Tetap Produktif Saat Kerja dari Rumah

Tetap Produktif Saat Kerja dari Rumah
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Tetap-Produktif-Saat-Kerja-dari-Rumah Kasus pandemi virus Covid-19 yang terus menunjukan peningkatan memaksa kita semua untuk bekerja dari rumah dan tetap produktif.  Jutaan orang saat ini sedang bertarung melawan Covid-19 dengan tidak keluar rumah. Untuk pejuang garda terdepan seperti petugas medis, polisi, tentara, dan pekerja lain yaitu penjaga toko kebutuhan hidup, apotik, dan kurir barang masih tetap bekerja untuk melayani kebutuhan kita di rumah. Beruntung untuk sebagian dari kita yang masih bisa melakukan pekerjaan dari rumah.

Dengan situasi tidak kondusif yang membuat kita menjadi khawatir dan gelisah akan membuat kita tidak fokus untuk bekerja. Berikut ini adalah tips untuk kalian agar tetap produktif dan tidak bermalas-malasan meskipun bekerja di rumah.

Buat tempat khusus untuk bekerja

Mungkin tempatnya bisa di meja makan, atau sebuah meja dan kursi di ruang tamu, atau cukup di sofa saja. Di mana pun dan sekecil apapun tempatnya—asal bukan di kasur,workspaceyang sudah didesain secara khusus akan membuatmu lebih fokus untuk bekerja. Kalau kamu adalah anak kosan yang harus berbagi tempat dengan orang lain, lebih baik persiapkan semua hal yang kamu butuhkan saat bekerja dan taruh diworkspacekamu supaya tidak ribet bolak-balik.

Buatworkspaceyang rapi

Ruangan atau meja kerja yang rapi dan tidak ada sampah tisu atau plastik tentunya akan membuatmu lebih fokus dalam bekerja. Selain itu kamu juga akan lebih mudah menemukan benda-benda yanga kamu butuhkan jika mejanya rapi. Jadi waktu bekerja akan lebih produktif lagi.

Buat jadwal

Buat-jadwal-ketika-work-from-home

Bekerja di rumah artinya akan membagi tanggungjawab untuk pekerjaan kantor dan urusan rumah. Entah kamu tinggal sendiri atau dengan teman/keluarga, kamu harus tetap mengerjakan tugas bersih-bersih rumah, mengurus orang tua atau anak, dan membeli kebutuhan hidup. Dengan membuat jadwal, kamu dapat mengatur waktu untuk membersihkan rumah agar terhindar dari coronavirus. Membuat jadwal juga membuatmu agar tidak harus selalu dihubungi oleh rekan kerja, karena bekerja di rumah bukan berari harus 24 jam siap sedia menerima panggilan bukan? Apalagi kalau kamu punya anak yang perlu diurus. Menjaga rutinitas juga penting untuk kesehatan mental, membuat lebih konsisten dan terstruktur di waktu yang penuh ketidakpastian karena pandemi ini.

Buat seolah-olah seperti ngantor

Mandi pagi, pakai baju yang biasa dipakai ngantor, sarapan sebelum mulai bekerja, dan persiapkanworkspacekalian karena kalian kan tetap bekerja, cuma tempatnya aja yang bukan di kantor.

Jauhkan diri dari media social

Kalau yang ini sih susah-susah gampang, apalagi di situasi seperti ini kita ingin tahu sejauh mana perkembangan kasus pandemic ini. Justru yang ada malah bikin stress dan mengganggu fokusmu saat bekerja. Sangat disarankan untuk mengurangi mengecek medsos dan fokuskan diri untuk bekerja.

Ingat untuk berolahraga

ingat-untuk-berolahraga

Berolahraga menjadi kegiatan yang sangat penting, apalagi kita hanya dapat berdiam di rumah di tengah pandemi coronavirus. Kalau kamu adalah orang yang bisa bangun pagi, kamu bisa berolahraga setelah bangun tidur. Kalau kamu orang yang gampang ngantuk di jam-jam menjelang berakhir jam kerja, berolahraga dengan intensitas tinggi dalam durasi singkat dapat membuatmu segar kembali. Intinya adalah tubuh kamu terus bergerak meskipun hanya di rumah.

Tidak semua orang beruntung untuk dapat bekerja di rumah. Mending syukurin aja kalau kita masih dikasih kesempatan bekerja di rumah. Tetap stay di rumah, jaga kebersihan diri dan rumah, dan tetap tenang dan produktif selama di rumah. Semoga semua cepat berakhir dan kita dapat beraktifitas kembali seperti biasa.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.