Pindah Karir Menjadi Content Creator? Ini Tips dari Gerry Girianza!

Pindah Karir Menjadi Content Creator? Ini Tips dari Gerry Girianza!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

CampaignJobStreet “No Drama” mengundang beberapainfluenceryang sangat inspiratif, salah satunya adalahfood bloggerterkemuka Gerry Girianza. Dalam kesempatan tersebut, Gerry membagikan kisah dan tips inspiratif seputar perjalanannya membangun karir, keputusannya beralih karir menjadicontent creator, mengatasi drama dalam pekerjaan, hingga pentingnya memilih pekerjaan yang sesuai denganpassionkamu.

Penasaran dengan pengalaman Gerry Girianza yang dapat berguna untuk kamu dalam membangun karir? Yuk simak terus aritkel berikut!

Siapa itu Gerry Girianza?

Bagi kamu para pencinta kuliner, nama Gerry Girianza pastinya sudah tidak asing lagi. Sebagai seorang content creator yang berfokus pada bidangfood-blogging, ia telah memiliki jumlahsubscribersyang mencapai 1,14 juta. Gerry menghadirkan beragam konten menarik seputar dunia kuliner dalamchannelYouTube-nya (Gerry Girianza). Mulai dari ulasan makanan, informasi seputar lokasi wisata kuliner, tips memasak berbagai resep makanan, dan masih banyak lagi.

Di balik kesuksesannya sebagai seorangfoodblogger, Gerry Girianza ternyata merupakan juara tiga dari kompetisi memasak Top Chef Indonesia 2013, lho! Gerry pernah bekerja pada sebuah restoran di Amerika Serikat selama tiga tahun, dan kembali ke Tanah Air setelah visa kerjanya sudah berakhir. Di Indonesia, ia menjadi chef di salah satu restoran di Bali, sebelum akhirnya memutuskan untukresigndan bertarung di Top Chef Indonesia.

“Saya adalah seorangrisk taker. Setelah puluhan tahun menjadichefdan bekerja untuk orang lain, saya akhirnya banting stir untuk menjadi seorangcontent creator.” Ujar Gerry Girianza.

Pilihannya untukresigndari karirnya sebagai chef tersebut yang mengantarkannya meraih kemenangan di ajang Top Chef Indonesia. Kemenangan ini juga yang membuatnya berani untuk beralih karir menjadicontent creator.Setelah menerima tawaran menjadi pembawa acara bagi salah satu TV swasta, Gerry menyadari bahwa hal tersebut sama persis dengan mimpinya: jalan-jalan, makan, dan memasak. Hal itulah yang akhirnya menjadi dorongan terkuat bagi Gerry untuk memantapkan langkahnya di bidangentertainmentsebagaicontent creator.

Tips dari Gerry Girianza jika ingin beralih karir

Pindah karir merupakan hal yang wajar dan tentunya boleh dilakukan. Namun, hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum mantap berpindah karir adalah melakukan riset. Tidak hanya melihat dari potensi diri sendiri, kamu juga perlu melakukan riset dari sumber eksternal yang sekiranya dapat membantumu dalam merancang kelanjutan karirmu. Kali ini, Gerry Girianza akan membagi soal tips yang dapat kamu pertimbangkan sebelum memilih untuk beralih karir.

Baca juga : 8 Hal yang Bisa Kamu Jadikan Alasan Pindah Kerja

  • Mengenalipassiondan kelebihan diri

“Mulai membangun bisnis F&B di tahun 2020, dimulai dari Mantep Bener. Setahun kemudian,guemendirikan Superames sebagai usaha UKM baru, yang dikembangkan bersamapartner gue, Bella.” Cerita Gerry Girianza.

Berbekal kecintaannya pada bidang kuliner dan pengalamannya sebagaichef, Gerry berhasil mendirikan dua usaha F&B dalam kurun waktu dua tahun, yakni Mantep Bener dan Superames. Cara menuju sukses dalam bekerja yang paling penting adalah mengenalipassionserta kelebihan diri yang dimiliki.Passionbisa kamu temukan berawal dari hal-hal yang disukai atau bahkan hobi, seperti halnyapassionGerry Girianza dalam mencintai dunia kuliner.

