Pekerjaan yang Tetap Dicari Selama Pandemi

Pekerjaan yang Tetap Dicari Selama Pandemi
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Pekerjaan yang banyak di cari - Job Report

Baik perekrut maupun kandidat sedikit demi sedikit mulai beradaptasi dengan lanskap kerja yang baru. COVI D-19 Job Report kami menunjukkan adanya tingkat optimisme pasar yang tinggi meskipun di tengah pandemi yang masih berlangsung. Pemulihan mungkin akan memakan waktu cukup lama, namun untungnya, beberapa industri berikut ini terus mencari kandidat baru bagi perusahaan mereka. Kami me-reviewlima pekerjaan yang saat ini paling diminati di Indonesia.

Administration &Human Resources

Rasa peka yang tinggi akan kebutuhan orang lain merupakan karakter yang cocok untuk menempati posisi dalam bidang Administration and Human Resources.

Pekerjaan administratif mengharuskan kamu untuk mengatur berbagai urusan terkait tata usaha dan pembukuan kantor, sehingga diperlukan ketelitian dan kemampuan mengorganisir yang baik. Contoh posisi administratif termasuk, namun tidak terbatas pada:

  • Secretary / Assistant
  • Department Head / Division Head
  • General Manager

Di sisi lain, Human Resources membangun tenaga kerja perusahaan melalui berbagai cara. Termasuk di antaranya melalui rekrutmen, proses seleksi pegawai, wawancara, dan pendisiplinan. Mereka juga menjadi ‘telinga’ perusahaan, karena para karyawan akan menginformasikan pihak HR apabila muncul permasalahan dalam perusahaan. Mereka juga bertanggung jawab atas berbagai program dan inisiatif perusahaan yang ditargetkan untuk karyawan. Contoh posisiHuman Resourcestermasuk, tetapi tidak terbatas pada:

  • Recruitment Officer
  • Director of Human Resources
  • Training Officer / Training Manager

Sales, Customer Service, dan Business Development

Jika kamu tertarik dengan pengembangan bisnis, ini merupakan tiga area yang perlu diperhatikan. Kandidat dengan motivasi pencapaian yang tinggi (target-driven)mungkin akan menyukai sensasi penjualan jika mereka bekerja untuk departemen Penjualan atau Sales. Bersiaplah untuk berpacu mengejar kuota bulanan dan tekanan kerja yang menyertainya. Jika kamu menikmati acaranetworking, bertemu prospek, dan mempromosikan produkmu, maka posisi penjualan mungkin tepat untuk kamu. Contoh posisi di bidangSalestermasuk, tetapi tidak terbatas pada:

  • Sales Coordinator, Executive, Manager
  • Director of Sales
  • Director of Sales and Marketing

Kandidat yang senang berinteraksi dengan tamu atau klien dan mahir memecahkan masalah dapat masuk ke layanan pelanggan atau customer service. Dianggap sebagai ‘tulang punggung’guest experience, peran layanan pelanggan sangatlah penting, terutama bila klien atau tamu perusahaan berasal dari berbagai negara dan lapisan masyarakat. Kesabaran, ketekunan, danpassionmerupakan keterampilan yang kamu butuhkan jika ingin melamar pekerjaan di layanan pelanggan, dan latar belakang pengalaman kerja di sektor hotel atau ritel bagus untuk dimiliki tetapi bersifat opsional. Contoh pekerjaanCustomer Servicetermasuk, tetapi tidak terbatas pada:

  • Guest Services Officer, Executive, Manager
  • Customer Sales / Customer Service Officer, Executive, Manager
  • BPO / Call Center Agent

Untuk para visioner atau yang senang menciptakan gambaran besar, Pengembangan Bisnis atau Business Development merupakan pilihan tepat buatmu. Pekerjaan yang termasuk dalam divisi ini membutuhkan pemikiran strategis, karena kamu perlu memupuk kemitraan (partnership)atau mencari tahu strategi terbaik untuk kemajuan perusahaanmu. Contoh peranBusiness Developmenttermasuk, tetapi tidak terbatas pada:

  • Business Development Officer, Executive, Manager
  • Relationship Officer, Executive, Manager
  • Account Officer, Executive, Manager

