulis juga sangat dibutuhkan di dunia profesional. Berikut ini cara menggunakan komunikasi tertulis yang efektif:

Singkat dan jelas

Seperti berkomunikasi secara verbal, komunikasi tertulis pun harus singkat dan jelas agar pesan lebih mudah diterima. Agar tulisanmu singkat dan jelas, gunakan kalimat aktif dan tidak berbelit-belit.

Perhatikan unsur tata bahasa dan tanda baca

Hal ini penting, namun kerap diremehkan. Padahal, unsur tata bahasa memudahkan pembaca memahami tulisan yang kamu buat. Selain itu, kamu juga harus menggunakan tanda baca yang tepat seperti koma, titik dan semacamnya.

Atur gagasan sebelum menulis

Sebelum memberikan hasil akhir, kamu bisa membuatdraftterlebih dahulu agar gagasan dan ide yang ingin kamu tuangkan bisa lebih rapi.

Memintafeedback

Feedbacksangatlah penting ketika membuat tulisan. Maka, kamu membutuhkan seorang penyunting atauproofreaderagar bisa mengoreksi tulisanmu.

Asah kemampuan komunikasi bersama JobStreet!

Sebagai manusia, kita sangat membutuhkan komunikasi, karena komunikasi mempermudah kita untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Selain itu, komunikasi dapat merekatkan hubungan kita dengan orang lain.

Dari ulasan kali ini, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa tipe komunikasi yang masing-masing memiliki fungsi dan kebutuhannya. Komunikasi verbal digunakan ketika melakukan rapat atau presentasi, komunikasi nonverbal digunakan sebagai pelengkap komunikasi verbal, komunikasi visual digunakan ketika ingin menjelaskan suatu yang kompleks menjadi sederhana, dan komunikasi tertulis apabila pesan yang ingin disampaikan lebih permanen.

Secara sederhana, setiap komunikasi itu saling berhubungan dan saling melengkapi kekurangan satu sama lain. Maka dari itu, dengan mengetahui dan menguasai setiap komunikasi akan memudahkan kamu ketika menjalani dunia kerja.

Ini saatnya kamu mengasah kemampuan berkomunikasi lewat SeekMAX ! Dengan SeekMAX kamu bisa langsung belajar dan mendiskusikan apa yang kamu ingin pelajari dari ahlinya. Kami juga ada laman Tips Karier yang akan menyuguhkan informasi-informasi bermanfaat untuk mengembangkan kariermu.

Yuk, perbarui profil JobStreet kamu dan mulai untuk mencari lowongan pekerjaan yang dapat mengembangkan kemampuan komunikasimu! Untuk kamu yang ingin mengakses JobStreet lebih mudah, kamu bisa unduh aplikasinya di Apple App Store dan Google Play Store.

FAQs

  1. Tipe komunikasi apa yang paling efektif?Tipe komunikasi yang paling efektif tergantung pada kondisi dan tujuannya. Komunikasi verbal, nonverbal, visual, dan tertulis bisa efektif di beberapa kondisi. Jenis komunikasi lain juga melengkapi yang lain seperti komunikasi verbal dilengkapi oleh nonverbal. Yang paling penting untuk berkomunikasi secara efektif adalah:

    • Penggunaan jenis komunikasi dan mengenali audiens

    • Jelas dan ringkas

    • Menjadi pendengar aktif dan memberikan respons

    • Mengenali dan memahami budaya dan latar belakang orang lain

  2. Bagaimana kemampuan komunikasi bisa dikembangkan?
    Ada beberapa strategi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi diantaranya berlatih berbicara di depan publik, mendengarkan secara aktif, memberikan respons, memahami kode-kode nonverbal, belajar menyampaikan pesan dengan jelas dan ringkas, beradaptasi dengan lingkungan, dan menggunakan bahasa, intonasi, dan nada yang tepat.

  3. Apa tantangan yang paling umum dalam berkomunikasi secara efektif?
    Tantangan paling umum dalam berkomunikasi secara efektif adalah perbedaan bahasa, budaya, distraksi, bias emosi dan personal, fisik, dan ketidakjelasan dalam menyampaikan pesan. Kurang tepatnya menggunakan teknologi juga bisa menjadi halangan dalam berkomunikasi secara efektif.⁠

  4. Bagaimana teknologi mempengaruhi komunikasi?
    Di era teknologi yang semakin maju, banyak aplikasi yang membantu berkomunikasi seperti aplikasichatdan konferensi video. Aplikasi-aplikasi tersebut memfasilitasi kita juga ketika ingin melakukan presentasi dan rapat jarak jauh.

  5. Apa peran komunikasi nonverbal dalam komunikasi?
    Peran komunikasi nonverbal sangat penting karena hal tersebut bisa membantu dalam menyampaikan pesan dengan lebih jelas dan efektif. Selain itu, bahasa nonverbal juga membantu untuk merekatkan hubungan dengan rekan ataupun klien.

More from this category: Pengembangan karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.