Pengembangan Diri untuk Menghadapi Dunia Kerja Digital di Masa Depan

Pengembangan Diri untuk Menghadapi Dunia Kerja Digital di Masa Depan
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Must-have job skills of the future

Pernahkah kamu memikirkan apakah pekerjaanmu masih relevan 10 tahun ke depan? Apakah pekerjaanmu akan digantikan dengan AI atau otomatisasi? Teknologi dan industri sangatlah dinamis dan akan terus berkembang dan berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini diakibatkan karena kebutuhan manusia yang terus bertambah jumlahnya dan ragamnya.

Dunia kerja pun begitu, semakin bertambahnya manusia dan kebutuhannya, semakin sering pula terjadi perubahan di dalamnya. Salah satu perubahannya adalah keterampilan sumber daya manusia (SDM) di dalamnya. Keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini belum tentu sama dengan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan dari karyawannya di masa depan.

Untuk bertahan di era yang selalu berubah ini, kamu harus memiliki bekalskill-skillyang diperlukan untuk mengikuti arus tersebut. Dalam kasus iniskillteknis dansoft skillyang kamu miliki akan dianggap sebagai nilai lebih. Oleh karena itu,upskillatauupgradeketerampilan yang kamu miliki akan sangat dibutuhkan untuk melamar kerja. Namun, apa sih yang dimaksud denganupskill?Upskilladalah suatu upaya pengembangan diri yang bisa dilakukan melalui pendidikan atau pelatihan tambahan.

Mengenali profesi yang paling dibutuhkan di masa depan

Pada bulan Januari, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, menyatakan tentang pengembangan SDM untuk menjadi orang yang kompetitif di industri darurat digital terutama melalui pengembangandigital skilldansoft skill. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, profesi yang akan banyak diminati di masa depan adalah sebagai berikut:

Spesialisasi khusus data ini bertugas menganalisadatabaseperusahaan untuk meningkatkan pengembangan produk,marketing, dan strategi perusahaan.

Big Data Specialistbertugas mengumpulkan data dari berbagai sumber dandatabaseperusahaan serta menganalisis dan menafsirkan data untuk menerjemahkan informasi yang dapat bermanfaat bagi perusahaan. Tugas lainnya yang dikerjakan yaitu merancang sistem yang berhubungan dengan volume data yang besar.

Artificial Intelligence(AI)and Machine Learning(ML)Specialistbertugas membuat, implementasikan, dan mengembangkan layanan yang dibutuhkan perusahaan yang didukung oleh mesin kecerdasan buatan.

AhliMarketing and StrategyDigital ini memiliki tugas merancang, membuat, dan mengembangkan program marketing untuk perluasan dan pengembangan pemasaran produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan secaraonline.

  • Renewable Energy Engineer

Teknisi ini melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan produksi energi sumber daya terbarukan (renewable energy), termasuk tenaga angin, surya, air dan laut. Selain itu, profesi ini juga meneliti dan mengembangkan mesin dan peralatan baru, proses produksi, dan cara untuk meminimalkan dampak buruknya terhadap lingkungan.

  • Process Automation Specialist

Pakar IT ini bertugas mengembangkan dan merancang sistemsoftwarebaru dengan meninjau, memperbaiki, memelihara, dan menguji sistem untuk meningkatkan kinerja bisnis suatu perusahaan. Fokusnya adalah melakukan analisis dan penelitian untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan sistem yang ada.

  • Internet of Things (IoT) Specialist

Internet of Things(IoT) adalah teknologi di mana obyek fisik yang dipasangkan program atausoftwaredapat mengirimkan data melalui internet tanpa bantuan komputer.Internet of Things (IoT)Specialistadalah seorang ahli yang bertugas merancang dan mengembangkan layanan inovatif untuk membantu penggunanya menerima, mengontrol, dan mengelola informasi. Selain itu, profesi ini juga bertugas mengembangkan dan mengelola beragam perangkat,platform,software, dan sistem penggerak IoT itu sendiri melalui kombinasi data, teknologi, dan penelitian.

  • Digital Transformation Specialist

Spesialisasi ini berfokus merancang dan menerapkan strategi, memberi saran, membentuk, dan menyampaikan program transformasi berbasis teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman digital konsumen.