Dengan mengetahui kelebihan diri yang dimiliki, serta mengenalipassionmu dalam bekerja, kamu akan semakin termotivasi untuk meraih kesuksesan melalui upayamu mengembangkan diri dan berproses untuk selalu menjadi kandidat terbaik, apa pun jenis pekerjaan atau jalur karir yang ingin kamu jalani.

  • Mencari peluang pengembangan karir

“Superames hadir berdasarkaninsightyangguedapatkan selama menjadicontent creator, di mana banyak orang-orang yang mengulas makanan warteg. Akhirnya,guecoba untuk mengembangkan produk warteg dengan rasa yang enak, harga yang sesuai, serta pengelolaan makanan yang lebih baik dan profesional.” Ujar Gerry Girianza.

Sama seperti Gerry yang memanfaatkaninsightsselama menjadicontent creatoruntuk mengembangkan bisnisnya, kamu juga bisa mendapatkan peluang pengembangan karir dari lingkungan sekitarmu, lho! Selain mengembangkan jaringan dan koneksi, pengembangan karir dapat dilakukan dengan cara belajar hal-hal baru yang ingin atau belum pernah terpikirkan untuk dipelajari sebelumnya.

Misalnya, kamu bisa mengikuti kelas pelatihan gratis di FutureLearn yang memberikan kamu akses ke banyak pelatihan dan pengetahuan baru dari berbagai macam bidang industri. Mulai daridigital marketing,coding, cybersecurity,hinggatransferable skillsseperti kepemimpinan, kesejahteraan mental, hingga keterampilan Bahasa Inggris.

  • Mempersiapkan strategi terbaik

Saat wawancara, Gerry membeberkan bahwa “Targetguesecara bisnis sudah jelas, bahwa Superames harus bisa dikembangkan di berbagai tempat, yakni dalam bentukfranchise.”

Layaknya Gerry Girianza yang sudah memiliki strategi untuk prospek masa depan bisnisnya, penting juga bagi kamu untuk mempersiapkan strategi dalam proses meraih kesuksesan berkarir. Kamu bisa memulainya dengan melakukan persiapan rencana jenjang karir menggunakan tabel perencanaan karir dari JobStreet. Kemudian, tahap selanjutnya adalah menentukan bidang industri yang akan digeluti, proses membuat resume yang baik, hingga rencana menghadapi kemungkinan untuk menjadientrepreneurseperti Gerry Girianza.

Baca Juga: CV yang Baik Adalah yang Lolos 6 Second Test

Berkarir sesuaipassionbukan berarti tanpa tantangan

Setelah melakukan pertimbangan dan memulai karirnya dari 0 sebagaicontent creator,tentunya Gerry Girianza harus menyesuaikan diri dengan pekerjaan barunya. Termasuk drama yang terjadi di dalamnya.

“Kalau soal drama, yang paling pasti terjadi adalah drama antaraguedengan partner, Bella. Kami sering memperdebatkan perihal teknis,flow shooting, dan ide. Apalagi ketika harus bekerja sama dengan klien yangtime frame-nya mepet." Ungkap Gerry Girianza.

Sekalipun bekerja denganpartneryang merupakan pasangannya sekaligus, tidak jarang bagi Gerry untuk menghadapi drama. Bagi Gerry, kunci dari penyelesaian sebuah drama adalah komunikasi dan saling mengerti maksud satu sama lain. Karena pada akhirnya, hal yang paling penting adalah bagaimana konten tersebut selesai dengan maksimal dan sesuai dengan targettime frameyang sudah disepakati sebelumnya.

"Saat menjalanipilot projectBakso vs Bakmi, kami sudah membuat plan dengan baik. Namun menjelang hari H, salah satu kru, yaitu cameramen, mendadak tidak bisa ikut." Ujarnya.

Selain memerlukan kreativitas, menjadi seorangcontent creatorjuga membutuhkan kerja sama tim yang hebat. Dalam wawancara bersama JobStreet, Gerry memaparkan bagaimana ia harus mengatasi tantangan yang dihadapi, yakni ketika ada salah satu anggota kru yang tidak dapat melaksanakan tugas. Sebagai pemimpinprojecttersebut, Gerry akhirnya “terjun” langsung ke tempat syuting untuk menggantikan tugas yang kosong.

Tantangan yang dihadapi Gerry tersebut berlaku juga untuk semua pekerjaan di bidang manapun. Jika kamu tidak memahami cara kerja serta cara mengatasi permasalahan yang muncul selama perjalanan karirmu, hal ini akan berdampak pada kelancaran prosesmu dalam meraih kesuksesan karir.