Accounting

Jika pengolahan angka dan alur kerja yang mendetail adalah keahlian kamu, kenapa tidak melakukannya secarafull-time? Karier dalam bidang akuntansi mirip dengan salah satu prinsip utamanya:high risk, high reward(besar resiko, besar juga imbalannya). Anda bertanggung jawab melakukan pembukuan, memastikancash flowperusahaan bersih dan lancar. Contoh pekerjaan Akuntansi termasuk, tetapi tidak terbatas pada:

  • Accounts Payable / Receivable Officer
  • Bank teller, chief cashier
  • Chief Accountant

Engineering

Mengurus aset tetap perusahaan mungkin sekilas terkesan lebih condong ke aspek finansial, namun aset juga memerlukan pemeliharaan fisik dan perawatan utilitas. Jika kamu mahir dengan peralatan, terampil dalam hal-hal terkait kelistrikan dan perkabelan, serta memahami seluk beluk mekanik, maka pekerjaan di bidang Teknik atau Engineering bisa menjadi pertimbangan kariermu, asalkan kamu memiliki latar belakang pendidikan dan keahlian yang mendukung bidang tersebut. Contoh pekerjaanEngineeringtermasuk, namun tidak terbatas pada:

  • Chief Engineer, Duty Engineer, Director of Engineering
  • Mechanical Engineer
  • Mill Engineering Inspector

IT (Teknik Informatika)

Pekerjaan di bidang ini lebih dari sekedar memperbaiki wi-fi kantor. Industri IT adalah salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari di seluruh dunia, dan mereka yang bekerja dalam divisi ini dapat mencetuskan dan melaksanakan inisiatif baru yang dapat memajukan reputasi perusahaan dalam bidang teknologi. Contoh posisi IT termasuk, tetapi tidak terbatas pada:

  • IT Programmer
  • IT Development Engineer
  • IT Support Staff

Baik itu hasrat yang ingin kamu kejar atau kebutuhan yang harus dipenuhi; kami siap membantu kamu mengejar impianmu dengan #JobsThatMatter. Manfaatkan kesempatan ini untuk memperbaiki resume kamu dan mulai perjalanan karier-mu sekarang juga, apa pun pilihanmu.

Perbarui profil JobStreet kamu untuk memperlihatkan preferensi, minat, dan keterampilanmu. Informasikan perekrut ketersediaan kamu untuk segera bekerja dengan menambahkanhashtag#LangsungKerja. Semakin sering kamu melakukan pencarian, semakin JobStreet memahami kebutuhanmu, sehingga kamu dapat menemukan karir yang tepat untuk dirimu, yang akan memberi kepuasan profesional dan pribadi, berkat adanya fitur AIlearning. Butuh nasihat ahli? Kunjungi Pusat Informasi dan Lowongan Kerja kami untuk informasi lebih lanjut mengenai perkembangan personal dan pertumbuhan karir.

Di JobStreet, kami berupaya menghadirkan #JobsThatMatter untuk Anda. Sebagai seuahCareer Partner, kami berkomitmen untuk membantu para pencari kerja menemukan hasrat dan tujuan dalam setiap pilihan karier mereka. Dan sebagai Talent Partner nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi perusahaan.

Temukan Pekerjaan yang Sesungguhnya. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, kombinasi dari duabrandterkemuka, JobStreet dan jobsDB, merupakan portal pekerjaan terkemuka dan pilihan utama bagi kandidat dan perekrut di Asia. SEEK Asia hadir di 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company yang terdaftar di Bursa Efek Australia, yang merupakan portal pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia menarik lebih dari 400 juta kunjungan setiap tahunnya.

Tentang SEEK Limited

SEEK merupakan kelompok perusahaan yang beragam, dengan portofolio solid yang terdiri dari serta bisnis ketenagakerjaanonline, pendidikan, komersial, danvolunteering. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brasil, dan Meksiko), menjangkau lebih dari 2,9 miliar kandidat dan sekitar 27 persen dari PDB (GDP) global. SEEK memberikan kontribusi positif bagi kehidupan individu dalam skala global. SEEK terdaftar di Bursa Efek Australia sebagai salah satu perusahaan top 100 dan masuk dalam daftar Top 20 Most Innovative Companies menurut Forbes.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.