Tes Minat Bakat dan Kepribadian Manakah Yang Terbaik?

Tes Minat Bakat dan Kepribadian Manakah Yang Terbaik?
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Kami paham bahwa tes minat bakat dan kepribadian memiliki peranan signifikan dalam perencanaan karier karena keduanya membantumemberikan gambaran tentang karakter, kekuatan, kelemahan, bakat, dan kemampuan kamu. Banyak orang seringkali kesulitan membedakan sebuah tes minat bakat dan kepribadian, jadi mari kita lihat perbedaannya. Sebuahtes minat bakat memberikan wawasan tentang karier dan industri yang paling sesuaiuntukmu berdasarkan bakat dan pola pikir, sementara teskepribadian menganalisis perilaku dan kepribadian kamu. Namun, keduanya sama-sama memberikan lebih banyak informasi tentang diri kamu. Dengan mengikuti tes tersebut, kamu dapatmembuat keputusan yang lebih tepat tentang pilihan kariermu. Faktanya, perekrut bahkan menggunakan berbagai tes sejenis untuk memutuskan apakah kamu kandidat terbaik untuk pekerjaan tersebut atau bukan.

Kamu dapat mengambil tes kepribadian atau minat bakat kapan saja, tetapi jika kamu sedang dilema oleh pertanyaan terkait pilihan karier, maka sebaiknya kamu memutuskan sesegera mungkin.Tes minat bakatakan memberi tahu di bidang mana kamu harus bekerjaberdasarkan kepribadian, pola pikir, dan bakat kamu. Sedangkan untuktes kepribadian,kami sarankan mengambilnya jika kamu inginmengetahui apa yang memacu motivasimu, untuk memahami cara bekerja dengan orang atau kelompok lain, dan untuk mengetahui bagaimana kamu dapat memperbaiki diri.

Baca juga: Kerja Tak Sesuai Jurusan? Tidak Masalah!

Bagaimana cara mengetahui tes minat bakat dan kepribadian mana yang terbaik untuk kamu?

Karena ada begitu banyak tes-tes semacam ini yang tersedia secaraonline, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulainya. Ditambah lagi, terdapat tes minat bakat dan kepribadian yang gratis dan berbayar. Untukmembantu memutuskan tes mana yang paling cocok untuk kamu, tanyakan beberapa pertanyaan berikut pada diri sendiri:

  • Berapa banyakwaktuyang dimiliki untuk mengikuti tes tersebut?
  • Berapa besar jumlah uang yang rela kamuinvestasikandalam tes tersebut?
  • Apakah kamu ingin lebih memahamikarakter diridan mengetahuidi bidang mana kamu harus bekerjaberdasarkankeahlianyang dimiliki? Jika jawabannya iya, pastikan untuk mengambilkombinasi dari kedua testersebut.

Untuk memulai perjalanan kamu, berikut adalah6 tes minat bakat dan kepribadian terbaikdari kami, yang dapat diakses secaraonline. Kami juga memberikan saran mengenai alasan mengapa kamu harus mengikuti masing-masing tes, berapa lama durasi tes, struktur tes, apa yang akan diungkapkan oleh tiap tes, dan biaya tes.

Catat bahwa kamu dapat mengambil tes manapun dalam daftar rekomendasi berikut kapan pun dan dalam urutan apa pun. Kamu dapat mengikuti berapa pun tes berikut karena tidak satu pun dari keenam tes ini saling berkaitan. Hasil tes dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung kondisi tubuh dan seberapa fokusnya kamu. Cobalah untuk tidak terlalu berpikir dangunakan insting pertamamu dalam menjawab. Akan lebih baik untuk mengambil tes ini setidaknya setiap tahunnya karena seiring kamu bertumbuh, kamu mengalami perubahan, dan pengalaman yang dilalui akan terus membentuk pola pikir dan kepribadianmu.

6 Tes minat bakat dan kepribadian terbaik menurut kami

1. 123Career Test

x

Struktur Tes:

Ini adalah gabungan tes minat bakat dan kepribadian yang sederhana, gratis, 15 menit, dan interaktif. Semua pertanyaan tes berbasis visual, yang berarti kamu hanya perlu memperhatikan gambar orang yang sedang melakukan kegiatan tertentu dan memilih "ya" atau "tidak" tergantung pada apakah kamu menikmati kegiatan tersebut.