Tips berkarir sebagaicontent creatordari Gerry Girianza

Seiring dengan kemajuan teknologi, jumlah pengguna internet meningkat pesat. Hal ini yang kemudian menjadi latar belakang tingginya peluang atas pekerjaan menjadi seorangcontent creator. Pekerjaan menjadi content creator memberikan peluang seseorang untuk mengembangkan bakat dan minatnya dalam bidang bidang yang paling digemari.

Contohnya, Gerry Girianza. Walaupun telah puluhan tahun menggeluti bidang kuliner dengan menjadi chef, ia menemukanpassion-nya pada bidangtravelingdan memutuskan untuk menjadicontent creator. Dengan menggeluti bidangfood blogging, Gery dapat memenuhi cita-citanya untuk jalan-jalan, makan, dan memasak dalam satu waktu yang bersamaan.

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorangcontent creatorseperti Gerry Girianza, pastikan kamu telah memahami tugas seorangcontent creatorsebelum akhirnya terjun ke dalam bidang tersebut. Berikut ini yang harus kamu tentang cara menjadicontent creatordari Gerry Giranza:

  • Membuat konten dengan disiplin

Untuk mendapatkan perhatian dari audiens, seorangcontent creatorharuslah memiliki kemampuan untuk membuat konten yang unik. Namun, tidak jarang juga bagicontent creatoruntuk merasastuckatau kehabisan ide. Jika tidak diatasi dengan baik, momenstuckini dapat membuat konten mengalami penurunan kualitas, lho!

Oleh karena itu, disiplin kerja merupakan hal yang terpenting bagicontent creator,terutama dalam proses perencanaan konten ataucontent planning. Selain menghemat waktu, perencanaan konten dapat memudahkan seorangcontent creatormenghindari penggunaan topik yang sama berturut-turut.

  • Tepat waktu saatpostingkonten

Selain melakukancontent planningdan memastikan kualitas konten, seorangcontent creatorjuga harus memiliki “jadwal tetap” untuk melakukanpostingkonten. Audiens sering kali membutuhkan kepastian mengenai kapan mereka dapat menyaksikan konten baru. Oleh karena itu, kalender konten adalah hal yang wajib dimiliki oleh paracontent creator.

Kalender konten dapat memudahkancontent creatordalam mengaturdeadlinedan tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, kalender konten juga dapat membantucontent creatordalam bekerja secara lebih efisien dan mengurangi stres.

  • Profesional dalam menyampaikan konten

Tidak jarang bagi seorangcontent creatoruntuk melakukan promosi barang dari sebuah perusahaan. Hal ini lebih umum diketahui publik dengan istilahendorse. Walaupun terlihat menggiurkan, melakukanendorsementbukanlah hal yang mudah, karena hal ini sangat berhubungan dengan kepercayaan publik terhadap seorangcontent creator.

Apabila ketahuan berbohong, seperti mengatakan bahwa produk ini bagus--padahalcontent creatortersebut belum menggunakannya sama sekali, bisa jadi audiens akan merasa kecewa dan meng-unfollowcontent creatortersebut. Oleh karena itu, seorangcontent creatorpastinya perlu menjaga kredibilitasnya agar tetap profesional.

Nah, itulah tadi tips meraih kesuksesan setelah beralih karir dan menjadicontent creatordarifood bloggerternama, Gerry Girianza. Tidak ada salahnya untuk kamu mencari kerja dengan berpindah karir jika kamu merasa pekerjaanmu saat ini tidak cocok denganpassionmu, mengalami demotivasi, dan beberapa yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tetap semangat dan jadilah seorangrisk takeryang berani seperti Gerry Girianza!

Jangan lupa untuk selalu memperbarui profil JobStreet-mu setiap mendapat kemampuan atau pengalaman baru. Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan, baikhard skillsmaupunsoft skills, kamu dapat mengikuti kursus-kursus berikut dari JobStreet. Jika kamu masih bingung, jangan khawatir! Tips karir lengkap bisa kamu temukan di sini.

Unduh aplikasi JobStreet sekarang untuk akses layanan JobStreet lainnya secara praktis melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk kamu. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untukmu. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring, pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Merubah karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.