Pelajari 6 Tips Berikut untuk Karier Digital Marketing!

Pelajari 6 Tips Berikut untuk Karier Digital Marketing!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Di era digital yang terus berkembang secara cepat, mempelajariskilldigital marketing menjadi salah satu poin plus jika kamu ingin mengembangkan karirmu. Sekarang, banyak brand dan bisnis yang membutuhkan digital marketer untuk membangunbrand awarenesssebagai salah satu langkah awal untuk menemukan pelanggan baru. Berbagai teknik digital marketing juga dibutuhkan untuk dapat membuatcampaignyang menarik agar dapat meningkatkan penjualan dari sebuah bisnis.

Ketika memulai karir digital marketing, kamu mungkin akan menyadari bahwa industri ini bergerak sangat cepat dan membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat namun tetap mempertahankan kreativitas dan orisinalitas di setiap pilihan yang diambil. Terdengar menakutkan? Tenang, melalui artikel ini kamu dapat mencoba beberapa tips untuk pengembangan karir digital marketing.

Pentingnya digital marketing untuk pengembangan karir

Semakin berkembangnya berbagai platform online untuk meningkatkan bisnis danonline presence, banyak brand dan bisnis membutuhkan seseorang yang ahli dalam digital marketing. Beberapa platform online yang dibutuhkan sebuah bisnis untuk meningkatkan penjualan adalah berbagai jaringan sosial media, e-commerce,search engines, sertapay-per-click (PPC) advertising. Seorang digital marketer bertugas untuk membantu bisnis dan brand mendapatkan konsumen, berinteraksi dengan mereka, dan menjadikan mereka pelanggan.

Seiring semakin banyaknya bisnis yang ingin meningkatkanbrand awarenessmereka, seseorang yang memiliki skill digital marketing banyak dicari perusahaan untuk mengembangkan bisnis mereka. Karena itu, mempelajari skill digital marketing dapat mengembangkan karirmu dan berikut adalah beberapa alasan lainnya kenapa digital marketing penting untuk dipelajari:

  1. Beralihnya proses transaksi karena pandemi

Berubahnya cara transaksi di masa pandemi membuat banyak perusahaan harus meningkatkanbrand awarenessmereka untuk dapat menjangkau lebih banyak orang secaraonlinemelalui digital marketing. Beberapa skill yang dibutuhkan perusahaan dalam digital marketing adalahcontent creation,email marketing,search engine optimization, sertapay-per-click advertising (PPC). Jika kamu memiliki kemampuan tersebut, kesempatan untuk masuk ke perusahaan yang sesuai dengan skill dan minatmu semakin besar.

2. Jenjang karir yang bagus

Semakin berkembangnya era industri 4.0 dan kehadiran Society 5.0, manusia dituntut untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah kompleks, berpikir kritis dan memiliki kreativitas tinggi. Selain itu, di era Society 5.0 juga manusia selalu beriringan dan tidak dapat lepas dari peranan sosial media dan di Indonesia sendiri, 171.26 juta penduduknya merupakan pengguna internet.

Karena itu, banyak perusahaan yang mulai aktif menjual barang atau jasa mereka melalui sosial media atau marketplace. Hal ini menjadi alasan kuat kalau digital marketing akan terus berkembang dan kamu bisa memanfaatkannya untuk terus mengembangkan karirmu secara berkelanjutan. Aplikasi dan sosial media yang akan terus berubah dapat memberikanmu ruang untuk mengeksplor jenjang karir yang kamu inginkan, contohnya Social Media Specialist, Content Specialist, atau Video Specialist.

3. Digital marketing dibutuhkan oleh banyak perusahaan

Semakin banyak perusahaan yang memiliki platform online, semakin banyak yang membutuhkan skill digital marketing untuk mengembangkan bisnis mereka terutama setelah pandemi dimulai. Perkembangan era digital yang sangat pesat menuntut perusahaan untuk memperluas pasar mereka secara online. Selain dapat menjangkau lebih banyak orang, digital marketing juga lebih hemat biaya karena semuanya dilakukan secara online.

Di era digital inilah peran digital marketing sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan via sosial media dan marketplace. Dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang kamu miliki di bidang digital marketing, kamu dapat memiliki banyak peluang untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Bagaimana cara berkembang di bidang digital marketing?

Jika sudah memiliki pemahaman dasar dalam digital marketing, kamu mungkin bertanya-tanya apa yang dapat dilakukan untuk bisa mengembangkan skillmu. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan skill tersebut:

  1. Tingkatkan pengetahuanmu soal digital marketing

Jangan berhenti di satu titik saja! Ada banyakskilldigital marketing yang bisa kamu tingkatkan untuk mengembangkan karirmu seperti skill copywriting, search engine optimization, atau bahkan skill desain. Coba juga hal baru untuk menambah kemampuan digital marketing seperti mempelajari fitur atau aplikasi baru yang dipakai untuk memasarkan produk. Jika kamu ingin menjadi seorang spesialis, mantapkan skill yang sudah kamu miliki sekarang. Contohnya, jika kamu sekarang memiliki skill copywriting, kamu dapat memantapkan skill tersebut untuk menjadi content specialist.

Kamu bisa belajar digital marketing melalui pelatihan online, posting blog, atau e-book. Informasi tentang pelatihan online digital marketing bisa datang dari universitas, agensi pemasaran, atau digital marketer yang sudah berpengalaman. Untuk membuat proses belajar menjadi menyenangkan, eksplor berbagai kursus digital marketing online yang menarik perhatianmu. Beberapa kursus online menyediakan video penjelasan yang menyeluruh tentang dasar-dasar digital marketing yang perlu kamu ketahui.