Apa yang diungkap oleh tes ini:

123Career Testakan menunjukkandaftar 20 pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian kamu. Tipe kepribadian kamu didasarkan pada 'kode Holland', yang merupakan serangkaian tipe kepribadian yang diciptakan oleh seorang psikolog bernama Dr. John L Holland. Kode Holland memiliki enam tipe kepribadian -Realistis, Investigatif, Artistik, Sosial, Enterprising, dan Konvensional (RIASEC). Kamu dapat menggabungkan 2 atau 3 tipe kepribadian Holland.

Mengapa kamu harus mengikutil tes ini:

  • Jika Kamu perlu memutuskan perguruan tinggi, universitas atau kursus profesional mana yang hendak diambil, ikutilah tes ini untuk memahamiketerampilan dan pengetahuan terkaityang perlu kamu miliki untuk berhasil dalambidang karieryang paling sesuai dengankepribadianmu.
  • Jika kamu menginginkan gambaran yang lebih jelas tentangarah karieratau mencari suatu pengukuhan ataspilihan karier kamu saat ini, maka ikutilah tes ini untuk memahami peluang karier atau mendapatkan penegasan lebih lanjut tentang pilihan karier kamu saat ini. Kamu bahkan mungkin menemukan potensi keterampilan dan pengetahuan yang dapat membantu kamu dalam meraih kesuksesan dalam bidang karier yang sedang dijalani.

2. Myers-BriggsType Indicator(MBTI)

y

Struktur Tes:

Sebanyak 80% perusahaan Fortune 500 dan 89% perusahaan Fortune 100 menggunakan penilaian tipe kepribadian MBTI dalam strategi rekrutmen mereka. Jika kamu mengunjungi situs web resmi MBTI, maka kamu harus membayar untuk tes ini. Namun demikian, ada banyak situs web yang memungkinkan kamu untuk mengambil variasi tes Myers Briggs secara cuma-cuma seperti tes '16 Kepribadian'. Tes pada situs web resmi MBTI berupa sebuah tes dengan 93 pertanyaan pilihan yang mendalam serta membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk menyelesaikannya. Tes ini akan mengidentifikasi tipe kepribadian kamu dari 16 tipe kepribadian yang dicetuskan Carl Jung - seorang psikiater Swiss.

Apa yang diungkap oleh tes ini:

Kamu akan mendapatkan tipe kepribadian yang terdiri dari4 huruf (ekstrovert atau introvert, berpikir atau merasakan, menilai atau memahami, intuitif atau pengamat)serta deskripsi jenis kepribadianmu. Analisis tersebut akan mengungkapkan kecenderungan kamu dalam mengerjakan sesuatu, bagaimana kamu menyerap informasi, membuat keputusan, bekerja dengan orang lain, mengarahkan dan menerima energi dan masih banyak lagi.

Mengapa kamu harus mengikuti tes ini:

  • Jika kamubelum yakin akan bidang karieryang ingin ditempuh atau merasa 'terjebak' dalam jalur kariermu saat ini, maka coba ikuti tes ini untuk memahami cirikepribadiankamu,lingkungan kerjayang paling sesuai untuk kamu, dan bagaimana menjawab pertanyaan wawancara terkait kepribadian kamu di kemudian hari.
  • Jika kamu belum pernah mengikuti tes kepribadian, ambil tes ini terlebih dahulu. Pastinya ada alasan mengapa banyak perusahaan bergantung dan merekrut pegawai mereka berdasarkan tes ini. Gunakan hasil tes ini untuk memiliki pemahaman yang lebih baik akan diri kamu sendiri.

3. My Next Move O'Net Interest Profiler

z

Struktur Tes:

Tes minat bakat ini gratis dan digunakan oleh Departemen Tenaga Kerja AS. Tes ini terdiri atas 60 pertanyaan dan kamu perlu memberi penilaian seberapa suka atau tidak sukanya kamu terhadap suatu kegiatan yang disusun berdasarkan minat. TesNext Move Interest Profilerakan mencocokkan minat kamu dengan 6 tipe kepribadian 'Kode Holland' dan mengungkapkan 3 nilai tertinggi Kamu.

