Sambut Hari Kebangkitan Nasional dengan 3 Cara Ini!

Sambut Hari Kebangkitan Nasional dengan 3 Cara Ini!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Di Indonesia, tanggal 20 Mei selalu identik dengan Hari Kebangkitan Nasional. Sangat penting bagi Bangsa Indonesia untuk memaknai hari besar tersebut.

Pada 20 Mei 1908, sebuah organisasi bernama Boedi Oetomo terbentuk. Organisasi pemuda ini bersifat sosial, ekonomi, kebudayaan, dan jauh dari ranah politik. Didirikan oleh Dr. Soetomo, Goenawan Mangoenkoesoemo, dan Soeradji, Boedi Oetomo kemudian menjadi tonggak awal persatuan dan pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Hari Kebangkitan Nasional juga seringkali diartikan sebagai peringatan atas bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk menggabungkan diri serta lepas dari belenggu penjajahan.

Tahun ini, pemerintah akan mengusung tema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!” dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-113. Kenny G Plate, Menteri Kominfo, juga menghimbau masyarakat untuk terus membangun kesadaran untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, dalam surat Pedoman Penyelenggaraan dan Sambutan Harkitnas 2021.

Setelah mengetahui sekilas sejarah mengenai Hari Kebangkitan Nasional, kamu pasti penasaran: apa saja yang bisa dilakukan untuk memaknai hari besar tersebut? Mari simak jawabannya sekarang!

  1. Tetap semangat dan produktif walau kerja dari rumah

Sejak adanya kebijakan kerja dari rumah, bekerja dari jarak jauh atauremote workingsudah menjadi hal yang lazim. Walaupun terlihat menyenangkan, menjalaniremote workingbisa jadi lebih sulit untuk dijalani ketimbang bekerja di kantor. Kemampuan untuk tetap fokus, mengelolawork-life balance, bahkan mencari inspirasi seringkali terasa menantang.

Tapi, tenang saja! Ada banyak cara agar kamu tetap semangat dan produktif ketika kerja dari rumah. Salah satunya adalah dengan meng-upgradebarang-barang yang kamu perlukan ketika bekerja dari rumah, sepertihardwaredansoftware. Dengan menggunakan alat yang pas dengan kebutuhan pekerjaanmu dan teknologi yang memadai, bekerjaremote workingakan lebih nyaman dan menyenangkan. Bacalah artikel ini untuk rekomendasihardwaredansoftwareyang dapat meningkatkan kinerjamu.

  1. Ubah hidupmu dengan menerapkan pola hidup sehat

Pandemi COVID-19 yang merumahkan sebagian besar penduduk tentunya berdampak besar pada kesehatan. Baik itu kesehatan mental maupun jasmani, ada baiknya untuk kamu menjaga semuanya agar tetap stabil dan sehat. Mulailah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi, memperbaiki waktu tidur, serta melakukan olahraga secara teratur, kamu berarti sudah memulai pola hidup sehat, lho! Selain itu, kamu juga bisa mencoba meditasi dan yoga, agar pikiran serta badanmu lebih rileks.

Menerapkan pola hidup sehat tidak hanya membantu menjaga bentuk tubuh yang ideal. Berolahraga dapat membantu tubuh untuk membangkitkan hormon endorfin yang dapat membuatmu merasa gembira. Imunitas tubuhmu pun akan lebih terjaga ketika kamu sehat dan bugar. Imun tubuh yang baik dapat mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh, termasuk virus COVID-19.

  1. Berani memulai perubahan besar

Sering merasa jenuh dengan pekerjaanmu? Atau, kerap kali memikirkan pekerjaan di luar bidang yang sekarang? Bisa jadi kamu memang harus membuka lembaran baru.

Berpindah karier merupakan hal yang sangat wajar dan boleh dilakukan, terutama ketika kamu merasa pekerjaanmu belum bisa memberikan hal yang kamu inginkan. Entah karena mencari tantangan baru, mendapatkan tawaran yang lebih baik, atau bahkan meraih cita-citamu sejak kecil. Alasan untuk berpindah karier sangatlah beragam.

Tidak ada kata terlambat untuk mengejar karier impianmu. Kamu berhak untuk memiliki pekerjaan yang dapat membuatmu berkembang menjadi versi terbaik dari dirimu. Untuk tips pindah kerja di masa pandemi COVID-19, kamu bisa membaca artikel ini.

Itulah tadi beberapa cara dalam memaknai Hari Kebangkitan Nasional ala JobStreet. Ingatlah untuk selalu semangat dalam memperkaya dan memperkuat diri dengan cara-cara yang menurutmu nyaman dilakukan. Bangkit! Kita bangsa yang tangguh!

Tertarik untuk membaca artikel lainnya? Kunjungilah situs JobStreet atau unduh aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store. Kamu juga bisa menemukan pekerjaan yang berarti dengan memperbarui profil JobStreet-mu hari ini. Jangan lupa juga untuk menambahkan tagar #LangsungKerja agar dapat dilirik berbagai perusahaan.

Jika kamu ingin mencari tips seputar pengembangan karier atau informasi penting soal pencarian kerja, kunjungi laman Tips Karier kami sekarang juga!

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.