2. Perhatikan trend terkini

Dengan terus berkembangnya teknologi dan sosial media, sangat penting untuk terus mengikuti tren yang ada untuk bisa membuatmarketing campaignyang efektif. Perhatikan tren yang sedang terjadi melalui media sosial. Setelah mengetahui tren yang sedang berjalan di berbagai sosial media, kamu bisa mengadaptasi tren tersebut kemarketing campaignperusahaan atau brandmu. Pastikan tidak terlalu lama mengambil keputusan dalam membuatmarketing campaignkarena tren sosial media berubah dengan cepat.

3. Belajar dari mereka yang sudah ahli

Sekarang semakin banyak orang yang menjadi ahli dalam digital marketing dan membagi pengetahuan mereka melalui akun media sosial mereka. Jika baru mulai belajar soal digital marketing, mengikuti ahli digital marketing di sosial media mereka menjadi salah satu langkah yang dapat membantu meningkatkan skill. Observasi apa yang mereka lakukan sehingga bisa sukses di industri digital marketing dan ikuti webinar atau pelatihan-pelatihan digital marketing yang mereka selenggarakan.

  1. Praktikkan yang kamu pelajari

Sudah memiliki pengetahuan yang cukup di digital marketing? Ini saatnya kamu mengaplikasikan apa yang kamu tahu dengan membuatmarketing campaign-mu sendiri. Jika kamu belum mendapatkan pekerjaan, kamu dapat membuat marketing campaign melalui beberapa situs belajar digital marketing. Analisa dan monitor hasil dari marketing campaign yang kamu buat di situs tersebut.

Jika sudah bekerja di industri digital marketing atau memiliki bisnismu sendiri, cobalah buatmarketing campaignberdasarkan apa yang sudah kamu pelajari serta tren yang sudah berjalan sekarang. Observasi dan analisa hasil dari campaign tersebut untuk bahan evaluasi campaign selanjutnya.

4. Bangunpersonal brandingyang kuat

Membangun personal branding yang kuat di platform online yang kamu miliki dapat membantu meningkatkan skill digital marketing. Dengan berusaha membangun personal branding, kamu akan belajar bagaimana caranya kamu dapat dilihat olehaudience-mu atau calon perekrut dan klien. Beberapa perekrut juga melihat jejak digital sebagai demonstrasi dari skill digital marketing. Karena itu, penting untuk memilikipersonal brandingyang kuat di sosial media yang populer digunakan.

Selain aktif di sosial media, memiliki blog personal atau situs portfolio dapat menjadi nilai plus jika kamu ingin membangun personal branding yang kuat. Jika baru mulai membangun personal branding, cobalah pahami apa yang kamu sukai dan apa yang kamu suka lakukan sebagai pondasipersonal branding-mu.

5. Pahami bahasa digital marketing

Untuk bisa mengobservasi keefektifan darimarketing campaignyang sudah kamu jalani, pastikan kamu paham bahasa-bahasa yang digunakan menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah campaign. Jika kamu menjalankan campaign di berbagai platform sosial media, perhatikan bagianinsightsatauanalyticsyang ada di aplikasi tersebut dan pelajari data dari kurun waktu campaign berjalan.

Memahami bahasa dan data yang ada dalam digital marketing menjadi dasar yang harus dipahami agar dapat mengukur keberhasilancampaignyang sudah berjalan. Selain itu, memahami bahasa dan data dalam digital marketing membantumu berdiskusi dengan rekan kerja di kantor dan meminta feedback dari mereka.

6. Jangan takut mengambil resiko

Perubahan yang cepat dalam industri digital marketing mengharuskan seorang digital marketer cepat beradaptasi dan tidak ragu untuk mengambil resiko. Kunci dalam melakukanmarketing campaignadalah berani untuk mengadaptasi dan mengimplementasikan tren yang ada secara cepat. Jika berhasil, maka strategi tersebut bisa dipakai kembali dicampaignselanjutnya. Namun, jika hasilnya tidak terlalu memuaskan, kamu bisa melakukan evaluasi untuk ditingkatkan kembali dicampaignselanjutnya.

Kembangkan karir digital marketing bersama JobStreet!

Dibandingkan posisi lain, seperti pilot atau dokter, digital marketing merupakan salah satu pekerjaan yang mudah dipelajari dan dimulai. Selain itu, jika kamu sudah terjun di dalam dunia digital marketing, ada berbagai cabang yang dapat dijadikan spesialisasi. Oleh karena itu, jika sudah memiliki skill digital marketing kamu bisa terus mencoba hal baru untuk menambah skill set yang kamu miliki atau mempelajari lebih dalam agar bisa menjadi spesialis.

Sudah memiliki pengalaman dalam digital marketing? Ini saatnya kamu mengembangkan karirmu bersama JobStreet ! Kamu dapat mengeksplorasi berbagai pekerjaan dan informasi yang kamu butuhkan. Mulai dari cara terbaik membuatresume, tips lainnya dalam menghadapi perekrut ketika wawancara, informasi mengenai perusahaan yang akan kamu lamar, hingga cara terbaik meraih kesuksesan karirmu. Semua ini dapat kamu akses dengan cepat dan mudah!

Nah itu dia tips-tips yang dapat kamu coba untuk meningkatkan skill digital marketing. Jika kamu memiliki spesialisasi dalam platform tertentu, kamu bisa langsung memulai mencari pekerjaan spesialis dan memperluas kesempatanmu diterima di perusahaan impianmu bersama JobStreet!

Jangan lupa untuk memperbarui profil setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalahtalentterbaik!

Untuk mendapatkan tips mencari kerja, menghadapi wawancara, berita industri, dan informasi lainnya kunjungi Tips Karir. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.