Apa yang diungkap oleh tes ini:

Next Move Interest Profileradalah tes minat bakat dengan cakupan terluas dan menyeluruh karena tes inimencocokkan minat kamu dengan pilihan karier terbaikdan memungkinkan kamu untuk menjelajahi beberapa opsi pekerjaan. Tes ini bahkan memberikan pengetahuan, pengalaman, pendidikan, dan keterampilan yang kamu butuhkan untuk masing-masing opsi pekerjaan. Meskipun rangkuman hasil yang kamu dapatkan (terutama terkait gaji dan pekerjaan) disusun berdasarkan data di AS, kamu masih dapat menggunakan hasil tes tersebut sebagai panduan di semua .

Mengapa Kamu harus mengikuti tes ini:

Terlepas dari posisi kamu saat ini - baik kamu seorang mahasiswa, lulusan baru maupun karyawan berpengalaman, tes ini akan membantu untukmengevaluasi kemungkinan pilihan karierdan memberikan rincian tentangpendidikan dan pelatihan apa yang dibutuhkan. Kamu dapat membuat gambaran perencanaan dan pertumbuhan karier saat ini atau bahkan karier di masa depan.

4. The Big FIVE or Who am I Personality Test

v Struktur Tes:

TesThe Big FIVEadalah model psikologis untuk pengukuran kepribadian yang paling diakui secara ilmiah. Tes tipe kepribadianThe Big FIVEdanWho am Ididasarkan pada 'Five Factor Model'.Five Factor Modelmemberikan penilaian menurut lima dimensi kepribadian yang luas -Openness(Keterbukaan),Conscientiousness(Penuh Pertimbangan),Extraversion(Ekstraversi),Agreeableness(Mudah Akur), danNeuroticism(Kestabilan Emosi). Untuk tes kepribadianBig FIVE, kamu perlu waktu sekitar 15 menit untuk menganalisis 120 pernyataan yang diberikan dan memutuskan apakah kamu setuju atau tidak dengan pernyataan tersebut. Untuk tesWho am Iatau disebut juga tesVisualDNA, kamu harus mencocokkan pernyataan dengan gambar yang paling relevan. TesWho am I / VisualDNAadalah versi visual dari tes kepribadian Big FIVE.

Apa yang diungkap oleh tes ini:

Sebagaimana dibahas di atas, tipe kepribadian dalamFive Factor ModeladalahOpenness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness,danEmotional Stability (Neurotism).Kamu akan mendapatkan rangkuman laporan, yang berisi skor untuk masing-masing kepribadian dan kurva perbandingan skor kamu terhadap skor populasi rata-rata untuk masing-masing kepribadian. Rangkuman singkat ini dapat diperoleh gratis, namun laporan lengkapnya dapat diperoleh dengan biaya tertentu. Ingat, tes ini bukan merupakan sebuah tes minat bakat sehingga tidak terdapat opsi bidang pekerjaan yang disarankan, namun kamu dapat belajar lebih banyak tentang karakteristik dan kepribadian Kamu sendiri.

Mengapa Kamu harus mengikuti tes ini:

  • Tes ini akan membantu untuk lebihmemahami siapa diri kamu sesungguhnya. Meskipun tes ini bukanlah sebuah tes minat bakat, hasil tes ini dapat membantu kamumeningkatkan cara kerja dan produktivitaskamu. Selain itu, kamu akan dapat mencatat mana saja kemampuan pribadimu yang unik dibandingkan dengan populasi rata-rata. Kamu dapat berusaha untuk meningkatkan kemampuan tersebut lebih tinggi lagi dan memberi penekanan atas kelebihan tersebut dalam wawancara berikutnya.

5. Career Strengths Test

w truktur Tes:

Tes minat bakat yang terdiri atas 5 bagian ini dapat diunduh sehingga kamu dapat melakukannya dengan kecepatan masing-masing secaraoffline.TesCareer Strengthsini serupa dengan tes IQ karena ia mengevaluasi kemampuan kognitif yang menggunakan berbagai macam skenario dan permasalahan. Kemudian kamu akan mendapatkan beberapa jenis pekerjaan atau posisi berdasarkan jawaban Kamu.

Apa yang diungkap oleh tes ini:

Tes ini menilai kemampuan dalampemahaman konsep, penalaran induktif, kemampuan numerik, visualisasi struktural dan kemampuan prediksikamu. Tes minat bakat ini akan memperlihatkan keterampilan mana yang merupakan kelebihan kamu dan apakah keahlian dan daya nalar kamu cocok dengan pekerjaan saat ini. Kamu juga akan menerimadaftar pekerjaan yang paling cocok untukmu.