Manajer untukBusiness Services and Administrationbertugas merencanakan, mengarahkan, mengoordinasikan, dan mengatur fungsi administrasi bisnis perusahaan. Ia juga memastikan bahwa operasi bisnis berjalan dengan lancar.

Profesi ini bertanggung jawab mengidentifikasi peluang pertumbuhan bisnis dan mengoptimalkan strategi pemasaran dengan cara menganalisis proses bisnis dan keuangannya, mengimplementasikanbusiness plans, serta membangun jaringan yang efektif.

Pengembangan diri sangat diperlukan untuk dapat bersaing di berbagai profesi di atas yang dapat dilakukan dengan mengasahiskillspesifik yang dibutuhkan untuk berkarir di profesi tersebut. Berikut adalah tips yang bisa kamu jadikan referensi untuk meningkatkanskillyang dibutuhkan untuk bersaing mendapatkan pekerjaan yang akan ramai peminatnya di masa depan.

Memperkaya diri denganskillteknis

Skill teknis adalah kemampuan untuk mengerjakan tugas yang terkait dengan peran teknis tertentu seperti IT, permesinan, mekanik, sains, atau finansial. Pada umumnya, skill teknis berhubungan dengan adalah pemrograman, analisis data, dan penggunaan alat-alat digital tertentu. Berikut ini adalah beberapa skill teknis yang dibutuhkan untuk berkarir di era serba digital di masa depan.

Analitik

Kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi, memecahkan masalah, dan membuat keputusan sangat dibutuhkan bagimu jika ingin bertahan di industri digital ini. Di masa depan yang hampir semua halnya akan dilakukan secara digital, kamu membutuhkan kemampuan mengumpulkan informasi dan memeriksanya lebih lanjut untuk mendapatkan informasi yang relevan bagi perusahaan. Memiliki keterampilan ini sangat menguntungkan perusahaan karena apabila seseorang memiliki keterampilan ini dapat membantu memecahkan masalah perusahaan dan meningkatkan produktivitas. Kamu dapat mengasahnya dengan cara banyak mengamati lingkungan sekitar, membaca, dan bertanya kepada orang lain.

Akuntansi

Keterampilan akuntansi sangat berguna untuk merencanakan, mengawasi, dan mengaudit keuangan perusahaan. Anggaran yang dikeluarkan perusahaan untuk suatu proyek pekerjaan tertentu harus dipastikan tidak melebihi dari yang direncanakan. Apa pun posisimu, kamu perlu mengetahui dasar akuntansi untuk memiliki gambaran besar untuk memastikan anggaran proyek tersebut sesuai dengan anggaran yang telah dialokasikan perusahaan. Cara mengasahskillini adalah dengan melakukan banyak latihan menggunakansoftwarekomputer, berlatih keterampilan dasar matematika, dan membaca buku mengenai akuntansi.

Teknologi dan literasi digital

Pada masa yang serba digital, hampir semua pekerjaan harus dikerjakan dengan menggunakan teknologi digital pula sebagai alat bantu menyelesaikan pekerjaan. Maka itu, beradaptasi dengan teknologi terbaru dan mengoperasikan program komputer akan segera menjadi keterampilan yang penting dikuasai. Mengenal teknologi digital dapat membuktikan bahwa kamu memiliki kemampuan yang dapat menunjang kebutuhan bisnis besar maupun kecil. Latihlah kemampuan ini dengan memperbanyak menggunakan dan mencari informasi melalui teknologi digital.

Mengasahsoft skilluntuk berkarir

Soft skilladalah keterampilan yang mencakup kecerdasan, baik emosional maupun sosial, komunikasi, interaksi dengan orang lain.Soft skilldapat dimiliki dengan melatih kemampuan berpikir, memecahkan masalah, bersosialisasi, dan berkomunikasi dengan orang lain. Di tempat kerja,soft skillsama pentingnya denganhard skillmengingat pengetahuan dan keterampilan kerja teknis seseorang membutuhkan metode penyampaian yang baik untuk dapat berguna dalam tim. Beragamsoft skillyang bermanfaat untuk karirmu di masa depan dapat kamu simak di bawah ini.

