Pengembangan Diri Lewat Budaya di ICN 2016

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Arus globalisasi menyebabkan kita untuk terpengaruh terhadap budaya-budaya asing. Tidak sedikit pula dari kita yang memandang bahwa budaya asing jauh lebih menarik dan modern dibandingkan budaya Indonesia. Bayangkan kondisi dimana kita dapat menghapal lirik laguwestern pop, namun tidak hapal dengan lagu nasional kita sendiri. Betapa ironisnya apabila ada hal demikian yang terjadi.

Maka dari itu,Student BoardS1 Universitas Prasetiya Mulya menghadirkan sebuah acara kepemudaan berskala nasional yang bertemakan nasionalisme dan budaya, yakni ICN (Indonesian Culture and Nationalism). Pada kesempatan kali ini, ICN mengangkat tema REGENERASI: Revolusi Generasi Aspirasi, dengantagline“Berani Beraksi, Berani Berkreasi”. Melalui tema ini, diharapkan generasi muda Indonesia dapat melakukan gerakan perubahan sosial dan kebudayaan ke arah yang positif, yang menjadi cita-cita bangsa dalam menjadikan Indonesia yang merdeka dan kaya akan pluralisme.

ICN memiliki 3 rangkaian acara utama, yakni ICNConference, ICNFestival, danFood Exhibition. ICNConferencemerupakan salah satu rangkaian acara yang diikuti oleh 34 delegasi terpilih dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Para delegasi yang terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan permasalahan di provinsi mereka, dan mempresentasikan proyek sosial untuk mengatasi masalah tersebut. Pada akhir acara nanti, akan terpilih 5 delegasi yang akan diberikan pendanaan masing-masing sebesar 10 juta rupiah untuk menjalankan proyek sosial mereka.

Optimized-RAY_7223

Kemudian berikutnya adalah acaraFood Exhibitionyang akan dilaksanakan pada tanggal 18-20 Mei 2016, dilanjutkan pada 25-28 Mei 2016 di Kampus BSD Universitas Prasetiya Mulya. Ini merupakan acara bazar kuliner tradisional Indonesia, dimana para pengunjung dapat merasakan makanan dan minuman tradisional Indonesia, disertai dengan dekorasi yang mampu membangkitkan kecintaan terhadap kekayaan dan warisan budaya.

Acara ICN kemudian ditutup dengan acara puncak, yakni ICNFestivalyang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2016, juga di Kampus BSD Universitas Prasetiya Mulya. Ini merupakan acara puncak yang mengundang tokoh inspiratif (pemerintah,public figure, dan motivator) yang mampu memberikan pergerakan dan semangat kepada generasi muda untuk tetap berkarya dan memberikan kontribusi nyata kepada negara.

ICN merupakan kontribusi nyata dari pemuda Indonesia yang dimaksudkan untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik lagi. Kita sebagai pemuda patut merenungkan pertanyaan berikut:

Sudahkah saya menyumbangkan sesuatu bagi Indonesia tercinta?

Bagi kalian yang tertarik dengan acara ini, ayo bergabung bersama kami dalamFood Exhibitiondan ICNFestival! Bangkitkan semangat kepemudaan dan nasionalisme kita sekarang juga! Untuk keterangan lebih lanjut mengenai acara ICN, silakan mengunjungiwebsitekami di www.icn-id.com.

ICN2016 #REGENERASI

Facebook: Indonesian Culture and Nationalism

Twitter: @icn_id

Instagram: @icn_id

Youtube: Indonesian Culture and Nationalism 2016

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.