Mengapa kamu harus mengikuti tes ini:

Tes ini patut dicoba jika kamu menginginkan sebuah analisis menyeluruh tentangkekuatan dan kelemahanmu. Alih-alih berfokus pada cara kerjamu (kebiasaan kerja, lingkungan kerja terbaik, dll), tes ini hanya berfokus pada kemampuan dan pengetahuan.

6. MAPP Career Assessment - Motivation Appraisal Personal Potential

u truktur Tes:

Tes minat bakat ini terdiri atas 71 pertanyaan dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menyelesaikannya. Tes MAPP banyak digunakan oleh penasihat karier, firma penempatan kandidat, universitas dan SMA. Namun demikian, hanya sebagian kecil dari hasil tes kamu yang dapat dilihat secara cuma-cuma, yaitu terletak pada bagian "free subscription(berlangganan gratis)". Untuk menerima laporan lengkapnya, kamu dapat memilih untuk membayar 1 dari 3 opsi premium yang berbeda. Kami menyarankan untuk menyelesaikan seluruh tes dan membeli laporan tersebut jika memungkinkan, karena banyaknya informasi dalam laporan lengkap tersebut yang dapat membantu kamu menemukan jalur karier yang tepat.

Apa yang diungkap oleh tes ini:

Tes ini memberi kamu gambaran keseluruhan tentangmotivasi karier dan daftar 10 bidang kejuruan teratas yang paling tepat untukmu. MAPP mencocokkan hasil tes dengan lebih dari 1.000 kemungkinan karier dalamdatabasemereka. Itulah alasan mengapa banyak perusahaan penempatan tenaga kerja menggunakan tes ini.

Mengapa kamu harus mengikuti tes ini :

Lakukan tes ini jika kamu'terjebak' di tengah perjalanan kariermu. Tes ini memerlukan investasi sedikit lebih banyak, namun biaya tersebut tidaklah sia-sia. Tes MAPP harus menjadi pilihan utama tes minat bakat kamu jika ingin meniru para penasihat karier dan perusahaan penempatan. Jika kamu tidak dapat membeli laporan lengkap, maka lakukan tes ini bersamaan dengan tes minat bakat lainnya.

Kesimpulan

Jika kamu sedang mengalami dilema dalam memilih jalur karier yang ingin ditempuh atau tidak menyukai pekerjaan saat ini, maka cobalah salah satu tes minat bakat yang disarankan. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai identitas dirimu, maka cobalah salah satu tes kepribadian di atas. Seluruh tes yang kami cantumkan diatas dapat melakukanpenilaian atas minat, nilai, kecenderungan pribadi, mengungkapkan kepribadian kamu serta jalur karier yang mungkin ditempuh. Hasil yang diperoleh akan memberikan lebih banyak informasi mengenai faktor pemicu motivasi dan menarik bagi kamu.

Ingatlah bahwa hasil tes diatas bukanlah sebuah harga mati, namun lebih merupakan sebuahpatokan untuk mengukur kepribadianmacam apakah yang kamu miliki, sertabidang karier apakah yang paling sesuai dengan kepribadianmu. Tanpa melihat bidang industri dan pekerjaan tertentu yang dianjurkan oleh tes tersebut, kamu harus mempertimbangkan minat kamu saat ini, hal yang kamu sukai dan tidak sukai, serta pengalaman kamu sebelum memutuskan jalur karier yang akan ditempuh. Tes minat bakat dan kepribadian semacam ini diciptakan sbeagai alat bantu untuk membimbing dan mendorong kamu ke arah yang tepat.

Tentunya, semakin banyak tes yang kamu ikuti akan semakin baik karena kamu dapat mengukuhkan karakter kepribadian kamu dan tipe karier yang disarankan. Kamu juga dipersilahkan untuk mencoba berbagai tes lainnya yang tersediaonline.Kami berpendapat bahwa 6 tes diatas merupakan tes minat bakat yang paling terkemuka dan bermanfaat, serta memberikan saran jalur karier yang dapat ditempuh. Untuk mendapat saran dan masukan profesional, kamu dapat mempertimbangkan melakukan salah satu dari kedua jenis dengan bimbingan penasihat karier profesional.

Baca juga: Mencari Arti dalam Karier Anda? Panduan Menemukan Pekerjaan dengan Sebuah Tujuan

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.