Mindsetyang inovatif

Memilikimindsetyang inovatif merupakan aset bagimu karena memungkinkan kamu untuk memecahkan masalah dan membantu memajukan perusahaan yang sedang kamu jalani. Kandidat yang memilikimindsetinovatif akan sangat dihargai oleh perusahaan karena mereka berkontribusi secara aktif dengan memberikan inisiasi untuk mengembangkan produk dari suatu perusahaan dan menawarkan ide-ide menarik baru kepada konsumen dan klien. Hal ini kemudian dapat mendorong pertumbuhan bisnis menjadi lebih baik lagi.Mindsetyang inovatif bisa dimiliki dengan cara mencari pengalaman baru di berbagai hal, memperluas pertemanan, dan banyak membaca buku.

Skillsosial dan interpersonal

Orang denganskillsosial dan interpersonal yang kuat cenderung dapat bekerja sama dengan baik dengan orang lain, termasuk dalam tim atau kelompok, baik secara formal atau informal.Skillsosial dan interpersonal yang dimiliki seseorang membuatnya dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, baik keluarga, teman, rekan kerja, konsumen, atau klien. Keterampilan ini juga dapat memastikan bahwa kamu bisa menjalin hubungan baik dengan orang sekitar, termasuk orang-orang yang bekerja bersamamu di lingkungan kerja. Untuk memiliki keterampilan ini, perbanyaklah melakukan interaksi dan komunikasi dengan orang lain.

Negosiasi

Perusahaan akan sangat membutuhkan kandidat yang bisa bernegosiasi. Dengan memilikiskillnegosiasi, seseorang dapat memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan, seperti menjalin hubungan bisnis yang lebih luas dengan perusahaan lain dan mengembangkan pasar. Hal ini dapat meningkatkan penjualan produk perusahaan dan menentukan harga yang lebih baik sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Tingkatkan kemampuan negosiasimu dengan cara banyak membaca buku dan mencari informasi penting tentang pihak yang ingin diajak bernegosiasi.

Kemauan untuk belajar

Apa pun posisi pekerjaan yang kamu inginkan di masa depan, kemauan untuk belajar sangat penting untuk kamu miliki. Jika kamu tidak memiliki kemauan untuk belajar di zaman yang terus berubah dan berkembang ini, kamu akan ketinggalan banyak hal sehingga sulit untuk mendapatkan peluang baru. Sebaliknya, jika kamu selalu termotivasi untuk belajar, kamu bisa membawa hal-hal baru melalui keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi perusahaan dan dirimu sendiri. Untuk meningkatkan motivasi belajarmu, amatilah lingkungan sekitarmu dan carilah sesuatu yang membangkitkan rasa penasaranmu sehingga kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang suatu hal untuk dipelajari.

Sekianskill-skillyang akan sangat bermanfaat apabila kamu ingin berkarir di industri pekerjaan yang serba digital di masa depan. Kedua kategoriskilltersebut tentunya harus dikombinasikan untuk mencapai hasil kerja yang lebih baik.

Agar perusahaan percaya bahwa kamu menguasaiskill-skilltersebut, tentu saja kamu membutuhkan sertifikasi. Sertifikasi adalah penetapan yang diberikan kepada seseorang untuk menunjukkan bahwa ia mampu dan telah menguasai suatu kemampuan tertentu. Untukupskillberagamskilltersebut, kamu bisa melakukannya dengan cara membaca buku, mengikuti webinar, atau mengakses beragam kelas pelatihan kerjaonlinedari JobStreet dengan bergabung dengan FutureLearn. Di sana, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat. Kursus bersertifikat lainnya beserta tips memilih kursus yang tepat bisa kamu simak di sini.

Jangan lupa untuk buat profil JobStreet-mu sekarang untuk mempermudah dalam mencari pekerjaan dan selalu updateprofilmu setiap kali memperoleh pengalaman danskillbaru, ya!

Untuk lebih banyak tips memngembangkan diri, membuat resume, menghadapi wawancara, dan berbagai informasi tentang dunia kerja lainnya, kunjungi laman Tips Karir. Tetap terhubung dengan kami kapan saja dan di mana saja dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.